Kenali Aplikasi Web Server Terbaik untuk Deployment Website

aplikasi web server

Kenali Aplikasi Web Server Terbaik untuk Deployment Website

Terkait apa itu aplikasi web server akan kita bahas di sini secara lengkap berhubungan dengan kebutuhannya dalam berselancar di dunia maya. Hampir setiap hari orang Indonesia mengunjungi situs tertentu untuk kepentingan utama maupun sebagai sarana hiburan.

Sekarang bahkan anak sekolah sekalipun di beberapa wilayah sudah diperkenankan membawa smartphone. Alasan paling utamanya agar beberapa hal yang tidak terjawab dalam buku cetak bisa dicari jawabannya melalui internet dari Google.

Apa Itu Aplikasi Web Server?

Sebuah perusahaan harus mengenal web server, yakni sebuah perangkat lunak pemberi layanan berupa data. Biasanya pengguna internet akan meminta http atau https ketika beraktivitas di dunia maya, tugas server website adalah untuk menerima permintaan itu.

Untuk user, hal ini juga berperan penting dalam menyimpan data dalam bentuk atau jumlah besar sehingga akses menjadi lebih mudah dan cepat. Peran penting lainnya adalah untuk membuat servernya menjadi lebih kuat dan juga cepat sehingga tidak mudah diretas.

Melihat dua paragraf di atas, web server memiliki peran penting baik bagi client maupun bagi user. Kapasitas penyimpanan besar bukan hanya menjadikannya lebih cepat dan mudah, tetapi juga lebih baik dalam mencegah kemungkinan adanya kesalahan.

Sampai sini, mungkin ada beberapa dari Anda yang bertanya, siapa klien yang dimaksud? Klien dalam hal ini adalah browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer, Safari, dan masih banyak lagi nama-nama browser lainnya di berbagai negara.

Jadi, sekarang terjawab sudah secara teori tentang apa itu aplikasi web server? Jika masih belum mudah untuk menangkapnya maka bisa ulang baca kembali penjelasan di atas. Kemudian juga selesaikan bacaan di bawah agar pemahaman semakin akurat.

Aplikasi Web Server untuk Deployment

Belum familiar dengan istilah deployment? Pahami dulu sebelum lebih jauh mencari tahu tentang web server. Deployment adalah pengembangan aplikasi maupun situs yang notabene merupakan salah satu kegiatan atau tugas serta tanggung jawab programmer.

Beberapa aplikasi yang akan dibahas dalam artikel ini antara lain Apache Tomcat, Nginx, Microsoft IIS, dan Node.js. Pembaca akan mendapatkan informasi tentang kemampuan dan keunggulan masing-masing aplikasi dalam pengelolaan deployment website.

1. Apache Tomcat

Apache Tomcat

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk deployment adalah Apache Tomcat. Awal mula kemunculan Apache untuk memberikan dukungan terhadap OS UNIX. Apache memiliki beberapa program pendukung, seperti kontrol akses, PHP, dan SSI.

Apache dilengkapi dengan berbagai keuntungan, seperti freeware, proses instalasinya mudah, serta sistem konfigurasi juga mudah. Kelebihan lainnya adalah mampu bekerja pada open source maupun closed source.

Diantara sekian banyak hostinger lainnya, Apache termasuk hostinger paling tua yang sudah didirikan sejak tahun 1995. Pengembangnya bernama Apache Software Foundation dan telah mengklaim sebanyak 33% website di dunia bergantung kepada aplikasi web server Apache

2. Nginx

NGINX

Nginx menjadi jenis lainnya yang direkomendasikan untuk deployment yang tidak kalah memberikan keunggulan. Nginx memberikan pelayanan untuk segala macam permintaan, termasuk di dalamnya ketika traffic sedang padat.

Jika ingin mengambil perbandingan dari Apache, Nginx memberikan nilai kelebihan berupa kecepatan dan kualitas lebih tinggi. Terdapat beberapa fitur di dalamnya, seperti virtual host, URL writing, reverse proxying, file serving, access control, dan sebagainya.

Ada yang bingung bagaimana cara membaca Nginx? Jangan salah, caranya bukan nging, namun dibaca menjadi engine x. Biasanya Nginx menjalankan peran penting sebagai penyeimbang HTTP, reverse proxy, dan proxy email pada IMAP, SMTP, dan POP3.

