PT BSB: Apa itu Server? Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

server dan Komputer Klien

PT BSB: Apa itu Server? Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Sudahkah Anda tahu apa itu server? Kebanyakan pengguna komputer hanya tahu laptop, ponsel, tablet, dan jenis gawai lainnya. Namun, mengenai server atau peladen belum banyak diketahui, sebab memang hanya digunakan sebagai penyokong.

Meskipun bekerja di balik layar dan menjadi penyokong peladen ini perannya sangat penting. Tanpanya Anda tidak akan bisa menggunakan akses internet, membuka website, atau mempergunakan aplikasi.

Karena peladen fungsi utamanya adalah menyediakan akses cepat dalam mengirim maupun menerima data atau informasi. Agar tahu lebih jelas mengenai peladen, mari simak paparan berikut ini.

 

Apa itu Server pada Sistem Digital?

Cara kerja server

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah server atau bahkan menggunakannya sesekali. Namun, apakah sudah tahu apa arti dari kata yang dalam bahasa Indonesia disebut peladen tersebut?

Peladen merupakan sistem komputer yang menjadi tempat penyimpanan atau sumber daya menyimpan data. Kebanyakan digunakan untuk menyimpan data dokumen maupun informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai layanan.

Sebagai contoh menampilkan website, mengirim email, menyimpan data nasabah atau konsumen, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, keberadaan peladen sangat dibutuhkan oleh perusahaan, organisasi, maupun instansi pemerintah.

Jadi, secara sederhana apa yang dimaksud dengan server? Tempat penyimpanan dari semua data hasil inputan yang dapat diakses kapan saja. Namun, pengaksesnya dapat dibatasi atau tidak tergantung pengaturan servernya.

Dalam penggunaannya di berbagai bidang, peladen tidak hanya terdiri atas satu jenis saja, tapi bisa berbagai macam jenis tergantung dari kebutuhan klien. Jadi, penyedia jasa menyediakan layanan sesuai dengan permintaan kliennya.

Peladen bisa dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel, bahkan sekarang sudah ada yang didukung oleh penyimpanan awan (ruang di internet). Pembuatan sistem peladen ini akan terdiri atas server dan client.

Apa itu server client? Yaitu komputer yang menjadi klien dari komputer server. Jadi, satu komputer peladen bisa dihubungkan dengan beberapa komputer klien yang dapat digunakan mengakses data dari peladen.

Komputer peladen juga bisa dihubungkan dengan komputer peladen lain untuk berbagi data atau dijadikan sebagai wadah backup data. Untuk saat ini, bentuk peladen sudah ada bermacam-macam, yaitu berupa perangkat keras (hardware), software, maupun virtual machine.

 

5 Fungsi Server yang Wajib Diketahui

dedicated server

Apa fungsi dari server? Dari penjelasan di atas mungkin bisa ditangkap sedikit mengenai apa fungsi dari peladen. Namun, untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat beberapa fungsi penggunaan sistem komputer tersebut dengan lebih rinci:

1. Melayani Permintaan Komputer Klien

Fungsi utama dari peladen adalah memberikan pelayanan kepada komputer klien dengan menjalankan semua permintaan dari klien. Setiap klien memberikan perintah atau permintaan, maka peladen akan melaksanakannya.

Permintaan bisa dalam bentuk permintaan data atau informasi maupun meminta untuk menjalankan aplikasi. Jadi, apa itu server dan fungsi utamanya adalah melayani, melakukan perintah, dan memberikan permintaan klien.

Dalam peladen akan ada cache yang merupakan teknologi untuk mengerjakan permintaan berulang dari klien. Dengan adanya cache, maka akses klien ke layanan akan menjadi lebih cepat.

Untuk bisa menghasilkan kinerja efektif dan aman, maka dibutuhkan sistem operasi yang dapat bekerja dengan cepat juga aman. Selain itu, dukungan perangkat keras bermemori besar juga diperlukan. Anda bisa memilih produk laptop atau PC yang tersedia di jktgadget.com untuk kinerja lebih cepat.

2. Menyimpan Data Maupun Informasi

Apa itu server dan fungsinya adalah melakukan penyimpanan data dari klien. Data bisa disimpan dalam bentuk dokumen maupun informasi yang kompleks. Data disimpan dalam perangkat berkapasitas besar dengan teknologi CDN.

Teknologi CDN ini memungkinkan klien mengakses data lebih cepat. Sebab teknologi ini fokus mengarahkan klien ke peladen terdekat dari lokasi permintaan. Selain memberikan akses cepat teknologi CDN juga memberikan berbagai layanan lainnya.

