Mengenal 7 Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsinya

Jaringan Komputer

Mengenal 7 Perangkat Jaringan Komputer beserta Fungsinya

Penggunaan perangkat jaringan komputer telah mencapai jangkauan seluruh dunia. Bahkan terdapat miliaran orang pernah menggunakan perangkat tersebut. Terlebih karena manfaat beserta fungsinya yang penting untuk kehidupan.

Khusus di Indonesia sendiri menjadi salah satu negara pengguna komputer terbanyak dunia. Bahkan setiap tahunnya tetap dilengkapi dengan pertumbuhan yang sangat besar. Wajar apabila perkembangan teknologi juga mengikutinya.

Internet merupakan bagian yang telah banyak digunakan dan dimanfaatkan pada network. Apabila ingin bekerja dengan baik, perlu adanya jaringan di dalamnya. Terutama supaya mampu menghubungkan satu tempat dengan yang lainnya.

Perangkat jaringan komputer mampu menghubungkan atau mengkoneksi satu dengan lainnya. Pastinya dapat dipakai untuk berbagai macam sumber data. Setiap titik selalu terdapat alamat IP yang digunakan sebagai tanda pengenalnya.

Endpoint yang Anda temukan nantinya dapat berupa komputer, server, telepon hingga hardware. Pembuatannya sendiri menjadi gabungan kabel dan wireless. Sementara itu jika ingin dibuat publik maupun private tentunya maksimal.

Pemakaian tersebut selalu disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Tidak heran jika batasannya dapat ditentukan sesuai keinginan Anda sendiri. Baik ingin melakukan pembatasan atau membebaskan akses dari setiap orang.

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

jaringan client server

Pengembangan network telah berhasil mencapai pada tingkatan yang baik. Wajar apabila Anda dapat menemukan berbagai perangkat bisa membantu serta meningkatkan optimalisasi sistem. Bahkan seringkali telah mampu Anda kenali.

1. Router

Router memiliki manfaat menjadi penghubung antara dua jaringan maupun lebih. Hal ini mampu menyebabkan pengiriman data dari satu perangkat dengan lainnya lebih terjamin. Artinya semakin baik diterima untuk menghubungkan network.

Pernahkah Anda mempelajari apa yang dimaksud dengan perangkat jaringan? Tidak menutup kemungkinan dalam router mempelajari topologi star, bus hingga ring. Router nantinya mampu membantu dua network terhubung secara maksimal.

Prosesnya sendiri akan terjadi pada layer ketiga OSI Layer. Kalau melihat dari fungsinya, router sebenarnya punya fungsi sebanding dengan bridge. Dalam pemakaian router, banyak juga disebut sebagai IP Router.

2. Server

Salah satu perangkat jaringan komputer yang dikenal dan cukup penting fungsinya yakni server. Apalagi dijadikan sebagai media untuk menyimpan sesuatu. Bukan hanya itu, tapi dipakai dalam proses pengelolaan jarkom.

Perlu diketahui kalau spesifikasi server memiliki level lebih tinggi jika dibandingkan client. Tidak heran jika manfaatnya terbilang krusial untuk jarkom. Belum lagi user selalu menyiapkan server yang kualitasnya bagus.

Perangkat jaringan komputer satu ini tujuannya agar bisa melayani komputer klien. Umumnya server telah dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup besar. Apalagi karena mampu menyediakan data informasi yang kemudian dikirimkan.

Bukan hanya itu, server juga mampu menyebarkan melalui network. Setiap data di dalamnya dihubungkan menggunakan sistem tertentu menuju komputer klien. Lebih disarankan server diletakkan pada ruangan dingin agar tidak panas.

3. NIC

Saat ini pentingnya perangkat jaringan komputer NIC terbilang besar. NIC sendiri merupakan kependekan Network Interface Card dalam jarkom. Pentingnya perangkat satu ini sangatlah diakui terutama dalam kerja komputer.

Berkaitan dengan pemakaian atau penanaman NIC sendiri biasanya langsung pada komputer. Tujuannya supaya mampu menghubungkan langsung pada LAN network. Untuk fungsi utamanya sendiri menghubungkan network dengan kabel.

Melihat manfaat perangkat jaringan komputer semacam ini hasilnya membuktikan prioritasnya. Anda sebenarnya sering juga melihat penyebutan LAN Card Expansion Board. Disana Anda juga menemukan empat jenis Ethernet.

Beberapa jenis ethernet pada NIC yakni ethernet, fast ethernet, gigabit ethernet hingga tengig. Masing-masing dilengkapi dengan kecepatan sendiri. Apalagi bertujuan untuk menghubungkan dengan network sesuai kecepatannya.

