Cara Merawat PC Desktop Lab Komputer Sekolah

cara merawat pc desktop lab komputer sekolah

Cara Merawat PC Desktop Lab Komputer Sekolah

Mengetahui cara merawat pc desktop lab komputer sekolah itu penting agar inventaris dapat bertahan lama. Apabila Anda merupakan orang awam sepertinya ulasan kami akan cocok dijadikan referensi.

Pada dasarnya perawatan sebuah komputer itu tidak terlalu sulit dilakukan. Kita hanya perlu merawat hardware, software, dan lingkungan tempat perlengkapan tersebut digunakan agar tidak cepat rusak.

Kami akan membahas tiga aspek tersebut sehingga Anda mendapatkan referensi perawatan terbaik. Jika dirawat dengan baik tentu saja inventaris tersebut mampu bertahan lama tanpa khawatir cepat rusak.

Ada juga satu tips sebagai tambahan mencari tempat membeli terpercaya jika ada part rusak. Jadi Anda dapat langsung melakukan penggantian secara cepat dan memperoleh kualitas terbaik.

Masalah perawatan seperti ini perlu dijadikan acuan utama agar nantinya pengoperasian setiap hari tetap optimal. Ketika berinteraksi dengan barang elektronik tanpa adanya perawatan optimal tentu akan mengkhawatirkan.

 

Cara Merawat PC Desktop Lab Komputer Sekolah, Hardware

LENOVO PC Desktop Ideacentre 5 Core i3 Core i5 Core i7

Perangkat keras membutuhkan perawatan agar usianya dapat bertahan lama. Kemudian degradasi kualitas dan fungsi ketika sudah berumur cukup tua juga tidak terlalu cepat sehingga tetap bisa digunakan, berikut detailnya.

1. Stabilitas daya

Pastikan input daya pada device selalu stabil sehingga potensi terjadinya kerusakan internal semakin sedikit. Cara paling mudah untuk menjaga hal tersebut agar tidak terjadi adalah menggunakan voltage stabilizer.

Alat tersebut harganya tidak terlalu mahal antara puluhan sampai beberapa ratus ribu saja. Sehingga dengan menggunakan alat tersebut komponen internal akan tetap stabil menerima asupan daya.

Ketika asupan daya naik turun akan semakin tinggi potensi terjadinya kerusakan internal. Jadi menjaga stabilitas daya tersebut sifatnya penting agar hardware tetap bekerja dalam kondisi optimal.

2. Kebersihan

Menjaga kebersihan bagian dalam case desktop adalah salah satu cara merawat PC desktop lab komputer sekolah. Setiap satu bulan sekali setidaknya bersihkan bagian tersebut dengan penyedot debu.

Gunakan mulut penyedot khusus sehingga mampu menjangkau sela-sela paling kecil. Ketika terlalu banyak tumpukan debu dikhawatirkan dapat memicu terjadinya korsleting pada perangkat.

Pembersihan tersebut intensitasnya tergantung pada lingkungan di mana perangkat diletakkan. Sehingga bisa lebih sering apabila ruangan kondisinya kurang steril untuk tempat operasional.

3. Kondisi socket

Cara merawat pc desktop lab komputer sekolah dengan mengecek kondisi socket pada part komputer sifatnya opsional tergantung pada device. Setidaknya setiap satu semester selalu usahakan mengecek kondisi socket setiap perangkat.

Tujuannya untuk mengetahui apakah terjadi noda bakar pada perangkat tersebut atau tidak. Jika ada noda bakar bisa dibersihkan dan cek performa komponen terkait agar tidak meledak.

Dengan melakukan tiga pengecekan tersebut secara rutin tentu performa perangkatnya bisa dijaga secara optimal. Jadi menjaga hardware ini sifatnya penting agar device dapat bertahan lebih lama.

 

Cara Merawat PC Desktop Lab Komputer Sekolah, Software

ASUS PC Desktop AIO V222 Intel Procesor Untuk Kerja Sekolah Murah

Maintenance kondisi software pada perangkat juga penting dilakukan oleh pengguna. Tujuannya agar ketika device digunakan maka performa tetap stabil dan jauh dari potensi terjadinya stuttering, berikut detailnya.

1. Pasang software utilitas

Memasang software utilitas adalah salah satu cara paling mudah merawat device agar performanya tetap optimal. Ada banyak software utilitas baik berbayar atau gratis untuk digunakan.

Kami sarankan menggunakan software utilitas berbayar karena kapabilitasnya jauh lebih optimal. Sehingga ketika digunakan dalam jangka panjang tentu bisa membuat software pada device lebih stabil.

Cara merawat pc desktop lab komputer sekolah setidaknya dilakukan satu atau dua minggu sekali. Tujuannya adalah untuk mengecek bagaimana kinerja perangkat lunak apakah stabil atau tidak.

2. Pasang anti virus

Memasang anti virus juga menjadi salah satu aspek penting untuk menjaga keamanan komputer. Jadi kita memang tidak bisa tahu kapan akan terjadi serangan virus tersebut.

