Aplikasi Keuangan Keluarga Terbaik untuk Pengaturan Keuangan

Aplikasi Keuangan

Aplikasi Keuangan Keluarga Terbaik untuk Pengaturan Keuangan

Aplikasi keuangan dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam pengaturan finansial pribadi maupun keluarga. Dengan berbagai fiturnya, aplikasi tersebut mampu membantu memantau pengeluaran, membuat anggaran, hingga mengatur tabungan.

Sehingga, Anda bisa memperoleh visibilitas yang lebih baik terhadap keuangan keluarga, terutama dalam jangka panjang. Pasalnya, pengaturan finansial secara efektif merupakan hal penting.

Jika mampu mengelola keuangan dengan baik, maka Anda akan dapat mencapai kestabilan finansial, mengurangi stres keuangan, serta mencapai tujuan keuangan jangka panjang.  Karena itu, pastikan untuk menggunakan aplikasi keuangan keluarga terbaik sebagai solusi.

Sebab, mengatur finansial sendiri dapat menjadi tugas rumit serta membutuhkan waktu. Maupun tenaga Di sinilah peran aplikasi atau program khusus sebagai alat yang praktis dan efisien dalam mengelola finansial pribadi maupun bersama.

Mint

Mint

Kemudian, apa saja aplikasi tentang keuangan? Salah satu rekomendasinya adalah Mint yang memungkinkan Anda melacak dan mengelola pengeluaran. Selain itu, terdapat pula fitur khusus membuat anggaran, serta memantau tabungan dan investasi.

Mint juga dapat memberikan rekomendasi pengeluaran yang lebih cerdas berdasarkan kebiasaan belanja Anda. Mint sendiri sudah diluncurkan pada tahun 2006 dari developer bernama Intuit, serta telah berkembang menjadi salah satu budgeting app terpopuler.

Fiturnya juga sangat lengkap dengan antar muka penggunaan intuitif, serta kemampuan untuk menetapkan tujuan finansial penggunanya. Adapun rincian fitur dan keunggulan Mint sebagai software keuangan khusus pribadi maupun keluarga adalah sebagai berikut:

1. Pengaturan Keuangan Terpusat dalam Satu Tempat

Dengan menggabungkan semua akun finansial dalam satu tempat, Mint memberikan pengaturan keuangan secara terpusat. Pengguna dapat dengan mudah melihat dan memantau semua aspek termasuk pengeluaran, tabungan, dan investasi.

2. Akses Skor Kredit Gratis

Salah satu keuntungan menggunakan mint sebagai software keuangan adalah akses gratis ke skor kredit pengguna. Hal ini karena Mint sudah bekerja sama bersama TransUnion untuk memberikan akses ke VantageScore TransUnion.

Sehingga, pengguna dapat melihat skor kreditnya kapanpun diinginkan tanpa mempengaruhi skor kredit tersebut secara negatif. Selain itu, Mint juga memberikan gambaran tentang laporan kredit pengguna, serta tips dan cara meningkatkan skornya.

3. Pengingat Tagihan dan Batas Anggaran

Software keuangan Mint juga menyediakan pemberitahuan dan peringatan yang dapat dipersonalisasi. Sehingga pengguna dapat menerima pemberitahuan tentang tagihan tertentu, batas anggaran, atau notifikasi transaksi mencurigakan.

4. Bisa Digunakan Secara Gratis

Salah satu keuntungan utama Mint yaitu pengguna dapat mengunduh dan menggunakan Mint tanpa biaya tambahan. Jika ingin mengakses fitur tambahan, maka cukup berlangganan dalam versi premium secara berbayar.

YNAB (You Need A Budget)

YNAB

Rekomendasi software keuangan keluarga selanjutnya yaitu YNAB. YNAB lebih berfokus pada pembuatan anggaran terperinci, pengelolaan keuangan secara disiplin, dan membantu Anda mengatur alokasi dana serta mengurangi hutang untuk mencapai tujuan finansial.

App ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 dengan prinsip pendekatan proaktif agar penggunanya bisa terlibat aktif dalam mempersonalisasi budget atau anggarannya. Adapun berbagai fitur serta keunggulan dari YNAB adalah sebagai berikut:

1. Tersedia di Berbagai Platform

Selain versi Desktop, software keuangan ini dapat diakses melalui berbagai platform, termasuk iPhone, iPad, Apple Watch, Android, hingga Alexa. Hal ini memudahkan pengguna mengakses serta mengelola anggarannya di perangkat apapun secara fleksibel.

2. Koneksi Akun Bank

YNAB memberikan opsi penyambungan akun bank secara manual maupun otomatis untuk mengimpor transaksi. Hal ini tentu semakin memudahkan pengontrolan budget serta pemantauan transaksi.

3. Tersedia Free Trial 34 Hari

Meskipun YNAB adalah software keuangan berbayar, tetapi mereka juga menyediakan masa percobaan gratis selama 34 hari. Sehingga Anda dapat mencoba aplikasi ini tanpa biaya selama masa trial untuk menentukan apakah sesuai kebutuhan atau tidak.

