Aplikasi Software Komputer untuk Mempermudah Pekerjaanmu

pengembangan perangkat lunak

Aplikasi Software Komputer untuk Mempermudah Pekerjaanmu

Dalam era digital, aplikasi software komputer telah menjadi alat yang sangat penting dalam mempermudah pekerjaan sehari-hari. Aplikasi software komputer sangat bermanfaat untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi dalam melakukan berbagai tugas.

Seiring perkembangan zaman, penerapan teknologi harus seimbang dengan kemampuan SDM yang semakin berkembang. Teknologi mendukung operasional menjadi lebih efisien dan kemampuan pekerja memaksimalkan penerapan teknologi tersebut.

Aplikasi Software untuk Mempermudah Pekerjaan

Untuk mempermudah pekerjaan, terdapat beberapa aplikasi software yang digunakan oleh perusahaan. Di bawah ini merupakan beberapa contoh yang sekaligus akan kami berikan penjelasan secara detail agar Anda lebih mudah memahaminya.

1. Word Processor

Microsoft Word

Word processor adalah app yang digunakan untuk berkirim surat dan berbagai kebutuhan administrasi lainnya. Sebelum memanfaatkan app Word Processor, dulu ada teknologi mesin tik yang menjadi bentuk peralihan dari surat cetak ke surat digital.

Menggunakan aplikasi software komputer Word Processor membuat sistem penulisan menjadi lebih rapi dan terkesan lebih menarik. Selain dimanfaatkan sebagai sarana surat-menyurat, Word Processor juga berperan dalam penulisan naskah dan dokumen.

Dalam berbagai aspek kehidupan, app ini banyak dimanfaatkan di sektor pemerintahan, pendidikan, perkantoran, kesehatan, sosial ekonomi, juga keuangan. Segala bentuk prosedur yang berhubungan dengan dokumentasi atau arsip bisa memanfaatkan app ini.

Word Processor termasuk jenis aplikasi software komputer yang mudah dioperasikan dan tingkat kebutuhannya termasuk tinggi. Karena hampir semua sektor melalui proses administrasi, dimana kebutuhan surat-menyuratnya cukup sering dilakukan.

Dunia penyuntingan atau editing juga termasuk salah satu bidang yang membutuhkan Word Processor sebagai pendukungnya. Pemeriksaan ejaan, tata bahasa, penerapan gambar, objek, dan sebagainya bisa memanfaatkan Word Processor.

Selain itu, aplikasi software ini juga bisa digunakan dalam bidang Matematika atau sesuatu yang berhubungan dengan hitungan. Beberapa simbol matematika dapat diterapkan sehingga memudahkan pendidik dalam membuat latihan soal berbentuk digital.

2. Aplikasi Spreadsheet

Spreadsheet

Spreadsheet mirip dengan Microsoft Excel versi online dan memiliki kelebihan bisa diakses siapa saja selama diberikan izin. Di sini, Anda bisa mengisikan data berupa teks maupun angka dan bisa memilih akses orang lain hanya melihat atau juga bisa mengedit.

Seperti halnya Microsoft Excel, aplikasi software Spreadsheet juga terdiri atas baris dan kolom dan bisa dibuat menjadi beberapa sheet. Bedanya, Microsoft Excel cukup diakses secara offline, sementara Spreadsheet dianjurkan diakses secara online.

Misal Anda kehilangan koneksi internet, editing tetap berjalan, akan tetapi tidak bisa tersimpan di server. Anda hanya bisa menyimpan hasil editing itu pada perangkat dan akan tersimpan pada server ketika koneksi internet sudah stabil kembali.

Melalui aplikasi software komputer Spreadsheet, Anda bisa menginput beberapa data, seperti grafik, tabel, diagram, dan nilai statistik data. Biasanya orang juga menggunakan Spreadsheet sebagai media briefing karena tampilannya lebih mudah terbaca.

Beberapa contoh Spreadsheet adalah Microsoft Excel, Lotus 123, Abacus, Open Office Calc, dan sejenisnya. Karena mendukung penulisan matematis maka Anda bisa menambahkan berbagai simbol dan menerapkan rumus untuk mendapatkan perhitungan tepat.

Bagian administrasi keuangan di perkantoran sepertinya sudah familiar dengan aplikasi software Spreadsheet ini. Internet sudah memberikan banyak panduan dalam menggunakan app satu ini, Anda bisa melihatnya sebagai petunjuk penggunaan yang akurat.

