PC Desktop yang Cocok untuk Lab Komputer Sekolah

pc desktop yang cocok untuk lab komputer sekolah

PC Desktop yang Cocok untuk Lab Komputer Sekolah

Mencari pc desktop yang cocok untuk lab komputer sekolah tidak boleh sembarangan. Perlu mempertimbangkan beberapa aspek agar device tersebut dapat digunakan secara optimal dalam jangka panjang.

Apabila Anda hendak melakukan pengadaan untuk kebutuhan edukasi siswa tentu perlu memperhatikan spesifikasinya. Apakah sesuai dengan kebutuhan kurikulum sekarang atau tidak.

Kami akan menjelaskan seperti apa spesifikasi device paling tepat untuk digunakan dalam sebuah instansi pendidikan. Jadi barang nantinya bisa digunakan secara optimal dan tetap awet selama bertahun-tahun.

Anda selaku pihak pengelola juga perlu memahami beberapa aspek penting dalam pemilihan. Setidaknya dapat mengenali spesifikasi yang layak digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

Akan kami jelaskan secara detail seperti apa spesifikasi paling tepat sehingga dapat mendukung kegiatan belajar. Sehingga nantinya tidak menyesal telah melakukan pembelian produk.

 

Spesifikasi CPU PC Desktop yang Cocok untuk Lab Komputer Sekolah

DELL PC Desktop XPS 8940 Intell Nvidia AMD Murah Jakarta Free Ongkir

Ketika hendak melakukan pembelian perhatikan spesifikasi CPU agar mampu digunakan. Karena komponen tersebut adalah otak utama yang akan membuat device mampu bekerja secara optimal.

1. Kecepatan

Setidaknya dibutuhkan CPU dengan kecepatan 2.5 ghz agar optimal digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Mengapa cukup tinggi agar dapat menjalankan OS dan software secara optimal.

Jika masih menggunakan acuan bahwa pembelajaran siswa hanya membutuhkan kecepatan di bawah 2.0 ghz maka akan terlalu lambat. Karena sekarang minimal OS sudah windows 10.

Ketika Anda tetap menggunakan CPU dengan kecepatan di bawah 2.0 ghz maka waktu belajar akan habis hanya loading. Ini adalah hal penting diperhatikan sebelum menentukan opsi device.

2. Jumlah core

Ketika pc desktop yang cocok untuk lab komputer sekolah akan digunakan kebutuhan pembelajaran tentu membutuhkan kemampuan multitasking. Setidaknya gunakan dual core ke atas agar tidak terlalu berat saat multitasking.

Dengan kecepatan CPU 2.5 ghz dual core sudah cukup jika hanya mengcover kebutuhan sekolah saja. Jadi memang tidak butuh teknologi core terlalu tinggi untuk kasus ini.

3. Pabrikan

Memang CPU di dunia ini didominasi oleh dua pabrikan besar yaitu intel dan AMD. Keduanya sama bagusnya ketika digunakan pembelajaran namun perhatikan detail kebutuhannya.

Ketika hendak menggunakannya kebutuhan kantor intel memang jauh lebih stabil. Sehingga ketika digunakan satu hari penuh maka performanya tidak turun drastis.

Dalam jangka panjang sendiri ketika menggunakan intel degradasi kualitas juga rendah. Sehingga Anda tidak perlu terlalu sering mengganti peralatan belajar murid.

Dengan mengetahui aspek penting dalam CPU tadi tentu sekarang Anda dapat menjadikannya acuan. Jangan hanya melihat opsi harga namun detail di dalamnya sehingga mengetahui kapabilitasnya.

Katalog Produk JKT Gadget

 

Spesifikasi Memory PC Desktop yang Cocok untuk Lab Komputer Sekolah

Ini juga penting dipertimbangkan karena banyak orang menganggapnya sebelah mata. Berikut akan kami bedah kebutuhan memori pada peralatan sehingga Anda tidak salah ketika memilih.

1. Memori penyimpanan

Kapasitas penyimpanan harus besar ketika hendak digunakan sebuah instansi pendidikan. Minimal gunakan kapasitas penyimpanan 1 tb agar peserta didik mudah menyimpan data.

Jenis penyimpanan sendiri tinggalkan HDD karena usianya sudah tidak panjang. Lebih baik gunakan SSD karena jauh lebih cepat dan mampu bertahan dalam jangka panjang.

Memang harganya lebih mahal namun untuk investasi jangka panjang ini sangat tepat. Jadi Anda tidak perlu repot menentukan opsi apakah harus menggunakan HDD atau SSD.

2. RAM

Kapasitas RAM dalam sebuah PC desktop yang cocok untuk lab komputer sekolah juga perlu dipertimbangkan agar performanya maksimal. Setidaknya jika pengadaan digunakan inventaris jangka panjang minimal 8 gb.

Mengapa harus besar tujuannya agar Anda tidak perlu membeli device lagi dalam waktu lima tahun. Dengan kapasitas tersebut pasti perlengkapan masih tetap optimal digunakan dalam waktu lama.

