Mengenal Storage Area Network dan Keuntungannya

IP network dan IP broadcast

Mengenal Storage Area Network dan Keuntungannya

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah IP network dan IP broadcast. Jika Anda bekerja di bidang ilmu teknologi, pasti kedua istilah tersebut sudah sangat sering disebut. Apalagi jika memasuki bagian storage area network atau biasanya sering disingkat dengan SAN.

Storage area network atau jaringan area penyimpanan adalah jaringan komputer yang berfungsi untuk mengakses data. Storage area network atau SAN adalah juga berfungsi untuk menyimpan data dalam jumlah sangat besar. Satuannya bahkan bisa sampai terabyte atau TB.

Akses pada data tersebut bisa dilakukan dengan bantuan network dan komponen pendukung lainnya. IP network dan IP broadcast adalah salah satu komponen pendukung yang melancarkan akses data melalui storage area network.

Tentu saja setiap perusahaan atau Lembaga apa saja yang membutuhkan penyimpanan data dengan mudah, harus memahami tentang SAN dan komponen pendukungnya. Banyak orang bertanya apa yang dimaksud dengan IP network dan broadcast.

Mengenal IP Network dan IP Broadcast

IP Network

Ketika Anda ingin mengakses sebuah laman atau penyimpanan, tentu harus melalui IP agar tujuan lamannya tepat. IP adalah istilah teknologi untuk alamat atau address. Agar lebih mudah dipahami, Anda bisa mengibaratkan fungsi IPnya seperti pengantaran surat ke sebuah rumah.

Jika Anda ingin mengirimkan sebuah surat, tentu Anda harus mencantumkan alamatnya dengan lengkap agar pengantar surat bisa mengantarkan surat tanpa salah alamat. Sama halnya dengan alamat atau address yang bisa mengantar Anda pada laman atau data yang tepat.

Dalam jaringan penyimpanan area juga membutuhkan alamat tersebut dengan tepat, tujuannya adalah agar Anda tidak salah mengakses data orang lain. Agar bisa mewujudkannya, maka dibutuhkan IP network dan IP broadcast sebagai komponen pendukung SAN.

IP network adalah alamat jaringan yang menghubungkan komputer atau perangkat lainnya dengan internet. Sehingga ketika Anda menggunakan jaringan area penyimpanan, akses ke penyimpanan data melalui internet bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sedangkan alamat broadcast adalah alamat yang berfungsi untuk mengirim data ke semua perangkat. Alamat broadcast sangat berguna pada jaringan area penyimpanan. Dilihat dari masing – masing pengertiannya, tentu Anda sudah memahami perbedaan IP network dan IP broadcast.

Baik IP network atau IP broadcast, keduanya sama – sama memiliki wujud angka. Misalnya seperti 332.07.0.0/13. Jika Anda mengakses menggunakan browser internet, biasanya angka – angka seperti ini dapat dilihat di bar bagian atas yang berisi link.

Agar lebih mudah memahaminya, Anda juga harus memahami apa saja fungsi IP network yang sangat penting. Terutama fungsi yang sangat mendukung lancarnya penggunaan SAN atau jaringan area penyimpanan.

4 Fungsi Penting IP Network

Tentu saja ada beberapa fungsi yang membuat alama jaringan menjadi komponen pendukung bagi jaringan area penyimpanan atau SAN. Fungsi – fungsi tersebut membantu dan sangat berperan dalam mendapat performa SAN yang sangat memudahkan.

Jika belum pernah belajar tentang beberapa fungsi dari alamat jaringan dalam penggunaan jaringan area penyimpanan, coba perhatikan beberapa fungsi pentingnya berikut ini.

1. Menghubungkan Perangkat ke Jaringan Internet

Fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Apa saja jenis perangkatnya, seperti laptop, handphone, komputer, atau tab, jika ingin terhubung dengan internet pasti akan membutuhkan alamat atau address ini.

Pada dasarnya penggunaan IP network dan IP broadcast tidak hanya untuk jaringan area penyimpanan saja, karena masyarakat memakai internet dengan banyak tujuan. Misalnya untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi. Tidak hanya untuk akses data di storage saja.