3. Aplikasi Pengolah Proyek

Trello

Berikutnya ada app pengolah proyek yang memaksimalkan kerja pribadi dan juga kerja tim. Adanya app ini memudahkan komunikasi serta kerja sama tim dalam menghasilkan sebuah proyek dan menciptakan efisiensi penggunaan waktu dengan baik.

Seiring berkembangnya zaman, sekarang banyak pekerjaan bisa dilakukan cukup dari jarak jauh. Salah satu pendukungnya mesti ada aplikasi software pengolah proyek yang tepat, seperti Trello dengan fitur task bar atau papan boardnya.

Nanti di sana Anda bisa mengatur beberapa hal, seperti apa yang harus dikerjakan, proyek apa yang sedang berlangsung, dan proyek apa yang sudah selesai. Karena bisa diakses lebih dari satu orang maka setiap orang bisa mengetahui update terkini setiap proyek.

Trello sendiri sebagai aplikasi software memberikan beberapa jenis akses, seperti private, team, organization, dan terakhir akses publik. Anda dapat menentukan salah satunya sesuai kebutuhan dan tujuan dibentuknya proyek untuk apa.

Selain Trello, ada juga beberapa app pilihan lainnya, seperti Tomps.id, Fieldwire, OrangeScrum, Milanote, Freedcamp, dan lainnya. Lebih detail terkait pemilihan app bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan proyeknya.

4. Aplikasi Pengelola Keuangan

Money Manager

App pengelola keuangan membantu bagian Keuangan dalam perusahaan untuk mendokumentasikan pengeluaran dan pemasukan secara tepat. Untuk urusan pribadi, seperti dalam rumah tangga, bisa menggunakan app ini juga.

Karena permasalahan selisih rumah tangga tentu tidak akan sekrusial selisih di perusahaan. Akan tetapi, demi menjaga kepercayaan satu sama lain, aplikasi software komputer pengelola keuangan bisa menjadi solusi bagi ibu rumah tangga melaporkan keuangan.

Beberapa contoh app keuangan ada Money Manager, Spendee, Finansialku, Buku Warung, Money Lover, Monefy, dan banyak lagi. Semuanya menyediakan ragam fitur dengan kategori pemasukan dan pengeluaran secara detail.

Anda tinggal input nominal jenis pengeluaran serta pemasukan pada kolom-kolom dalam aplikasi software pengelola keuangan. Pastikan tidak ada transaksi yang belum terinput untuk menghindari selisih saldo uang dengan saldo laporan.

Terpenting dalam pemanfaatan app keuangan adalah pengelolanya mampu mengoperasikan dengan benar. Terlebih untuk kepentingan perusahaan, dua hal yang harus menjadi kemampuan Finance, yakni skill keuangan dan skill komputasi.

5. Aplikasi Desain Grafis

Adobe ilustrator

Terakhir, yang dibutuhkan oleh para desainer grafis adalah berbagai app, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Inkscape, dan sebagainya. Dalam percetakan familiar penggunaan Adobe InDesign untuk bisa diakses juga oleh pihak pracetak.

Biasanya desainer secara teknis akan melakukan desain pada aplikasi software Adobe InDesign dan memberikannya kepada pracetak. Tugas pracetak mentransfer file desain dari desainer agar bisa diprint dengan presisi yang tepat dan enak dibaca.

Karena desain yang dilakukan secara digital tidak akan langsung bagus ketika dicetak jika tanpa pengaturan pracetak. Demi tidak menghilangkan kerja keras desainer, maka pracetak menjaga hal tersebut supaya hasilnya tetap maksimal dan bernilai seni tinggi.

Affinity Designer menambah daftar berikutnya yang mendukung pekerjaan desainer menjadi lebih mudah. Dengan app ini, Anda bisa beralih dari bitmap ke vektor dengan waktu kerja lebih praktis dan efisien dibandingkan menggunakan AI dan Photoshop dari Adobe.

Berdasarkan beberapa app yang kami sebutkan di atas, Anda bisa berkonsultasi dengan kami untuk menentukan software paling tepat. Meskipun sudah diberikan bocoran, terkadang konsultasi pribadi itu akan lebih membantu. Serahkan urusan softwaremu ke pada ahlinya PT BSB.

Link di atas bisa menjadi referensi untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan terpercaya. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi kami melalui ptbsb.id atau no WA dibawah ini untuk informasi lebih detail terkait aplikasi software terbaik.

Pelajari lebih lengkap tentang Aplikasi Software Komputer melalui artikel ini : Berikut Macam-Macam Software Komputer yang Wajib Kamu Tahu

No Comments

Post A Comment

Contact Us