Yuk Intip Fungsi Aplikasi Software Beserta Contohnya

Software Development

Yuk Intip Fungsi Aplikasi Software Beserta Contohnya

Setiap jenis aplikasi software yang terpasang pada perangkat komputer memiliki beragam fungsi yang berbeda-beda. Anda bisa mempelajari berbagai macam jenis app OS, mulai dari kategori untuk keperluan kantoran, multimedia, permainan, serta keamanan.

Membahas berbagai jenis aplikasi software dan fungsinya. Pembaca akan mempelajari tentang aplikasi software kantoran, multimedia, permainan, serta keamanan. Selain itu, artikel ini akan memberikan contoh dari setiap jenis aplikasi software, seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Fortnite, dan Norton AntiVirus.

Apa Fungsi Aplikasi Software?

Untuk menjawab apa saja fungsi software aplikasi, akan lebih mudah jika mengurutkannya berdasarkan poin-poin di bawah ini. Berikut merupakan sebanyak 4 fungsi yang bisa Anda pelajari dengan baik dan benar.

1. Produktivitas

Peran penting app OS dalam segi produktivitas bisa dilihat dari banyaknya app yang membantu pengguna menyelesaikan tugas tertentu. Dalam hal ini ambil contoh saja Google Docs, app untuk mengatur jadwal, dan juga yang dimanfaatkan sebagai sarana kirim email.

Peran penting aplikasi software adalah mendukung produktivitas pekerja sehingga bisa lebih efisien dalam bekerja. Setelah perusahaan menggunakan teknologi digital dengan baik maka sisanya tinggal diselaraskan dengan kemampuan SDM untuk mengelola dengan baik.

Terkadang salah satu permasalahan yang kerap terjadi bukan karena terjadi gangguan secara teknis, akan tetapi terjadinya kesalahan manusia. Ada baiknya ketika teknologi digital sudah diterapkan maka ada pelatihan juga bagi para pengelola agar cara kerjanya selaras.

Dalam hal produktivitas, aplikasi software mengambil alih peran penting untuk keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Beberapa app yang digunakan dalam produktivitas adalah Microsoft Office, Google Drive, serta ada juga Trello.

2. Multimedia

Multimedia merupakan penggabungan antara teks, gambar, audio, dan juga video, serta animasi sebagai media pemberi informasi. Multimedia dimanfaatkan untuk beberapa tujuan, salah satu diantaranya untuk kepentingan belajar mengajar melalui jarak jauh.

Salah satu peran penting aplikasi software multimedia bisa dilihat dari pemanfaatan virtual reality dalam proses belajar mengajar. Peran penting lainnya bisa dilihat dari pemanfaatan mbanking dalam mendukung fasilitas keuangan cukup menggunakan smartphone.

Bagi yang suka memainkan game online juga salah satunya sedang memanfaatkan OS multimedia dengan baik. Karena game online melibatkan interaksi antar pemain maka akan ada komunikasi lisan maupun tulisan di dalamnya yang membuat satu sama lain terhubung.

Dalam dunia pendidikan juga peran penting aplikasi software multimedia bisa terlihat dari diadakannya fasilitas ebook. Ebook merupakan bentuk kepedulian terhadap pemanasan global yang salah satunya disebabkan oleh penebangan pohon untuk bahan baku kertas.

3. Permainan

Ketika membeli perangkat komputer, biasanya beberapa pengguna akan langsung disuguhkan oleh beberapa jenis permainan. Sebut saja Solitaire dan berbagai permainan kartu lainnya yang bisa segera dimainkan tanpa mengunduh secara manual.

Salah satu peran penting aplikasi software adalah dapat terlihat dari peranannya sebagai sarana hiburan di atas. Selain hiburan dalam bentuk permainan, bisa juga hiburan yang disuguhkan dalam bentuk video serta juga pemutar musik.

Selain beberapa app yang sudah tersedia secara otomatis pada perangkat, Anda juga bisa menambahkan app lain dengan cara mengunduhnya sendiri. Pengembang perangkat lunak pasti tahu betul prosesi pembuatan game dengan app produktif akan berbeda.

4. Keamanan

Security software atau aplikasi software yang dikhususkan untuk keamanan berperan penting dalam menjamin kenyamanan pengguna. Karena aktivitas di dunia digital begitu luas, maka kemungkinan perangkat terkena malware atau virus bisa saja tinggi.