PocketGuard

PocketGuard

Pilihan berikutnya yaitu PocketGuard, dimana aplikasi ini memberikan gambaran real-time tentang keuangan Anda. PocketGuard juga membantu memantau pengeluaran sekaligus mengingatkan jika pengguna sudah mendekati atau melewati batas anggaran.

Selain itu, app ini memungkinkan pengguna melacak tagihan, mengelola tabungan, serta memperoleh saran keuangan pribadi. Sebagai software keuangan keluarga, PocketGuard memiliki antarmuka sederhana dengan fitur serta keunggulan sebagai berikut.

1. Pelacakan Pengeluaran Otomatis

PocketGuard secara otomatis bisa mengimpor dan mengkategorikan transaksi dari rekening bank pengguna. Hal ini akan memudahkan untuk melihat dan memantau pengeluaran real-time Anda tanpa perlu memasukkan data secara manual.

2. Anggaran otomatis

Selanjutnya, software keuangan ini juga bisa secara cerdas menganalisis pola pengeluaran pengguna untuk menghasilkan rencana anggaran yang dipersonalisasi. Sehingga Anda bisa menetapkan batasan pengeluaran secara lebih realistis.

3. Pengeluaran Harian

Berikutnya, PocketGuard dapat memberikan ringkasan pengeluaran harian. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat seberapa banyak dana telah dihabiskan dalam sehari agar tetap terkendali.

4. Monitoring Tagihan dan Langganan

Terakhir, software keuangan PocketGuard dapat membantu memantau tagihan bulanan maupun subscription (langganan). Sehingga masa jatuh tempo pembayaran bisa dikelola secara lebih efisien.

Goodbudget

Goodbudget

Aplikasi ini menggunakan metode anggaran berdasarkan amplop virtual untuk mengatur pengeluaran dan tabungan. Goodbudget memungkinkan pengguna membagi dana ke dalam kategori, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat dan mengendalikan pengeluaran.

Hal ini karena Goodbudget didasarkan pada penggunaan sistem amplop, yang dalam bahasa Jepang dikenal sebagai Kakeibo (buku akun rumah tangga). Berikut adalah berbagai fitur unggulan serta kelebihan dari software keuangan keluarga ini:

1. Sistem Amplop Digital

Sistem digital envelope ini dibuat dengan konsep meniru amplop fisik yang diisi dengan uang. Sehingga penggunanya bisa mengalokasikan uang ke amplop digital berbeda sesuai kategori pengeluaran mereka.

2. Pelaporans serta Analisis

Software keuangan Goodbudget juga telah menyediakan alat pelaporan yang sangat baik untuk menunjukkan pendapatan dan tren pengeluaran. Salah satunya yaitu dalam bentuk grafik yang mudah dibaca untuk membantu pengguna memahami kebiasaan bertransaksi.

3. Tersedia Versi Gratis

Goodbudget menawarkan dua opsi berbeda, yaitu versi gratis dan langganan berbayar (Goodbudget Plus). Tidak perlu khawatir, sebab versi gratisnya sudah memiliki sebagian besar fungsi dari versi berbayar, sehingga worth it untuk digunakan.

Wally

Wally

Terakhir, Wally adalah aplikasi keuangan yang menyediakan fitur pemantauan pengeluaran, pembuatan anggaran, hingga pelaporan keuangan. Wally juga memiliki fitur pemindaian tanda terima untuk memudahkan pencatatan transaksi.

Dari segi tampilan juga sederhana namun powerful, sehingga efektif untuk digunakan. App ini menawarkan sejumlah fitur khusus serta keunggulan yang tidak kalah baik dibanding aplikasi lain, berikut beberapa di antaranya:

1. Ringkasan Harian-Mingguan

Pada halaman app Wally terdapat tab ringkasan sebagai menu untuk memantau pengeluaran harian hingga mungguan. Anda bisa memilih hari serta mengisi kategori, penerima pembayaran, jumlah, hingga informasi penting lainnya.

2. Akun Bank Global

Wally juga merupakan software keuangan yang sudah mendukung akun bank global dari berbagai negara. Jenis akun atau rekeningnya pun bervariasi, mulai dari akun kredit hingga pinjaman.

3. Fitur Grup

Salah satu hal yang membuat Wally sangat cocok dijadikan sebagai app keuangan keluarga adalah karena adanya fitur grup. Melalui fitur ini, Anda bisa terhubung bersama keluarga maupun teman lalu saling berbagi info pengeluaran seperti liburan, biaya, dan lainnya.

Apapun pilihan Anda, pastikan app budgeting tersebut sudah memiliki berbagai fitur finansial yang dibutuhkan. Agar lebih sesuai, Anda juga bisa membuat software atau program aplikasi sendiri secara custom.

Sebagai solusi, dapatkan jasa pembuatan software terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB. Caranya mudah, cukup kunjungi website resmi kami di https://www.ptbsb.id/ atau hubungi admin via WA untuk membuat software keuangan sendiri.

Baca juga : ERP Software: Pengertian, Contoh, dan Jenisnya

No Comments

Post A Comment

Contact Us