Prosesor intel celeron: Apa Saja Keunggulannya

prosesor intel celeron

Prosesor intel celeron: Apa Saja Keunggulannya

Di antara berbagai prosesor Intel, Intel Celeron adalah salah satu pilihan yang populer untuk kebutuhan komputasi sehari-hari. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa kelebihannya, seperti performa andal, efisiensi daya, dukungan teknologi terbaru, terjangkau, serta fleksibel.

Celeron merupakan keluarga mikroprosesor yang diproduksi oleh Intel Corporation. Prosesor ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Pentium II, tetapi dengan beberapa pengurangan spesifikasi dari segi memori cache untuk menjaga faktor ekonomis.

Jadi, prosesor Intel Celeron adalah salah satu produk CPU atau prosesor entry-level dari Intel yang cocok untuk komputasi sehari-hari yang ringan serta tugas-tugas dasar. Meskipun demikian, performanya tetap mampu bersaing dengan jenis CPU lain dari kelas serupa.

Karena harganya lebih terjangkau, perangkat ini sangat cocok bagi pengguna komputer dengan kebutuhan harian standar. Misalnya seperti browsing internet, berkomunikasi, mengedit dokumen, menonton video, atau mengoperasikan aplikasi ringan.

Apa Keunggulan Prosesor Intel Celeron?

Jual Beli ASUS Laptop Notebook Vivobook A516 Intel Celeron Jakarta Mura

Meskipun merupakan prosesor Intel kategori entry-level, Celeron tetap mendukung berbagai fitur dan teknologi yang relevan dengan kebutuhan komputasi modern. Apalagi, sampai sekarang perangkat ini telah mengalami perkembangan ke generasi terbaru.

Sehingga, banyak model Celeron terkini yang sudah dilengkapi oleh arsitektur serta teknologi terbaru dari Intel. Apa keunggulan Intel Celeron? Dengan berbagai pembaruan tersebut, berikut ini rincian keunggulan utama dari Intel Celeron yang penting untuk diketahui.

1. Performa yang Andal untuk Kebutuhan Dasar Prosesor Intel Celeron

Salah satu produk generasi terbaru dari Prosesor Intel Celeron adalah model G6900T yang dirilis pada kuartal satu 2022. Model tersebut sudah didukung oleh Grafis Intel® UHD 710 serta Smart Cache 4 MB dengan kecepatan hingga 3,30 GHz.

Dengan spesifikasi tersebut, model ini menawarkan performa andal untuk berbagai kebutuhan komputasi dasar sehari-hari. Sebagai referensi, rincian keunggulannya dari segi performa adalah sebagai berikut:

· Tampilan Visual Jernih dan Tajam

Dengan dukungan Grafis Intel® UHD 710, Prosesor Intel Celeron model terbaru dapat menghasilkan tampilan visual lebih jernih dan tajam. Perangkat ini juga sudah mampu menjalankan berbagai aplikasi multimedia dengan lancar.

Hal ini membuatnya cocok untuk berbagai aktivitas seperti menonton video, streaming konten, hingga bermain game ringan. Selain itu, tampilan layar jernih ini juga turut mendukung aktivitas editing foto atau atau video skala ringan.

· Pengolahan Data Standar Lebih Cepat

Selain itu, prosesor Intel tipe Celeron generasi terbaru juga dilengkapi dengan Smart Cache sebesar 4 MB. Dengan adanya Smart Cache, prosesor dapat mengakses data secara lebih cepat, sehingga meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugas dasar.

Apalagi, kecepatan prosesornya dapat mencapai 3,30 GHz, sehingga sudah mampu menangani tugas-tugas komputasi dasar secara responsif. Itu sebabnya, perangkat ini banyak ditemukan pada komputer di tempat umum seperti kantor, sekolah, atau perpustakaan.

·  Kemampuan Multitasking

Kemampuan multitasking yang efisien juga menjadi salah satu keunggulan dari prosesor Intel ini. Sehingga, pengguna dapat dengan mudah berpindah antara berbagai aplikasi dan tugas tanpa mengalami lag atau penurunan performa yang signifikan.

2. Efisiensi Daya

Intel Celeron memiliki keunggulan dalam efisiensi daya yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan komputasi dasar. Sebab, prosesor ini didesain untuk mengonsumsi daya lebih rendah dibanding versi lain seperti i Core yang berperforma tinggi.

Karena itu, prosesor Intel Celeron dapat meningkatkan masa pakai baterai pada laptop serta perangkat portabel lainnya seperti All-in-One PC. Selain itu, efisiensi daya tersebut juga membuatnya cocok untuk desain CPU tanpa kipas (fanless) pada beberapa perangkat.

