Begini Cara Mudah Membangun AI Speech Recognition

AI Speech Recognition

Begini Cara Mudah Membangun AI Speech Recognition

Teknologi AI speech recognition adalah kemampuan mesin saat mengidentifikasi kata yang diucapkan keras. Selanjutnya melakukan proses pengubahan sebagai teks. Sekarang banyak dipakai dalam bidang linguistik, teknik sampai ilmu komputer.

Apabila menggunakan teknologi ini, membantu komunikasi agar semakin cepat. Belum lagi konversi yang dilakukan lebih cepat dibandingkan harus mengetik. Pastinya hanya perlu mengatakan kata atau frasa lalu berubah sebagai teks.

Manfaat penting lainnya adalah memungkinkan pekerjaan multitasking bekerja dengan baik. Contohnya bisa melakukan pencarian lewat internet dengannya. Kalau dalam kondisi sedang menjalankan kegiatan lainnya tentu lebih mudah.

Pada dasarnya speech recognition juga dikembangkan sebagai bantuan tuna netra sampai tuna rungu. Nantinya memungkinkan proses komunikasi akan berlangsung dengan baik. Segala pekerjaan yang dilakukan dengan teknologi ini lebih mudah.

Untuk sekarang dikembangkan dalam sistem Artificial Intelligence (AI) sehingga mudah meningkat. Jenisnya sendiri terdapat speaker dependent hingga speaker independent. Keduanya telah banyak dipakai pada komputer maupun smartphone.

Penerapan yang dilakukan terbilang penting sehingga digunakan pada berbagai bidang. Mulai dari teknologi, pendidikan, kesehatan hingga customer service. Tidak heran apabila membutuhkan pembangunan tepat sehingga fungsinya maksimal.

Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mendapatkan dan menggunakan fitur Speech Recognition di sistem operasi Windows untuk mengenali dan mengolah ucapan manusia.

Cara Mudah Membangun AI Speech Recognition

speech recognition

Pembangunan Artificial Intelligence untuk pengenalan suara sebenarnya penting. Tentunya akan digunakan pada berbagai bisnis seperti antarmuka hingga asisten virtual. Apabila ingin membangunnya tentu harus mengikuti langkah yang tepat.

1. Pilih Bahasa Pemrograman dan Alat

Dalam membuatnya kebanyakan banyak dilakukan oleh ahli IT. Terutama karena membutuhkan penggunaan bahasan pemrograman dan alatnya. Untuk alatnya tentu butuh komputer atau laptop, tapi smartphone juga bisa.

Tapi apabila ingin membuat secara profesional artinya membutuhkan komputer/pc. Nantinya Anda bisa memilih bahasa pemrograman seperti C++, Phyton dan lainnya. Tentu menyesuaikan dengan apa bahasa pemrograman yang telah Anda kuasai.

Pada dasarnya menciptakan speech recognition AI seringkali dipakai pada suatu aplikasi. Inilah alasannya butuh integrasi atau penerapan di dalamnya. Jadi, pastikan telah memilih bahasa pemrograman tepat dan menyiapkan alatnya.

2. Instalasi Library dan Dependencies

Untuk Anda yang mengenali coding mungkin bisa membuat speech recognition lebih mudah. Terutama setelah memilih bahasa pemrograman bisa langsung membukanya. Kemudian melakukan instalasi library dan dependencies di dalamnya.

Umumnya bisa menggunakan Phyton karena tersedia package manager default. Pastikan untuk instalasi library menggunakan perintah yang diinginkan. Selain itu bisa melakukan upgrade library matplotlib supaya fungsinya lebih baik.

Perintah untuk membuat speech recognition AI model model dapat dilakukan dengan versi terkini. Artinya memastikan bisa merancang aplikasi yang tepat dan modern. Termasuk menambahkan berbagai informasi atau fitur lebih maksimal.

3. Akuisisi Data Training

Selanjutnya, untuk pembangunannya harus dengan mengakuisisi data training. Apalagi menjadi proses pengukuran kejadian fisik pada dunia nyata. Tentu menggunakan sinyal dan diubah digital untuk dipakai komputer.

Baik dari komputer maupun perangkat lunak dapat mengubah data dengan baik. Proses penyimpanan, pemrosesan, pembersihan dan lainnya dilakukan dari sumber relevan. Informasi dalam bentuk bisnis dibutuhkan dan dimuat pada sistem.

Memasukkan data harus menyesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan pemrogram. Biasanya disesuaikan kembali pada aplikasi yang dibangun. Termasuk dengan melihat bagaimana pesanan klien terhadap pengenalan suara.

4. Pemrosesan Data

Selain melakukan akuisisi data, speech recognition juga dibangun dengan melakukan pemrosesan. Hal ini juga dilakukan demi penggunaan yang tepat. Jadi, algoritma mampu bekerja sesuai keinginan berdasarkan sistem yang dibangun.

Penting diketahui kalau nyatanya artificial intelligence tidak semua itu langsung terbangun. Melainkan harus terdapat pembelajaran sehingga wajib ada data besar. Pemrosesan juga bisa menghilangkan berbagai sampai yang masuk.

