Mengenal Teknologi Machine Learning dalam Lingkup Industri

tipe database mysql

Mengenal Teknologi Machine Learning dalam Lingkup Industri

Dalam era digital yang semakin maju, teknologi Machine Learning (ML) telah menjadi kekuatan yang mendorong transformasi di berbagai sektor industri. Dengan kemampuannya untuk menganalisis data dan menghasilkan pola serta prediksi yang akurat.

Teknologi Machine Learning telah membuka pintu bagi inovasi dan efisiensi yang baru dalam lingkup industri. Artikel ini akan menjelaskan beberapa contoh nyata penerapannya dalam berbagai sektor industri yang beragam.

Karena berbagai implementasi machine learning sekarang sudah dapat kita temui dalam berbagai sektor kehidupan. Tidak hanya di bidang IT saja namun juga medis, hiburan, sampai bisnis sudah menggunakan teknologi tersebut.

Adanya ML tentu mampu memberikan akselerasi lebih dalam pengembangan kecerdasan buatan. Sekarang memang kecerdasan buatan untuk membantu tugas manusia masih terbatas pada sektor tertentu.

Mari kita bedah bersama sehingga bisa tahu bagaimana pengaruh adanya pembelajaran mesin dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga sebagai brainware atau pengguna kita mampu memanfaatkannya secara lebih bijak.

Contoh Machine Learning Industri

speech recognition

Perkembangan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) telah menghadirkan inovasi besar dalam berbagai aspek kehidupan kita. Salah satu bidang yang menonjol adalah Machine Learning, yang merupakan cabang utama AI yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data dan meningkatkan kinerja mereka seiring waktu.

Namun sayangnya masih banyak orang awam kurang memahami apa saja contoh teknologi machine learning? Dalam kehidupan sehari-hari teknologi ini sudah dipakai untuk deteksi penipuan, mobil otonom, sampai rekomendasi produk.

Jadi berbagai sektor kehidupan sudah tertolong dengan adanya teknologi komputasi tersebut. Ada berbagai industri terkait yang mendapatkan manfaat dari adanya implementasi pembelajaran mesin.

Oleh sebab itu mari kita bedah contoh teknologi  machine learning industri yang erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa sektor industri yang memanfaatkan teknologi tersebut.

1. Machine Learning Kesehatan

Dalam bidang kesehatan ada beberapa hal yang dapat kita lakukan menggunakan bantuan pembelajaran mesin. Ada tiga hal krusial yang menjadi sebuah terobosan baru kecerdasan buatan seperti berikut.

  • Diagnosis medis dan prediksi penyakit

Ini merupakan salah satu hal paling mutakhir yang dapat kita peroleh dengan adanya kecerdasan buatan. Beberapa perangkat medis mutakhir mampu melakukan diagnosis maupun prediksi penyakit secara akurat.

Prinsip yang digunakan untuk mendapatkan hasil prediksi tersebut tentu saja adalah pembelajaran mesin berorientasi pada database. Jadi pihak medis sudah mempersiapkan database dalam jumlah besar sebagai fundamental informasi.

  • Pemantauan pasien

Ini mungkin menjadi salah satu alat paling umum kita temukan di berbagai rumah sakit dalam negeri. Beberapa peralatan deteksi sudah terpasang untuk pasien membutuhkan sehingga perkembangan kondisinya dapat dilakukan secara realtime.

  • Pengembangan obat

Tidak boleh lupa bahwa pengembangan obat modern sudah menggunakan teknologi seperti ini. Hasilnya berbagai pengembangan kandidat obat bisa berjalan jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan metode konvensional.

Otomatis kapabilitas manusia dalam mengatasi pandemi akan jauh lebih efektif lagi. Kita tidak perlu khawatir terhadap adanya pandemi berikutnya karena pengembangan obat-obatan sudah jauh lebih cepat.

2. Machine Learning Keuangan

Ada dua hal paling krusial mengenai implementasi machine learning pada sektor keuangan yaitu analisis risiko kredit dan deteksi penipuan. Berikut ini akan Kami jelaskan sehingga Anda lebih mengenal implementasi teknologinya.

  • Analisis risiko kredit

Demi menjaga stabilitas dan juga progres keuangan tentu saja analisis risiko kredit sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk melihat bagaimana risiko calon debitur namun juga bagaimana prospek properti di masa depan.

Ketika kita bisa mencocokkan input data debtor terhadap AI tentu mudah mengetahui bagaimana potensi mereka. Apakah kemungkinan besar terjadi gagal bayar atau mampu menjadi klien potensial.

  • Analisis penipuan

Salah satu implementasi krusial dalam sektor keuangan adalah melakukan analisis penipuan. Corporate fraud menjadi kasus yang sulit terpecahkan apabila hanya mengandalkan kepala manusia saja.

