Yuk Mengenal IT Solution dan Layanan Bisnis yang Disediakan

IT solution

Yuk Mengenal IT Solution dan Layanan Bisnis yang Disediakan

Penggunaan layanan IT solution menjadi salah satu cara mendapatkan fasilitas pendukung bagi berjalannya bisnis perusahaan. Dalam menjalankan bisnis, Anda akan membutuhkan ketersediaan jaringan dan infrastruktur, keamanan siber, hingga dukungan teknis.

Dengan dukungan tersebut semua operasional perusahaan akan berjalan dengan mudah. Anda dapat lebih fokus pada pengembangan serta peningkatan profit. Apalagi bagi Anda yang menjalankan perusahaan komersial, tentu ini tujuan utamanya.

Pemanfaatan infrastruktur serta jaringan berkualitas sudah menjadi hal lazim di dunia usaha. Justru Anda bisa tenggelam diantara persaingan apabila tidak selangkah lebih depan dalam memilih sistem yang efisien.

Untuk itulah penting menggunakan layanan dari IT solution yang kredibel dan berpengalaman. Sebab ada banyak spesifikasi bidang yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan perusahaan demi kemajuan dan peningkatan profit.

Mengenal Lebih Jauh Seputar IT Solution

teknologi informasi

IT solution adalah sebuah bidang pekerjaan yang menempatkan sebuah teknologi untuk membantu manusia menyelesaikan segala permasalahan. Berkaitan dengan aktivitas mengolah data, menyebarkan informasi, komunikasi, dan banyak lagi.

IT singkatan dari Information Technology dalam bahasa sehari-hari diartikan sebagai Teknologi informasi. Merupakan suatu rangkaian berupa hardware, software, useware untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data.

Pekerjaan dalam bidang ini dilakukan secara bermakna untuk memperoleh informasi yang berkualitas. Perkembangannya di masa kini tidak lagi menjadi sesuatu yang bersifat terbatas atau hanya untuk golongan pekerja menengah ke atas.

Pelaku bisnis kecil juga bisa mendapat manfaat teknologi informasi lewat berbagai perangkat. Dampaknya yang sangat besar dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat membuat teknologi informasi tidak terpisahkan dari dunia bisnis dan industri.

Teknologi informasi meliputi berbagai media, peralatan, sistem, serta perangkat yang membantu manusia menyampaikan serta mendapatkan data. Hal ini semakin penting di era digital 4.0, dimana hampir seluruh kegiatan tidak lepas dari teknologi dan internet.

IT solution bahkan berperan penting dalam media sosial, perangkat seperti ponsel dan laptop, dan sebagainya. Perkembangannya dari waktu ke waktu cukup signifikan semakin memudahkan kehidupan manusia dalam berbagai lini kehidupan.

Mulai dari peralatan sederhana dan hanya spesifik untuk industri tertentu, hingga peralatan canggih untuk semua bidang kehidupan. Sampai saat ini, inovasi masih terus berkembang dalam dunia IT.

Perkembangan Dunia IT dari Waktu ke Waktu

upgrade software

Setelah mengenal IT solution, penting juga mengenal perkembangannya dari waktu ke waktu. Terdapat empat era perkembangan yang diawali dengan adanya penemuan komputer.

1. Teknologi Era Komputerisasi

Era ini berlangsung pada tahun sekitar 1960-an. Era dimana mini komputer mulai diperkenalkan pada dunia industri. Mengapa dunia industri, sebab ini merupakan bidang penting yang menyangkut pemenuhan kebutuhan manusia pada masa itu.

Komputer sendiri pada tahun 1960-an menjadi alat hitung cepat yang signifikan membantu perusahaan melakukan pengolahan data. Saat itu juga digunakan pada divisi administrasi back office lebih spesifiknya IT solution digunakan bidang keuangan dan akuntansi.

2. Kemajuan Teknologi Informasi

Setelah era 1960-an, Personal Computer (PC) mulai diperkenalkan pada 1970-an. Komputer menjadi pendukung bagi karyawan untuk mempercepat pekerjaan. Komputer digunakan untuk membantu mengolah database, spreadsheet, data processing.

IT solution provider pada era ini sudah tersedia dan merupakan orang yang benar-benar paham akan bidang komputerisasi. Pada era ini juga perangkat PC bebas dimiliki siapa saja.

Memasuki era 1980-an, komputer semakin ramai digunakan oleh bisnis bidang jasa. Kemudian awal 1990-an perusahaan mulai melakukan BPR (Business Process Reengineering), Re-strukturisasi sampai Instalasi serta pemakaian sistem informasi korporat (SAP, Oracle, BAAN)

3. Teknologi Era Globalisasi Informasi

Praktisi teknologi informasi melalui IT solution website mulai memperkenalkan internet ke dunia industri. Perkembangannya mulai pesat hingga tidak bisa dibendung. Informasi semakin mudah diakses secara global dalam waktu bersamaan.

