Apa Itu Aplikasi Software Akuntansi dan Cara Memilihnya

aplikasi software akuntansi

Apa Itu Aplikasi Software Akuntansi dan Cara Memilihnya

Seiring berkembangnya teknologi di dunia, hampir seluruh pekerjaan dapat dijalankan dengan bantuan aplikasi software. Salah satunya ialah pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi atau accounting maka perlu aplikasi software akuntansi.

Melalui software tersebut, pekerjaan para akuntan menjadi terbantu dan hasilnya juga lebih maksimal. Bahkan, sudah banyak perusahaan yang menganggap aplikasinya sebagai kebutuhan vital dalam bisnis.

Lantas, apa yang dimaksud dengan software akuntansi? Mari simak saja pengertian hingga cara memilihnya dalam artikel ini. Jadi, Anda bisa mengotomatiskan operasi keuangan dalam bisnis.

Apa Itu Aplikasi Software Akuntansi?

Software Akuntansi

Aplikasi akuntansi tergolong perangkat lunak yang telah akrab dalam aktivitas bisnis di beragam perusahaan baik itu skalanya menengah maupun besar. Penggunaannya begitu memudahkan beragam aspek terkait perhitungan dan pembukuan secara cepat dan akurat.

Pengertian aplikasi software akuntansi sendiri ialah program aplikasi yang secara khusus dirancang guna mengelola pencatatan transaksi usaha. Biasanya dijalankan oleh para akuntan perusahaan sehingga memudahkan dalam pengelolaan data terkait transaksi.

Terdapat sejumlah data yang bisa direkam oleh program tersebut. Diantaranya ialah data pembelian, penjualan, pembayaran gaji, laporan dan data lainnya terkait dengan pelaporan keuangan perusahaan.

Tujuan dari penggunaan aplikasinya ialah untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan. Yakni berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow dan laporan akhir.

Aplikasi software ini mampu bekerja secara real-time dari beragam divisi yang telah dihubungkan. Jadi, tidak perlu menunggu waktu lama untuk memperoleh laporan.

Beragam transaksi yang berjalan akan secara otomatis tercantum di jurnal dan senantiasa diperbarui sepanjang waktu. Jadi, tidak heran apabila proses pembukuan dan perhitungan akuntansi mampu berjalan lebih mudah.

Kemudian, aplikasi software juga mempunyai beragam fitur yang dapat dipilih berdasarkan keperluan. Sebab, aplikasinya berbayar sehingga tingkatan harganya disesuaikan dengan pilihan fiturnya.

Tentu saja ketika fungsi dan fiturnya banyak, maka harganya juga mahal. Oleh sebab itu, setiap perusahaan perlu mempertimbangkan dengan bijak terkait pemilihan program software akuntansi.

Umumnya aplikasi software bisa dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Di sisi lain, bisa juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang menyediakan layanannya. Namun, tentu saja lebih baik jika mengandalkan pihak profesional.

Sebelum adanya aplikasi akuntansi ini, aktivitas keuangan perlu dikerjakan secara manual mengandalkan jurnal transaksi besar. Setelah adanya software, tugas menjadi otomatis sehingga pengambilan keputusan juga bisa dilakukan dengan lebih baik.

Cara Memilih Software Akuntansi

Software Akuntansi

Melalui software untuk akuntansi, Anda bisa menghemat waktu ketika merancang laporan keuangan dengan tingkat keakuratan tinggi. Ketika menggunakannya, Anda bisa memasukkan data, menyusun hingga mencetaknya kapan saja ketika diperlukan.

Sekarang ini ada banyak sekali jenis aplikasinya yang beredar di pasaran. Tentu Anda perlu memperhatikan pemilihannya supaya aktivitas pembukuan di perusahaan berjalan dengan baik. Berikut ini cara memilih software akuntansi terbaik dan akurat untuk bisnis.

1. Kebutuhan Bisnis

Tips pertama yang wajib diterapkan ialah menyesuaikan aplikasinya dengan jenis bisnis Anda sendiri. Anda harus mengenali apa yang diperlukan oleh bisnis. Sebab tidak semua jenis software mendukung pengelolaan keuangan di beragam bagian bisnis.

Setiap fokus aktivitas bisnis pasti memerlukan aplikasi software yang sesuai agar mampu berjalan dengan baik. Misalnya saja memerlukan modul khusus atau paket tambahan sebab adanya kebutuhan penyimpanan data khusus.

Fitur-fitur yang diperlukan sudah tentu berbeda untuk setiap perusahaan. Baik itu berupa perusahaan perdagangan, manufaktur, jasa, pendidikan maupun yang lainnya.

