ERP Software: Pengertian, Contoh, dan Jenisnya

ERP Software

ERP Software: Pengertian, Contoh, dan Jenisnya

Penggunaan software untuk mempermudah kehidupan manusia sekarang semakin banyak dilakukan. Salah satunya perangkat lunak yang digunakan dalam bisnis, misalnya ERP Software.

Sistem ERP fapat mempermudah proses bisnis dengan cara membantu pengelolaan antara divisi menjadi lebih baik, terutama untuk bisnis berskala besar. Oleh sebab itu, penggunaan sistem ERP sekarang ini semakin banyak dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mempermudah usahanya.

Jadi, apa yang dimaksud dengan software ERP dan contohnya, untuk mengenal lebih jauh bisa simak paparan berikut ini.

Apa itu Software ERP?

EntERPrise Resource Planning (ERP) adalah software bisnis yang membantu perusahaan dalam mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis seperti manajemen keuangan, manufaktur, persediaan, dan sumber daya manusia.

Penggunaan sistem ERP yang terintegrasi memudahkan perusahaan untuk mengintegrasikan setiap departemen sehingga tetap terhubung dalam satu sistem. Di dalam sistem ini terdapat banyak modul sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Ketersediaan modul akan tergantung jenis software ERP yang menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jadi, akan sangat tergantung dari jenis perangkat lunak yang dipakai atau dibangun oleh developer dengan memfokuskan pada kebutuhan dari perusahaan.

Dengan implementasi yang tepat, maka fungsi dari sistem ERP akan sangat terasa manfaatnya dalam bisnis. Fungsi dari ERP sendiri adalah:

  1. Mengintegrasikan berbagai proses bisnis dalam perusahaan sehingga menjadikan proses bisnis berjalan efektif serta efisien.
  2. Adanya software EntERPrise Resource Planning meningkatkan akurasi proses bisnis, sebab memungkinkan informasi antar departemen disajikan realtime. Dengan demikian, pertukaran informasi dapat dilakukan dengan cepat.
  3. Proses monitoring bisa dilakukan dengan mudah sebab penggunaan sistem tERPusat.
  4. Menghemat biaya operasional sehingga pengeluaran perusahaan dapat ditekan.
  5. Menjaga keamanan data dalam database yang hanya bisa diakses oleh tim IT khusus.
  6. Membantu membuat prakiraan bisnis yang akurat.

Dalam dunia bisnis penggunaan EntERPrise Resource Planning sudah sangat umum dan penerapannya hampir dapat dilakukan dalam berbagai jenis industri. Sebagai contoh jasa, pendidikan, kesehatan, retail, bahkan pertambangan serta perkebunan.

Jadi, apa yang dimaksud dengan software ERP adalah sebuah sistem yang memudahkan perusahaan dalam melakukan sinkronisasi antar tim dan divisi agar dapat terjalin kerjasama yang baik sehingga mengembangkan perusahaan.

Sistem EntERPrise Resource Planning juga memiliki tingkat keamanan yang baik karena memakai sistem tERPusat dan dapat dimonitor setiap saat. Administrator akan bertanggung jawab sebagai pengelola data dengan pihak-pihak tertentu memiliki hak akses kunci dan tanggung jawab penuh.

Contoh Software ERP

Perangkat lunak EntERPrise Resource Planning memiliki banyak bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan perusahaan. Jadi, berbeda jenis bisnisnya maka akan berbeda kebutuhannya. Sebagai contoh kebutuhan bisnis retail akan berbeda dengan manufaktur.

Divisi atau modul yang dipergunakan pada kedua jenis perusahaan tersebut ada beberapa sama dan sisanya berbeda sehingga pembuatan aplikasinya harus melihat kebutuhan dari perusahaan masing-masing.

Saat ini, ada beberapa contoh aplikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia, misalnya:

1. SAP

SAP Accounting Software | SAP Training HQ

Software dari platform SAP ini dirancang untuk beroperasi menggunakan teknologi terkini. Dengan demikian, mampu memaksimalkan kecepatan dan akurasi transfer data secara real-time.

Di dalam aplikasi SAP ditawarkan berbagai modul sehingga perusahaan dapat melakukan pengelolaan berbagai aspek bisnis. SAP menawarkan pengelolaan manajemen pembelian, finansial, produksi, pengiriman, dan berbagai modul lainnya dalam satu paket.

Selain dapat berdiri sendiri dan mengintegrasikan modul di dalamnya, SAP juga dapat melakukan integrasi dengan aplikasi bisnis lain yang digunakan perusahaan, misalnya sistem cloud computing, aplikasi mobile, maupun sistem IoT.

SAP menyediakan sistem manajemen bisnis yang dapat digunakan pada perusahaan besar, kecil, maupun rintisan. Pemilik bisnis juga dapat melakukan kustomisasi menyesuaikan dengan kebutuhan usaha.

Menawarkan banyak keunggulan, SAP membandrol harga penawaran yang juga cukup tinggi, yaitu sekitar 1 Milyar. Harga tidak termasuk kustomisasi dan lisensi per user setiap tahunnya.