Tetapi dalam penggunaan jaringan area penyimpanan, tentu kedua komponen ini sangat dibutuhkan. Hal ini karena jaringan area penyimpanan membutuhkan koneksi internet ketika diakses. Jika perangkat yang dipakai tidak bisa terhubung dengan internet, tentu tidak bisa mengakses SAN.

2. Mengunjungi Laman yang Tepat

Mengunjungi laman yang tepat adalah salah satu fungsi utama alamat ini. Dalam penggunaan jaringan area penyimpanan, Anda akan merasakan fungsi dari IP network dan IP broadcast untuk mengakses data dengan tepat. Sehingga tidak akan ada kesalahan akses data milik orang lain.

Keunikan dari fungsi ini adalah pengunjungan laman atau data bisa saja salah hanya karena penulisan 1 angka yang tidak benar. Misalnya angka belakang alamat jaringan seharusnya 0 namun ditulis 1. Maka aksesnya bisa langsung salah atau justru tidak bisa sama sekali.

Melihat dari kefatalan jika salah menuliskan alamat dalam hal ini, tentu Anda sudah semakin memahami mengapa alamat jaringan sangat penting dalam jaringan area penyimpanan. Bagi orang yang memiliki data dalam jumlah sangat besar, kesalahan alamat pasti berakibat sangat fatal.

3. Mengidentifikasi Identitas Perangkat

Sebelum penyimpanan data dilakukan melalui cloud, maka penyimpanan data akan dilakukan melalui perangkat terlebih dulu. Agar bisa menyimpan di perangkat yang benar, maka perlu ada identifikasi terhadap identitas perangkatnya. Ini salah satu fungsi dari IP network dan IP broadcast.

Tujuan mengidentifikasi identitas perangkat adalah untuk meletakkan atau menyimpan data dengan tepat. Identifikasi identitas perangkat ini akan dilakukan dengan menunjukkan nama perangkat, versi, jumlah penyimpanan tersisa, dan lain sebagainya yang menjadi identitas.

Masih banyak orang yang belum memahami alasan mengapa fungsi dari IP network dan IP broadcast untuk identifikasi identitas ini sangat penting. Terutama karena identitas perangkat terkadang dianggap tidak terlalu penting dalam proses penyimpanan sebuah data.

4. Mengidentifikasi Keamanan Laman

Kemudian fungsinya yang terakhir adalah untuk mengidentifikasi keamanan laman. Fungsi ini tidak hanya bagus untuk penggunaan SAN atau storage area network saja, namun juga untuk akses informasi melalui browser. Sehingga fungsi identifikasi keamanan ini pemakaiannya luas.

Keamanan juga menjadi hal yang sangat penting diperhatikan dalam dunia internet. Sedikit saja ada celah tidak aman, Anda bisa mengalami hal buruk seperti kebocoran data penting. Namun dengan adanya IP network dan IP broadcast, keamanan bisa dideteksi lebih awal.

Biasanya akan ada larangan akses laman otomatis yang akan muncul ketika terdeteksi tidak aman. Sehingga semua pengguna internet atau penyimpanan akan lebih aman data – datanya.

Dengan memahami apa saja fungsinya, mungkin Anda sudah merasa lebih tertarik untuk memakai SAN. Anda juga bisa membeli perangkat yang mudah digunakan untuk memanfaatkan SAN melalui jktgadget.com.

5 Keuntungan Storage Area Network

Storage Area Network

Kini semua orang sudah banyak menggunakan storage area network. Tidak hanya melihat dari fungsi alamat jaringan sebagai komponen pendukungnya, namun juga karena beberapa keuntungan berikut ini yang harus Anda pahami sebelum memakai storage area network.

1. Lebih Mudah Mengakses Data

Keuntungan utama dalam pemakaian SAN atau storage area network adalah agar akses data menjadi lebih mudah. Keuntungan ini sangat mendasar jika melihat zaman dahulu ketika masih belum ada kecanggihan teknologi. Orang – orang masih membutuhkan usaha untuk akses data.

