Software Desain Grafis: Pilihan Terbaik untuk Kreativitas

Software Desain

Software Desain Grafis: Pilihan Terbaik untuk Kreativitas

Penggunaan software desain membantu para profesional kreatif dalam mewujudkan ide. Bahkan menciptakan karya visual menakjubkan karena mampu membantu pengenalan gambar lebih maksimal. Bahkan terlihat lebih keren dari segi visualnya.

Manfaat tidak terhitung bahkan terdapat dalam perangkat ini sehingga dipakai pada berbagai bidang. Inilah alasannya dianggap lentur dan punya skalabilitas yang baik. Terutama dalam menginduksi gambar bahkan tanpa harus memotretnya.

Selain itu mampu menghemat operasional biaya karena pemakaiannya gratis. Jika membandingkan potret secara nyata pasti terlihat jelas perbedaannya. Belum lagi lebih cepat serta dapat menggunakan berbagai efek yang klien inginkan.

Saat ini software desain telah banyak digunakan oleh perorangan, perusahaan maupun lembaga. Apalagi jika urusannya untuk membuat merek atau brand original. Nantinya dapat menjaga penempatannya tetap baik pada pasaran.

Hampir semua bisnis membutuhkan desainer grafis karena termasuk posisi penting dalam perusahaan. Baik startup, UMKM sampai perusahaan multinasional pasti ada. Terlebih berbagai aspek seperti konten, brosur dan sebagainya dibuat.

Pastinya pembuatan design yang rumit dan profesional tidak bisa dilakukan orang awam. Dibutuhkan tenaga profesional untuk membuatnya, begitu juga dengan software terbaik. Terdapat beberapa software untuk desain sebagai andalan.

Software Desain Grafis

Dalam pembuatan desain, pastinya tidak sembarangan menggunakan tools dan perangkat lunak. Melainkan dibutuhkan yang punya fungsi dan kualitas terbaik. Artinya tidak hanya populer melainkan tepat terutama untuk kreativitas.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop terbilang software desain grafis paling familiar bagi banyak orang. Bahkan jika tidak paham design, pasti pernah mendengarnya. Tidak lain karena sudah dipakai untuk seluruh dunia bahkan dipelajari profesional.

Jika melihat data kreatif profesional, ada 90% orang belajar Adobe Photoshop. Aplikasi ini berbasis bitmap sehingga bisa dipakai mengedit foto. Tapi bisa juga mengubah komposisi, ganti background dan kebutuhan lainnya.

Penggunaan software desain fleksibel karena bisa memperbaiki foto. Mulai dari menghapus objek, melakukan remix hingga memberikan suatu warna. Belum lagi Photoshop juga bisa dipakai oleh user Windows, Mac dan iPad.

Saat ini perkembangan telah semakin besar sehingga Adobe Photoshop versi android telah muncul. Namanya adalah Photoshop Express Photo Editor. Melakukan photo editing semakin sederhana dan cepat karena dilakukan pakai smartphone.

Sebagai software desain grafis terbaik, kelengkapannya memang semakin baik. Tapi sayangnya Adobe Photoshop termasuk berbayar dan menyediakan berbagai paket. Kalau ingin mencoba trial untuk belajar juga telah disediakan.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator atau Ai tidak kalah bagusnya sebagai aplikasi design grafis. Terlebih menjadi produk Adobe lainnya yang cukup dikenal. Fokus utama pada perangkat lunak satu ini adalah untuk desain vektor.

Saat ini banyak karya berkualitas sukses dibuat dengan software desain. Mulai dari logo, tipografi, poster, mockup layout, ilustrasi dan sebagainya. Karena punya basis vektor, artinya apabila diperbesar tidak mungkin pecah.

Bagi orang yang belajar atau pemula dalam bidang design, tidak perlu takut. Terutama karena pemakaian Adobe Illustrator terbilang sederhana. Belum lagi menyediakan template yang bisa langsung dipakai maupun Anda unduh.

Software desain ini dapat dimanfaatkan pada perangkat Windows, Mac atau iPad. Untuk pemakaiannya yakni berbayar atau tidak gratisan. Hal ini adalah pemakaian secara legal sehingga bisa mencoba berlangganan per bulan.

Pastinya Illustrator memiliki banyak fitur dan layout dapat dipelajari. Apabila ingin masuk dalam dunia profesional, akan menjadi bekal terbaik. Tentu karena banyak dicari oleh perusahaan karena dibutuhkan pada banyak bidang.

