7 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Bagi Perusahaan

software akuntansi

7 Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Bagi Perusahaan

Setelah teknologi banyak dikenal oleh masyarakat, kini sudah mulai muncul software akuntansi yang bisa memudahkan dalam pengelolaan keuangan. Banyak perusahaan yang sudah memakainya untuk berbagai kemudahan tersebut dengan memanfaatkan perangkat komputer.

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki pengeluaran dan pemasukan. Semua kegiatan yang bersangkutan dengan uang harus ada laporannya. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan menghindari kerugian, karena semua transaksi akan dicatat sehingga Anda tahu jejaknya.

Catatan tentang pengeluaran dan pemasukan biasanya dilakukan secara manual. Namun kesalahan dalam pencatatan manual masih sangat besar kemungkinannya untuk terjadi. Itu sebabnya kebanyakan perusahaan lebih memilih memakai software akuntansi.

Jika Anda juga memiliki sebuah perusahaan, jangan sampai tidak mencatat semua transaksi keuangan yang dilakukan. Jika tidak ingin menggunakan pencatatan manual, pastikan memanfaatkan perangkat lunak akuntansi dengan memahami beberapa fiturnya berikut ini.

5 Fitur Menarik Software Akuntansi

Software Akuntansi

Banyak orang bertanya apa itu perangkat lunak akuntansi? Jadi perangkat lunak atau software ini merupakan sebuah program yang bisa digunakan dalam kegiatan akuntansi. Dalam setiap perusahaan, perangkat lunak seperti ini memang penting dimiliki karena beberapa fitur berikut.

1. Laporan Keuangan

Fitur pertama yang sangat berguna untuk kegiatan akuntansi di perusahaan adalah laporan keuangan. Semua perusahaan sudah pasti memiliki laporan keuangan untuk periode bulanan dan tahunan. Semua laporan keuangan ini biasanya dibuat secara manual oleh para pegawai.

Namun dengan memakai software akuntansi, Anda bisa membuat laporan keuangan secara otomatis. Asalkan sudah memasukkan data pengeluaran dan pemasukan setiap kali ada transaksi keuangan. Laporan keuangan ini juga akan tersimpan sesuai periode yang diinginkan.

Laporan keuangan pada software ini juga memiliki tampilan selayaknya laporan keuangan manual. Jadi semua orang yang memahami akuntansi sudah pasti bisa membacanya. Kemudian bisa juga dipakai sebagai bahan untuk rapat masalah keuangan di dalam perusahaan.

2. Kontrol Keuangan

Tidak hanya membuat laporan keuangan, software akuntansi juga memiliki fitur berupa kontrol keuangan. Baik untuk perusahaan besar atau kecil, fitur berupa kontrol keuangan ini akan sangat membantu dalam kegiatan keuangan, karena Anda bisa jadi lebih hemat dengan fitur ini.

Kontrol keuangan dalam perangkat lunak ini berupa bantuan untuk mempertimbangkan apakah jumlah pengeluaran lebih sedikit dari pemasukan. Kemudian apakah seharusnya mengeluarkan uang untuk kebutuhan perusahaan atau sebaiknya membayar hutang dari pemasukannya.

Kontrol keuangan ini juga memungkinkan Anda memahami mana saja pengeluaran yang penting dan tidak. Sehingga nantinya Anda bisa berpikir dua kali saat ingin mengeluarkan uang. Fitur ini sangat cocok untuk perusahaan yang baru saja berdiri atau baru saja dirintis.

3. Manajemen Hutang dan Piutang

Fitur lainnya dari software akuntansi adalah manajemen hutang dan piutang. Ketika Anda mendirikan sebuah perusahaan, pasti besar kemungkinannya hutang ke pihak lain untuk pendirian perusahaannya. Sehingga tidak sedikit perusahaan yang memiliki banyak hutang.

Memang terkadang membayar hutang saat perusahaan sudah sukses masih terasa sulit, karena jumlah pengeluarannya masih banyak. Namun dengan bantuan perangkat lunak seperti ini, Anda bisa memanajemen hutang dan piutang tersebut, sehingga hutang pasti bisa dilunasi.

Fitur ini juga membantu Anda lebih cepat bebas dari hutang untuk pendirian perusahaan atau keperluan lainnya. Sehingga bisa lebih tenang saat menjalankan usaha atau bisnis.