Sehingga sekolah sendiri tidak perlu mengeluarkan budget terlalu tinggi pengadaan lagi. Setidaknya jika memang harus melakukan pengadaan bisa menghemat anggaran jauh lebih besar.

3. Kartu grafis

Ini adalah opsional apabila instansi pendidikan Anda sifatnya kejuruan maka harus memperhatikannya. Apabila memiliki kebutuhan untuk desain grafis misalnya minimal pakai 1650 ti.

Namun jika sekolah umum dan tidak ada kurikulum tentang desain grafis ini tidak perlu dibeli. Kartu grafis sifatnya sekali lagi sangat opsional tergantung kurikulum sekolah.

Dengan mengetahui beberapa detail tersebut Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah acuan. Jangan sampai salah dalam menentukan agar perangkat tetap dapat digunakan secara optimal.

 

Utilitas PC Desktop yang Cocok untuk Lab Komputer Sekolah

MSI Desktop All In One PC Core i5 27" Murah Jakarta

Aspek utilitas juga tidak boleh dianggap sebelah mata karena mempengaruhi ketahanan jangka panjang. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa detail yang dapat Anda jadikan sebagai acuan.

1. Wireless

Kebutuhan utilitas wireless perlu diperhatikan agar perangkat dapat tersambung secara mudah. Terutama ketika digunakan untuk menyambungkan pada device android milik siswa.

Dengan adanya utilitas wireless tersebut peserta didik tidak perlu kesulitan dalam hal sambungan. Ini juga penting ketika hendak memberikan sambungan internet.

Pastikan ada soket lan, wlan, dan ethernet pada desktop agar kebutuhan sambungan tersebut terpenuhi. Ini adalah aspek penting namun sering dianggap sepele oleh calon pembeli.

2. Daya

Asupan daya pada komputer tidak boleh dianggap sebelah mata agar semua komponen dapat berjalan optimal. Untuk kebutuhan standar memang asupan tenaga 450 va sudah cukup.

Namun pada kebutuhan sekolah kejuruan lebih baik gunakan daya lebih tinggi. Terutama jika menggunakan kartu grafis agar perangkat dapat digunakan secara optimal.

Anda dapat mencari referensi terkait built in PC atau komponen lainnya di www.jktgadget.com. Jadi tidak perlu bingung ketika ingin mencari referensi untuk membeli.

3.  Kompatibilitas

Utilitas yang memungkinkan sambungan antara berbagai device juga perlu diperhatikan. Pastikan pada pc desktop yang cocok untuk lab komputer sekolah terdapat sambungan USB dan disk drive kebutuhan kompatibilitas.

Memang disk drive adalah teknologi yang cukup jadul namun terkadang masih dibutuhkan. Terutama ketika Anda hendak memasang software tertentu yang menggunakan basis tersebut.

Ketiga acuan tersebut tentu saja cukup untuk memenuhi kebutuhan utilitas dari perangkat. Jangan sampai nantinya device tidak mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran para siswa.

 

Estimasi Anggaran PC Desktop yang Cocok untuk Lab Komputer Sekolah

Setelah memahami berbagai aspek tadi sekarang Anda pasti penasaran sebenarnya berapa anggaran diperlukan pengadaan. Jawaban kami tergantung pada kebutuhan instansi pendidikan terkait.

Apabila instansi pendidikan tersebut sifatnya umum maka device dengan harga murah sudah cukup digunakan. Jadi rentan anggaran pengadaan satu unit antara 5 juta sampai 11 juta tergantung kemampuan.

Namun apabila instansi pendidikan tersebut sifatnya kejuruan dan butuh spesifikasi tinggi anggaran tentu naik. Setidaknya siapkan anggaran 8 sampai 15 juta pengadaan satu unit desktop dengan performa tinggi.

Harga memang sifatnya relatif tergantung di mana Anda membeli sehingga bisa lebih murah atau mahal. Pastinya Anda menginginkan harga murah dan kualitas bagus sayangnya itu tidak mungkin terjadi.

Apabila Anda masih bingung mencari tempat membeli kami memiliki salah satu rekomendasi terbaik. Ptbsb.id adalah salah satu situs yang bisa Anda kunjungi mencari desktop terbaik.

Harga yang ditawarkan tentu bervariasi tergantung jenis, kapabilitas, dan spesifikasi internalnya. Jadi Anda bisa memilih sendiri melalui situs tersebut dan melakukan pembelian secara langsung.

Untuk melakukan pembelian Anda juga bisa menghubungi nomor whatsapp dibawah ini. Jadi tidak perlu bingung lagi ketika hendak melakukan pengadaan komputer lab sekolah.

Berbagai informasi tadi tentu saja dapat Anda jadikan sebagai sebuah referensi sebelum membeli. Jika mencari pc desktop yang cocok untuk lab komputer sekolah kunjungi saja ptbsb.id.

No Comments

Post A Comment

Contact Us