Berikut Pengertian dan Fungsi dari Proxy Server

proxy server

Berikut Pengertian dan Fungsi dari Proxy Server

Anda pasti pernah mendengar istilah proxy server. Istilah ini sering sekali digunakan untuk membahas tentang web atau jaringan. Jika Anda suka belajar tentang teknologi canggih atau bekerja di bidang ini, pasti setidaknya pernah tahu apa yang dimaksud dengan isilah tersebut.

Setiap hari, pasti Anda membutuhkan pencarian informasi dengan cara membuka website. Saat membuka website sebenarnya ada pekerjaan tidak terlihat yang membuat Anda bisa mengakses web tersebut, yaitu ada pekerjaan meminta dan menerima akses untuk websitenya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa proxy server adalah sebuah perantara jaringan. Sebagai perantara, proxy bertugas meminta akses dan menerima informasi untuk membuka websitenya. Jadi sudah pasti server proxy ada di setiap kegiatan mencari informasi melalui web.

Peran server ini bisa dibilang sangat penting dalam pencarian informasi di web. Tentu saja juga terdapat fungsi dari server ini yang harus Anda ketahui. Jika belum pernah mendengar apa saja fungsinya, pastikan Anda memahami beberapa penjelasan tentang fungsinya berikut ini.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Server SSH dan Cara Menggunakannya

 

7 Fungsi dari Proxy Server

Banyak orang bertanya apa yang dimaksud dengan proxy server? Tidak hanya disebut dengan perantara, terkadang proxy juga disebut dengan jembatan yang bisa menghubungkan pengguna internet dengan web yang akan diaksesnya. Menghubungkan ini adalah fungsi utamanya.

Namun selain menghubungkan pengguna dengan web yang akan diaksesnya, tentu ada beberapa fungsi lain. Anda bisa mengatakan bahwa manfaat memakai server proxy tidak hanya sebatas itu. Perhatikan beberapa fungsi berikut ini.

1. Untuk Mengakses Internet Dalam 1 Jalur

dengan menggunakan proxy server, Anda bisa mengakses internet bersamaan dengan orang lain dalam 1 jalur. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan. Di perusahaan pasti ada banyak karyawan yang membutuhkan akses ke internet untuk keperluan kerjanya.

Akses internet untuk membuka website tentu tidak semudah itu. Meskipun kelihatannya mudah, namun ada beberapa hal yang harus diurus. Misalnya alat untuk server utamanya. Namun benda seperti ini bisa dibeli dengan mudah melalui jktgadget.com.

Daripada harus membangun server satu per satu untuk keperluan bekerja ini, lebih baik Anda memanfaatkan prinsip kerja proxy server. Secara tidak langsung, manfaat mengakses internet untuk banyak orang dalam 1 jalur ini akan memudahkan kerjaan dan mengurangi pengeluaran.

 

2. Untuk Menyembunyikan Identitas Pengguna

Kemudian fungsi lainnya dari proxy server adalah untuk menyembunyikan identitas pengguna. Tidak jarang ada orang yang ingin identitasnya tidak diketahui di dunia maya atau jaringan. Jika Anda juga ingin seperti ini, maka manfaatkan proxy dengan baik untuk menyembunyikannya.

Fungsi ini sangat berguna untuk orang – orang yang suka hacker, karena mereka menjadi lebih mudah tidak ketahuan saat melakukan hacker atau peretasan komputer. Namun sebenarnya menyembunyikan identitas juga bisa digunakan untuk hal lainnya yang lebih bermanfaat.

Bahkan dalam perusahaan, terkadang menyembunyikan identitas ini juga dilakukan. Biasanya yang akan memakai fungsi proxy server ini adalah atasan. Kebanyakan orang lebih suka login dan berselancar di internet dengan nama administrator atau tidak menampilkan profil aslinya.

 

3. Untuk Menyaring Informasi

Tidak hanya menyembunyikan identitas, juga terdapat fungsi menyaring informasi yang sangat berguna untuk semua orang. Di internet ada banyak sekali jenis informasi, namun ketika Anda mencarinya, tentu tidak semua informasi tersebut dimunculkan karena terlalu banyak.

Itu sebabnya jika ada yang bertanya apa itu proxy server dan fungsinya? Anda bisa tahu bahwa fungsi utamanya selain sebagai perantara jaringan adalah untuk menyaring informasi. Sehingga Anda akan mendapat informasi paling sesuai dengan pertanyaan dan merupakan yang terbaik.

