Yuk Intip Fungsi dan Penyedia dari Server Cloud Hosting

server cloud

Yuk Intip Fungsi dan Penyedia dari Server Cloud Hosting

Server cloud telah menjadi pilihan populer bagi banyak bisnis, terutama server untuk cloud hosting. Pasalnya, teknologi ini dianggap sebagai salah satu infrastruktur hosting yang andal dan efisien bagi pengguna website maupun aplikasi online.

Salah satu alasan mengapa semakin banyak orang beralih menggunakan teknologi ini yaitu karena cara kerjanya dianggap lebih optimal. Pasalnya, server ini dapat membuat, menyimpan, hingga melakukan pengiriman data via platform cloud computing di internet.

Karena menggunakan berbagai resource dari beberapa peladen sekaligus, maka beban atau loadnya bisa lebih diseimbangkan. Selain itu, performanya juga bisa lebih dipercepat untuk memaksimalkan uptime.

Apa Itu Server Cloud Hosting?

cloud data center

Sebelum membahas lebih lanjut terkait fungsi maupun rekomendasi penyedia yang bisa digunakan, sebaiknya pahami terlebih dahulu terkait apa itu server cloud hosting? Sederhananya, teknologi ini merupakan salah satu jenis layanan hosting.

Bedanya, dalam layanan hosting ini situs web, aplikasi, atau layanan online akan disimpan serta dijalankan di dalam infrastruktur cloud. Cloud computing atau komputasi awan sendiri mengacu pada penggunaan sumber daya komputasi terpusat serta dibagi secara virtual.

Fungsinya sendiri adalah untuk menyimpan data maupun menjalankan aplikasi. Dibanding sistem lain, server cloud hosting dapat menyediakan fleksibilitas lebih tinggi, memungkinkan pengguna untuk mengatur serta mengelola sumber daya hostingnya sesuai kebutuhan.

Artinya, dalam teknologi ini, situs web atau aplikasi tidak terikat pada satu peladen fisik tertentu. Sebaliknya, mereka dihosting di dalam jaringan peladen yang terhubung secara virtual. Ini memberikan keuntungan dalam hal skalabilitas, ketersediaan, dan manajemen.

Adapun cara kerja server cloud dalam konteks hosting didasarkan pada penggunaan infrastruktur cloud dengan sejumlah server fisik yang terhubung secara terpusat. Berikut adalah penjelasan tentang cara kerjanya secara umum:

1. Virtualisasi

Servernya menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi sumber daya fisik menjadi mesin virtual terisolasi. Masing-masing mesin virtual berjalan sebagai entitas terpisah dengan sistem operasi, ruang penyimpanan, dan sumber daya komputasi sendiri.

2. Skala Horizontal

Server cloud dalam hosting juga memiliki kemampuan untuk melakukan skala horizontal. Yaitu menambah atau mengurangi jumlah mesin virtual sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pengguna agar penggunaan sumber daya lebih optimal.

3. Distribusi Data

Data dalam sistem ini akan didistribusikan di sejumlah peladen fisik yang terhubung. Hal ini memastikan redundansi dan ketersediaan tinggi, sehingga jika satu server mengalami gangguan atau kegagalan, data masih dapat diakses dari peladen lainnya.

4. Lapisan Keamanan

Terakhir, jenis server cloud hosting ini menawarkan lapisan keamanan kuat untuk melindungi data pengguna. Contohnya penerapan kebijakan keamanannya yang ketat termasuk enkripsi data, firewall, sistem deteksi intrusi, hingga perlindungan terhadap serangan DDoS.

Fungsi Server Cloud Hosting

software cloud computing

Server khusus hosting dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi sesuai kebutuhan. Mulaid dari skalabilitas sistem, redundansi, manajemen infrastruktur, hingga skalabilitas biaya, berikut beberapa fungsi lengkapnya:

1. Skalabilitas dan Elastisitas

Salah satu fungsi utama dari server cloud adalah skalabilitas serta elastisitas yang tinggi. Skalabilitas merujuk pada kemampuan sistem untuk menyesuaikan diri dengan peningkatan atau penurunan lalu lintas serta beban kerja.

Dalam sistem cloud hosting ini, pengguna dapat dengan mudah menambah atau mengurangi kapasitas sumber daya hostingnya sesuai kebutuhan. Sehingga jika ada lonjakan lalu lintas tiba-tiba, servernya dapat secara otomatis mengalokasikan lebih banyak sumber daya.

Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya kegagalan sistem. Selain itu, hal ini juga membantu memastikan situs web atau aplikasi tetap dapat diakses dengan lancar serta menghindari terjadinya waktu tidak aktif yang dapat merugikan.

2. Ketersediaan dan Redundansi

Fungsi selanjutnya, server cloud juga dapat menawarkan tingkat ketersediaan serta redundansi tinggi. Hal ini sangat mendukung jika sistem situs web atau aplikasi dihosting di dalam jaringan peladen yang terhubung.