2. Oracle

ORACLE ERP CLOUD – CIMA IT

Apa yang dimaksud dengan software ERP Oracle, yaitu sebuah perangkat lunak yang menyediakan pendekatan cloud secara komprehensif. Keunggulannya memiliki indicator grafis dengan tampilan real time. Tampilan ini bisa dilihat pada dashboard dan area kerja.

Aplikasi besutan NetSuite ini merupakan pelopor perangkat lunak cloud-deployed sejak 1998. Produk Oracle rilis di Indonesia tahun 2017 dengan menawarkan banyak fitur menarik. Pengintergrasian modul dilakukan dengan baik serta otomatis.

Database yang digunakan hanya dapat diakses oleh tim IT khusus sehingga hanya keamanan data tetap terjaga. Biaya untuk mendapatkan perangkat lunak ini 100-300 juta per modulnya. Harga tidak termasuk lisensi, integrasi dan setup, serta training.

Oleh sebab itu, kebanyakan pengguna produk dari developer asal California, Amerika Serikat ini merupakan perusahaan besar berskala nasional atau internasional.

3. Microsoft Dynamics

Microsoft Dynamics ERP: Which to Choose? | GraVoc

Software satu ini merupakan besutan Microsoft yang dikembangkan pertama kali di Denmark dan Amerika Serikat tahun 1998. Pengembangan pertama dilakukan oleh Axapta IBM kemudian dikembangkan dan diluncurkan bersama Microsoft.

Penggunaan aplikasi satu ini telah mendukung banyak perusahaan besar di tanah air, seperti PT Mowilex Indonesia, PT East West Seed Indonesia, dan PT Indotruck Utama. Keunggulannya adalah dapat mengintegrasikan seluruh modul dengan sangat baik.

Fitur-fitur yang ditawarkan komprehensif, mulai dari segi keuangan, pengadaan, hingga manufaktur. Keunggulan yang ditawarkan adalah visibilitas atau transparansi lebih baik sehingga control terhadap semua aktivitas bisnis lebih mudah dilakukan.

Jenis Software ERP

Saat ini, penggunaan EntERPrise Resource Planning oleh perusahaan sangat beragam, tergantung dari jenis perusahaan tersebut. Pengimplementasiannya memang tidak bisa sembarangan, dengan modul menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Jadi, apa yang dimaksud dengan software ERP satu perusahaan bisa berbeda tergantung dari divisi dalam perusahaan tersebut. Jenis ERP yang paling banyak digunakan saat ini adalah:

1. ERP Horizontal

Jenis ERP horizontal bisa digunakan dalam berbagai jenis industri dan bisnis, serta menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Namun, karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan berbeda, biasanya fitur di dalamnya akan dilakukan penyesuaian.

Pihak pengembang aplikasi akan memberikan penawaran layanan fitur yang dibutuhkan kemudian melakukan perombakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing usaha.

Sistem horizontal memungkinkan semua modul terintegrasi kesatuan yang padu dan untuk menu-menu pentingnya hanya bisa diakses oleh orang-orang di puncak manajerial.

2. ERP Vertikal

Jenis pertama adalah vertikal yang banyak digunakan pada perusahaan dengan pengembangan khusus, seperti perusahaan retail dan manufaktur. Jenis bisnis seperti ini memang lebih kompleks dengan banyak modul di dalamnya.

Oleh sebab itu, diperlukan sebuah perangkat lunak untuk mengintegrasi seluruh modul dan menjadikannya terstruktur dalam satu sistem. Pengembangan software ERP horizontal biasanya dilakukan khusus dan spesifik.

Hal ini dimaksudkan agar aplikasi bisa bekerja lebih efektif memenuhi kebutuhan bisnis dari perusahaan. Dibutuhkan tim pengembang khusus untuk memastikan perangkat lunak EntERPrise Resource Planning bisa memberikan manfaat maksimal.

3. ERP Custom

Software yang dibuat custom ini biasanya dikembangkan langsung oleh pengembang. Pengembang perangkat lunak akan mengkaji terlebih dahulu apa saja kebutuhan perusahaan, kemudian mendesain aplikasi sesuai kebutuhan tersebut.

Dalam bentuk custom, pengguna bisa meminta penambahan fitur atau perubahan fitur sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, penerapan perangkat lunak seperti ini umumnya membutuhkan waktu perancangan lebih panjang dengan biaya lebih tinggi.

Penggunaan perangkat lunak ERP tidak hanya oleh perusahaan-perusahaan besar bertaraf nasional maupun internasional. Usaha kecil menengah juga bisa menerapkannya dengan porsi lebih kecil.

Sebab adanya sistem ERP ini sangat membantu mengoptimalkan efisiensi kerja, meningkatkan kerja sama, mengamankan data perusahaan, hingga menghemat biaya operasional. Jadi, implementasinya akan sangat bermanfaat.

Untuk berbagai info seputar pembuatan software ERP maupun perangkat lunak bisnis lainnya untuk kebutuhan bisnis atau perusahaan bisa berkunjung ke ptbsb.id atau hubungi no WA dibawah ini.

 

Yuk pelajari tentang fitur ERP yang wajib digunakan oleh perusahaan. Klik disini untuk membaca artikel lainnya.

No Comments

Post A Comment

Contact Us