Cara Merawat PC Desktop Kantor agar Awet

cara merawat PC desktop kantor agar awet

Cara Merawat PC Desktop Kantor agar Awet

Cara merawat PC desktop kantor agar awet tidak hanya membuat perangkat dapat digunakan dalam waktu lebih lama, namun juga bisa menghemat anggaran perusahaan. Sebab perangkat ini sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan perkantoran.

Penggunaan laptop sebenarnya lebih simple dan praktis untuk dibawa ke mana-mana. Meski demikian, banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan PC karena memiliki beberapa keunggulan dalam penggunaannya.

Selain itu, cara merawat PC desktop kantor agar awet juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Tidak perlu lagi merasa khawatir sebab terdapat juga layanan jasa yang menawarkan perawatan software maupun hardware.

Anda juga dapat memilih berbagai rekomendasi komputer dengan kualitas dan spesifikasi unggulan agar tidak mudah rusak. Keawetan perangkat satu ini membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menggantinya dalam waktu singkat.

 

Kelebihan PC Desktop untuk Perusahaan

ASUS PC Desktop AIO V222 Intel Procesor Untuk Kerja Sekolah Murah

Selain cara merawat PC desktop kantor agar awet cukup mudah dilakukan, perangkat ini memiliki beberapa keunggulan lain yang menjadi alasan penggunaannya. Berikut adalah beberapa kelebihan PC desktop yang bisa Anda dapatkan.

1. Harga Lebih Terjangkau

Hal pertama yang menjadi kelebihan komputer adalah harganya terjangkau jika dibandingkan dengan laptop. Anda juga bisa mengurangi anggaran dengan membeli serta merakit komponen seperti RAM, hardisk, prosessor, motherboard, dan lainnya.

Anda bahkan bisa mendapatkan komputer dengan spesifikasi mumpuni hanya dengan dana kurang lebih Rp2 jutaan saja. Harga ini tentu saja berbanding dengan laptop baru dengan perkiraan Rp3,5 juta hingga Rp4 juta dengan spesifikasi menengah ke atas.

2. Kinerja Cepat dan Unggulan

Tidak hanya cara merawat PC desktop kantor agar awet lebih mudah, namun kinerjanya juga lebih baik jika dibandingkan dengan laptop. Hal ini karena perangkat komputer memiliki prosessor cukup tinggi sehingga tidak cepat panas atau overheat.

Penggunaan PC juga cocok digunakan dalam perkantoran sebab dapat bekerja dan melakukan berbagai aktivitas dalam waktu lama. Perangkat ini juga seringkali dipilih jika penggunaannya cukup berat seperti rendering video, gaming, dan lainnya.

3. Dapat Dimodifikasi

Perangkat keras pada komputer lebih mudah untuk dimodifikasi sehingga spesifikasi lebih meningkat sesuai kebutuhan. Sebenarnya modifikasi juga dapat dilakukan pada laptop, namun akan jauh lebih sulit dilakukan karena komponennya tidak terpisah seperti PC.

Meski demikian, Anda perlu juga mengetahui batasan maksimum spesifikasi yang dapat diterima oleh motherboad. Dengan demikian cara merawat PC desktop kantor agar awet dapat dilakukan serta penggunaannya lebih maksimal.

4. Flexible

PC juga lebih flexible dalam penggunaannya sebab komponen-komponennya seperti keyboard dan mouse. Perangkat yang digunakan merupakan eksternal dan terpisah dengan monitor maupun perangkat lainnya.

Hal ini tentu saja memberikan kemudahan pada penggunanya, seperti misalnya jika ingin meletakkan layar monitor lebih jauh agar mata lebih nyaman. Anda hanya tinggal menjalankan komputer menggunakan keyboard dan mouse dari jauh saja.

5. Ukuran Monitor Lebih Besar

Keuntungan terakhir selain cara merawat PC desktop kantor agar awet yang mudah dilakukan adalah ukuran monitor lebih besar. Keunggulan ini akan membuat penggunanya lebih nyaman dan leluasa melalukan berbagai aktivitas, termasuk di perkantoran.

Bukan hanya lebih nyaman, pengguna juga mudah dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan jika dibandingkan menggunakan laptop. Bahkan jika masih kurang besar, Anda bisa membeli layar monitor sesuai kebutuhan.