Penyaringan informasi ini juga menghindarkan pengguna dari kerugian, karena terkadang ada saja web yang mengandung informasi tidak terlalu penting. Sehingga merugikan pengguna ketika membuka dan membaca webnya tapi tidak menemukan informasi yang dibutuhkan.

 

4. Untuk Merekayasa Lokasi

Rekayasa lokasi juga bisa dilakukan dengan memakai proxy server. Anda pasti pernah mendengar ada rekayasa lokasi penggunaan atau akses internet. Rekayasa lokasi ini berfungsi untuk menghilangkan jejak atau membuat alamat IP menjadi tidak terdeteksi oleh sistem.

Tentu saja ada banyak orang yang memanfaatkan fungsi ini. Apalagi jika ada keperluan menyembunyikan lokasi karena alasan tertentu. Sehingga merekayasa lokasi sebenarnya tidak sulit. Hanya perlu pandai memahami proxy dan menggunakannya dengan baik.

Proxy server untuk rekayasa lokasi terkadang digunakan oleh badan intelijen, karena biasanya orang – orang yang bekerja di badan itu sangat memerlukan rekayasa lokasi dalam penyamarannya, sehingga tidak mudah dilacak oleh orang lain.

 

5. Untuk Menyimpan Data Sementara

Penyimpanan data sementara juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan server ini. Namun penyimpanan data sementara ini tidak seperti cloud. Hanya data – data seperti cache atau Riwayat pencarian di internet saja yang akan tersimpan jika memakai proxy dalam hal ini.

Anda juga bisa menyimpan data jika memiliki perangkat sendiri, misalnya seperti lenovo legion dengan penyimpanan sebesar 2 TB. Memorinya sudah SSD dengan kapasitas RAM hingga 32 GB.

Fungsi proxy server ini sangat bermanfaat untuk semua orang, karena terkadang mereka harus mencari tahu apa saja web yang sudah dikunjungi sebelumnya dan mendapat informasi dari web sebelumnya tersebut. Riwayat ini juga disimpan dalam bentuk cache.

Riwayat ini biasanya diakses di history setiap web yang Anda gunakan. Biasanya akan tersimpan sampai 1 bulan terakhir. Meskipun ada jangka waktu penyimpanan data sementara berbentuk cache tersebut, namun fungsi menyimpan data sementara ini akan sangat bermanfaat.

 

6. Untuk Memblokir Akses

Fungsi proxy server lainnya yang tidak kalah menarik adalah dapat memblokir akses. Bagi pengguna internet aktif pasti pernah tahu ada pemblokiran akses terhadap informasi kurang baik, mengandung sara atau pornografi. Semua ini bisa dilakukan karena adanya proxy.

Anda juga bisa memakainya sesuai dengan keinginan jika paham bagaimana cara memakainya. Sehingga pemblokiran akses ini bisa dilakukan untuk menghindari orang lain mengakses data pribadi Anda. Fungsi ini bisa dimanfaatkan dengan baik di dalam perusahaan atau lainnya.

Misalnya Anda memiliki data penting dalam perusahaan, kemudian datanya harus diletakkan di server utama namun tidak boleh ada yang mengaksesnya. Manfaatkan proxy untuk mewujudkan hal tersebut, jadi tidak sembarang karyawan memiliki hak akses terhadap data itu.

 

7. Untuk Meningkatkan Keamanan

Server ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan. Hal ini karena proxy memang dapat melindungi data – data Anda. Tepatnya melindungi data dari peretas atau orang yang ingin mengambil alamat IP. Jadi pastikan jaringan Anda sudah memiliki proxy ini agar aman.

Setelah memahami apa saja fungsinya, tentu Anda ingin memasangnya jika jaringan masih belum memiliki proxy. Cara memakainya sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungi perusahaan ahli di bidang ini seperti PTBSB yang sangat ahli dalam bidang software.

PTBSB merupakan perusahaan ahli tidak hanya di bidang software namun juga hardware. Anda bisa mengandalkannya ketika membutuhkan software atau hardware untuk kepentingan apapun. Langsung hubungi website ptbsb.id atau no WA untuk memiliki proxy server.

Baca juga : Cari Tau Yuk Bagaimana Cara Kerja Server Komputer

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us