Sebab jika salah satu servernya mengalami masalah, misalnya terjadi kegagalan perangkat keras, maka sumber daya akan dialihkan secara otomatis ke server lain dalam jaringan. Ini memastikan bahwa situs web atau aplikasi tetap bisa berjalan tanpa gangguan.

Selain itu dalam sistem ini, data juga sering disalin ke beberapa lokasi fisik secara otomatis. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kehilangan data dalam rangka memastikan keberlanjutan bisnis.

3. Manajemen Infrastruktur

Manajemen infrastruktur adalah salah satu fungsi utama dari server cloud dalam hosting yang melibatkan pengelolaan dan pemeliharaan seluruh infrastruktur teknologi yang dibutuhkan. Baik itu untuk menjalankan situs web, aplikasi, maupun jenis layanan online tertentu.

Fungsi ini memungkinkan pengguna agar lebih fokus pada pengembangan aplikasi serta konten. Sementara tugas-tugas teknis serta pengelolaan infrastruktur akan diambil alih oleh penyedia layanan cloud hostingnya.

Manajemen tersebut mencakup konfigurasi awal serta provisioning dari sumber daya yang dibutuhkan untuk operasional. Ini termasuk pengaturan server, jaringan, database, hingga kebutuhan lingkungan pengembangan.

Sehingga, pengguna dapat dengan mudah memilih serta mengatur sumber dayanya. Di antaranya seperti ruang penyimpanan, daya pemrosesan, hingga bandwidth secara lebih efisien dan mudah melalui antarmuka manajemen dari penyedia layanan server cloud.

4. Skalabilitas Biaya

Fungsi terakhir server cloud hosting adalah dari aspek skalabilitas biaya, sebab sistem ini bisa memberikan keuntungan finansial dan fleksibilitas dalam mengelola biaya operasional. Fungsi ini memungkinkan pengguna mengatur dan mengoptimalkan pengeluaran sesuai kebutuhan.

Sebab dalam sistem hosting tradisional, pengguna harus membeli dan memelihara peladen fisik sendiri, sehingga bisa menjadi investasi yang mahal. Adapun dalam server cloud, pengguna hanya perlu membayar untuk sumber daya hosting yang mereka gunakan saja.

Artinya, pengguna bisa menyesuaikan biaya dengan tingkat lalu lintas maupun beban kerja untuk menghindari pemborosan dan memastikan efisiensi pengeluaran. Model pembayaran berbasis penggunaan ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis kecil serta startup.

Penyedia Server Cloud Hosting Terkemuka

Cloud Server

Dalam industri cloud hosting, ada beberapa server cloud hosting providers terkemuka yang menawarkan layanan berkualitas dan infrastruktur handal. Berikut adalah beberapa rekomendasi penyedia terbaik:

  1. Amazon Web Services (AWS): AWS adalah penyedia cloud hosting terbesar di dunia. Mereka menyediakan berbagai layanan dengan skala global dan fitur lengkap. Mereka juga menawarkan fleksibilitas, skalabilitas, keamanan tingkat tinggi, serta dukungan layanan terbaik bagi para penggunanya.
  2. Google Cloud Platform (GCP): GCP adalah platform cloud yang dikelola oleh Google selaku Search Engine terbesar di dunia. Mereka menawarkan infrastruktur cloud yang kuat dan berbagai layanan terkait, seperti komputasi, penyimpanan data, hingga kecerdasan buatan, serta dikenal unggul dalam hal keamanan dan keandalan.
  3. Microsoft Azure: Azure adalah platform cloud komprehensif yang dikembangkan oleh Microsoft. Mereka menawarkan berbagai layanan, termasuk hosting aplikasi web, basis data, hingga komputasi awan, serta memiliki jangkauan global luas dengan integrasi bersama layanani Microsoft lainnya.

Untuk mendapatkan layanan server cloud khusus hosting, pilihlah penyedia atau provider terbaik sesuai kebutuhan bisnis Anda. Bisa menggunakan salah satu di antara 3 provider terkemuka di atas maupun jasa provider lainnya.

Kemudian, pilihlah paket layanan sesuai anggaran serta kebutuhan, misalnya kebutuhan ruang penyimpanan, daya pemrosesan, bandwith, atau fitur lainnya. Selain itu, sebaiknya pilihlah provider dengan antarmuka manajemen yang intuitif dengan alat bantu administrasi.

Agar lebih paham, pelajari juga tentang perusahaan penyedia cloud server pengalaman Jakarta. Klik disini untuk membaca artikel selengkapnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang server cloud. Kunjungi web https://www.ptbsb.id/ atau hubungi admin kami via Whatsapp.

No Comments

Post A Comment

Contact Us