Yuk Selami Office Suites Agar Makin Produktif

Office

Yuk Selami Office Suites Agar Makin Produktif

Pada dasarnya, Anda perlu sepaket aplikasi office agar dapat bekerja dengan baik. Paket ini sangat berguna, karena berisi berbagai jenis perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pekerjaan kantoran. Aplikasinya biasa dipakai untuk mengerjakan dan mengelola tugas sehari-hari.

Tanpa adanya aplikasi tugas, Anda akan kesulitan ketika mengerjakan pekerjaan di kantor. Adanya fitur-fitur pendukung membuat beberapa aplikasi itu semakin dibutuhkan di zaman sekarang. Jika dilihat dari paket aplikasinya, beberapa alat diprogram dengan kegunaannya masing-masing.

Office suites adalah paket aplikasi produktivitas yang penting dalam dunia kerja modern. Dengan memahami dan menguasai Office Suites, Anda dapat meningkatkan efisiensi, kolaborasi, dan kreativitas dalam pekerjaan sehari-hari.

Setiap aplikasi dilengkapi dengan fitur, sistem, antarmuka, desain dan proyek yang berbeda-beda. Untuk menjadi pekerja yang profesional, Anda harus menguasai setiap perangkat lunak tersebut.

Tujuannya agar keahlian pemakaian aplikasi membaik dan pekerjaan menjadi lebih efektif. Mari kita jelajahi Office Suites dan bagaimana menggali potensi maksimal untuk produktivitas yang lebih tinggi.

Apa itu Office Suites?

Microsoft-Office-Suite nun für alle Chromebooks verfügbar

Bagi yang belum tahu, aplikasi tugas kantor suites adalah perangkat lunak pengelola data. Dengan adanya aplikasi tersebut, kita dapat mengelola, membuat, mengedit, melampirkan dan mengatur berbagai jenis dokumen kantor secara bersamaan agar berkasnya terstruktur rapi.

Data yang sudah diedit bisa dicetak kembali, sehingga berkas fisiknya tetap terdata. Jika ada orang yang bertanya tentang apa itu office suites? Ini adalah paket perangkat lunak yang terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas yang digunakan dalam lingkungan kerja.

Satu paket aplikasi kantor, biasanya terdiri dari beberapa perangkat lunak yang saling terintegrasi satu sama lain. Contoh seperti aplikasi pengolah kata, pengolah data, pembuat grafik, perancang presentasi, pengelola email, pencatat tugas di kalender dan aplikasi tugas lainnya.

Dengan semua aplikasi office tersebut, tentu pekerjaan bisa jadi lebih mudah dikerjakan. Aplikasi yang terintegrasi satu sama lain biasanya memiliki format data khusus. Format penyimpanan data itu akan sangat berguna, ketika kita mengerjakan dokumennya di aplikasi berbeda.

Simpelnya jika kita sudah membuat grafik, maka hasil gambarnya dapat dilampirkan pada aplikasi pengolah kata. Setelah data grafik dan informasinya lengkap, Anda hanya perlu mencetaknya saja. Sinergi antar satu aplikasi dan aplikasi lain buat tugas kantor jadi lebih mudah dikerjakan.

Macam Office Suites

Saat ini ada 3 jenis paket Software kantoran dan setiap paket dipublikasikan oleh perusahaan yang berbeda. Ketiga macam paket Software kantoran itu punya karakteristiknya masing-masing.

Jika ingin mengenal aplikasi dari setiap paket yang tersedia, simak penjelasannya di bawah. Berikut beberapa office suites software yang perlu diketahui :

1. Microsoft Office

Mengunduh dan menginstal atau menginstal ulang Office 2019, Office 2016,  atau Office 2013 - Dukungan Microsoft

Siapa yang tidak kenal, Microsoft adalah salah satu pengembang aplikasi kantor terbaik. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Di dalam dunia kerja, Aplikasi Microsoft menjadi alat standar karena fitur-fiturnya lengkap.

Bahkan aplikasinya juga tersedia di berbagai perangkat seperti Windows, MacOS, Android dan iOS. Popularitas aplikasi ini sudah tinggi, bahkan menempati peringkat nomor satu. Dari tahun ke tahun, Microsoft office suites selalu berkembang sehingga tidak ketinggalan zaman.

  • Microsoft Word

Software pengolah kata yang biasa digunakan untuk membuat, mengolah, mengedit dan memformat dokumen teks seperti surat, laporan atau dokumen penting lainnya.

  • Microsoft Excel

Software pengolah tabel (Spreadsheet) yang membantu Anda untuk membuat, mengelola dan menganalisis data numerik. Excel juga sering dipakai untuk menghitung matematika, membuat grafik, diagram, rumus pemecahan data dan analisis data.