Internet dipasang menggunakan teknologi LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Intermet, dan Ekstranet. Era ini menjadi permulaan bagi banyak perusahaan dalam membangun kembali bisnis mereka sesuai kemajuan teknologi.

4. Kemajuan Teknologi Perubahan Pola Pikir

Industri serta bisnis kini sangat bergantung pada IT solution. Keuntungan dari pesatnya kemajuan bidang ini dimanfaatkan para pebisnis sebagai produsen bagi negara sendiri bahkan negara lain.

Manfaat IT Solution dalam Berbagai Bidang

Perusahaan IT

Teknologi informasi memberi beragam manfaat spesifik bagi pelaku industri bahkan aktivitas dalam berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa manfaat teknologi tersebut.

1. Bisnis

IT solution company membantu pelaku bisnis dalam berbagai aspek. Mulai dari keperluan promosi, jual beli, layanan pelanggan, transaksi, hingga keamanan. Sebuah bisnis dapat meraih banyak pelanggan dengan cepat dan tepat sasaran.

Bisnis juga mendapat keuntungan dari keberadaan bidang IT ini dalam hal penjaminan keamanan. Contohnya software development yang berperan dalam mencegah pencurian data personal serta serangan siber.

2. Informasi

Peran teknologi dalam bidang informasi diantaranya menyampaikan Info penting dengan cepat. Seperti bencana alam, musibah transportasi, kerusuhan, kejadian lain yang membutuhkan respons cepat.

Memudahkan pengecekan informasi simpang-siur, evaluasi terhadap kekeliruan serta sebagai pembanding. Teknologi juga memudahkan pengumpulan bahan berita yang beragam atau menciptakan pembahasan dari berbagai sudut pandang.

3. Kesehatan

Manfaat informasi teknologi dalam bidang ini diantaranya mengurangi potensi kesalahan dalam menangani data pasien. Terutama pasien yang memiliki kondisi khusus. Sebab IT memudahkan pengelompokan data dan pembuatan sistem peringatan.

Meningkatkan efisiensi perawatan, misalnya untuk pasien yang membutuhkan intervensi beberapa dokter ahli sekaligus. Teknologi informasi memungkinkan para dokter, perawat, dan staf kesehatan untuk berkoordinasi terkait penanganan pasien.

4. Komunikasi

Peran bidang IT dalam komunikasi diantaranya menurunkan biaya. Semua kalangan masyarakat kini bisa menikmati sarana komunikasi seperti telepon dan internet dengan biaya lebih murah.

Hal tersebut dikarenakan perkembangan IT yang meluas. Selain lebih murah, penyampaian pesan juga semakin cepat. Ada banyak cara bisa digunakan seperti pesan singkat, telepon, email, sosial media dan banyak lagi.

5. Kuliner

Bahkan dunia kuliner juga mendapatkan manfaat dari kehadiran IT solution. Inventori bahan lebih efisien dimana restoran dan pabrik makanan selalu menggunakannya. Minimal memastikan bahwa stok bahan cukup untuk produksi.

Memperluas variasi produk dan layanan, ini merupakan tuntutan dalam industri kuliner. Adanya teknologi informasi akan mempermudah riset untuk terus berinovasi sehingga mampu bersaing dengan kompetitor baru.

Layanan Bisnis IT Solution sebagai Konsultan

Logo PT Bersatu Selaras Bersama (PTBSB)

Layanan IT mencakup banyak hal, pertama yang bisa Anda gunakan adalah konsultan. Terutama jika Anda sedang menjalankan perusahaan rintisan atau startup, perlu meminta pertimbangan dalam hal IT.

Perlu adanya penggunaan teknologi tepat guna supaya efisien dari segi biaya dan waktu. Dimana setiap usaha rintisan masih menggunakan lebih banyak modal uang. Jika dari awal yang Anda gunakan adalah teknologi yang efisien, maka bisa menghemat modal.

Fungsi operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik jika modal dari awal sudah aman. Didukung dengan layanan IT, maka setiap bagian dapat berjalan secara mandiri. Misalnya, bagian pengadaan barang dan gudang yang sudah terintegrasi sistem online.

Dari kondisi tersebut maka koordinasi antara gudang dengan bagian penerimaan barang akan lebih cepat dan akurat. Perusahaan juga bisa berkonsultasi langsung dengan penyedia layanan IT terkait pemilihan sistem paling terjangkau.