3. Microsoft IIS

Microsoft IIS

Microsoft IIS menjadi daftar aplikasi web server lainnya yang bisa digunakan sebagai deployment situs. IIS merupakan singkatan dari Internet information Services, yakni server website yang bekerja pada beberapa protokol, seperti DNS, TCP/IP, dan software lainnya.

Seperti pada umumnya, Microsoft Internet Information Services ini juga berperan penting dalam pembuatan situs. Beberapa pengelola situs lebih memilih Microsoft IIS tentunya bukan tanpa alasan, melainkan atas dasar pertimbangan baik dan buruknya.

IIS memberikan dukungan penuh terhadap bahasa .net, dimana hal itu terbilang premium karena hanya bisa digunakan melalui IIS. Sekelas Windows juga menggunakan IIS sebagai hostingernya sehingga kredibilitas IIS tidak perlu dipertanyakan lagi.

4. Node.js

Node.js

Node.js menjadi web server berikutnya yang juga direkomendasikan dalam deployment website. Node.js diciptakan untuk javascript berupa runtime environment dengan sifat open source dan cross platform.

Menariknya, ketika memanfaatkan Node.js maka javascript bisa dijalankan melalui perangkat apa saja, selain dari browser. Node.js diketahui menjalankan inti dari Google Chrome atau yang familiar disebut dengan V8 Javascript engine.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Aplikasi Web Server

Ada tiga hal yang mempengaruhi pemilihan aplikasi web server, diantaranya jenis website, traffic website, dan tingkat keamanan yang diinginkan. Lebih detail mengenai penjelasan ketiga hal tersebut terangkum dalam poin pembahasan berikut:

1. Jenis Website

Setiap jenis situs membutuhkan server berbeda-beda sesuai kebutuhan dan tujuan pembuatannya. Contoh, untuk blog pribadi tidak bisa menggunakan hosting yang sama dengan situs untuk berjualan online atau situs ecommerce.

Keliru dalam memilih hosting akan membuat respons situs tidak maksimal dalam waktu panjang. Sejak awal mesti dicari tahu terlebih dahulu tepatnya jenis web server apa yang dibutuhkan kemudian baru terapkan dengan pengelolaan para profesional.

2. Traffic Website

Ketika situs sudah jadi, nantinya kemudahan akses oleh pengunjung akan menjadi penilaian apakah pengunjung mau datang lagi atau tidak. Pentingnya melihat seperti apa kualitas traffic yang dihasilkan ketika sejak awal menentukan hosting untuk situs.

Terutama jika untuk kepentingan bisnis, bukan kepentingan pribadi semata maka pemilihan web server secara tepat harus dipikirkan matang-matang. Semakin tinggi traffic, semakin kuat hosting yang dibutuhkan demi mencegah terjadinya server down atau lambat.

3. Tingkat Keamanan yang Diinginkan

Hal paling penting yang diinginkan pemilik situs adalah tingkat keamanannya terjamin, terlebih jika tersimpan data penting di dalamnya. Sebab mengikuti perkembangan zaman, sekarang segala sesuatu sudah memanfaatkan koneksi internet dan komputasi awan.

Selain sebagai tanda kekinian, juga dianggap lebih fleksibel serta simple karena bisa diakses dari mana saja. Semakin paham dengan teori web server maka semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan hosting dengan tingkat keamanan terbaik.

Tidak tanggung-tanggung, memorinya sama 2T, dijamin muat banyak untuk berbagai data. Cocok digunakan dalam keperluan perusahaan, apalagi yang penyimpanan datanya besar bisa langsung menggunakan perangkat web server dari Dell di atas.

Penjelasan di atas membantu Anda memahami teori secara tepat untuk bekal praktik dengan akurat. Masih ada banyak pembahasan penting terkait server website, pelajari tentang pengertian dan fungsi web server melalui artikel berikut; PENGERTIAN DAN FUNGSI WEB SERVER YANG HARUS KAMU TAHU.

Lebih lengkapnya informasi bisa didapatkan melalui situs resmi ptbsb.id atau melalui nomor WhatsApp dibawah ini. Anda juga bisa langsung cek produk server dari merk ternama Dell dengan klik link berikut https://www.jktgadget.com/product/dell-tower-server-poweredge-t550-intel-xeon-e-4310t-8gb-2tb-hdd-dos/.

No Comments

Post A Comment

Contact Us