2. Integrasi

Tips berikutnya ketika memilih aplikasi software akuntansi ialah mempertimbangkan integrasi sistem lainnya. Integrasi akan membantu dalam menghubungkan dengan aplikasi lainnya yang masih berhubungan.

Sebuah perusahaan sudah tentu mempunyai beragam aplikasi untuk memudahkan beragam aktivitas. Sebut saja software pembukuan, stok gudang, HRIS, payroll, perpajakan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, aplikasi software untuk akuntansi perlu mempunyai integrasi dengan aplikasi lainnya. Umumnya, integrasi diwujudkan dalam bentuk spreadsheet yang menjadi tempat untuk menuangkan laporan keuangan.

Jadi, Anda bisa memilih software akuntansi yang menyediakan fitur back up data ke spreadsheet. Spreadsheet akan mampu dibuka di beragam software sehingga lebih mudah digunakan maupun dibaca.

Integrasi aplikasi software ini juga dapat diwujudkan dalam back up data. Adanya integrasi dengan aplikasi lainnya akan sangat membantu tatkala terjadi masalah berupa bug.

Jadi, tatkala software akuntansi mampu diintegrasikan dengan software lainnya, akuntan akan semakin dimudahkan dalam pengelolaan keuangan. Perusahaan juga akan memperoleh manfaat besar dari hal tersebut.

3. Keamanan

Ketika memilih aplikasi software akuntansi, Anda wajib memperhatikan keamanan datanya. Jadi, bukan hanya fokus menghasilkan informasi akurat, namun juga wajib aman.

Semua data terkait perusahaan, mulai dari data karyawan, keuangan, penjualan hingga riwayat transaksi tentu perlu dijaga kerahasiaannya. Tidak boleh sampai tersebar ke publik atau pihak lainnya.

Karena masalah keamanan tersebut, sebenarnya masih banyak pebisnis yang meragukan aplikasi akuntansi online sehingga lebih memilih versi offline. Sebab, keamanannya bergantung pada komputer yang digunakan oleh perusahaan.

Padahal, sebenarnya aplikasi software online mampu menjadi solusi untuk kenyamanan dalam mengakses seluruh data di mana saja dan kapan saja. Lantas, bagaimana pilihan tepat untuk keamanan data?

Ketika berkaitan dengan versi online, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Sebab, umumnya vendor sudah mempunyai tim ahli dan teknologi paling baru untuk menyimpan, melindungi serta menjaga keamanan data.

Umumnya data akan tersimpan di dalam file server. Lantas, apabila ingin mengaksesnya diperlukan kode tersendiri. Jadi, pihak asing yang tidak mengetahui kodenya tentu tidak bisa mengakses datanya.

4. Kemudahan Penggunaan

Setiap vendor penyedia aplikasi software pasti menawarkan sistem pengoperasian dan tampilan antarmuka tersendiri. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih aplikasi akuntansi yang menawarkan kemudahan akses.

Supaya akuntan bisa memahami dan menggunakannya dengan mudah dan lancar. Jangan sampai aplikasinya sulit untuk digunakan sehingga justru menyulitkan pekerjaan akuntan di perusahaan.

5. Harga

Sebenarnya sekarang ini sudah banyak vendor yang menyediakan aplikasi software dengan harga terjangkau. Akan tetapi, pastikan untuk menanyakan detail harganya apakah sudah mencangkup semua fitur yang diperlukan.

Umumnya vendor membebankan biaya tambahan untuk fitur tertentu. Misalnya saja biaya untuk update software atau biaya perawatan aplikasinya. Jadi, silahkan sesuaikan keperluan bisnis dengan harga dan anggaran dana.

Biasanya vendor menyediakan aplikasi software dalam bentuk paket dan harga bervariasi. Jadi, pastikan fitur yang tersedia dalam paketnya sesuai dengan keperluan Anda. Pertimbangkan juga apakah anggaran dana cukup untuk membelinya.

Mengelola keuangan secara manual di masa sekarang tidak membantu bisnis untuk meraih hasil terbaik bahkan menyebabkan kerugian finansial. Solusinya ialah menggunakan aplikasi software khusus akuntansi yang membuat pekerjaan jadi mudah dengan hasil akurat.

Tentu jangan sampai sudah membeli aplikasinya dengan harga mahal namun ternyata banyak fitur yang tidak terpakai. Tentu hanya akan membuang uang yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis lainnya.

Lantas, bagaimana supaya bisa memperoleh software akuntansi terbaik? Serahkan saja urusan software ke pada ahlinya yakni PT BSB. Hubungi kami melalui website ptbsb.id atau no WA dibawah ini.

Pelajari lebih lengkap tentang Aplikasi Software Akuntansi melalui artikel ini : 7 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Bagi Perusahaan

No Comments

Post A Comment

Contact Us