Perusahaan Data Center di Indonesia yang Berpengalaman

Data Center Google

Perusahaan Data Center di Indonesia yang Berpengalaman

Perusahaan data center di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan beragam. Setiap dari mereka tentu saling bersaing demi menjadi salah satu penyedia terbaik dan tepercaya bagi penggunanya.

Perusahaan dalam bidang satu ini memang terus mengalami perkembangan secara pesat. Hal tersebut tidak terlepas dari era digitalisasi dan maraknya bisnis berbasis teknologi. Namun, sebenarnya perusahaan data center itu apa?

Data center sendiri didefinisikan sebagai tempat khusus sebagai penampung beragam berkas yang keluar dan masuk sebelum dikirim ke tiap-tiap penggunanya. Jadi, perusahaannya berarti adalah penyedia dari layanan tersebut.

Data center atau pusat data merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan suatu perusahaan. Maka dari itu, para pemilik bisnis patut memilih penyedia terbaik dan berpengalaman demi keberlangsungan usaha.

Memilih Perusahaan Data Center di Indonesia, Perhatikan Karakteristiknya

data center

Pada era digital memang hampir tiap bisnis melengkapi operasionalnya dengan pusat data. Dengan teknologi satu ini, seluruh informasi penting akan terjaga sehingga mudah diakses ketika sewaktu-waktu diperlukan.

Mungkin masih banyak orang bertanya mengapa data center perlu dibangun? Maka jawabannya ialah melindungi segala data-data dari segala risiko terjadinya ancaman. Maka dari itu, penting untuk mengetahui karakteristik penyedia berkualitas.

1. Analisis Layanan & Otomatis

Karakteristik pertama ialah sistem pad media storage yang ditawarkan bisa dikendalikan secara otomatis. Hal tersebut sangatlah penting karena dapat menunjang operasional bisnis tanpa memakan banyak waktu.

Perusahaan data center di Indonesia yang berkualitas juga akan menawarkan sistem dengan kemampuan analisis data/file. Setelah itu, sistem akan memunculkan notifikasi mengenai kebutuhan dari penyimpanan tersebut.

2. Virtual Storage Tiering

Karakteristik berikutnya dari penyedia berkualitas dan berpengalaman ialah pusat datanya dibekali kemampuan tidak terbatas. Kemampuan tersebut berlaku pada hal besar hingga kecil dari kapasitas penyimpanannya.

Perusahaan data center di Indonesia berkualitas juga memastikan adanya keluwesan atau fleksibilitas mengenai kesiapan dalam proses menyimpan datanya. Dalam proses menyimpan tersebut, umumnya dibedakan menurut jenis penggunaan medianya.

3. Storage Harus Efisien

Efisien atau tidaknya suatu media storage merupakan aspek penting berikutnya. Jika penyimpanannya efisien, berarti mampu meningkatkan segala perlengkapan IT yang dipakai hingga meningkatkan produktivitas kerja.

Selain itu, efisiensi pada penyimpanan tersebut turut membantu dalam meminimalkan biaya yang perlu dikeluarkan dalam menggunakan layanan. Oleh sebab itu, pilihlah perusahaan data center di Indonesia dengan storage efisien.

4. Sistem Operasional Terjamin

Selanjutnya, kualitas suatu provider dapat dilihat dari terjaminnya sistem operasional sehingga tidak mudah terganggu. Provider perlu menjamin bahwa tidak akan ada gangguan sehingga datanya lebih aman.

Pada umumnya, penyedia atau provider akan menggunakan berbagai macam aplikasi pendukung. Dengan bantuan aplikasi pendukung tersebut, setiap proses operasional pada bisnis Anda akan lebih terjamin.

5. Keamanan Data Terjamin

Dalam menentukan penyedia, Anda perlu memastikan bahwa penyedia tersebut mampu memastikan terjaminnya keamanan setiap file. Pada umumnya, penyedia berpengalaman tidak hanya memasang layanan tersebut di satu tempat.

Hal tersebut merupakan suatu upaya atau langkah untuk mencegah perangkat tidak berkepentingan mampu menjebol sistem. Dengan demikian, data-datanya akan tersimpan dengan baik di media storage.

6. Sistem Perlindungannya Terintegrasi

Karakteristik terakhir dari perusahaan data center di Indonesia berkualitas adalah menyediakan sistem perlindungan secara terintegrasi. Dengan sistem tersebut, tim IT hanya perlu melakukan setting awal, kemudian akan berjalan mandiri.

Adanya sistem perlindungan terintegrasi tentu saja akan mengefisiensi biaya operasional bisnis Anda. Selain itu, kerusakan yang mungkin timbul juga akan hilang sehingga tidak memerlukan tambahan dalam tim IT.