Beberapa jenis keamanan dalam hal ini bisa dicontohkan dengan antivirus, antispyware, dan juga firewall. Perangkat keamanan bukan hanya berperan penting untuk mengentaskan virus dan gangguan lainnya, tetapi juga untuk meningkatkan performa perangkat.

Sebab logikanya, ketika perangkat semakin banyak terpapar cache dan virus maka semakin lambat juga kinerjanya. Dengan memasang aplikasi software keamanan terbaik, risiko perangkat terpapar virus dan menjadi lemot akan berkurang.

Contoh Aplikasi Software untuk Perusahaan

Mengikuti perkembangan zaman, banyak perusahaan yang menggunakan beberapa app perangkat lunak untuk berbagai kepentingan. Di bawah ini kami akan memberikan jawaban atas apa yang dimaksud aplikasi software dan contohnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Customer Relationship Management (CRM) Software

Customer Relationship Management (CRM)

CRM adalah strategi dalam berbisnis yang memadukan antara proses kerja manusia dengan teknologi. Fungsi utamanya untuk meningkatkan angka penjualan, menarik pelanggan baru, dan juga mempertahankan pelanggan lama dengan sistem pengelolaan yang tepat.

Salah satu contoh aplikasi software ini sudah tentu digunakan dalam pengelolaan bisnis online. Beberapa hal yang menjadi perhatian adalah pengelolaan penjualan, interaksi dengan pelanggan, sampai manajemen sistem dengan jasa ekspedisi.

2. Enterprise Resource Planning (ERP) Software

ERP System

ERP berperan penting dalam pengelolaan sumber daya bisnis, seperti pengelolaan SDM, keuangan, operasi produksi, juga sistem distribusinya. Melalui ERP, segala bentuk sumber daya bisnis dapat terintegrasi dengan baik dan bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Karena semua sudah terintegrasi dengan baik maka pekerja memiliki gambaran jelas terkait program kerjanya ke depan. Peran penting aplikasi software adalah salah satunya untuk menyelaraskan antara kerja manusia dengan pemanfaatan teknologi secara tepat.

3. Human Resource Management (HRM) Software

HUMAN RESOURCE MANAGEMENT(HRM) SOFTWARE

Sesuai dengan namanya, HRM adalah app yang digunakan khusus untuk mengelola karyawan dengan baik dan benar. Karena selain mengelola keuntungan secara baik, pengelolaan sumber daya manusianya juga harus lebih baik.

HRM adalah salah satu contoh aplikasi software yang memikirkan kenyamanan dan kesejahteraan pekerja. Apresiasi perusahaan kepada pekerja akan membuat para pekerja merasa dihargai dan berakhir pada loyalitas serta totalitas kerja.

4. Accounting Software

Accounting Software

Accounting software adalah app untuk akuntansi, artinya segala jenis catatan keuangan akan diinput di sini. Untuk yang satu ini biasanya dimanfaatkan oleh bagian keuangan demi mendokumentasikan arus kas perusahaan agar keuntungan dan kerugiannya jelas.

Melalui aplikasi software accounting, sekarang bagian keuangan tidak perlu repot lagi melakukan pencatatan secara manual. Namun, PR sebelum menggunakan app ini adalah mengedukasi bagian keuangan untuk bisa mengoperasikan app dengan tepat.

5. Project Management Software

Project Management Software

Project management software adalah OS yang digunakan untuk melakukan berbagai proyek. Adanya app ini berguna untuk memberikan efisiensi dalam pengerjaan proyek agar sebagai pemegang proyeknya, Anda tidak keteteran atau merasa terlalu berat.

Berbagai teori yang dipelajari di sini bisa diterapkan untuk mencari jenis app terbaik terhadap perangkat. Pastikan bahwa aplikasi software yang digunakan telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Ada banyak aplikasi software project management sebagai pilihan tepat untuk setiap proyek Anda. Tinggal pilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan. Pelajari lebih lengkap tentang jenis software selengkapnya melalui artikel ini : MENGENAL JENIS SOFTWARE KOMPUTER YANG WAJIB KAMU TAHU.

Lebih lanjut jika ingin melakukan konsultasi dan mendapatkan informasi lebih lengkap bisa hubungi ptbsb.id atau no WA dibawah ini. Akan ada informasi dan saran terbaik sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

No Comments

Post A Comment

Contact Us