Fungsi Data Center dalam Operasional Bisnis

fungsi data center

Fungsi Data Center dalam Operasional Bisnis

Fungsi Data Center merupakan infrastruktur penting sebagai pusat pengolahan dan penyimpanan data. Peran pentingnya dalam operasional bisnis tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi saat ini hampir semua bisnis terintegrasi dengan sistem komputer serta fasilitas daring.

Tanpa adanya fasilitas jaringan komputer serta ruang penyimpanan tersebut, sebuah bisnis tidak akan mampu mengolah data secara efektif dan efisien. Untuk memaksimalkan penggunaannya, Anda perlu tahu apa saja perannya dalam bisnis.

Peran Penting Data Center Dalam Operasional Bisnis Perusahaan

data center

Bagaimana sistem kerja dari data center? Sebelum mengulas mengenai sistem kerjanya, penting untuk memahami apa saja peran atau fungsi data center dalam operasional suatu usaha. Berikut beberapa peran tersebut.

1. Menjaga Ketersediaan Data

Salah satu fungsi data center bagi perusahaan adalah replikasi yang menjaga ketersediaan data. Dengan kemampuan ini setiap terdapat masalah misalnya hardware atau software rusak, Anda tidak perlu khawatir segala informasi penting masih dapat dilihat karena sudah disalin atau di-backup.

Misalnya terjadi huru-hara atau bencana alam yang menyebabkan kerusakan, maka hanya perangkatnya. Namun informasi didalamnya tetap bisa diakses menggunakan perangkat lain.

Informasi seperti alur masuk keluar barang, pengeluaran biaya yang berpengaruh pada kas maupun aset terjamin aman. Sehingga meminimalisir kesalahan yang dapat berujung pada kerugian.

2. Mengoptimalkan Pengolahan Data

Pengolahan segala informasi terinput lebih optimal karena dilakukan secara sistematis. Meminimalisir terjadinya kesalahan. Bahkan saat terdapat error saat pengolahan dapat segera diperbaiki.

Data center memudahkan pengelolaan semua materi informasi yang dibutuhkan dalam operasional bisnis. Sebagai contoh, Anda bisa membuat pemisahan antara informasi keuangan dengan stok barang.

Dengan demikian, saat diperlukan analisa dalam menyusun laporan jadi lebih mudah. Mempersingkat waktu dalam merunut setiap update pada masing-masing bagian. Semua perhitungan bisa langsung dikerjakan tanpa kesalahan.

3. Mengurangi Biaya Operasional

Fungsi data center sendiri adalah menghemat biaya operasional. Tidak memerlukan banyak tenaga pekerja untuk mengerjakan pengolahan informasi terkait aktifitas bisnis perusahaan. Termasuk investasi perangkat komputer serta semua perlengkapan penyimpanan dan pengelolaan.

Anda cukup mempercayakan kepada penyedia layanan data center terpercaya terkait keperluan tersebut. Cukup membayar sewa perangkat atau peralatan lainnya sesuai kebutuhan.

Anggaran pengelolaan informasi perusahaan Anda lebih terjangkau. Sisa anggaran tersebut nantinya dapat dialihkan untuk modal operasional harian. Selain itu Anda bisa lebih fokus mengurus aktifitas lain untuk menunjang produktifitas.

4. Memudahkan Perluasan Bisnis

Keperluan pengelolaan dan penyimpanan informasi penting perusahaan terjamin aman, Anda bisa dengan cepat melakukan langkah-langkah strategis perluasan bisnis. Menjalin kerja sama dengan investor jadi lebih percaya diri karena menggunakan informasi atau data akurat mengenai kondisi bisnis terkini.

Sistem keamanan data yang terjamin menjadi pertimbangan para investor untuk menempatkan dananya. Sebab ada jaminan bahwa perusahaan dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal.

Ketimpangan data dapat diminimalisir, analisa terhadap peluang bisnis dan perluasannya jadi lebih akurat. Kebijakan yang akan Anda ambil selanjutnya jadi lebih mudah dijalankan pada cabang baru.

Bagaimana Sistem Kerja dari Data Center?

perusahaan data center di Indonesia

Sistem kerja data center meliputi pengumpulan dan pemrosesan, penyimpanan, manajemen sistem keamanan, akses data, manajemen kapasitas dan perawatan. Supaya lebih mudah memahami, berikut penjelasan singkatnya.

1. Pengumpulan dan pemrosesan

Pengumpulan ini berasal dari semua informasi penting perusahaan yang berkaitan dengan operasionalnya. Diinput secara manual maupun otomatis dari berbagai bidang atau departemen dalam perusahaan.

