Prosesor Intel Terbaru: Ini Dia Generasi di Tahun 2023

prosesor intel terbaru

Prosesor Intel Terbaru: Ini Dia Generasi di Tahun 2023

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka, setiap tahunnya Intel selalu rutin merilis prosesor Intel terbaru. Sebagai versi terbaru, tentu terdapat berbagai kemajuan teknologi serta fitur unggulan untuk mengoptimalkan performa serta efisiensinya.

Adanya berbagai pembaruan tersebut dapat memberikan pengalaman komputasi yang lebih unggul dan responsif untuk berbagai kebutuhan. Itu sebabnya, generasi terbaru dari prosesor keluaran Intel selalu dinanti oleh para pemerhati dunia teknologi.

Lalu, prosesor Intel generasi terbaru berapa? Pada rangkaian acara CES (Consumer Technology Association) 2023 baru-baru ini, Intel baru saja mengumumkan mobile processor versi terbarunya, yaitu generasi ke-13.

Saat ini, model laptop yang sudah menggunakan Intel 13th gen belum diluncurkan, sehingga opsi generasi terbaru yang bisa Anda gunakan adalah generasi ke-12. Anda bisa menemukannya di berbagai produk laptop maupun CPU berbasis prosesor Intel.

Artikel ini membahas generasi terbaru prosesor Intel tahun 2023, mengungkapkan kemajuan teknologi dan fitur unggulan yang ditawarkan. Dengan fokus pada performa, efisiensi daya, konektivitas, dan dukungan teknologi terkini, generasi terbaru ini menjanjikan pengalaman komputasi yang lebih unggul dan responsif.

Kinerja yang Mumpuni pada prosesor intel terbaru

Pada perilisan prosesor Intel terbaru 2023 ini, spesifikasinya kurang lebih masih sama dengan generasi ke-12, namun dengan performa lebih kencang. Adapun varian Intel 12th gen beserta rincian kinerjanya secara lengkap adalah sebagai berikut:

1. HX-Series sebagai teknologi prosesor intel terbaru

HX Series merupakan versi premium dari generasi terbaru Intel gen 12 maupun 13. HX Series dirancang khusus untuk laptop gaming dan mobile workstations, sehingga varian-varian dalam seri ini menawarkan performa kencang serta tingkat responsivitas luar biasa.

Sejauh ini, prosesor Intel gen 12 seri HX memiliki TDP (thermal design power) sebesar 55 watt, yang 10 watt lebih tinggi dibandingkan dengan seri H. Saat mode turbonya diaktifkan, daya yang dibutuhkan oleh prosesor HX dapat mencapai hingga 157 watt.

Laptop yang menggunakan seri HX ini akan dilengkapi dengan GPU discrete. Selain itu, seri HX merupakan seri mobile pertama dari Intel yang mendukung PCIe gen 5.0, yang memungkinkan transfer data yang lebih cepat dan efisien.

Selain itu, fitur overclockingnya juga sangat kuat, sehingga kinerjanya bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan. Adapun contoh perangkat yang sudah menggunakan prosesor Intel gen 12 seri HX yaitu laptop Lenovo Gaming Legion 7i-3VID yang sudah dilengkapi Intel i7-12800HX.

Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dicek melalui link berikut di sini.

2. H-Series sebagai teknologi prosesor intel terbaru

Berikutnya adalah H-Series yang kinerjanya juga tidak kalah mumpuni dibanding HX-Series. Seri ini memiliki TDP (thermal design power) lebih tinggi, yaitu 45 watt, dan saat mode turbo diaktifkan, konsumsi dayanya dapat meningkat hingga 95 hingga 115 watt, tergantung varian.

Semua prosesor Intel terbaru kategori H-Series dari gen 12 sudah dilengkapi grafis terintegrasi Iris Xe mulai dari 48 execution unit (EU) hingga 96 EU. Dalam hal dukungan memori, seri ini juga mendukung LPDDR5-5200, LPDDR4x-4267, DDR4-3200, dan DDR5-4800.

Rentang varian dari seri H mencakup dari Core i5 hingga Core i9, dimana varian tertingginya adalah Intel Core i9-12900HK. Contoh perangkat laptop yang sudah dilengkapi prosesor i9-12900HK adalah laptop MSI Gaming Raider GE66-12UHS-290.

Spesifikasi lengkap seputar laptop MSI Gaming Raider GE66-12UHS-290 bisa Anda cek melalui link di sini.

3. P-Series sebagai teknologi prosesor intel terbaru

Prosesor Intel generasi 12 ini juga menawarkan menawarkan lini P pada platform mobile-nya. Seri P ditujukan untuk laptop tipis yang membutuhkan performa premium serta modern untuk penggunaan skala ringan hingga menengah pada kategori laptop low entry.

Meskipun demikian, dari segi kinerja seri ini sudah mendukung fitur Intel Turbo Boost Max 3.0 untuk meningkatkan performa dalam tugas komputasi berat. Adapun contoh laptop yang sudah dilengkapi varian ini yaitu Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen10-9GID (Intel i7-1270P).

Jika ingin melihat spesifikasi Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen10-9GID (Intel i7-1270P) bisa melalui link di sini.

