Berikut Aplikasi Mail Server Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

Asus Motherboard

Berikut Aplikasi Mail Server Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

Anda perlu mempunyai aplikasi mail server khusus untuk digunakan dalam mengelola email yang masuk dan keluar. Misalnya saja mengatur protokol yang dioperasikan secara otomatis, sehingga bisa mengatur pesan untuk dikirim.

Apabila hanya menggunakan email untuk komunikasi pribadi, mungkin cukup untuk mengakses platform web. Akan tetapi, apabila organisasi atau perusahaan dengan lalu lintas email padat, tentu perlu aplikasi khusus.

Mail server adalah salah satu aplikasi server penting yang digunakan untuk mengelola email. Artikel ini akan membahas beberapa aplikasi mail server terbaik yang wajib kamu ketahui.

Aplikasi Mail Server Terbaik

Mail server dapat diandalkan untuk mengirim maupun menerima email dengan lebih efektif dalam organisasi atau bisnis. Berikut ini beberapa aplikasi server terbaik yang kami sarankan untuk Anda.

1. Exim

EXIM

Rekomendasi pertama ialah Exim yang merupakan agen transfer surat atau Mail Transfer Agent (MTA). Exim umumnya digunakan di sistem operasi berbasis sistem Unix.

Exim ialah perangkat lunak open source yang didistribusikan melalui persyaratan Lisensi Publik Umum (General Publik License). Fungsinya ialah untuk mengecek email masuk di server atau domain.

Aplikasi server ini sudah diposting ke sejumlah sistem mirip Unix dan Microsoft Windows dengan mengandalkan lapisan emulasi Cygwin. Sudah banyak pihak yang menggunakan instalasi Exim.

Exim juga banyak diandalkan dalam pengelola milis GNU Mailman dan cPanel. Bahkan, berdasarkan studi yang dijalankan oleh E-Soft, Inc ketika maret 2023, membuktikan bahwa 59% dari server surat jangkauan publik di internet mengandalkan Exim.

Versi awal dari Exim diciptakan oleh Philip Hazel ketika tahun 1995. Pada mulanya, Exim digunakan untuk sistem email University of Cambridge Computing Service.

Ada salah satu control panel yang mengandalkan aplikasi server Exim sebagai MTA, yakni cPanel. Bukan hanya cPanel, Exim juga diandalkan dalam beragam control panel, misalnya saja Hestia control panel dan VestaCP.

Exim ini membutuhkan command (perintah) dalam penggunaannya. Jadi, Anda perlu tahu apa saja perintah yang tersedia dalam Exim. Setelah mengetahui berbagai perintahnya maka bisa mengelola email sendiri pada servernya.

Lantas, apa keunggulan dari aplikasi server Exim? Keunggulannya ialah memiliki kompabilitas sendmail, komunitas pendukung cukup besar, skalabilitas dan dukungan cPanel. cPanel merupakan salah satu panel kontrol paling umum untuk pemilik domain.

Keunggulan yang mungkin sangat menarik ialah fleksibel dalam konfigurasi. Bukan hanya mendeklarasikan variabel, Exim mempunyai sesuatu mirip bahasa skrip. Jadi, Anda bisa menulis skrip untuk memproses email.

2. Postfix

Postfix

Postfix ialah aplikasi server yang dirancang berdasarkan hasil pengembangan dari Sendmail. Perbedaannya ialah Postfix bisa dijalankan di sistem operasi Linux/Unix dan Mac OS X.

Harapannya, Postfix yang pada mulanya dikembangkan oleh IBM ini mampu menggantikan Sendmail. Melihat dari segi keamanan saja, Postfix sudah lebih baik daripada Sendmail.

Mengapa aplikasi server ini bisa aman? Sebab, pembuatnya ialah Wietse Zweitze Venema, seorang spesialis keamanan freeware yang produktif. Bukan hanya itu, Postfix juga mulanya dibuat untuk mengurangi kerentanan yang berhubungan dengan Sendmail.

Konfigurasi secara tepat dari Postfix akan menghadirkan pertahanan yang lebih baik terkait spam, penyalahgunaan dan kebocoran data. Jadi, akan jauh lebih kecil kemungkinan disusupi pelanggaran data ketika menggunakannya.

Postfix juga tergolong salah satu MTA yang mudah diatur dan aksesnya tidak lambat. Aplikasi server ini bukan langsung terhubung dengan end user, tetapi hanya menjadi perantara.

Postfix adalah server yang juga mampu mengelola antrean pusat dan menangani antrean dengan lebih baik serta lebih cepat. Jadi, jauh lebih efisien meskipun bebannya sangat tinggi.

Keunggulan lainnya dari aplikasi mail server adalah menghadirkan tingkat fleksibilitas dan kemudahan administrasi cukup tinggi. Bagi admin pemula, Postfix akan cocok karena lebih mudah diatur daripada MTA lainnya.