Mekanismenya sama seperti Anda menginput suatu informasi, menyimpan dalam perangkat kemudian mengunggah atau membuat backup pada cloud. Namun untuk keperluan perusahaan yang skalanya lebih besar, data center digunakan sebagai pusat penyimpanan dengan kapasitas lebih besar pula.

Pemrosesan data sangat penting bagi tiap bagian perusahaan untuk menciptakan strategi bisnis yang yang lebih baik. Melalui tahapan pemrosesan, setiap input dikonversi menjadi format yang lebih mudah dibaca.

Hasil pemrosesan dapat berbentuk grafik, bagan, dan berbagai dokumen. Berbagai bentuk informasi tersebut sangat berguna dalam mempermudah pengguna pada saat membacanya.

Pemrosesan sendiri dilakukan dengan bantuan aplikasi supaya lebih efisien dan akurat. Pertama, dilakukan input data primer, analisa, penyimpanan sampai proses pengolahan menjadi bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

2. Penyimpanan

Semua input yang masuk ke sistem data center akan disimpan dengan aman. Umumnya penggunanya dari berbagai instansi bisa dari pemerintah, perusahaan skala kecil maupun multinasional. Maka diperlukan ruang dengan kapasitas sangat besar, tidak cukup hanya mengandalkan cloud.

Sistem penyimpanan ini apabila terjadi suatu masalah, dapat berimbas pada para pengguna termasuk perusahaan Anda. Maka sangat penting untuk memilih penyedia layanan yang handal dan berpengalaman.

Terutama apabila lalu-lintasnya padat selama 24 jam seperti pada perbankan yang terintegrasi dengan sistem daring. Minimal ada backup-nya sehingga semua informasi yang diperlukan bisa segera diperoleh. Dengan demikian kegiatan operasional perusahaan Anda tidak akan mengalami kendala.

3. Manajemen sistem keamanan

Manajemen sistem keamanan menjamin kerahasiaan setiap informasi. Semua perusahaan, pelaku bisnis bahkan individu bisa mempercayakan keamanan datanya. Data center akan melakukan berbagai mekanisme untuk menghindari terjadinya kejahatan. Yaitu resiko pencurian atau peretasan.

Sistem keamanan melakukan verifikasi pada seluruh pengguna, dan perangkat IT dengan membatasi dan mengawasi akses. Selain itu juga didukung dengan adanya log, yaitu rekaman aktifitas pada lalu lintas jaringan.

Umumnya juga digunakan enkripsi untuk menghindari kebocoran informasi. Sehingga semua yang diupload oleh para pengguna terjamin aman. Tidak akan terekspos melalui jaringan internet dan diakses oleh pihak tidak berkepentingan.

4. Akses

Fungsi data center sebagai pusat penyimpanan memiliki mekanisme akses yang mudah. Setiap bagiannya tersusun sedemikian rupa membentuk suatu kesatuan sehingga semua alur berjalan dengan baik.

Terdapat rak-rak server, ruang pendingin, teknisi IT support, UPS, ruang untuk generator cadangan, dan lain sebagainya. Semuanya terorganisi sesuai alur dan fungsinya sehingga memudahkan dalam maintenance.

Maintenance yang optimal berpengaruh terhadap kualitas layanan dari setiap klien. Seperti perbankan, bursa efek, marketplace dan sebagainya. Klien perusahaan yang menjalankan bisnis secara online juga sangat dimudahkan.

5. Manajemen kapasitas dan perawatan

Manajemen dan perawatan sangat penting dilakukan guna menghindari berbagai kendala. Diantaranya masalah downtime, konsleting listrik, kerusakan alat, pemadaman, peningkatan temperature dan kelembaban ruang server, peralatan yang aus dan banyak lagi.

Pemeliharaan atau perawatan dilakukan rutin terutama mengantisipasi listrik padam tiba-tiba. Sebab jika hal ini terjadi maka akan mengakibatkan downtime. Untuk keperluan inilah data center menyediakan generator cadangan.

Downtime yang mengakibatkan server down akan sangat mempengaruhi aktifitas dari perusahaan maupun instansi klien. Maka setiap server menggunakan UPS untuk menyimpan cadangan energi listrik.

Selain antisipasi terhadap berbagai faktor penyebab server bermasalah, manajemen kapasitas juga dilakukan. Ini bertujuan untuk memaksimalkan penyimpanan informasi penting dari klien dalam jumlah besar.

Begitu penting perannya guna mendukung operasional bisnis, maka penting memilih penyedia layanan terpercaya seperti kami silahkan hubungi melalui website ptbsb.id atau no WA dibawah ini. Yuk pelajari apa itu data center dan tips memilihnya.

Klik disini baca artikel lainnya.

No Comments

Post A Comment

Contact Us