4. Pengeluaran dan Pemasukan

Tentu saja juga ada catatan pengeluaran dan pemasukan yang termasuk dalam fitur software akuntansi. Fitur ini berbeda dengan laporan keuangan, karena laporan keuangan menyajikan data pengeluaran, pemasukan, hutang, pajak dan lain sebagainya yang berkaitan dengan uang.

Sedangkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan adalah catatan setiap transaksi uang masuk dan keluar. Manfaat dari fitur ini adalah membantu Anda memahami riwayat pengeluaran dan pemasukan yang bisa diakses dalam waktu dekat saat dibutuhkan.

Catatan pengeluaran dan pemasukan biasanya juga tidak dikemas per periode, itu sebabnya fitur ini bisa dikatakan berbeda dengan laporan keuangan namun cukup penting dalam kegiatan akuntansi di perusahaan.

5. Perencanaan Biaya

Anda juga bisa menggunakan fitur perencanaan biaya dalam software akuntansi. Perencanaan biaya ini sangat penting agar Anda memiliki Batasan dalam pengeluaran sesuai kebutuhan saja. Perencanaan biaya disebut juga dengan budgeting karena membantu mempersiapkan budget.

Tidak semua perangkat lunak akuntansi memiliki fitur perencanaan biaya. Namun jika Anda menemukan perangkat lunak yang tepat untuk bidang keuangan ini, tentu saja bisa mendapat fitur perencanaan biaya yang sangat memudahkan untuk mengendalikan pengeluaran.

Semua fitur pada perangkat lunak akuntansi pasti akan sangat berguna untuk semua perusahaan. Anda bisa membeli PC atau komputer dari jktgadget.com, agar bisa memakai perangkat lunak akuntansi ini dengan mudah.

7 Manfaat Software untuk Akuntansi

Software Akuntansi

Mungkin Anda bertanya – tanya apa manfaat software keuangan untuk perusahaan? Perangkat lunak ada untuk memudahkan banyak kegiatan manusia yang biasanya dilakukan secara manual. Jadi manfaat utama software ini adalah untuk memudahkan kegiatan akuntansi.

Agar Anda semakin tertarik untuk memakainya, coba pahami beberapa manfaatnya berikut ini agar Anda semakin tahu mengapa software akuntansi penting dalam dunia bisnis.

1. Kemudahan Mengakses Laporan Keuangan

Manfaat utama dari software akuntansi adalah kemudahan untuk mengakses laporan keuangan. Sebelum ada perangkat lunak yang bisa memudahkan, Anda harus mencari buku laporan keuangan di lemari. Kegiatan ini membutuhkan waktu terutama jika periodenya lama.

Sedangkan jika memakai perangkat lunak untuk akuntansi, Anda bisa langsung menemukan laporan keuangannya hanya dengan memasukkan periodenya saja. Kemudian aksesnya bisa lebih mudah melalui komputer, tidak perlu membuka kembali ruang penyimpanan lama.

Manfaat ini juga sangat membantu jika Anda sedang terburu – buru ingin mengikuti rapat keuangan. Saat mengadakan rapat untuk membahas keuangan, Anda harus membawa laporan keuangan sebagai dasar pembahasan yang bisa diakses dengan cepat dan mudah di komputer.

2. Menghemat Waktu, Tenaga dan Biaya

Kemudian manfaat lainnya dari software akuntansi adalah lebih hemat waktu, tenaga dan biaya. Lebih hemat waktu karena aksesnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sedangkan lebih hemat tenaga karena tidak perlu usaha besar untuk membuat laporan keuangannya.

Lalu, Anda juga bisa lebih menghemat biaya karena pekerjaan seorang akuntan menjadi lebih mudah dengan hadirnya perangkat lunak ini. Dengan 1 kali pembelian dan pemasangan software, Anda bisa langsung memanfaatkannya untuk mendapat banyak kemudahan.

3. Kemudahan Memantau Keuangan

Software akuntansi juga memberi manfaat berupa kemudahan dalam memantau keuangan. Semua jenis perusahaan pasti akan berusaha mengeluarkan uang hanya untuk hal – hal penting saja, misalnya untuk kebutuhan pemasaran, bahan baku dan lain sebagainya.

Namun tidak jarang juga ada pengeluaran yang tidak sengaja dilakukan untuk hal – hal tidak penting. Pengeluaran seperti ini seharusnya bisa dihindari jika Anda bisa memantau jalannya pengeluaran dan pemasukan. Tetapi pasti sulit melakukan pemantauan secara manual.