Namun dengan adanya SAN serta komponen pendukung seperti IP network dan IP broadcast, maka akses data ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu usaha lebih seperti mencari lokasi penyimpanan data secara manual karena sudah alamat tepatnya.

Apalagi aksesnya bisa dilakukan secara online, jadi melalui perangkat mana saja pasti tetap bisa mengakses lokasi data yang tepat. Namun dengan catatan bahwa alamat atau IPnya sudah benar.

2. Meminimalisir Eror atau Kesalahan Saat Mengirim Data

Dengan menggunakan SAN, Anda tidak hanya bisa menyimpan data dengan aman dan mudah. Namun bisa juga digunakan untuk mengirimkan data. Tentunya dengan adanya komponen pendukung seperti IP network dan IP broadcast pada SAN atau storage area network.

Keuntungannya tidak hanya sebatas mengirim data, karena terkadang pengiriman data untuk orang lain juga bisa gagal. Jika memakai SAN, kesalahan pengiriman data untuk orang lain bisa lebih diminimalisir. Sehingga data yang dikirimkan akan sampai kepada orang yang tepat.

Bahkan meskipun Anda mengirimkan datanya untuk banyak orang sekaligus, dengan memakai addresss atau alamat tepat, semua ini bisa dilakukan dengan aman dan tepat. Tidak heran jika banyak masyarakat yang sudah mulai memanfaatkan teknologi ini untuk pengiriman data.

3. Bisa Lebih Mudah Menambah Data di Server yang Sama

Penggunaan SAN atau storage area network bisa dilakukan melalui server. Alamat atau address juga digunakan untuk mengakses server ini dengan tepat. Namun jika Anda ingin menambah data untuk disimpan, tentu tidak perlu membuat server baru karena bisa langsung ditambahkan.

Inilah salah satu keuntungan dari penggunaan storage area network. Jika selalu membuat server baru, tentu Anda akan merasa pusing dan kesulitan. Hal ini karena IP network dan IP broadcast akan tersedia lebih banyak berdasarkan jumlah servernya.

Penggunaan SAN atau storage area network bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu alamat saja. Anda tidak harus bingung menyimpan banyak IPnya dalam bentuk angka tersebut.

4. Performanya Lebih Cepat

Performa penyimpanan data jika memakai storage area network juga lebih cepat, sehingga para penggunanya bisa lebih menghemat waktu untuk hal ini. Keuntungan ini sangat cocok untuk Anda yang tidak begitu sabar menunggu performa penyimpanan data dalam jumlah besar.

Kecepatan performa dalam penyimpanan data juga didukung dengan adanya komponen IP network dan IP broadcast. Hal ini karena alamat jaringan membantu dalam penghubungan jaringan internet dengan perangkat menjadi lebih mudah.

Sedangkan penyimpanan data melalui storage area network juga membutuhkan koneksi internet yang terhubung dengan perangkat. Jika koneksi internet pada perangkat sudah cepat, maka proses penyimpanan datanya juga bisa cepat.

5. Manajemen Data Menjadi Lebih Mudah

Kemudian keuntungan lainnya adalah manajemen data menjadi lebih mudah karena didukung dengan IP network dan IP broadcast. Akses dan manajemen agar datanya menjadi lebih rapi bisa dilakukan dengan tepat serta cepat, karena alamat jaringan membantu hubungan jaringan.

Manajemen data menjadi lebih mudah ini juga didukung dengan keuntungan penggunaan SAN lainnya, yaitu berupa penambahan data – data yang mudah. Bahkan tanpa harus menambah server baru. Sehingga juga tidak perlu ada alamat atau address dalam jumlah banyak.

Memanfaatkan teknologi untuk kemudahan akses data tentu harus dilakukan. Jika Anda memiliki kebutuhan perangkat yang berhubungan dengan IP network dan IP broadcast, segera hubungi ptbsb.id.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui website ptbsb.id atau no WA berikut.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Web Server yang Harus Kamu Tahu

No Comments

Post A Comment

Contact Us