Artinya, efisiensi daya tersebut juga memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman komputasi yang lebih lama tanpa harus sering mengisi daya baterai. Hal ini juga dipengaruhi oleh panas yang dihasilkan dari perangkat.

Dibanding jenis prosesor Intel lainnya, perangkat ini cenderung menghasilkan panas yang lebih sedikit, sehingga sistem pendinginannya lebih sederhana. Selain itu, desain tersebut juga dapat mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan dari komponen pendingin.

Terakhir, rendahnya suhu panas yang dihasilkan dapat membantu meningkatkan daya tahan berbagai komponen di dalamnya. Itu sebabnya, komponen elektronik yang beroperasi dalam suhu rendah cenderung memiliki masa pakai lebih panjang serta efisiensi daya lebih efisien.

3. Dukungan Teknologi Terbaru

Salah satu keunggulan dari berbagai prosesor Intel adalah dukungan terhadap berbagai teknologi terbaru serta arsitektur mikroprosesor terkini, begitu juga Celeron. Artinya, CPU ini tetap mampu menjalankan perangkat lunak serta sistem operasi sesuai update terbaru.

Selain itu, sebagian besar prosesor Celeron telah dilengkapi teknologi Intel Integrated Graphics yang selalu diupdate pada generasi terbaru. Teknologi tersebut dapat memberikan solusi grafis cukup optimal untuk tugas-tugas komputasi dasar serta pemutaran video.

Adapun dari segi konektivitas, berbagai model prosesor Intel Celeron terbaru seperti G6900T telah didukung oleh teknologi Intel® Wi-Fi 6. Teknologi tersebut memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan konektivitas serta kolaborasi.

4. Nilai Terjangkau

Salah satu keunggulan utama dari model-model Celeron adalah harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan model perangkat Intel lainnya. Faktor penyebab nilainya lebih terjangkau adalah karena terdapat penyesuaian spesifikasi kategori entr level.

Sebagai contoh, jenis prosesor Intel ini biasanya memiliki jumlah core lebih sedikit serta jumlah cache lebih sedikit. Meski demikian, performanya tetap memadai untuk tugas-tugas komputasi dasar, seperti browsing internet, pengolahan kata, hingga pemutaran video.

Selain itu, jenis perangkat ini juga memiliki Thermal Design Power (TDP) yang rendah. TDP mengacu pada jumlah daya listrik maksimum yang dapat dikonsumsi oleh suatu prosesor serta jumlah generated heat selama beroperasi.

Itu sebabnya, prosesor Intel model Celeron lebih ideal untuk perangkat komputasi spesifikasi rendah seperti laptop low entry atau Chromebook. Sehingga, pengguna juga bisa memperoleh harga lebih rendah untuk kemampuan komputasi standar sehari-hari.

5. Fleksibilitas dalam Penggunaan

Dengan berbagai keunggulan di atas, Intel Celeron juga sangat fleksibel karena bisa diaplikasikan dalam berbagai jenis perangkat. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan prosesor ini dalam berbagai perangkat komputasi:

  • Laptop dan Notebook entry level dengan spesifikasi rendah untuk kebutuhan dasar.
  • Gadget 2 in 1, yaitu perangkat laptop yang dapat beralih ke mode tablet dengan bentuk ringan dan fleksibel.
  • PC All in One (AIO), yaitu komputer yang CPU atau prosesornya sudah menyatu ke dalam monitor.
  • CPU spesifikasi rendah untuk kebutuhan dasar.
  • Chromebook, yaitu jenis perangkat komputasi sederhana dengan sistem operasi berbasis ChromeOS.

Jika Anda memiliki jenis perangkat di atas, maka Celeron adalah rekomendasi prosesor Intel terbaik untuk diaplikasikan. Apalagi, perangkat ini juga memberikan fleksibilitas lebih agar pengguna bisa melakukan kustomisasi atau konfigurasi sesuai kebutuhan.

Secara keseluruhan, berbagai keunggulan di atas membuat jenis prosesor ini sangat cocok bagi para pengguna seperti pelajar atau karyawan kantor. Selain itu, ini juga cocok untuk penggunaan multimedia harian seperti menonton film, video, dan lain sebagainya.

Namun, pastikan untuk mendapatkan perangkat terbaik dari distributor terpercaya. Dapatkan produk hardware dan prosesor Intel terpercaya dan berkualitas di PT BSB melalui website ptbsb.id atau no WA.

Baca juga: Yuk Bedah Fungsi dan Keunggulan Asus Server Motherboard

No Comments

Post A Comment

Contact Us