Sebab tentu saja dalam memanfaatkan teknologi misalnya sebuah aplikasi diperlukan biaya berlangganan. IT solution memiliki kompetensi dalam melihat peluang kecakapan sebuah aplikasi terhadap suatu bidang pekerjaan, sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran.

Konsultan bidang ini juga diperlukan perusahaan pada saat terdapat kendala selama operasional. Contoh, server yang sering down sehingga menyebabkan komunikasi terganggu. Bahkan berpotensi menyebabkan penundaan laporan.

Server bermasalah seperti ini juga merupakan ranah pekerjaan bidang teknologi informasi. Selain melakukan perbaikan agar sistem komunikasi kembali berjalan, solusi lain juga ditawarkan misalnya peralihan, maintenance maupun penggantian server.

Layanan Bisnis dalam Pembuatan Software

perusahaan IT di Jakarta

Perusahaan IT juga menyediakan jasa layanan pembuatan software bagi para konsumen. Pekerjaan yang dilakukan pada layanan bisnis ini meliputi proses merancang software berdasarkan kebutuhan konsumen.

Bukan hanya sampai pada tahap perancangan saja, namun juga melakukan pengembangan, penerapan serta maintenance. Software dirancang, dibuat kemudian dikembangkan berdasarkan beberapa platform seperti android, ios, Windows.

Pembuatannya menggunakan pemrograman bahasa java, php dan sebagainya disesuaikan dengan permintaan konsumen. Terkadang perusahaan IT membuat software yang berlaku atau compatible untuk berbagai perangkat dan sistem operasi.

Software ini kemudian ditawarkan kepada perusahaan sebagai konsumen sesuai bidang bisnisnya. Umumnya software dibuat untuk keperluan yang umum. Contoh software sistem kasir, dimana hampir semua bisnis memiliki bagian ini.

Minimarket, supermarket, perusahaan jual beli barang, perbankan, koperasi dan sebagainya tentu memiliki bagian yang berhubungan dengan uang ini. Dengan demikian, IT solution bisa menawarkan solusi penghitungan efektif dan efisien untuk berbagi bidang usaha.

Selain bidang penghitungan, software juga bisa dibuat untuk kebutuhan inventori. Bagi bidang usaha jual beli pastinya memiliki gudang stok. Dimana setiap pemasukan dan pengeluaran harus tercatat dengan baik dan tepat untuk menghindari selisih.

Software juga diperlukan dalam administrasi. Pencatatan, penyimpanan file dan dokumen penting karyawan, struktur organisasi perusahaan, administrasi keuangan, pergudangan dan sebagainya jadi lebih cepat dan mudah.

Perancangan Website serta Search Engine Optimization

Perusahaan IT didukung oleh desainer web yang mampu menciptakan sebuah website untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Proses perancangan sangat penting mengingat tampilan atau user interface merupakan modal untuk mendapatkan nilai positif dari para pengguna.

Selain membangun sebuah website bisnis bagi perusahaan serta mengelola infrastruktur teknologi, IT juga menyediakan jasa SEO atau Search Engine Optimization. Tujuannya agar pemasaran atau distribusi informasi terkait layanan mudah ditemukan calon konsumen.

Dengan bantuan SEO ini, maka website perusahaan yang sebelumnya juga dibangun oleh IT akan mudah digunakan. Visibilitasnya di mesin pencarian menjadikan pengguna internet mendapatkan informasi lebih cepat.

Keuntungan bagi perusahaan penyedia jasa IT terpercaya, setiap pengguna internet yang masuk ke dalam website dapat dikonversi menjadi konsumen. Lebih lanjut, konsumen nantinya akan terkonversi menjadi pelanggan tetap.

Dengan kata lain layanan SEO yang diberikan membantu klien untuk branding dan promosi. Biaya jadi lebih terjangkau karena dilakukan secara online. Juga menghemat waktu dan memperluas jangkauan target pasar.

Bagi perusahaan penyedia jasa IT, kepuasan perusahaan klien menjadi portofolio. Sebagai branding, sekaligus evaluasi untuk menjadi lebih baik dalam berinovasi. Tentunya, Anda harus mempercayakan hanya punya penyedia jasa berpengalaman dari PTBSB.

Hubungi PTBSB untuk keperluan jasa IT profesional dan berpengalaman. Cek langsung di website resminya di ptbsb.id terkait macam layanan. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan customer service jasa IT solution melalui WA.

Jika sedang mencari layanan IT Solution terbaik, kunjungi website ptbsb.id atau hubungi via WA.

Baca juga : Perusahaan Penyedia Cloud Server Berpengalaman Jakarta

No Comments

Post A Comment

Contact Us