Dell Server E3: Berikut Performa Tinggi yang Dimiliki

Dell Server E3

Dell Server E3: Berikut Performa Tinggi yang Dimiliki

Dell Server varian E3 merupakan kekuatan performa tinggi yang dapat membawa bisnis Anda ke level berikutnya. Artikel ini akan membahas fitur utama dari server ini, termasuk prosesor, memori, kemampuan penyimpanan, dan kehandalannya dalam menjalankan tugas-tugas bisnis kompleks.

Sebagaimana kita tahu bahwa menjalankan bisnis itu diperlukan perangkat mumpuni untuk menunjang berbagai aktivitas. Bukan hanya menunjang penyelesaian pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien saja.

Tapi juga membantu upaya pengembangan bisnis dari segi pengelolaan manajemen data menjadi lebih baik. Di antara banyaknya produk komputer bermunculan, server varian E3 cocok dijadikan opsi. Apa saja fitur utama Dell Server E3? Berikut akan dibahas lebih lengkapnya.

Prosesor Kuat Dell Server E3

Dell Server Power Edge T330 Xeon E3

Dell Server E3 didukung oleh prosesor Intel generasi terbaru yang tangguh. Prosesor ini memberikan kecepatan dan daya komputasi tinggi untuk mengatasi tugas-tugas berat seperti pemrosesan data besar, analisis, dan aplikasi bisnis kritis.

Jenis prosesor yang digunakan pada produk Dell Server varian E3 lebih tepatnya adalah Intel Xeon. Ada banyak keunggulan dimiliki oleh prosesor Intel Xeon. Beberapa di antaranya memiliki L3 cache besar, quad channel dan mendukung ECC RAM.

Intel Xeon mendukung ketahanan atau usia pakainya lebih panjang dan mempunyai jumlah core lebih banyak bila dibandingkan dengan Intel Core i7. Dengan keunggulan dimilikinya seperti ini, tidak heran bila Intel Xeon mempunyai harga jauh lebih mahal dibandingkan Intel Core i7.

Prosesor Intel Xeon banyak digunakan pada perangkat server, termasuk produk keluaran Dell satu ini. Ada beberapa alasan mengapa Intel Xeon menjadi opsi yang cocok untuk dipasang. Salah satunya prosesor Intel Xeon mempunyai kinerja cukup baik.

Kelebihan seperti ini tampak dari segi kecepatan prosesornya yang bisa menangani beban kerja tinggi. Inilah penyebab Dell Server yang didukung oleh Intel Xeon termasuk ke dalam salah satu jenis prosesor kuat.

Alasan lainnya, bisa mengatasi pekerjaan yang kategorinya rumit, seperti modeling 3D dan rendering video. Tidak semua perangkat komputer mumpuni untuk menunjang pengerjaan rumit seperti ini.

Selain itu, mendukung teknologi virtualisasi serta memiliki pemrosesan data berkecepatan tinggi. Perancangan prosesor Intel Xeon juga bertujuan meningkatkan efisiensi daya, sehingga bisa mengurangi biaya operasional mesin sekaligus menurunkan emisi karbon.

Memori Luas Dell Server E3

Memiliki kapasitas memori yang luas, Dell Server ini memungkinkan pengelolaan data besar dengan efisien. Memori memadai juga mendukung kinerja aplikasi bisnis yang responsif dan lancar.

Mengenai jumlah kapasitas memori yang ditawarkan oleh perangkat menyesuaikan dengan tipenya. Ukuran memori maksimal dimiliki adalah sebesar 32 GB, menyesuaikan jenisnya.

Sedangkan jenis memori dipakai adalah tipe DDR3. Beberapa kelebihan RAM DDR3 diantaranya memiliki bandwidth lebih tinggi, yaitu mencapai hingga 1600 MHz dan mendukung daya tahan baterai lebih lama.

Produk Dell Server yang mendukung RAM tipe DDR3 mampu meningkatkan performa pada daya lebih kecil serta memungkinkan berbagai kepadatan tinggi rendah tegangan modul pilihan untuk desktop, server, aplikasi dan notebook.

Varian ini berbeda dengan Dell Server E31S yang mendukung tipe DDR4. DDR4 merupakan penerus dari DDR3 yang tentunya memiliki spesifikasi lebih tinggi, tapi sayangnya masih belum terlalu populer penggunaannya dipasaran.

Penyimpanan Cepat dan Andal

Dell Server E3 menawarkan pilihan penyimpanan cepat dan andal, termasuk solid-state drive (SSD) yang mempercepat akses data dan meningkatkan kinerja keseluruhan server. Bila dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki sistem operasi perangkat terhadap boot lebih cepat.

