Kenali Fitur Software CRM dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Software CRM

Kenali Fitur Software CRM dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Software CRM terkenal sebagai salah satu software yang memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Tidak heran jika banyak perusahaan memilih software satu ini untuk membantu memudahkan dalam proses bisnisnya.

Mungkin dari Anda belum mengetahui CRM software apa dan apa sebenarnya manfaatnya bagi sebuah perusahaan? Secara singkat CRM yang merupakan software Customer Relationship Management adalah sistem automasi bisnis.

Fungsi utamanya adalah merampingkan keseluruhan proses bisnis khususnya melacak serta mengelola hubungan dengan pelanggan. Dalam software ini akan tersimpan data-data keseluruhan pelanggan dalam satu platform. Selain itu bisa dimanfaatkan untuk pemasaran, penjualan bahkan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Dapat disimpulkan jika CRM ini dapat membantu memberikan sebuah peluang besar bagi perusahaan maupun bisnis. Sehingga terus bertumbuh dan berkembang dengan lebih efektif serta efisien.

Manfaat inilah yang membuat banyak perusahaan memilih menggunakan Software CRM untuk bisnisnya. Agar lebih jelas tentang manfaat software ini, silahkan simak apa saja fitur-fitur yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

Fitur–Fitur CRM yang Memiliki Banyak Manfaat bagi Perusahaan

Software CRM (Customer Relationship Management)

Jika Anda sedang mencari informasi tentang apa saja fitur-fitur yang disediakan CRM? Setidaknya ada 20 fitur dimana masing-masing memiliki manfaat menguntungkan untuk bisnis maupun perusahaan.

1. Fitur CRM Aplikasi Mobile

Meskipun merupakan sebuah software ternyata CRM juga tersedia dalam bentuk seluler atau aplikasi mobile. Mobile app memiliki peranan penting bagi perusahaan bahkan harus dimiliki oleh perusahaan untuk memberikan kemudahan akses.

Fitur dalam CRM seluler membantu dan memudahkan tim di lapangan untuk merampingkan tugasnya. Terutama tim sales akan lebih mudah, efektif dan efisien ketika menggunakan software ini untuk pekerjaan lapangan.

Selain itu membantu pengguna melihat data serta menerima notifikasi berharga hanya dari perangkat mereka. Penyampaian informasi penting dari perusahaan juga akan lebih cepat sehingga pemasaran bisa dimaksimalkan.

2. Fitur untuk Memanajemen Kontak

Salah satu fitur unggulan dari Software CRM adalah manajemen kontak yang mempermudah pengelompokkan kontak dalam grup. Tidak hanya dikelompokkan saja namun juga bisa diatur serta dilengkapi sesuai informasi yang diinginkan.

Informasi dalam pengelompokkan kontak tersebut lebih lengkap dan rapi dibandingkan dengan cara manual. Dengan begitu Anda akan lebih mudah ketika membutuhkan data pelanggan.

Apalagi data-data tersebut digunakan untuk mendukung strategi perusahaan dalam hal pemasaran. Anda akan lebih mudah menemukan kontak pelanggan ketika akan memperkenalkan produk baru karena sudah tersedia dalam database khusus.

3. Alur Kerja yang Tersistem Baik

Perusahaan membutuhkan Software CRM untuk membantu meningkatkan efisiensi terhadap alur kerja. Ketika alur kerja sudah tersistem dengan baik maka akan jauh lebih optimal dan tersedia laporan jika ada masalah pada alur kerja tersebut.

Fitur dari CRM satu ini memberikan fasilitas untuk memaksimalkan proses pengumpulan data, analisis, kampanye pemasaran serta tugas-tugas lainnya. Jika sebelumnya dilakukan secara manual, maka saat ini semua sudah tersistem dengan software.

4. Fitur Penyimpanan Data atau File

Penggunaan CRM tentu saja berkaitan dengan data-data penting perusahaan dari data pelanggan, karyawan, penjualan, laporan-laporan dan data penting lainnya.

Maka keunggulan fitur yang sangat dibutuhkan adalah metode penyimpanan data secara paten. Pengguna akan lebih mudah dalam menarik data serta memberikan jaminan keamanan untuk mencegah adanya pelanggaran keamanan data tersebut.

5. Fitur Manajemen Prospek

Bagi perusahaan menentukan prospek berkualitas yang memiliki potensi tinggi menjadi hal penting. Jika dilakukan dengan cara manual terkadang membutuhkan waktu dan tenaga kerja jauh lebih besar.

