Manfaat dan Pentingnya Big Data untuk Sebuah Bisnis

big data

Manfaat dan Pentingnya Big Data untuk Sebuah Bisnis

Big data atau mahadata ialah salah satu topik populer di berbagai media dalam beberapa waktu terakhir. Sekarang ini dunia memang telah memasuki era digital sehingga data tergolong dalam aset yang begitu penting.

Tahukah Anda bahwa banyak perusahaan telah berinvestasi guna menyimpan semua datanya? Sebab, ketika perusahaan semakin besar, tentu jumlah informasi dan datanya akan semakin besar juga.

Biasanya, informasi maupun data di era digital dimanfaatkan dalam pengambilan suatu keputusan bisnis. Jadi, mari mempelajari tentang pentingnya mahadata dan manfaatnya dalam artikel ini.

Mengenal Big Data dan Karakteristiknya

Pertama, mari kenali dahulu apa itu data. Yakni sekumpulan informasi berupa sejumlah fakta di mana bisa berbentuk angka, kata maupun simbol tertentu. Pengumpulannya bisa dilakukan melalui pencarian maupun pengamatan terkait sumber-sumber tertentu.

Sementara big data atau mahadata ialah sekumpulan data yang mempunyai volume atau ukuran begitu besar. Memuat data terstruktur (structured), semi-terstruktur (semi structured) dan tidak terstruktur (unstructured) di mana bisa seiring berjalannya waktu.

Mahadata mempunyai tiga karakteristik atau aspek yang umumnya disebut dengan Three V atau tiga V. Three V memuat volume, velocity dan variety. Mari membahas beberapa karakteristiknya di bawah ini.

1. Volume

Seperti definisinya, mahadata artinya mempunyai ukuran besar. Ukuran ini memegang peranan penting sebab Anda perlu mempertimbangkannya sebelum menanganinya. Anda juga bisa membedakan data dari segi volume.

2. Velocity

Pernahkah Anda menemui pertanyaan apa yang dimaksud big data dan jelaskan? Ketika membahas pengertiannya, jangan melewatkan karakteristiknya yakni velocity yang mengacu pada kecepatan data.

Jadi, terkait seberapa cepat data dihasilkan, diproses dan dianalisis untuk memenuhi suatu keperluan. Jadi, bukan hanya kecepatan datanya yang berpengaruh namun juga kecepatan pengirimannya sehingga bisa dipakai secara langsung (real time).

3. Variety

Karakteristik lainnya ialah variety yang bisa didefinisikan sebagai beragamnya jenis data. Semakin berkembangnya data, banyak sekali datanya yang tidak terstruktur atau semi terstruktur. Sebut saja text, audio hingga video.

Keseluruhan data tersebut membutuhkan proses tambahan supaya arti datanya bisa diketahui. Jadi, variety menunjukkan bahwa datanya bukan hanya satu jenis.

Pentingnya Big Data dalam Sebuah Bisnis

upgrade software

Keberadaan mahadata sangat penting di era digital seperti sekarang ini. Terutama bagi perusahaan di berbagai tempat. Berikut ini sejumlah alasan yang membuktikan betapa pentingnya.

1. Menghemat Biaya

Mengapa bisa menghemat biaya? Sebab Anda bisa menggunakan tools seperti Apache Hadoop, Spark dan lainnya dalam menyimpan data ketika jumlahnya besar. Tools tersebut telah membantu organisasi untuk mengidentifikasi cara terbaik dalam menjalankan bisnis.

Karena bisa mengandalkan tools tersebut, tidak heran jika perusahaan mampu menghemat biaya operasional. Berbeda dengan pengolaan data secara konvensional yang pengelolaannya masih menggunakan cara manual.

2. Menghemat Waktu

Analisis mahadata sifatnya real time sehingga sangat membantu perusahaan dalam mengumpulkan data dari beragam sumber. Lantas, mampu memberikan gambaran keputusan secara akurat cukup dengan waktu yang terbilang singkat.

3. Memahami Keadaan Pasar

Melalui analisis mahadata, sebuah perusahaan akan terbantu dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik terkait keadaan pasar. Lantas, bisa menyusun strategi pemasaran secara lebih efektif guna menaikkan angka penjualan.

4. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Pelanggan ialah aset paling penting dalam menjalankan suatu bisnis. Analisis mahadata akan begitu membantu bisnis mengidentifikasi tren dan pola mengenai pelanggan. Kemudian mampu menyusun strategi yang lebih tepat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Mendorong Inovasi dan Pengembangan Produk

Apabila Anda menemui pertanyaan apa itu mahadata dan fungsinya? Jangan melewatkan alasan penting keberadaannya yakni mendorong perusahaan untuk senantiasa berinovasi dan mengembangkan produknya.

Apabila suatu perusahaan senantiasa berinovasi dan mengembangkan produk, maka perusahaan akan semakin bertumbuh serta maju. Sehingga juga semakin meningkatkan laba atau keuntungan.