Sehingga sebaiknya gunakan saja perangkat lunak seperti ini untuk kemudahan dalam memantau keuangan. Apalagi semua jenis transaksi sudah dikelompokkan sesuai dengan jenisnya. Oleh karena itu pasti pengeluaran tidak penting akan sangat mudah dideteksi.

4. Sebagai Pengingat Hutang

Manfaat lainnya dari software akuntansi adalah sebagai pengingat hutang. Banyak sekali perusahaan yang memiliki hutang untuk melancarkan bisnisnya. Namun biasanya pembayaran hutang ini cukup sering dilupakan, misalnya karena tidak ada pengingat secara otomatis.

Namun dengan perangkat lunak ini, Anda tidak akan pernah lupa membayar hutang, karena catatan tentang hutang dan kapan pembayarannya harus dilakukan sudah tercatat dalam aplikasinya. Sehingga ketika sudah mendekati jatuh tempo sudah pasti akan diingatkan.

Anda juga bisa langsung mendapat catatan apakah hutang bisa dibayar sesuai dengan pemasukan yang didapat. Biasanya perhitungan sisa saldo setelah pembayaran hutan dilakukan akan langsung ditampilkan. Jadi Anda langsung tahu berapa uang yang sedang dimiliki saat ini.

5. Memudahkan Pengguna untuk Mematuhi Pajak

Selain menjadi pengingat untuk pembayaran hutang, software akuntansi juga menjadi pengingat pembayaran pajak. Jika sudah memiliki perusahaan dengan skala besar, tentu juga ada pajak yang harus dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tetapi tidak semua perusahaan mudah ingat dengan kewajiban bayar pajak, sama halnya dengan kebiasaan perusahaan lupa dalam membayar hutang. Hal ini terjadi karena mayoritas perusahaan lebih fokus hanya pada pengeluaran dan pemasukan saja dalam proses bisnisnya.

Tidak hanya memudahkan semua kegiatan yang berhubungan dengan akuntansi, tanpa disadari perangkat lunak ini akan sangat membantu semua penggunanya menjadi orang yang taat pada hukum. Sehingga semua perusahaan bisa lebih tenang dalam menjalankan usahanya.

6. Data Keuangan Menjadi Lebih Aman

Pencatatan keuangan sebelum ada software akuntansi pasti dilakukan secara manual. Kemudian biasanya disimpan di lemari khusus atau tempat lainnya. Namun hal ini membuat semua data keuangan tersebut kurang aman, karena bisa saja terjadi bencana alam.

Misalnya terjadi kebakaran atau gempa bumi, pasti data keuangan tersebut bisa menjadi rusak dan tidak bisa diakses lagi. Selain itu, pihak lain bisa membuka data keuangan dengan lebih mudah jika hanya disimpan di lemari, kemudian disalahgunakan untuk hal – hal buruk.

Namun dengan memakai perangkat lunak ini, Anda bisa menyimpan datanya agar lebih aman. Tidak hanya dari bencana alam, namun juga dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini karena semua perangkat lunak akuntansi hanya bisa diakses oleh orang – orang tertentu saja.

7. Meminimalisir Kesalahan Dalam Membuat Laporan Keuangan

Manfaat terakhir yang sangat memudahkan dalam kegiatan keuangan adalah bisa meminimalisir kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan. Jika laporannya ditulis secara manual, maka pasti ada kemungkinan salah tulis karena kelalaian pegawainya.

Sedangkan melalui software akuntansi, Anda bisa langsung menginput data keuangannya saja. Kemudian software akan membuat laporan keuangan secara otomatis berdasarkan data yang dimasukkan. Jadi kecil sekali kemungkinan salahnya, kecuali ada kesalahan dalam input data.

Manfaat ini juga sangat membantu mengurangi kemungkinan revisi dalam laporan keuangan, sehingga Anda tidak perlu kelelahan karena hal itu. Mengingat masalah uang dalam perusahaan sangat penting dan sensitif, maka revisi seharusnya dihindari sebisa mungkin.

Berdasarkan beberapa manfaat tersebut, tidak heran jika banyak perusahaan yang memakainya. Jika Anda ingin memakai dan memasang software akuntansi pada perangkat keras, kunjungi PTBSB.id atau hubungi via WA.

Baca juga : Berikut Macam-Macam Software Komputer yang Wajib Kamu Tahu

No Comments

Post A Comment

Contact Us