 

Cara Memilih PC Desktop untuk Perusahaan

MSI Desktop All In One Core i5 Core i7 Intel Murah Jakarta Garansi Resmi

Baik membeli satu set langsung maupun terpisah, Anda tetap perlu mengetahui cara memilih PC yang tepat untuk berbagai pekerjaan di perusahaan. Sehingga tidak hanya mempermudah cara merawat PC desktop kantor agar awet namun juga bekerja lebih maksimal.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum memilih adalah mengenai prosessornya. Sebab komponen ini yang akan menentukan kekuatan dalam memproses data. Jika prosessor mumpuni, tugas-tugas kantor dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mengenai pemilihan RAM sebab akan sangat mempengaruhi kinerja komputer sendiri. Untuk kebutuhan perkantoran, Anda dapat memilih RAM 6GB hingga 8GB sementara keperluan videografi akan membutuhkan RAM lebih besar.

Bukan hanya cara merawat PC desktop kantor agar awet, namun Anda juga perlu memperhatikan mengenai visual maksimal, oleh sebab itu kartu grafis juga harus terbaik. Kartu grafis yang sudah terintegrasi sudah bisa digunakan untuk berbagai kegiatan kantor.

Selanjutnya adalah mengenai penyimpanan internal yang bisa menentukan banyaknya data dapat tersimpan di dalamnya. Perusahaan tentu memiliki banyak data-data penting yang perlu disimpan, sehingga penyimpanan internal sangat penting dijadikan pertimbangan.

Umumnya PC dengan harga terjangkau memiliki kapasitas memori internal sebesar 500GB. Meski begitu, jika kegiatan perkantoran perlu mengunduh dan menyimpan file berukuran besar, maka bisa memilih HDD 1TB atau memanfaatkan Solid State Drive.

Terakhir adalah mengenai layar, sebab ada cukup banyak pilihan yang saat ini tersedia. Saat ini PC dengan layar sentuh cukup banyak diburu terutama untuk kebutuhan perusahan dan kalangan profesional lain sebab mendukung kegiatan multitasking.

 

Rekomendasi PC Desktop Terbaik untuk Perusahaan

Selain cara merawat PC desktop kantor agar awet, Anda juga perlu membeli komputer dengan kualitas terbaik sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Berikut adalah beberapa rekomendasi dalam katalog https://www.jktgadget.com/.

1. Lenovo Ideacentre 510

Desktop PC dari Lenovo ini menggunakan prosessor intel i3 6100 sehingga sangat cocok digunakan untuk pekerjaan kantor. Dengan RAM DDR3 berkapasitas 4GB sehingga dapat digunakan untuk menyimpan beragam file.

2. Acer Aspire TC 885

PC dari Acer ini tidak hanya mudah dalam cara merawat PC desktop kantor agar awet namun juga menggunakan prosessor dengan jenis intel pentium G5400 sehingga kinerja mumpuni. Kapasitas RAM DDR4 sebesar 4GB cukup untuk menyimpan berbagai file penting.

3. Lenovo All in One V530

Seri PC ini tidak hanya memiliki layar monitor modern dan multifungsi, namun tetap simple sehingga ruangan tampak lebih resmi dan profesional. Bukan hanya itu saja, prosessor yang digunakan sudah mumpuni, yaitu core i3 generasi sembilan dan RAM berkapasitas 4GB.

4. Acer All in One C20-830

PC ini memiliki layar tipis dan stand fituristik sehingga bisa memberikan ruang kantor bisa terlihat lebih berkesan. Produk ini memiliki RAM berkapasitas 4GB dan dilengkapi intel Celeron J4005 sehingga ideal untuk pekerjaan dengan Microsoft Office.

5. Dell Vostro 3670 MT

Bukan hanya memiliki spesifikasi unggulan, PC dari Dell Vostro ini juga memiliki kualitas mumpuni dalam tampilannya. Desain simple cocok digunakan dalam ruang kantor, selain itu juga memiliki kinerja cepat sehingga lebih mudah menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Katalog Produk JKT Gadget

 

Cara Merawat PC Desktop Kantor agar Awet

Jika telah memiliki komputer yang berkualitas untuk perusahaan, cara merawat PC desktop agar awet juga perlu diperhatikan. Langkah pertama adalah dengan memperhatikan aliran udara pada PC agar tidak mudah mengalami overheat.

Komputer yang mengalami overheat terus-menerus akan membuat hardisk lainnya menjadi rusak sehingga bisa tiba-tiba mati. Padahal biaya perbaikan untuk mengatasi hardware rusak cukup menguras anggaran.