3. Menjadi Penyedia Basis Data

Melihat pengertian apa itu server dapat dilihat fungsi lainnya yaitu penyimpanan dan pengolahan data. Oleh sebab itu, banyak perusahaan besar memanfaatkannya untuk menerapkan sistem big data.

Dengan sistem ini nantinya informasi akan tersimpan secara padu dalam satu tempat sehingga dapat diambil, diolah, dan diakses oleh pengguna. Layanan ini akan membantu perusahaan mengembangkan produk bisnis dengan lebih baik.

4. Menjadi Pengatur Lalu Lintas Pengiriman File/Data

Fungsi selanjutnya adalah mengatur lalu lintas transfer file dari peladen ke klien. Jadi, di sini hanya ada dua jalur transfer dari server ke klien, kemudian klien ke server.

Adanya pengatur lalu lintas transfer data ini sangat penting, terutama saat ada banyak klien mengajukan permintaan di waktu yang sama. Agar dapat bekerja dengan baik, peladen harus dibekali hardisk dan RAM dengan kapasitas besar.

5. Melindungi Data dari Kejahatan Siber

Apa itu server dan fungsinya yang terakhir adalah menjadi pelindung komputer maupun website dari serangan kejahatan siber. Adanya peladen akan menjadi filter saat ada klien yang meminta akses, apabila IP tidak dikenal, maka tidak diberi akses.

Berbagai ancaman dari klien mencurigakan, seperti malware atau spyware dapat dicegah sehingga data tetap aman dan tidka bisa diakses oleh orang yang tidak berkepentingan.

Baca juga : Berikut Pengertian dan Fungsi dari Proxy Server

Cara Kerja Server yang Perlu Diketahui

Setelah tahu pengertian dan fungsinya, lanjut dengan pertanyaan bagaimana cara kerja server? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami akan memberikan ilustrasinya:

Komputer klien akan mengirimkan permintaan data atau layanan pada peladen. Kemudian setelah diterima, peladen akan memprosesnya dan mengirimkan hasilnya ke komputer klien.

Sebagai contoh Anda menggunakan komputer untuk meminta data konsumen selama periode Januari 2023. Lalu komputer server akan memproses permintaan, kemudian memperlihatkan di layar informasi yang Anda minta.

Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan perintah berikutnya seperti pencetakan atau pengunduhan file dibutuhkan. Ini merupakan contoh server berbentuk perangkat keras yang menghubungkan perangkat ke perangkat.

Jadi, ada peladen berbentuk perangkat keras, perangkat lunak, dan jenis lainya. Apa itu server berdasarkan jenisnya? Anda bisa lihat pembahasannya pada poin berikutnya.

 

Jenis-jenis Server yang Ada

Jenis Server

Dilihat dari fungsi dan tujuan penggunaannya, ada beberapa jenis peladen yang digunakan saat ini, yaitu server:

  1. Web, yaitu jaringan peladen komputer yang hanya memberikan layanan terhadap permintaan HTTP dan HTTPS saja atau hanya digunakan pada layanan digital.
  2. Mail, yaitu jaringan komputer yang melayani pengguna sehingga dapat bertukar pesan dengan sesama pengguna secara elektronik.
  3. Database, yaitu jaringan komputer dengan layanan pengelolaan basis data.
  4. Apa itu server file, yaitu sistem yang memberikan akses berupa lokasi disk dengan nisi file misalnya gambar, video, musik, database, dokumen, dan lain sebagainya.
  5. DHCP yakni Dinamic Host Configuration Protocol, yaitu jaringan yang menjalankan layanan penyewaan IP Address dan informasi TCP/IP.
  6. Proxy, yaitu layanan perantara antara pengguna dengan web server.
  7. Apa itu server FTP yakni file transfer protocol, yaitu protocol internet untuk menyediakan akses data server satu jaringan.
  8. Game, yaitu layanan khusus yang digunakan untuk para gamer agar bisa memberikan pengalaman bermain lebih baik bagi penggunanya.

Server atau peladen merupakan sistem komputer khusus untuk menyimpan data, berupa informasi dan beragam jenis dokumen yang kompleks. Biasanya dibutuhkan oleh perusahaan maupun organisasi, juga pemerintahan.

Karena pentingnya layanan dari peladen, maka dari itu perusahaan maupun organisasi membutuhkan layanan terpercaya. Selain memberikan layanan penyedia sistem peladen dan perawatannya, juga terdapat beragam layanan lain untuk Anda. Misalnya, bantuan memahami apa itu server, pemeliharaan sistem, juga penyediaan perangkat keras maupun lunak komputer.

Jika sedang mencari layanan penyedia server komputer terbaik, kunjungi website ptbsb.id atau no WA.

 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Server SSH dan Cara Menggunakannya

No Comments

Post A Comment

Contact Us