Data Backup Center: Pentingnya Cadangan Data Bisnis

data backup center

Data Backup Center: Pentingnya Cadangan Data Bisnis

Perusahaan perlu menggunakan layanan data backup center yang mampu menyimpan data secara terpusat. Layanan ini efektif memperlancar semua aktivitas operasional bisnis di segala bidang. Terutama yang berhubungan dengan penyediaan layanan online bagi konsumen seperti e-commerce, perbankan, toko online dan sebagainya.

Data bisnis dapat menjadi aset terpenting bagi suatu perusahaan, dan kehilangan data dapat mengakibatkan kerugian besar. Oleh karena itu, penting untuk memiliki backup center sebagai solusi untuk menghindari kehilangan data.

Apa Itu Ruang Data Center?

fungsi data center

Apa itu ruang data center? Yaitu ruang fisik yang dirancang khusus untuk menampung peralatan teknologi informasi seperti server, jaringan, penyimpanan data, dan sistem pendingin. Sistem komputer yang dimiliki suatu perusahaan serta berbagai komponen digital lainnya berada didalamnya.

Menyimpan informasi dalam skala besar, maka ruangan tersebut harus memenuhi persyaratan tertentu agar aman dan stabil pada gangguan virtual maupun fisik. Sehingga bisa digunakan dengan mudah dan cepat untuk mengakses informasi pada server didalamnya.

Didalam ruang data center tersebut terdapat komponen utama yang sangat penting. Seperti storage, switch, router, firewall, server serta application delivery controller. Fungsi penyimpanan, pengelolaan serta aplikasi bisnis sifatnya vital bagi perusahaan, sehingga tingkat keamanannya harus prima.

Berbagai komponen data center tersebut yang menghasilkan infrastruktur teknologi seperti di bawah ini:

1. Infrastruktur jaringan

Berfungsi dalam menghubungkan server, storage, serta koneksi dari eksternal ke pihak perusahaan sebagai pengguna layanan.

2. Infrastruktur storage

Sarana penyimpanan data, lengkap dengan layanan data backup center. Gunanya adalah sebagai penyimpanan berbagai data digital perusahaan yang kapasitasnya bisa mengikuti kebutuhan.

3. Sumber daya komputasi

Data center menyediakan pemrosesan, penyimpanan, dan konektivitas jaringan untuk memaksimalkan performa aplikasi bisnis yang digunakan pihak klien atau perusahaan.

4. Fasilitas fisik

Fasilitas fisik diperlukan guna menunjang tata letak serta kemudahan dalam mengorganisir data center. Diantaranya adalah seperti rak server, ruangan server, rak jaringan, dan generator cadangan.

5. Pengatur kondisi ruangan

Didalamnya terdapat pendingin penghangat ruangan, ventilasi, serta sistem pemadam kebakaran untuk menunjang keamanan secara fisik.

6. Infrastruktur keamanan

Keamanan yang berkaitan dengan kontrol akses, diantaranya sistem kamera pengawas dan sistem keamanan biometrik. Sehingga menghindari adanya tindak kejatahan fisik seperti perusakan atau pencurian perangkat dan komponen.

Agar ruangan dapat berfungsi dengan baik, beberapa hal perlu diperhatikan. Pertama adalah sumber daya listrik. Power supply harus baik dan berkualitas, minim pemadaman mendadak. Biasanya menggunakan generator serta UPS untuk menghindari berbagai risiko akibat penurunan daya maupun pemadaman listrik.

Keamanan merupakan fitur paling krusial pada data center. Sistem ini harus ditunjang dengan akses fisik yang terkontrol secara penuh. Diperlukan konfirmasi identitas melalui biometric serta video login guna memantau setiap aktifitas didalamnya.

Sistem pemrosesan dan penyimpanan juga perlu diperhatikan. Kecepatan sangat penting dalam hal ini, maka diperlukan prosesor multicore terbaru. Kecepatan proses serta akses ditingkatkan dalam hitungan jam, begitu juga dengan tambahan kapasitas penyimpanan yang dapat disesuaikan kebutuhan.

Semakin berkembang bisnis online, kebutuhan bandwidth semakin meningkat. Aktifitas seperti registrasi produk, pemasaran, iklan video, membutuhkan bandwidth besar. Data center perlu dilengkapi fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Berfungsi untuk memudahkan perusahaan dalam mengakses data berkecepatan tinggi dan aman dari gangguan, maka ruangan data center harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama adalah lokasi yang aman dari berbagai risiko gangguan. Seperti bencana alam dan kerusuhan.