Kesimpulan dari keunggulan Postfix ialah dokumentasi baik, kecepatan operasi antrian tinggi, kompatibilitas sendmail, pengembangan aktif dan mudah konfigurasi. Konfigurasinya disesuaikan dengan parameter yang ditetapkan di file konfigurasi.

3. Microsoft Exchange Server

Microsoft Exchange Server

Microsoft Exchange Server sebagai aplikasi server adalah software untuk mengatur pesan (messasing) yang pengembangnya ialah Microsoft Corporation. Mungkin Anda sendiri sudah akrab dengan berbagai produk dari Microsoft Corporation.

Microsoft Exchange Server tergolong platform berbayar yang melayani surat elektronik, kalender, kontak hingga task. Karena adanya fitur Exchange ActiveSync, Anda bisa menghubungkan perangkat dengan kalender, kotak masuk hingga item lainnya.

Biasanya Microsoft Exchange Server digunakan pada sistem operasi Windows Server untuk keperluan bisnis. Jadi, tidak heran lagi apabila aplikasi server adalah salah satu kebutuhan penting untuk bisnis di masa sekarang.

Sejarah Microsoft Exchange Server bermula di tahun 1993. Pada saat itu, Miscrosoft berpindah dari sistem pengatur pesan berbasis XENIX menuju ke lingkungan Exchange.

Sampai pada tahun 1995, sudah banyak pengguna Microsoft yang menggunakan Microsoft Exchange Server. Tentu saja sampai sekarang juga sudah banyak perusahaan di dunia yang menggunakannya. Di Indonesia sendiri juga banyak sekali pihak yang menggunakannya.

Lantas, apa saja keuntungan jika menggunakan aplikasi server tersebut? Salah satu keunggulannya ialah fleksibel dan handal. Microsoft Exchange Server menawarkan layanan terbaik untuk server avaibility melalui harga rendah dan tingkat kompleksitas rendah.

Sehingga bisa memelihara uptime, memudahkan dalam pengaturan bagi para admin hingga nilai investasi dan biaya operasional rendah. Keunggulan lainnya ialah database level failover.

Microsoft Exchange Server mampu menghadirkan failover secara otomatis di level database. Akan tetapi bisa menghindari kompleksitas dari clustering standart. Kerusakan database yang umumnya diakibatkan oleh kerusakan disk tidak akan mempengaruhi user.

Anda juga bisa memindahkan mailbox dalam keadaan online. Tidak perlu menjadikan user offline ketika ingin memindahkan mailbox menuju database. User tetap dapat menjalankan koneksi ke mailbox, mengirim maupun menerima email tatkala pemindahan.

4. Zimbra Collaboration Server

Zimbra

Rekomendasi terakhir terkait aplikasi server adalah Zimbra. Zimbra ialah aplikasi dari Windows yang sifatnya open source atau gratis. Anda bisa mencobanya untuk mendukung protokol email, misalnya saja POP3, IMAP hingga SMTP.

Keuntungan penggunaan Zimbra ialah keamanan menggunakan enkripsi SSL dan sistem anti-spam SPF. Selain bisa sinkron email, Zimbra turut mengintegrasikan kalender hingga kontak. Bahkan, bisa berpindah dari perangkat lunak server email lainnya menuju Zimbra.

Zimbra cukup populer di tanah air. Selain gratis, Zimbra juga memiliki beragam feature favorit yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Bahkan, Zimbra juga mampu menawarkan mail platform webmail client.

Apabila melihat dari segi keamanannya, aplikasi server ini menyediakan antivirus. Sehingga mampu melindungi e-mail dari serangan maupun gangguan virus yang mungkin menghilangkan data.

Kesimpulan

Mail server merupakan aplikasi server penting yang digunakan untuk mengelola email. Ada beberapa aplikasi mail server terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Seperti Exim, Postfix, Microsoft Exchange Server, dan Zimbra Collaboration Server. Memilih aplikasi mail server yang tepat dapat membantu kamu memaksimalkan efisiensi dan keamanan email di organisasi kamu.

Teknologi yang semakin berkembang membuat beragam pekerjaan manusia bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Salah satunya ialah berkaitan dengan komunikasi e-mail yang bisa mengandalkan aplikasi server.

Jangan merasa cukup dengan mempelajari rekomendasi aplikasi terbaik di atas. Pelajari apa itu server: pengertian, jenis, dan cara kerjanya melalui artikel ini :

PT BSB: APA ITU SERVER? PENGERTIAN, JENIS, DAN CARA KERJANYA.

Anda juga bisa menghubungi kami melalui website ptbsb.id atau no WA dibawah ini. untuk menemukan produk pilihan atau berkonsultasi.

No Comments

Post A Comment

Contact Us