3. CorelDRAW

CorelDRAW

Jika membahas software desain paling populer, CorelDRAW menjadi golongan paling tepat. Terutama karena kebanyakan orang telah tahu aplikasi berbasis vektor tersebut. Anda dengan bebasnya membuat poster, logo sampai brosur.

Sebenarnya user bisa memakai CorelDRAW untuk membuat berbagai desain apapun. Bahkan apabila dilengkapi dengan efek dan tingkat kesulitan tinggi, bukan menjadi masalah. Hasilnya meyakinkan karena tidak pecah walaupun diperbesar.

Selain itu software desain bisa dipakai untuk export atau import beragam file. Tidak masalah apabila PSD, Ai, SVG, PNG, JPG dan lainnya. Anda bebas menggunakannya pada Windows, Mac maupun iPad.

Walaupun termasuk software yang banyak dipakai, sebenarnya berbayar. Meski begitu Anda bisa memanfaatkan free trial yang dipakai selama 15 hari. Pada masa tersebut bisa mencoba untuk meyakinkan apakah ingin berlanjut.

Jika memutuskan pemakaian berbayar, bisa memilih per tahun atau sekali beli. Saat ini CorelDRAW banyak dibutuhkan pada berbagai bidang sehingga menjadi keahlian penting. Semua graphic designer pasti telah menguasai CorelDRAW.

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign

Pemakaian software desain grafis berupa Adobe InDesign banyak ditemukan pada tata letak atau layout. Tidak heran apabila media cepat atau digital yang memakainya. Pekerja kreatif memakainya terutama pada industri publikasi.

Apabila memakai Adobe InDesign, pengaturan layout semakin sederhana. Misalnya ingin membuat majalah, buku, poster, PDF interaktif, eBook dan sebagainya. Hasilnya bahkan bisa Anda import pada berbagai format sehingga mudah dipakai.

Kelebihan InDesign sebagai software desain banyak diakui oleh designer. Penyebabnya karena baik user Windows maupun Mac bisa menggunakannya. Untuk Anda yang baru belajar, juga tersedia berbagai fitur yang mudah dipelajari.

Belum lagi InDesign menyediakan free trial yang bisa dipakai semua user Apabila selama menggunakannya cocok atau sesuai, artinya dapat meneruskan. Saat ini Adobe InDesign telah menetapkan biaya langganan Rp. 395.000/bulan.

Apakah Anda sudah menentukan software apa saja yang digunakan untuk desain grafis? Adobe InDesign dapat dijadikan sebagai salah satu andalan. Terutama setelah melihat bagaimana layout serta pemakaiannya dalam kehidupan nyata.

5. Canva

Canva

Canva terbilang sebagai software desain terpopuler dan banyak digunakan hingga sekarang. Apalagi berbagai kalangan telah membuktikan pemakaiannya mudah. Belum lagi disertai dengan penggunaan gratis sehingga disukai banyak orang.

Umumnya banyak orang memanfaatkan Canva dalam urusan membuat Curriculum Vitae (CV). Tapi sebenarnya masih banyak manfaat dalam berbagai keperluan. Mulai dari membuat konten media sosial, logo, banner, poster dan sebagainya.

Kualitasnya sebagai software desain tidak terbantahkan karena tidak rumit. Bahkan disebutkan sebagai platform sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu mampu membuat desain dari 0 maupun menggunakan suatu template.

Kelebihan lainnya Canva yakni bisa dipakai untuk smartphone maupun web. Artinya pengguna android maupun iOs bisa memanfaatkan secara gratis. Untuk menggunakan berbagai fitur paling lengkap, tersedia juga platform premium.

Saat ini software desain menawarkan berbagai macam paket sesuai kebutuhan. Selain itu dilengkapi paket pro untuk 30 hari gratis pemakaian. Tidak heran Canva dapat digunakan para pemula untuk belajar design.

Berkaitan dengan kebutuhan terhadap software desain grafis terbilang begitu tinggi. Inilah alasannya Anda juga dapat membuat perangkat lunak untuk desain sendiri. Pastinya dengan kualitas maupun fungsi sebanding sampai melebihinya.

Untuk membantu building software, ptbsb.id selalu siap membantu Anda. Hubungi saja kami via WA  untuk berkonsultasi lebih dalam. Dapatkan jasa pembuatan software terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB cek di https://www.ptbsb.id/.

Admin akan menjelaskan berbagai hal berkaitan dengan perangkat lunak yang ingin dibuat. Termasuk agar semakin optimal dan memiliki kinerja berkualitas. Hasil akhir software desain dijamin memuaskan dan tidak membuat kecewa.

Baca juga : 10 Rekomendasi Laptop Desain Grafis Buat Para Designer

No Comments

Post A Comment

Contact Us