Selain itu, adanya komponen SSD pada Dell Server dalam proses memuat program serta menyimpan file lebih cepat. SSD ini tidak mempunyai bagian yang bergerak dan mendukung dua komponen utama yakni chip Nand flash memory serta flash controller.

Adanya konfigurasi seperti ini dioptimalkan dengan tujuan memberikan kinerja baca atau tulis yang tinggi terhadap permintaan data acak serta berurutan. Tapi memang dari segi harga SSD memiliki tarif lebih mahal dibandingkan HDD.

Kelebihan SSD lainnya yaitu memiliki daya tahan lebih tinggi terhadap goncangan dan menghasilkan lebih sedikit suara bising. Fitur seperti ini tentu akan sangat diperlukan oleh para pemilik bisnis.

Apalagi bila bisnisnya bekerja pada data berskala besar yang sering mengandalkan SSD. Sebab, dalam mengelola data skala besar, kecepatan transfer serta waktu akses itu menjadi satu hal yang sangat penting dipertimbangkan. Dalam hal ini Dell Server E3 bisa menjadi opsi terbaik.

Keamanan Data Terjamin

Dell menempatkan keamanan sebagai prioritas. Server E3 dilengkapi dengan fitur keamanan canggih untuk melindungi data bisnis dari ancaman dan potensi risiko keamanan.

Produk ini didukung oleh fitur Intel vPro eligibily. Komponen vPro diperlukan oleh perusahaan, baik itu skalanya kecil maupun besar. Biasanya fitur seperti yang ada pada Dell Server ini dicari karena pertimbangan dari segi performa, stabilitas, keamanan serta remote manageability.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keamanan data itu menjadi hal penting dipertimbangkan ketika membeli perangkat, bahkan menjadi aspek utama. Tentu saja keamanan dari pengaksesan pihak tidak berkepentingan dan serangan digital.

Bayangkan bila perangkat yang Anda gunakan untuk mengelola bisnis rentan terserang hacker. Nantinya data penting di dalamnya bisa disalahgunakan untuk tindakan kejahatan. Tapi, saat memilih produk Dell Server, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data.

Sebab sudah terjamin dari segi keamanan. Selain Intel vPro, produk ini juga mendukung fitur lain, seperti kode keamanan. Kode keamanan dengan dukungan Intel Secure Key menyediakan penghasil nomor acak digital.

Nomor acak seperti ini berperan penting dalam memperkuat algoritma enkripsi. Ada lagi fitur Intel Trusted Execution Technology yang membuat komputasi menjadi lebih aman. Fitur ini memperkuat keamanan dengan metode peluncuran terukur serta eksekusi terlindungi.

Teknologi satu ini membuat lingkungan tempat aplikasi bisa berjalan di ruangnya sendiri serta terlindungi dari seluruh software di sistem. Masih banyak fitur lain yang ditawarkan oleh Dell Server E3 untuk mendukung tingkat keamanannya.

Kinerja Handal

Server E3 dirancang untuk kehandalan tinggi, mengurangi risiko downtime dan memastikan operasional bisnis yang lancar dan efisien. Intel Turbo Boost Technology berperan penting dalam peningkatan kinerja atau performa prosesor secara signifikan.

Fitur teknologi canggih satu ini bisa meningkatkan clockspeed dasar yang jauh lebih besar. Kondisi seperti ini berdampak terhadap performa prosesor jauh lebih baik bila dibandingkan sebelumnya.

Ketika membahas kehandalan perangkat Dell Server dalam mendukung pengoperasian, tidak terlepas dari peran prosesor utamanya, yakni Intel Xeon. Prosesor ini dikhususkan untuk server dengan tingkat toleransi kesalahan sangat rendah serta durabilitas tinggi.

Menariknya, Xeon memiliki dukungan memori ECC atau Error Correction Code. Fitur ini akan berperan dalam membantu pencegahan soft error yang terjadi ketika prosesor membaca serta menulis informasi.

Beberapa performa tinggi tersebutlah yang membuat perangkat ini banyak diminati oleh para pemilik bisnis. Tapi, spesifikasi secara lebih mendetail menyesuaikan dengan varian produk dipilih.

Semakin tinggi spesifikasinya, akan semakin besar biaya harus dikeluarkan. Dapatkan produk Dell Server terbaik dan berkualitas di PT BSB dengan cara menghubungi nomor WhatsApp.

Baca juga: Pengertian Virtualisasi Server: Maksud dan Contohnya

No Comments

Post A Comment

Contact Us