4. Kabel Jaringan

Kabel jaringan dilengkapi dengan manfaat begitu besar yang tidak bisa dilupakan pada jarkom. Terlebih bisa menghantarkan arus dari maupun menuju suatu perangkat. Sebenarnya terdapat banyak jenis kabel bisa ditemukan.

Mungkin Anda menemukan pertanyaan sebutkan macam macam perangkat keras jaringan? Kabel memegang peran penting karena memakai UTP (Unshielded Twisted Pair). Tapi masih banyak juga jenis kabel lainnya dipakai.

Untuk kekurangan dari pemakaiannya sebenarnya dari segi kerumitannya. Hal ini disebabkan karena wajib mendapatkan lokasi penempatan kabel yang tepat. Bukan hanya itu, prioritas keselamatan dan keamanan juga perlu dipertimbangkan.

5. Wireless Card

Wireless card termasuk sebagai perangkat jaringan komputer penting. Tidak lain karena menjadi network penghubung antara dua perangkat tanpa memakai kabel. Sebenarnya bisa menghubungkan lebih banyak melalui WiFi.

Sesuai dengan namanya, penggunaan kabel memang tidak dibutuhkan sama sekali. Hal ini menyebabkan bagaimana pemakaiannya telah banyak dikenal orang. Tentu disebabkan karena melalui jalur jaringan WiFi sehingga fungsinya cepat.

Kalau memakai perangkat jaringan komputer, kecepatan internet semakin bagus. Bahkan selalu dirasakan sehingga menimbulkan kepuasan yang baik. Terutama karena terjaga agar performa kecepatannya stabil dan tidak menurun.

Selain memeriksa perangkat jarkom, jangan lupa cek jktgadget.com. Anda dapat melihat berbagai macam daftar pc dan laptop. Tentu menjadi supplier dan distributor gadget, pc dan laptop yang lengkap dan berkualitas.

6. Hub ada Switch

Pemakaian hub ada switch terbilang penting dimengerti user. Khusus untuk hub sendiri bisa membagikan dari satu sumber menuju pihak lainnya. Artinya setiap orang dalam ruangan tersebut kemudian dibagikan secara adil.

Tapi perangkat jaringan komputer ini sebenarnya memiliki kekurangan. Tidak lain karena pembagian paket untuk port bukan dilakukan dengan adil maupun rata. Hal inilah yang mampu membedakannya dibandingkan dengan switch.

Kalau switch sebenarnya dijadikan sebagai perangkat keras yang fungsinya mirip hub. Meski begitu mampu melakukan pembagian jaringan lokal menuju banyak perangkat. Apalagi disebutkan cukup cerdas dalam membagikan sinyal koneksinya.

Kemampuan perangkat jaringan komputer switch sendiri mampu membuat kesetaraan tercipta. Inilah alasan kenapa user menyukai switch dibandingkan hub. Meski begitu fungsinya sama-sama penting dan memegang peran krusial.

7. Bridge

Bridge memiliki fungsi tidak kalah besarnya dalam jarkom. Tidak lain karena mampu meluaskan jaringan yang diubah pada bentuk jaringan lain. Kemudian semakin luas dan mampu dipakai pada beragam perangkat lain.

Kinerjanya sebagai perangkat jaringan komputer dapat maksimal jika Anda paham alamat MAC. Umumnya mampu melakukan transmisi data menuju jaringan. Setelah itu baru bridge akan membuat suatu tabel otomatis di dalamnya.

Keunggulan dari pemakaian bridge mampu menentukan suatu segmentasi secara maksimal. Bukan hanya itu, tapi rooting maupun disaring dapat dilakukan lebih baik. Wajar apabila pemakaian bridge memegang peran besar pada jarkom.

Anda sering menemukan berapakah jaringan komputer? Masih ada banyak misalnya LAN Card, Access Point, konektor, proxy server, user/client, gateway, multilayer switch, CCTV, USB WiFi adapter, multiplexer, firewall, repeater dan modem.

Pada pemakaiannya, tentu dimaksudkan membagi, menjaga dan memanajemen kemananan data atau dokumen. Termasuk melakukan penyampaian informasi lebih cepat. Begitu juga membantu aktivitas penggunanya agar semakin mudah.

Untuk solusi tersebut, ptbsb.id merupakan partner terbaik yang harus Anda pilih. Apalagi memiliki pelayanan server perusahaan, kantor sampai sekolah. Pasti begitu ahli dalam urusan berkaitan dengan software dan hardware.

Hubungi saja lewat website ptbsb.id atau no WA dan akan segera berkonsultasi dengan ahlinya. Kami telah menjadi IT Solutions Company paling handal di Indonesia. Pastinya menyediakan perangkat jaringan komputer berkualitas.

Baca juga : Pengertian Jaringan Client Server beserta Cara Kerjanya

No Comments

Post A Comment

Contact Us