Supplier Hardware untuk Fasilitas Laptop Mahasiswa

laptop mahasiswa

Supplier Hardware untuk Fasilitas Laptop Mahasiswa

 

Laptop mahasiswa merupakan salah satu barang elektronik yang cukup paling sering dicari. Selain smartphone dan tablet, laptop memiliki keistimewaan tersendiri bagi penggunanya yang kuliah, bekerja, hingga sedang dalam perjalanan jauh.

Seiring perkembangan teknologi, perangkat elektronik ini dibekali oleh berbagai komponen hardware dengan fungsinya masing-masing. Berbagai jenis hardware dengan spesifikasinya masing-masing dapat ditemukan pada sejumlah laptop yang dibanderol harga berbeda-beda.

Lalu sebenarnya apa fungsi dari hardware tersebut? Secara garis besar, fungsinya untuk mendukung kinerja laptop mulai dari penerimaan, pengolahan, dan penyimpanan data/informasi. Sehingga penggunanya bisa mengetik, browsing, video conference, dan sebagainya.

Katalog Produk JKT Gadget

Hardware yang Wajib Ada untuk Fasilitas Laptop Mahasiswa

Setiap komponen hardware memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Tahukah Anda  apa saja hardware di laptop? Simak penjelasan berikut tentang ragam hardware yang wajib ada untuk fasilitas laptop bagi mahasiswa.

1. Casing

Layaknya smartphone, casing juga menjadi hardware yang terletak di luar laptop. Fungsinya untuk melindungi seluruh komponen dalam laptop dari debu, kotoran, air, gangguan listrik, sampai benturan terhadap motherboard maupun prosesor.

Contohnya casing berbahan logam metal aluminium agar bodinya kokoh juga kuat jika terkena benturan. Ada juga casing perlindungan anti mikroba yang dilapisi material silver ion pada permukaannya.

2. Teknologi Layar

Layar merupakan salah satu bagian penting karena berfungsi untuk menampilkan keperluan visual. Saat ini sudah banyak laptop mahasiswa dibekali teknologi Color Gamut agar menghasilkan rentang warna yang akurat untuk mata manusia.

Teknologi Color Gamut yang paling sering dijumpai adalah sRBG (red, green, blue). Kemudian ada teknologi layar Delta E, kelebihannya mampu memberikan akurasi warna yang sangat cocok sesuai penglihatan mata manusia.

Lalu ada teknologi layar HDR (High Dynamic Range), biasanya terdapat dalam laptop gaming. Kontras dan warna yang ditingkatkan secara signifikan mampu menampilkan akurasi warna visual secara natural tapi lembut di mata.

3. Keyboard

Hardware laptop mahasiswa selanjutnya yaitu keyboard untuk memberikan perintah input data berupa huruf, angka, simbol, dan sebagainya. Terdiri dari rangkaian huruf, angka, tombol fungsional menjadikan keyboard berperan sangat penting bagi laptop.

Bahkan saat ini, Anda dapat menemukan keyboard disertai teknologi backlit agar dapat menyala meskipun sedang berada dalam ruangan gelap. Selain itu ada keyboard disertai teknologi RGB untuk menambah performa game.

4. Touchpad

Sama seperti mouse, touchpad merupakan komponen hardware yang berfungsi memberikan perintah/input untuk menggerakkan pointer layar LCD. Pada touchpad, akan dilengkapi 2 tombol untuk klik kanan dan klik kiri.

5. Baterai

Komponen hardware untuk laptop mahasiswa berikutnya yaitu baterai. Saat ini, hampir seluruh model laptop menggunakan sistem baterai tanam, sedangkan untuk keluaran tahun 2000-an, biasanya baterai masih bisa dilepas.

Fungsi dari baterai tersebut adalah sebagai pemasok maupun penyimpan daya ketika laptop dioperasikan. Anda dapat dengan mudah menemukan laptop yang memiliki baterai tahan lama hingga 18 jam disertai teknologi fast charging.

6. Motherboard

Motherboard berfungsi sebagai tempat bagi seluruh hardware laptop yang terpasang. Papan induk ini merupakan pusat pengendali sekaligus pengatur kerja seluruh komponen mulai dari HDD, RAM, VGA Card.

7. Power Adapter

Masih berhubungan dengan baterai, power adapter atau charger berfungsi untuk menyuplai daya listriknya. Charger ini mengalirkan listrik dari terminal listrik ke baterai supaya  terisi, sehingga laptop mahasiswa tetap menyala semestinya. 

8. Prosesor

Jika motherboard tadi adalah tempat hardware, maka prosesor adalah otaknya. Tanpa adanya prosesor, maka selengkap apapun hardwarenya, sebuah laptop tetap tidak dapat menjalankan sistemnya.