4. U-Series sebagai teknologi prosesor intel terbaru

U Series adalah varian prosesor Intel generasi terbaru yang dikhususkan untuk laptop tipis dan ringan, dimana U merupakan singkatan dari “Ultra low power”. Itu sebabnya, TDP-nya sangat rendah, yaitu hanya 9 watt dan 15 watt saja, sehingga baterainya lebih tahan lama.

Pada generasi 10-11, penamaan seri U sempat diganti dengan G1, G4, atau G7 tergantung pada grafis terintegrasinya. Namun pada seri ini, Intel kembali menggunakan sufiks U untuk seri prosesor dengan TDP rendah.

Untuk varian ini, prosesor dengan TDP 15 watt berspesifikasi tertinggi adalah Intel Core i7-1265U, yang memiliki 2 inti P-Core dan 8 inti E-Core. Anda bisa mendapatkannya di laptop Lenovo Thinkpad X1 Carbon Gen10-EPID di link di sini.

Efisiensi Daya

Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi daya, prosesor Intel generasi terbaru ini juga sudah memperkenalkan teknologi hemat energi. Teknologi ini dapat mengoptimalkan penggunaan daya tanpa mengorbankan performa keseluruhan.

Efisiensi daya yang lebih baik ini sangat penting karena semakin banyak perangkat komputasi yang menggunakan daya baterai, seperti laptop dan perangkat mobile. Apalagi, meningkatnya kebutuhan akan kinerja lebih tinggi cenderung menghabiskan banyak daya.

Salah satu seri prosesor Intel generasi terbaru yang menonjolkan efisiensi daya adalah H-Series. Seri H-Series memiliki Thermal Design Power (TDP) sebesar 45 watt, yang merupakan ukuran daya termal maksimum yang dihasilkan oleh prosesor.

Dengan nilai TDP tersebut, prosesor H-Series dapat menjaga performa optimal tanpa menghasilkan terlalu banyak panas atau menguras daya baterai secara berlebihan. Hal ini penting untuk mendukung kinerja tinggi prosesor tanpa mengorbankan masa pakai baterai.

Kemajuan dalam Konektivitas

Prosesor Intel generasi terbaru ini sudah mendukung penggunaan teknologi Thunderbolt 4. Thunderbolt 4 adalah teknologi koneksi tingkat tinggi yang menghadirkan kecepatan transfer data luar biasa, hingga bahkan 40 Gbps.

Dengan Thunderbolt 4, pengguna dapat menghubungkan berbagai perangkat eksternal seperti monitor, hard drive eksternal, hingga docking station dengan cepat dan mudah. Ini merupakan pilihan ideal bagi para profesional kreatif yang butuh koneksi cepat dan andal.

Dari segi konektivitas dalam standar komunikasi terkini, generasi prosesor Intel terbaru yaitu 12th dan 13th Gen juga telah mengupdate dukungan konektivitas nirkabel. Melalui adanya Wi-Fi 6E, pengguna dapat menikmati kecepatan internet lebih tinggi, stabil, dan handal.

Wi-Fi 6E memanfaatkan frekuensi 6 GHz yang baru dilepas untuk mengurangi gangguan serta meningkatkan kinerja jaringan. Selain itu, terdapat juga dukungan Bluetooth 5.2 serta USB 4 untuk memaksimalkan transfer data lebih cepat.

Integrasi Teknologi Terkini

Selanjutnya, beberapa varian prosesor Intel Core 12th Gen terbaru sudah mendukung chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe, dengan execution unit (EU) mulai dari 48 – 96 EU. Prosesor ini memanfaatkan teknologi terbaru seperti arsitektur transistor yang lebih kecil dan efisien, serta teknologi terkini dalam pemrosesan grafis.

Dari segi teknologi penyimpanan, generasi ini juga telah mendukung penggunaan RAM DDR5 serta DDR4. Keduanya merupakan teknologi RAM terbaru dengan kecepatan lebih tinggi dan efisiensi daya lebih baik untuk meningkatkan performa secara keseluruhan.

Selain itu, generasi prosesor Intel terbaru ini juga telah memanfaatkan teknologi terbaru seperti arsitektur transistor lebih kecil dan efisien. Ini artinya, transistor akan membutuhkan daya lebih rendah untuk beroperasi dengan suhu lebih rendah untuk mencegah overheating.

Peningkatan Dukungan AI

Terakhir, generasi terbaru dari prosesor Intel juga sudah menawarkan dukungan lebih baik untuk kecerdasan buatan (AI). Adanya peningkatan ini memungkinkan kemampuan komputasi yang lebih pintar dan responsif dalam menangani tugas-tugas AI.

Hal ini memungkinkan perangkat untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Itu sebabnya, pengguna bisa memperoleh pengalaman lebih cepat dan responsif yang terpersonalisasi.

Anda bisa memperoleh generasi terbaru Intel dari berbagai distributor hardware. Sebagai solusi, Anda bisa mendapatkan laptop yang dilengkapi prosesor Intel 12th Gen terbaru serta produk hardware terpercaya dan berkualitas di PT BSB melalui website ptbsb.id atau no WA.

 

Baca juga: Kecanggihan Teknologi Wireless Routers 2023

No Comments

Post A Comment

Contact Us