Manfaat Big Data dalam Menjalankan Bisnis

business solution software

Setelah memahami definisi dan pentingnya mahadata , tentu Anda perlu tahu manfaatnya. Manfaatnya bisa dibilang sangat beragam dan begitu diperlukan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis.

1. Meningkatkan Inovasi

Melalui mahadata, Anda bisa mengenali minat konsumen. Mulai dari pilihan jenis produk sampai banyaknya transaksi untuk suatu produk. Lantas, Anda dapat memanfaatkan datanya untuk merancang inovasi produk baru berdasarkan tren dan keperluan konsumen.

Tren sendiri memang senantiasa berkembang sehingga keperluan konsumen juga berubah. Contohnya saja saat kebanyakan konsumen di masa sekarang lebih menyukai metode pembayaran melalui transfer atau kartu kredit tatkala berbelanja.

2. Menghindari Risiko Manipulasi Data

Karena mahadata mempunyai ukuran besar, Anda dapat mengenali polanya untuk membantu menjalankan bisnis. Contohnya ketika nominal pengeluaran pembelian bahan baku lebih tinggi dari sebelumnya. Anda akan menemukan informasinya sebab seluruh datanya tercatat.

3. Membangun UX yang User-Friendly

Interaksi antara konsumen dengan aplikasi maupun website mampu menentukan tingkat penjualan suatu produk. Melalui mahadata, Anda dapat menyimpan riwayat belanja dari para konsumen. Lalu, datanya bisa dianalisis guna menjadikan interaksinya lebih menyenangkan.

Misalnya saja tatkala banyak konsumen yang meninggalkan website pada halaman produk. Maka, Anda dapat meningkatkan kualitas halaman produknya, boleh dari segi tampilan, kecerahan, maupun kemudahan akses.

Ketika Anda berhasil meningkatkan dan memperbaiki halaman produk tersebut, maka proses belanja para konsumen akan menjadi lebih mudah. Sehingga konsumen lebih tertarik untuk berbelanja.

4. Mengembangkan Produk Secara Lebih Mudah

Big data akan membantu Anda dalam mengembangkan produk yang mempunyai nilai dan kualitas bagus sesuai dengan keperluan konsumen. Sehingga angka penjualannya bisa ditingkatkan lagi.

Misalnya saja ada produk dengan kemasan ekonomis yang sangat menarik perhatian. Maka, Anda dapat memproduksinya dengan jumlah lebih banyak. Jadi, laba yang diperoleh perusahaan akan meningkat.

Contoh Penerapan Big Data yang Perlu Diketahui

Dedicated Server Indonesia

Mungkin saja Anda pernah menemui pertanyaan jelaskan apa itu big data dan berikan contohnya? Jawaban definisi dari pertanyaan tersebut sudah ada dalam penjelasan di atas. Sementara contohnya dapat Anda simak di bawah ini.

1. Internet

Contoh yang paling mudah ditemui dalam kehidupan ialah internet. Internet bisa diakses menggunakan perangkat berupa smartphone maupun komputer. Komputer sendiri dapat dibeli dengan mudah misalnya melalui jktgadget.com.

Ketika Anda terhubung dengan internet, pernahkah mencari informasi di Google? Data dalam hasil pencarian Google tersebut ialah data yang disimpan oleh Google.

2. Media Sosial

Jika ada pertanyaan apa contoh big data? Anda juga bisa menjawabnya dengan media sosial. Media sosial sendiri seolah menjadi keperluan wajib masyarakat modern. Masyarakat sangat gemar berbagai status dan foto di media sosial.

Melalui media sosial Anda bisa menemukan beragam data. Misalnya saja kontak, kebiasaan sampai biodata. Jadi, ada banyak sekali datanya dalam media sosial.

3. Digitalisasi Media

Sebelum munculnya internet, kebanyakan data masih disimpan dalam bentuk DVD atau CD. Akan tetapi, di masa sekarang menonton video dapat dilakukan melalui Youtube, mendengarkan lagu melalui Spotify dan lain sebagainya.

Platform tersebut akan menyimpan jejak digital Anda terkait apa saja yang sudah ditonton atau didengar. Lantas, platform tersebut akan mengelola datanya untuk meningkatkan layanan.

Data memang hal penting yang perlu dikelola secara efektif dalam menjalankan bisnis. Namun, merumuskan tujuan dalam pengelolaan big data justru lebih penting untuk mengatasi masalah ketika menjalankan bisnis.

Lantas, seperti apa cara mengelola mahadata untuk perusahaan? Salah satu cara mudahnya ialah mengandalkan jasa IT Solutions Company ptbsb.id. Anda juga bisa berkonsultasi dengan menghubungi melalui WA.

Baca juga : Pengertian Database Server, Jenis dan Cara Kerjanya

No Comments

Post A Comment

Contact Us