Dengan menggunakan Software CRM yang dilengkapi fitur manajemen prospek membuat semua lebih mudah. Anda bisa dengan mudah menentukan pelanggan terbaik sebagai prospek berkualitas dengan potensi tinggi.

Penentuan prospek tersebut bisa sangat cepat berdasarkan faktor psikologis serta demografis. Kecepatan proses ini tentu juga akan memberikan banyak manfaat menguntungkan bagi perusahaan.

6. Live GPS Sekaligus Laporan Kehadiran Karyawan

Apa keuntungan menggunakan software CRM untuk karyawan yang berada di lapangan? Tahukah Anda CRM juga menyediakan fitur live GPS yang memudahkan perusahaan melacak keberadaan tim penjualan secara real-time.

Live GPS dapat membantu meminimalkan kecurangan para karyawan ketika berada di lapangan. Sehingga bisa maksimal ketika bekerja dan tidak membuang waktu bekerja untuk hal-hal pribadi.

Selain itu memudahkan tim lapangan untuk membuat laporan kehadiran karena bisa check-in dan check-out darimana saja. Ketika mereka masih diluar tentu akan sangat merepotkan jika harus kembali ke kantor hanya untuk mengisi kehadiran.

7. Fitur untuk Mengotomatisasi Proses Penjualan

CRM juga menyediakan fitur khusus yang menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan. Fitur yang mampu mengotomatisasi keseluruhan dari proses penjualan yang sudah dilakukan oleh tim penjualan.

Dengan adanya kemampuan ini maka perusahaan tidak membutuhkan lagi tenaga kerja untuk memasukkan data penjualan secara manual. Sehingga lebih hemat waktu pengerjaan, hemat tenaga kerja serta menjadi lebih efektif.

8. Fitur Laporan

Ketika perusahaan menggunakan sebuah software tentu saja mengharapkan kemudahan dalam membuat sebuah laporan. Hal ini sangat wajar karena dari laporan tersebut digunakan untuk mengambil keputusan penting.

Begitupun dengan Software CRM yang menyediakan fitur laporan tersaji dalam bentuk statistik dan data. Laporan dalam bentuk statistik sangat menarik secara visual sehingga dapat melihat laporan secara berbeda.

Fitur ini juga menawarkan pembaruan data secara real-time sehingga memudahkan akses bagi perusahaan jika membutuhkan laporan periodik. Menariknya platform ini dapat diakses melalui berbagai portal sehingga jauh lebih fleksibel.

9. Fitur Otomatisasi Pemasaran

Perusahaan membutuhkan sebuah fitur yang membantu menargetkan audiens dengan ketertarikan dengan produknya. Dengan menggunakan CRM tersedia fitur otomatisasi pemasaran sehingga proses tersebut menjadi lebih efisien.

CRM memungkinkan perusahaan mengontrol berbagai ketentuan otomatisasi pemasaran menjadi lebih selektif. Jika menggunakan cara manual dibutuhkan waktu lama maka dengan cara ini semua bisa selesai dalam hitungan jam saja.

10. Fitur Manajemen Kinerja Perusahaan

Software CRM menawarkan sistem yang membantu dalam memanajemen kinerja perusahaan. Khususnya bagi tim penjualan seperti manajer akan lebih mudah melihat prospek dari tim penjualan.

Dari prospek tersebut dapat diketahui apakah tim penjualan sudah cukup bekerja dengan baik atau masih perlu ada perbaikan lagi.

Anda dapat mengelola kinerja dari tim penjualan untuk memastikan semua berjalan baik serta meminimalkan adalah masalah dimasing-masing bidang.

11. Fitur Call Center

Software CRM masih memiliki fitur-fitur lain seperti kemampuan mengendalikan call center dari sistem. CRM juga akan mengintegrasikan program pihak ketiga menjadi satu platform untuk kebutuhan layanan call center.

Jika semakin sedikit sistem yang dibuka maka kemungkinan kecil kehilangan informasi melalui transfer maupun terjemahan.

Untuk mendukung fitur-fitur yang tersedia di CRM, Anda bisa menunjang dengan menggunakan perangkat berkualitas. Lihat katalog jktgadget.com untuk melihat daftar PC dan laptop tersedia.

Dapatkan harga terbaik dengan menghubungi kami dan dijamin semua produk berkualitas serta bergaransi.

12. Fitur Obrolan

Memahami kebutuhan akan para pengguna modern dan milenial, CRM terus melakukan perkembangan fiturnya. Seperti adanya fitur obrolan yang diintegrasikan dengan program seperti WA.