Kita membutuhkan sebuah mesin yang mampu mengolah bukti sekaligus histori keuangan untuk melihat apakah terjadi penipuan atau tidak. Di beberapa negara seperti Swiss teknologi ini sudah menjadi sebuah staple.

Bagi masyarakat biasa tentu saja perangkat tersebut akan berguna untuk melihat sebuah bentuk instrumen investasi baru. Apakah investasinya dapat dijadikan opsi utama atau dihindari karena itu merupakan penipuan.

3. Manufaktur

Dalam bidang manufakturing tentu saja mundane task akan diselesaikan secara mudah ketika kita menggunakan machine learning. Ada dua sektor primer yaitu quality control dan optimasi rantai pasokan, berikut detailnya.

  • Quality control

Quality control adalah salah satu tugas krusial namun mundane untuk dilakukan sendiri oleh manusia. Sehingga penggunaan perangkat tertentu untuk menilai bagaimana kualitas produk jelas sangat membantu.

Bahkan kecepatan asesmen dari produk akan menjadi jauh lebih optimal dibandingkan menggunakan manusia biasa. Ini jelas akan mengoptimalkan kecepatan produksi sehingga barang dapat segera dipasarkan.

  • Optimasi rantai pasokan

Pemodelan menggunakan pembelajaran mesin mampu memberikan kita insight bagaimana seharusnya produk dipasok. Mesin mampu menganalisis bagaimana demand dari setiap produk dan mengatur pola keluaran dibutuhkan.

Sehingga perusahaan mampu mendistribusikan produk dengan volume tepat sesuai permintaan pasar. Ini juga akan terbantu dengan adanya kemampuan analisis pasar dari kecerdasan buatan.

Apabila korporasi mampu mengetahui secara akurat bagaimana demand pasar otomatis rantai pasokannya akan terjaga optimal. Ini akan menghindari warehouse bottleneck yang sering terjadi karena kesalahan manajemen sektor produksi.

4. Transportasi

Dalam sektor transportasi machine learning paling mencolok tentu saja kendaraan otonom, namun jauh sebelum itu sebenarnya sudah dipakai untuk pemeliharaan kendaraan. Seperti apa sebenarnya garis besar penerapannya, cek ulasan berikut.

  • Kendaraan otonom

Sekarang kita sudah bisa berkendara tanpa harus mengendarai secara manual sebuah kendaraan. Adanya teknologi kecerdasan buatan mampu membuat kendaraan mengidentifikasi traffic secara otomatis tanpa bantuan manusia.

  • Pemeliharaan kendaraan

Jauh sebelum kendaraan otonom, sebenarnya metode maintenance dalam bidang mesin sudah menggunakan pembelajaran mesin. Mekanik dapat mengetahui dimana letak kerusakan hanya dengan menggunakan sebuah alat.

5. Energi

Untuk industri energi machine learning ternyata juga cukup sering digunakan dalam melakukan optimasi. Mulai dari prediksi kebutuhan tenaga sampai optimasi jaringan kelistrikan sebuah daerah, berikut detailnya.

  • Prediksi kebutuhan tenaga

Dalam melayani kebutuhan konsumen, perusahaan listrik tentu harus mampu menyelaraskan antara pasokan dan demand. Ini jelas butuh prediksi kebutuhan tenaga secara akurat agar produksinya nanti tidak berlebih.

Karena produksi berlebih tentu saja akan terbuang sia-sia dan berpotensi merugikan korporasi. Oleh sebab itu sekarang sudah banyak perusahaan listrik menggunakan AI untuk mengkalkulasi berapa besar kebutuhan listrik para konsumen.

  • Optimasi jaringan kelistrikan

Tidak kalah penting optimasi jaringan kelistrikan juga akan berjalan secara optimal menggunakan simulasi komputasi. Untuk mempercepat dan mempermudah prosesnya digunakan AI guna mensimulasikannya.

Dengan mengetahui implementasi pada pembelajaran mesin tentu saja Anda tertarik untuk menerapkannya pada industri. Tentu Anda perlu mencari partner tepat agar mampu memberikan hasil optimal.

Salah satu perusahaan IT solution yang dapat Anda jadikan sebagai opsi terbaik adalah PT. BSB. Kami merupakan perusahaan IT solution yang sudah lama berdiri dan memiliki kredibilitas teruji.

Berbagai layanan mampu diberikan untuk para klien sehingga mampu mengoptimalkan kebutuhan mereka. Dapatkan solusi IT terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB. Tidak perlu ragu untuk menghubungi langsung PT. BSB di no WA dibawah ini.

Ulasan singkat tadi tentu saja dapat Anda jadikan sebagai insight mengenai perkembangan kecerdasan buatan. Di era modern seperti sekarang siapa saja perlu beradaptasi menggunakan machine learning agar produktivitas lebih optimal.

Baca juga : Perkembangan Teknologi AI: Machine Learning dan Aplikasinya

No Comments

Post A Comment

Contact Us