Fungsi Tempat Penyimpanan & Pengolahan Data

5 Perusahaan Data Center di Indonesia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penggunaan teknologi penyimpanan satu ini sangatlah penting demi keberlangsungan bisnis. Terlebih bagi jenis bisnis yang menjadikan teknologi sebagai basis utamanya.

Jika demikian, tidak hanya dibutuhkan pemilihan perusahaan data center di Indonesia berkualitas, tetapi juga perangkat mumpuni. Berbagai perangkat kualitas tinggi dapat dicari secara lengkap di jktgadget.com.

Pemilihan perusahaan dan perangkat sangatlah penting jika mengingat fungsi dari teknologi satu ini. Setidaknya terdapat tiga fungsi utama penggunaan pusat data yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Penyimpanan Berskala Besar

Kebanyakan para penggunanya merupakan pemerintah atau perusahaan besar sehingga datanya sangatlah besar. Dengan teknologi ini, semua data-data besar tersebut dapat tersimpan dengan aman dan terjamin.

Anda tidak bisa kalau hanya mengandalkan penyimpanan cloud saja apabila datanya sangat banyak dan besar. Bisnis Anda memerlukan ruang yang lebih besar dengan sistem keamanan terbaik.

Dengan penyimpanan berskala besar, memangnya apa keuntungan data center? Keuntungannya tentu saja menjamin segala informasi penting, terutama dari ancaman kerusakan atau kehilangan akibat virus, bencana alam, dan sebagainya.

2. Private Cloud

Fungsi keduanya adalah sebagai private cloud, misalnya meng-hosting aplikasi bisnis internal. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa kegunaannya tidak sebatas sebagai penyimpanan atau pengolahan file semata.

3. Principal Repositories

Fungsi terakhirnya ialah menjadi principal repositories dalam bidang IT. Hal tersebut karena di dalamnya terdapat infrastruktur lainnya, mulai dari server, router, switch, firewall, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Perusahaan Data Center di Indonesia

Data Center

Dengan betapa vitalnya fungsi dari teknologi penyimpanan satu ini, sudah semestinya Anda lebih selektif dalam menentukan provider-nya. Berikut terdapat empat tips yang dapat dijadikan pedoman dalam memilih data center.

1. Provider Ternama

Tips pertama dalam menentukan perusahaan data center di Indonesia berkualitas adalah pilih yang sudah memiliki nama. Dengan nama besarnya, hal tersebut tidak hanya menunjukkan bahwa perusahaannya berkualitas, tetapi juga berpengalaman.

Jika perusahaannya sudah terkenal, Anda juga dapat dengan mudah mencari bagaimana rekam jejaknya selama ini. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam melakukan penilaian sebelum memutuskan untuk bekerja sama.

2. Ketahui Sistem Keamanannya

Sebagaimana diketahui, teknologi satu ini nantinya akan digunakan dalam menyimpan data-data penting. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui sistem keamanan yang digunakan oleh penyedia.

Anda perlu memastikannya betul-betul kalau tidak ingin terjadi kebocoran informasi penting dalam bisnis. Apalagi informasi tersebut pastinya bersifat rahasia sehingga harus dijaga dengan sistem keamanan terbaik.

3. Pertimbangkan Lokasinya

Dalam menentukan perusahaan data center di Indonesia, hendaknya pemilik bisnis mempertimbangkan lokasinya. Disarankan untuk memilih provider dengan lokasi terdekat untuk memudahkan pemantauan terhadap sistem tersebut.

Tidak hanya itu, kedekatan lokasi juga akan turut mengefisiensi pengeluaran dalam operasional. Walaupun demikian, lokasi tidak dapat dijadikan satu-satunya pertimbangan dalam memilih provider sehingga harus berdasarkan tips lainnya.

4. Pertimbangkan Harganya

Tips terakhirnya ialah mempertimbangkan harga atau tarif yang dipatok oleh penyedia. Anda harus mempertimbangkannya secara berhati-hati karena mahal atau murahnya tarif tidak menjamin kualitas layanannya.

Oleh karena itu, cobalah untuk membandingkan harga tersebut dengan penawaran layanan yang diberikan. Jangan sampai Anda membayar mahal, tetapi penawarannya kurang seimbang karena hanya akan menyebabkan kerugian.

Apabila ingin mendapatkan layanan berkualitas soal IT, ptbsb.id merupakan jawabannya. Sebagai salah satu perusahaan data center di Indonesia yang berpengalaman, tentu layanan yang diberikan aman dan tepercaya.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui website ptbsb.id atau no WA berikut.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Data Center dan Tips Memilihnya

No Comments

Post A Comment

Contact Us