Bagi seorang gamer, prosesor sangat perlu diperhatikan agar mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik. Sebagai tambahan informasi, ada 2 jenis prosesor yang terkenal di pasaran yaitu Intel dan AMD.

Prosesor pada laptop mahasiswa harus mampu memberikan performa terbaik. Semakin banyak core di dalamnya, maka prosesor akan cepat dalam menjalankan berbagai program dalam waktu bersamaan.

9. RAM and Storage

Apa itu RAM dan fungsinya? RAM adalah tempat penyimpanan data yang membuat proses membaca dan membuka data berjalan lebih cepat. Contohnya ketika sedang membuka program atau aplikasi tentu memerlukan waktu loading.

Melalui penggunaan RAM, maka proses loading berjalan lebih cepat, sebab RAM sudah menyimpan data sementaranya sehingga prosesor bekerja lebih cepat. Kemudian terdapat SSD yang berfungsi menggantikan teknologi hard disk.

Laptop mahasiswa yang sudah dibekali SSD tentu memberikan peningkatan kecepatan waktu penyimpanan, kebutuhan akan ruang storage juga kecil, tipis, ringan. Berbagai SSD menawarkan kecepatan membaca lebih cepat juga responsif.

10. VGA Card/GPU

Selanjutnya adalah VGA Card yang berfungsi menerjemahkan data masuk melalui prosesor kemudian menjadi gambar pada layar laptop. GPU berperan penting bagi Anda yang sehari-harinya berhubungan dengan grafis atau editing.

GPU melakukan pemrosesan grafis agar data input dapat berubah menjadi gambar berkualitas tinggi. Terdapat 2 jenis GPU, yaitu discrete GPU yang terpisah dari prosesor. Kedua, integrated GPU yang terintegrasi dengan prosesor.

11. Mouse

Sama seperti touchpad pada laptop mahasiswa, mouse berperan memberikan perintah dalam menggerakan pointer di layar. Dari segi kecepatan, menggunakan mouse jauh lebih efektif karena bergerak lebih cepat.

Memindahkan file ataupun folder juga jauh lebih mudah serta gampang. Saat ini sudah banyak model mouse dijual di pasaran dengan harga bervariasi. Mulai dari mouse dengan kabel sampai mouse wireless.

12. Hard Disk Eksternal

Laptop mahasiswa tentunya membutuhkan ruang penyimpanan lebih luas untuk menyimpan maupun mencadangkan data. Jika USB flash drive dirasa terbatas, Anda dapat menggunakan hard disk eksternal untuk memberikan ruang penyimpanan lebih luas.

Beberapa hard disk eksternal bahkan mampu menyimpan game hingga perangkat lunak. Umumnya, kapasitas hard disk eksternal adalah 2 TB disertai kecepatan transfer sekitar 4 MB per second.

13. Cooling Pad

Kedengarannya, cooling pad sering diabaikan karena dirasa tidak begitu penting. Padahal cooling pad membantu merawat seluruh komponen dalam laptop mahasiswa. Suhu laptop yang terlalu panas karena lama digunakan akan menyebabkan kerusakan.

Oleh sebab itu, penggunaan cooling pad sebagai kipas akan membantu mendinginkan mesin laptop Anda saat sedang digunakan. Dengan begitu akan menghindari panasnya mesin karena sering digunakan.

Pada dasarnya, setiap mahasiswa dengan jurusannya masing-masing memiliki spesifikasi laptop berbeda-beda, termasuk dalam hal hardware. Jika komponen hardware standar di atas sudah terpenuhi, Anda dapat menambahkan jenis lainnya sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, carilah supplier hardware yang sesuai dengan kebutuhan fasilitas laptop. BSB adalah perusahaan jasa yang siap menyuplai hardware sekaligus membantu menangani masalah hardware maupun software. Untuk melihat beragam daftar pc/laptop yang tersedia bisa melihat katalognya pada Jktgadget.com.

Berbagai bidang telah kami layani, salah satunya pendidikan. Kami ingin turut berpartisipasi menyediakan segala kebutuhan teknologi khususnya bagi mahasiswa. Kami berkomitmen memberikan pelayanan dan penawaran instruksi nasional.

Seluruh informasi maupun pelayanan dapat Anda lihat melalui laman website kami di ptbsb.id. Atau hubungi langsung via WhatsApp untuk menjadikan kami sebagai supplier hardware fasilitas laptop mahasiswa.

Baca juga : Pemasok Laptop Lenovo Yoga Slim Jakarta

No Comments

Post A Comment

Contact Us