Tidak hanya mengenai hardware saja, software atau driver juga perlu dirawat sebab sangat penting agar komputer bekerja maksimal. Ini karena terkadang software yang telah diinstal tidak bisa digunakan jika OS belum diperbarui.

selanjutnya adalah melakukan penggantian pada paste prosessor secara berkala. Thermal paste biasanya akan kering ketika digunakan, karena itulah perlu diganti agar tidak terjadi overheat.

Harga Thermal Paste cukup terjangkau dan cara pemasangannya juga tidak terlalu sulit dilakukan. Anda hanya cukup melepas kipas heatsink terlebih dahulu sebelum memasang Thermal Paste VGA.

 

Cara Merawat Hardware PC Desktop di Kantor agar Awet

DELL PC Desktop XPS 8940 Intell Nvidia AMD Murah Jakarta Free Ongkir

Jika sebelumnya merupakan cara umum, berikut adalah langkah-langkah perawatan hardware. Sebab komponen ini juga menentukan kinerja dari komputer tersebut.

Langkah pertama adalah memastikan jika tegangan listrik sudah stabil, sebab jika terlalu rendah maupun tinggi bisa merusak perangkat keras. Anda bisa menggunakan stabilizer atau UPS untuk menstabilkan tegangan.

Selanjutnya adalah dengan mematikan komputer sesuai prosedur dan tidak mencabut kabel listrik komputer secara langsung ketika beroperasi. Bisa sangat berbahaya jika mematikan perangkat tidak sesuai prosedur sebab dapat menganggu kestabilan Power Suplay.

Hindari juga menempatkan alat-alat yang menimbulkan magnet di sekitar komputer agar tidak menganggu monitor maupun merusak hardware internal CPU. Perangkat-perangkat tersebut misalnya seperti smartphone, televisi, dan lainnya.

Cara merawat PC desktop kantor agar awet selanjutnya adalah dengan meletakkannya pada posisi yang teduh dan tidak terkena sengatan matahari langsung. Bersihkan juga komputer dari debu menggunakan kuas cat, lap berserat halus, juga alat semprot udara.

Bersihkan juga mainboard dari debu menggunakan pompa dara terutama pada bagian socket memory karena jika kotor bisa membuat kinerjanya kurang maksimal. Buka juga memori RAM dengan hati-hati untuk dibersihkan menggunakan lap halus terutama bagian kaki.

Buka Power Supply menggunakan obeng kemudian bersihkan dengan hati-hati. bersihkan juga semua port eksternal terletak pada Mainboard terutama bagian port USB. Jika menggunakan VGA card, Anda perlu membersihkan bagian heat sink dari debu.

 

Layanan PC Desktop Terbaik untuk Perusahaan

Selain membantu, Anda tentu membutuhkan supplier yang membantu menyediakan komputer berkualitas dan terjangkau. Tentu saja, mencari supplier perlu pertimbangan panjang agar perusahaan tidak merugi.

Hal paling penting adalah memastikan bahwa supplier terpercaya dan memiliki banyak review positif. Mengetahui latar belakang perusahaan penyedia perangkat komputer penting dilakukan agar terhindar dari penipuan.

Selain itu, perhatikan juga layanan apa saja yang diberikan. Jika terdapat layanan perawatan perangkat baik hardware maupun software, maka Anda sudah tidak perlu lagi khawatir dengan banyaknya cara merawat PC desktop kantor agar awet.

BSB menjadi pilihan terbaik dalam pengadaan berbagai hardware seperti PC, monitor, printer, maupun LCD. Kami juga menyediakan software mulai dari OS, antivirus, MS Office dan sejenisnya, juga perangkat lunak lain.

Bersama dengan tenaga ahli berpengalaman, kami akan membantu cara merawat PC kantor agar awet. Dengan demikian pekerjaan perkantoran bisa selesai dengan maksimal tanpa kendala.

Informasi layanan kami dapat dilihat melalui website resmi https://www.ptbsb.id/ atau dengan menghubungi CS melalui nomor whatsapp berikut ini. Dapatkan pelayanan terbaik dari kami untuk mengembangkan perusahaan Anda.

Komputer menjadi salah satu perangkat penting di perusahaan untuk menyelesaikan berbagai tugas perkantoran. Oleh sebab itu cara merawat PC desktop kantor agar awet sangat perlu agar tidak perlu biaya lebih untuk perbaikan.

No Comments

Post A Comment

Contact Us