Kedua adalah kinerja serta minimnya kendala. Contohnya, penggunaan kecepatan jaringan fiber optic dan pengaturan efisiensi jaringan. Ketiga adalah dari segi fleksibilitas serta skalabilitas contoh fleksibel mengatur skala penggunaan data center dengan penerapan struktur desain yang efisien.

Manfaat dari Memiliki Data Backup Center untuk Cadangan Data Bisnis

backup server

Dalam ruangan pusat penyimpanan dilakukan pengamanan serta pengelolaan informasi yaitu backup. Fungsi utamanya adalah untuk menjamin ketersediaan informasi berharga perusahaan yang tidak terpengaruh oleh berbagai risiko kerusakan dan gangguan. Manfaat data backup center adalah sebagai berikut.

1. Menghindari kehilangan data

Melakukan backup data center secara rutin artinya menyimpan kembali semua salinan informasi sesuai dengan aslinya. Saat terjadi kehilangan atau kerusakan, hasil backup dapat mengembalikan seluruh akses yang dicari.

Dengan adanya backup maka pengguna atau perusahaan dapat dengan mudah memanggil kembali dokumen yang sebelumnya hilang di suatu perangkat. Kehilangan dokumen biasa terjadi pada saat proses instalasi perangkat lunak.

Maka sebelum dilakukan instalasi terlebih dulu semua dokumen penting di-backup. Caranya dengan menyalin semua folder file ke dalam penyimpanan lain. Nantinya, alamat penyimpanan ini akan digunakan kembali untuk mengembalikan semua dokumen tersebut.

2. Menjaga kontinuitas bisnis

Produktivitas sangat ditentukan oleh kelengkapan informasi atau yang dimiliki perusahaan. Semakin lengkap maka semakin cepat proses pengerjaan suatu project atau penyelesaian tanggung jawab. Contoh bagian keuangan yang ingin membuat laporan tahunan, memerlukan data selama setahun.

Apabila terdapat satu hari atau satu minggu data sebagai informasi yang dicari tidak ditemukan maka akan sangat menghambat pekerjaan. Sementara laporan diperlukan untuk acuan dalam menentukan kebijakan baru, tentu kebijakan tersebut juga tertunda pembuatannya.

Adanya sistem data backup center, maka kehilangan ini bisa dicari. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kendala seperti ini solusinya adalah mencari di lokasi penyimpanan lainnya pada komputer.

3. Mengurangi biaya dan waktu pemulihan

Seluruh informasi penting sudah disalin dan tersimpan dengan baik. Pada saat terjadi kehilangan akibat kerusakan hardware maupun software, tidak perlu melakukan penggantian.

Anda tidak perlu membeli perangkat keras maupun lunak yang baru. Ini akan menghemat biaya. Pemulihan informasi tersebut bisa dilakukan secara sistem komputasi dalam waktu beberapa menit saja.

Selain hemat uang karena tidak perlu membeli perangkat apapun, Anda juga lebih efisien waktu. Cukup mencari berdasarkan kategori atau judul dokumen, maka dalam hitungan menit perangkat akan menyajikannya.

4. Memberikan perlindungan terhadap serangan siber

Penggunaan perangkat yang terhubung dengan Internet, sangat rentan terhadap serangan siber. Serangan siber merupakan salah satu kejahatan yang dapat merugikan dalam skala besar.

Sebab dilakukan oleh profesional yang memahami mengenai sistem online dan pentingnya informasi. Perusakan atau pencurian informasi yang menyebabkan akses terkendala menyulitkan pihak perusahaan kaitannya dengan sistem operasional.

Namun tidak perlu khawatir sebab data center melakukan fungsi backup-nya dengan benar dan optimal. Informasi penting sudah langsung diamankan dari berbagai risiko kerusakan maupun pencurian melalui internet.

Selain pencurian serangan malware juga menjadi salah satu musuh terbesar. Malware dapat merusak sistem, jaringan, dan data pada perangkat. Bahkan mampu menghilangkan seluruh dokumen didalamnya.

Untuk mengatasi kehilangan atau kerusakan tersebut maka dilakukan backup. Menyalin dan menyimpan pada lokasi lain yang aman dari segala bentuk kejahatan dan potensi kerusakan dari serangan siber.

Nantinya seluruh informasi atau dokumen bisa diakses kembali dengan format sama. Yuk pelajari apa itu backup dan fungsinya bagi perusahaan.

Untuk mengetahui pelayanan mengenai ruang data center bisa menghubungi kami melalui website ptbsb.id atau no WA dibawah ini.

Klik disini untuk baca artikel lainnya.

No Comments

Post A Comment

Contact Us