Apakah sudah paham bagaimana Anda membuat AI dengan speech recognition? Anda wajib melanjutkan pemrosesan data sehingga bisa terkumpul dengan baik. Lalu komponen tersebut di akuisisi sekaligus digunakan pada perangkat lunak.

5. Pembuatan Model AI Speech Recognition

Merancang pengenalan suara dengan Artificial Intelligence nyatanya membutuhkan model khusus. Terutama dengan tujuan menguraikan masalah yang ditemukan. Lalu harus mengumpulkan berbagai data relevan sesuai dengan masalah dan tujuan.

Data speech recognition pastinya berdampak karena menjadi kontribusi besar. Hal ini mempengaruhi langsung terhadap bagaimana akurasi modal yang Anda buat. Persiapan data juga diperlukan dan terbagi menjadi beberapa partisi penting.

Pembangun pengenalan suara mengenali training data, validation dan test data. Masing-masing digunakan membuat model yang Anda ingin tuju. Tentu bisa membuat dulu dasarnya dan tidak masalah apabila belum langsung sempurna.

6. Pelatihan Model

Melakukan speech recognition tidak kalah penting karena harus sesuai kebutuhan. Tidak menutup kemungkinan Anda menemukan masalah pada sistem atau aplikasi. Kemudian harus bisa menyelesaikan dengan proses pelatihannya.

Mencari model terbaik akan dilaksanakan dengan training data. Jadi, pastikan juga fitur yang dipakai menjadi suatu indikator. Selain itu wajib juga sesuai dan tepat pada tujuan permodelan yang Anda inginkan.

Pada proses training model sebenarnya membutuhkan waktu yang tidak kalah panjang. Tujuannya untuk menyempurnakan kembali bagaimana model dan fungsinya. Termasuk agar keinginan yang berusaha ditampilkan bisa keluar semua.

7. Validasi dan Penyesuaian

Anda harus melakukan validasi dan penyesuaian untuk speech recognition AI dengan baik. Pastinya akan mengukur bagaimana model yang telah Anda buat. Tentu akan menggunakan validation data supaya mengetahui bagaimana hasilnya.

Usaha mempresentasikan performa model dapat dipakai untuk data belum terpakai akan dilakukan. Walau belum dipelajari nantinya akan melalui penyesuaian. Jadi, dapat mengurangi ataupun menyempurnakan validasi yang diinginkan.

Tidak menutup kemungkinan speech recognition membutuhkan parameter khusus. Anda perlu menyesuaikan standar dan parameter keberhasilan dari AI tersebut. Artinya memastikan dapat bekerja dengan baik untuk tahap selanjutnya.

8. Integrasi dan Penggunaan

Berhubungan dengan pemakaian speech recognition tentu membutuhkan proses integrasi dulu. Umumnya teknologi satu ini bisa digunakan pada berbagai jenis gadget. Aplikasi smartphone maupun pc sekalipun bisa Anda integrasikan.

Saat melakukan integrasi tentunya harus menggabungkan AI dengan perangkatnya. Kalau perlu melakukan pelatihan dan memaksimalkan pengenalan perintah katanya. Tentu kemudian bisa diterjemahkan pada suatu data supaya mampu dimengerti.

Penggunaannya tentu bisa Anda lakukan setelah tahapan integrasi selesai. Teknik integrasi juga telah dikembangkan untuk ditambahkan pada banyak aplikasi. Artinya mempermudah penggunaan atau pemanfaatan yang diinginkan.

9. Pengembangan Lebih Lanjut AI Speech Recognition

Saat baru pertama kali dibangun tentunya tidak sempurna dan punya beberapa kekurangan. Inilah alasannya membutuhkan pengembangan lebih lanjut dilakukan. Pastinya berusaha untuk membuat respon dan hasilnya bisa semakin berkembang.

Pada dasarnya pengembangan speech recognition tidak sesulit itu dilakukan. Tapi hal yang penting dipahami adalah menggunakan teknik dan metode tepat. Termasuk dengan meningkatkan kemampuan dan mengurangi berbagai kelemahannya.

Apabila Anda ingin membangun sistem AI berkualitas tinggi, harus mengandalkan ptbsb.id. Apalagi mampu memberikan layanan terbaik yang dibutuhkan klien zaman sekarang. Bahkan selalu menampilkan solusi berkualitas sampai akhirnya.

Belum lagi kami berpengalaman untuk menghadirkan pekerjaan sempurna. Pastikan agar dapatkan solusi IT terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB. Sebelum menggunakan layanan, pastikan mencari informasi lanjutan dengan menghubungi no WA dibawah ini.

Kemampuan ptbsb.id terbukti karena memiliki klien dari seluruh Indonesia dan internasional. Ditambah selalu menggunakan teknologi mutakhir bagi produk. Jadi, memastikan juga produk seperti speech recognition semakin efektif.

Baca juga : Begini Langkah Mendapatkan Speech Recognition Windows

No Comments

Post A Comment

Contact Us