  • Microsoft PowerPoint

Software Microsoft office untuk mengelola data visual presentasi dengan cara membuat tampilan slide yang menarik, termasuk teks, gambar, grafik dan efek transisi.

  • Microsoft Outlook

Aplikasi pengelola email dan kalender, biasa digunakan untuk mengirim, menerima email, mengatur jadwal serta mengelola kontak agar kolaborasi berjalan lancar.

2. Google Workspace

Google Workspace - PT. Rekha Karya Prima

Selanjutnya ada office suites yang dikembangkan Google, aplikasinya butuh koneksi internet. Google Workspace ini mencakup berbagai aplikasi yang berguna untuk komunikasi, kolaborasi ,pengelolaan informasi dan biasanya dapat mengakses dari browser Web atau Mobile.

Dengan sistem jaringan internet real-time, seluruh pihak yang memiliki akses dapat mengedit dokumen secara bersamaan. Google Workspace sangat fleksibel karena pengguna tidak harus menginstall aplikasi, melainkan hanya perlu membuka link berbagi Webnya saja. Beberapa produk Google Workspace office di antaranya :

  • Google Docs

Perangkat lunak pengolah kata berbasis web yang bisa dipakai untuk membuat, mengedit dan berbagi dokumen secara real-time. Fitur kolaboratif membuat beberapa orang dapat mengerjakan dokumennya secara bersamaan, sehingga terkesan efektif.

  • Google Sheets

Software pengolah tabel berbasis web yang tampilannya mirip seperti Microsoft Excel. Jika dibandingkan, Google Sheets office lebih unggul karena dapat dipakai secara Online.

  • Google Slides

Sama seperti Microsoft Power Point, namun aplikasi presentasi ini dapat digunakan secara Online. Kelebihannya, Anda bisa buat tabel presentasi yang interaktif sesama rekan tim.

  • Google Drive

Layanan penyimpanan awan berbasis server seperti OneDrive 365 Microsoft. Pengguna bisa menyimpan dokumen, spreadsheet, presentasi, gambar, video dan dokumen lainnya di Google Drive.

3. LibreOffice

LibreOffice 7.0 Kini Hadir Dengan Dukungan Microsoft Office Yang Lebih Baik  | WinPoin

Terakhir adalah Aplikasi office yang bisa digunakan secara gratis karena sifatnya open source. Satu paket Software ini bisa jadi pilihan alternatif, jika Anda butuh aplikasi yang lebih ringan. Kelebihan Suites yaitu cocok untuk berbagai platform seperti Windows, Mac dan Linux.

  • Libre Writer

Sama seperti Microsoft Word, aplikasi ini biasa digunakan untuk mengolah kata. Writer mendukung banyak fitur seperti format teks, pembuatan daftar dan masih banyak lagi.

  • Libre Calc

Software serupa Excel tapi lebih simpel dan mudah digunakan. Cocok untuk menghitung, membuat grafik dan menganalisis data, karena fitur di dalamnya lumayan lengkap.

  • Libre Impress

Sama halnya seperti aplikasi presentasi lainnya, tapi Impress mendukung penyisipan teks, gambar, grafik dan efek transisi untuk menciptakan presentasi yang visual.

  • Libre Base

Aplikasi pengelola database yang bisa membantu Anda untuk membuat, mengelola dan mengakses database utama. Base dapat dimanfaatkan untuk membuat formulir, laporan dan menghubungkan dengan berbagai jenis database.

Tips dan Trik

Menjelajahi dan memanfaatkan fitur-fitur lanjutan dalam office suites dapat membantu Anda menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas. Pelajari cara menggunakan template, fungsi pintar, shortcut keyboard, dan fitur kolaborasi untuk bekerja dengan lebih efisien.

Juga, jangan lupakan pelatihan atau tutorial online yang tersedia untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan Anda dalam menggunakan office suites.

Jika Anda butuh Software kantor, belilah ke toko resminya atau gunakan jasa teknisi kami ptbsb.id. Kami siap membantu Anda untuk menginstall dan mengatur Software tugas agar jadi lebih mudah digunakan. Tenang saja, kami menggunakan Software asli berlisensi sehingga aman terkendali.

Dapatkan layanan software terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB melalui website ptbsb.id atau no WA dibawah ini. Untuk mempermudah pekerjaan di kantor, pasanglah semua produk lengkap office beserta aplikasi tambahan lain yang Anda butuhkan.

Baca juga : Jelajahi 3 Jenis System Operasi Komputer yang Menakjubkan

No Comments

Post A Comment

Contact Us