Hal ini tentu saja memberikan kemudahan akses kepada seluruh karyawan, mitra serta pelanggan. Sehingga bisa saling mengirimkan pesan menggunakan platform obrolan tersebut.

13. Akses Keamanan dan Perizinan

Sebagai Software CRM yang mengutamakan keamanan maka sistem dibuat seaman mungkin. Pengguna dapat membatasi akses untuk karyawan yang disesuaikan dengan peran masing-masing dalam perusahaan.

Akses untuk CRM bisa disesuaikan dengan jobdes serta dapat mencegah kebocoran data serta pelanggaran terhadap keamanan. Dengan fitur ini memudahkan Anda dalam mengelola aktivitas karyawan sehingga terjamin keamanannya.

14. Fitur Data Produk

Software CRM juga menyediakan fitur dengan fungsi data inventori khusus untuk produk-produk Anda. Dengan adanya fitur data produk maka memudahkan dalam pelacakan semua proses dari produk yang dijual.

Anda juga akan lebih mudah mengetahui mana produk berkinerja baik serta tentang kegagalan dalam penjualan. Kemudahan mengakses informasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat desktop maupun seluler.

15. Fitur Pembuatan Dokumen Otomatis

Kualitas Software CRM memang tidak perlu diragukan lagi terutama dari fitur-fiturnya. Salah satu terbaik adalah fitur yang membantu Anda dalam proses pembuatan dokumen secara otomatis.

Pengguna dapat mengunggah template dokumen ke sistem, ketika dibutuhkan dokumen tersebut bisa langsung diunduh. Jika karyawan di bagian lain membutuhkan dokumen tersebut bisa langsung menuju ke fitur dokumen dan langsung diunduh.

16. Fitur Pilihan Kustomisasi

Sebagai salah satu fitur Software CRM paling dasar, kustomisasi membantu Anda dalam melakukan penyesuaian. CRM memang sangat fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Anda bisa menentukan sendiri, fitur-fitur apa yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan kemudian disesuaikan. Dengan begitu sistem yang dibuat jadi lebih efektif dan efisien karena sesuai kebutuhan perusahaan.

17. Fitur Terintegrasi dengan Pihak ke-3

Integrasi merupakan bagian penting dalam Software CRM untuk memudahkan tersambung dengan berbagai software. Anda tetap bisa menggunakan berbagai jenis software yang terhubung dengan CRM.

Hal ini memberikan kemungkinan fungsionalitas tambahan serta memudahkan dalam penyederhanaan alur kerja. Semakin sederhana alur kerja dalam sebuah perusahaan maka akan memaksimalkan kegiatan lainnya.

18. Fitur Integrasi Email

Email saat ini bisa digunakan sebagai media pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Software CRM memperhatikan hal tersebut sehingga menyediakan fitur untuk memudahkan integrasi dengan email.

Kemudahan akses email melalui satu software tentu memudahkan ketika melakukan interaksi dengan pelanggan via email. Lebih mudah juga dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan dengan pelayanan terbaik.

19. Sinkronisasi Data-Data Perusahaan

Aplikasi CRM ternyata juga bisa digunakan sebagai media atau platform untuk melakukan sinkronisasi data. Anda bisa melakukan sinkronisasi berbagai program seperti Google Drive, impor spreadsheet dan lainnya. Dengan adanya fitur sinkronisasi membantu pengguna melihat berbagai fitur-fitur hanya dalam satu platform saja.

20. KPI dan Pelacakan

Fitur unggulan terakhir dari CRM adalah mempermudah perusahaan ketika ingin membuat KPI. Bahkan KPI tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis sehingga lebih cocok untuk perusahaan.

Anda dapat memantau tim dengan menggunakan KPI tersebut jadi lebih memudahkan dan dapat disesuaikan. Jika perusahaan Anda membutuhkan CPM dan software sejenisnya untuk membantu mempermudah bisnis.

PT BSB memberikan penawaran terbaik sebagai perusahaan IT profesional dan berpengalaman yang membantu Anda memanajemen bisnis dengan menggunakan software terbaik sehingga bisnis lebih berkembang. Salah satunya Software CRM yang sudah banyak digunakan karena berbagai fitur unggulan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui website ptbsb.id atau no WA berikut.

Baca juga : 7 Fitur Software ERP yang Wajib digunakan oleh Perusahaan

No Comments

Post A Comment

Contact Us