Lebih baik mempersiapkan desktop dengan perangkat seperti ini sehingga ketika terjadi serangan bisa melakukan mitigasi. Pada saat digunakan banyak orang virus memang sangat rawan.

Karena ketika terdapat device yang tersambung dapat menjadi salah satu pemicu masuknya virus tersebut. Jadi memang penting menginstal software anti virus sebagai cara merawat pc desktop lab komputer sekolah.

3. Pasang system lock

Memasang system lock juga menjadi salah satu tips untuk menjaga kondisi perangkat lunak tetap prima. Jadi dengan adanya system lock tersebut ketika komputer dihidupkan kembali akan kembali seperti awal.

Dengan memakai software tersebut Anda jadi lebih yakin bahwa stabilitas software terjaga. Karena setiap dinyalakan kembali kondisi sistem akan terjaga dan membuat maintenance tidak perlu terlalu intensif.

Dengan menggunakan ketiga langkah tersebut tentu saja Anda dapat mengoptimalkan kinerja. Menjaga software tetap stabil bisa membuat komputer bekerja secara optimal ketika digunakan.

Katalog Produk JKT Gadget

 

Cara Merawat PC Desktop Lab Komputer Sekolah, Lingkungan

MSI Desktop All In One Core i5 Core i7 Intel Murah Jakarta Garansi Resmi

Lingkungan tempat perlengkapan dipasang atau digunakan juga berpengaruh pada bagaimana kita merawatnya. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan pada ruangan agar perawatannya juga optimal.

1. Kelembaban

Memastikan kelembaban ruangan tetap terjaga di negara tropis seperti Indonesia memang bukan perkara mudah. Idealnya memang lab komputer harus kering total agar perlengkapan tetap terjaga.

Namun ketika terpaksa Anda membangun ruangan tersebut di lokasi sedikit lembab perlu adanya perlakuan intensif. Pasang karpet dan gunakan wallpaper pada ruangan untuk mengurangi kelembaban.

Jika memungkinkan pasang air conditioner agar kondisi ruangan tersebut tetap ideal. Sirkulasi juga harus stabil namun jangan sampai langsung berinteraksi di udara luar seperti melalui jendela.

Akan lebih optimal ketika menjaga kelembaban tersebut kita gunakan vent khusus pada ruangan. Sehingga saluran udara tersebut bisa berfungsi sebagai sirkulasi utama di ruangan.

Tujuan penggunaan vent adalah agar ruangan tersebut kelembabannya mudah diatur. Device juga menjadi lebih tahan apabila kondisi tempat digunakan ideal dan  diimplementasikan.

2. Debu

Masalah debu memang tidak akan pernah dapat kita hindari ketika ada user keluar masuk. Bahkan ketika kita menggunakan komputer berkelas seperti beli di jktgadget.com tetap saja berpotensi mengurangi performa.

Jadi selalu lakukan pembersihan ruangan secara rutin agar akumulasi debu tersebut tidak mengganggu sirkulasi. Bahkan kasus paling parah jika sedimen tersebut masuk pada part device.

Ketika terlalu tebal debu pada ruangan itu juga bisa masuk pada bagian dalam komputer. Apabila cara merawat pc desktop lab komputer sekolah tidak rajin kita lakukan tentu saja dapat memicu terjadinya kerusakan teknis.

Sehingga perawatan terkait debu di ruangan ini bisa kita lakukan secara intensif. Setidaknya satu minggu sekali lakukan pembersihan secara total agar sedimen tidak terakumulasi terlalu tinggi.

Dengan memanfaatkan dua aspek tersebut tentu saja perangkat dapat bertahan jauh lebih lama. Ketika kondisi tempat device memang ideal usia mereka panjang dan degradasi fungsinya juga rendah.

 

Bingung Cari Tempat Beli PC Desktop untuk Laboratorium Sekolah Simak ini

Setelah tahu cara merawat pc desktop lab komputer sekolah dari ketiga aspek tadi sekarang waktunya Anda membeli. Bagi orang awam tentu saja tidak mudah mencari lokasi membeli jika baru pertama kali.

Sehingga kami sarankan untuk melakukan riset secara mendalam sehingga memperoleh rekomendasi terbaik. Jangan ragu untuk mengecek sosial media dan mencari informasi tempat membeli yang bagus.

Jika masih kesulitan kami memiliki rekomendasi bagus untuk membeli komputer yaitu di ptbsb.id. Itu adalah salah satu situs yang menjual laptop, desktop, dan gadget lainnya yang terpercaya.

Harga yang ditawarkan juga bersaing sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kapasitas anggaran. Apabila Anda tertarik untuk melakukan pembelian lakukan saja lewat situs tersebut atau bisa menghubungi whatsapp dibawah ini.

Jika sudah mengetahui cara merawat dan dimana membelinya tentu melakukan pengadaan tidak perlu pusing lagi. Implementasikan cara merawat pc desktop lab komputer sekolah agar performa tetap optimal.

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us