Selami Seputar Cloud Backup Software Windows 10

Cloud Backup

Selami Seputar Cloud Backup Software Windows 10

Cloud backup saat ini tengah ramai diperbincangkan sebagai solusi meningkatkan keamanan data pribadi maupun untuk bisnis. Mungkin Anda memiliki pikiran kalau suatu hari nanti akan mengalami resiko peretasan maupun kerusakan data oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Kehilangan data tentu akan memberikan pengaruh besar bahkan kerugian dalam bentuk materi terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Apalagi demi mendapatkan keuntungan banyak orang rela melakukan apa saja termasuk menjadi hacker.

Maka dari itu memanfaatkan cloud menjadi penawaran menarik untuk dipertimbangkan. Bukan sekedar menjaga keamanan data-data saja namun sebagai tempat penyimpanan yang tidak terbatas.

Artikel ini akan memberikan panduan komprehensif tentang penggunaan dan manfaat cloud backup software untuk Windows 10, serta bagaimana ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan data Anda.

Apa itu Cloud Backup Software?

software cloud computing

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang apa itu backup software? Perlu diketahui cloud merupakan sebuah layanan yang sengaja disediakan untuk memberikan keamanan sistem, aplikasi maupun data. Tujuan dari keamanan ini adalah agar bisnis Anda bisa terhindar dari kesalahan sistem, pengguna, peretasan serta berbagai resiko kehilangan data.

Dengan tujuan jangka panjang bisnis bisa tetap berjalan dengan efektif, efisien dan pasti semua data terjamin aman. Mengingat resiko gangguan serta kejahatan pencurian data masih sangat besar sehingga harus meningkatkan keamanan dalam penyimpanan tersebut.

Lantas bagaimana cara kerja dari Cloud Backup yaitu pada data center organisasi kemudian memanfaatkan aplikasi pencadangan. Dari aplikasi tersebut maka akan menyalon data lalu disimpan di media berbeda sehingga akses tetap sangat mudah jika dibutuhkan pemulihan.

Ada beberapa pendekatan dengan berbagai layanan tersedia untuk memudahkan masuk dalam proses perlindungan data. Contohnya seperti mencadangkan langsung ke Public Cloud yang membutuhkan penulisan data langsung ke penyedia cloud.

Pendekatan kedua yaitu dengan mencadangkan ke Service Provider dimulai dari perusahaan menulis data ke cloyd service provider sebagai penyedia layanan backup. Perusahaan akan mendapatkan pelayanan terbaik untuk mendukung aplikasi pencadangan yang disediakan secara komersial.

Pendekatan ketiga adalah dengan menggunakan sistem cadangan online yang menyimpan cadangan secara lokal. Proses pemulihan dari salinan cadangan lokal bisa lebih hemat waktu namun membutuhkan biaya transmisi.

Keuntungan Menggunakan Cloud Backup Software

storage

Menggunakan cloud backup software memberikan banyak manfaat yang menguntungkan untuk bisnis Anda. Ketahui apa saja manfaat dan keuntungan tersebut agar Anda semakin yakin untuk memanfaatkan layanan berikut ini.

1. Aman

Salah satu keuntungan yang sangat menarik yaitu jaminan keamanan data diperlukan oleh perusahaan. Saat ini semua data-data yang dimiliki merupakan sebuah aset penting sehingga harus dijaga serta diamankan.

Karena sistem Cloud Backup berada pada lokasi yang mendapatkan dukungan teknologi High Availability sehingga aman. Serta mendapatkan dukungan tenaga ahli mengurus keamanan tersebut secara profesional dan handal.

2. Cepat dan mudah

Terjadinya permasalahan pada data-data terkadang menyebabkan berbagai resiko kekacuan yang tidak diinginkan. Termasuk jika harus kehilangan maka dengan adanya cloud membuat proses pemulihan menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan begitu adanya permasalahan tersebut bisa segera diatasi dan bisnis tetap berjalan secara efisien.

3. Skalabilitas

Keuntungan dari skalabilitas yaitu mampu menampung data dalam jumlah sangat besar bahkan tidak terbatas. Apalagi setiap harinya data-data milik perusahaan terus menerus bertambah sehingga harus disediakan ruang lebih besar.

4. Terjangkau

Menariknya ada layanan Cloud gratis maupun berbayar dengan sistem pembayaran bulanan. Anda bisa memanfaatkan layanan gratis untuk menghemat pengeluaran bisnis atau memilih aman dengan berbayar. Namun jangan khawatir kalau Anda memilih berlangganan karena biaya langganan per bulan sangat terjangkau.

Pilihan Software Terkemuka

Server Cloud Storage

Banyaknya cloud backup software terkadang membuat Anda kesulitan menentukan pilihan yang sesuai dengan Windows 10. Terdapat dua software yang sangat populer sehingga sering direkomendasikan yaitu Acronis True Image dan Backblaze.

Acrois True Image menawarkan banyak fitur handal seperti perlindungan all in one dalam satu fitur saja. Anda dapat melakukan pencadangan sekaligus mendapatkan perlindungan dari malware ataupun virus yang dapat merusak data-data penting.

Software ini juga memiliki keunggulan yaitu aman dari seluruh ancaman siber sehingga membuat Anda menjadi tenang. Entah karena kerusakan perangkat maupun kehilangan akibat pencurian perangkat membuat semua data tetap aman.

Dapat dimanfaatkan untuk melindungi semua jenis data-data penting seperti foto, video, file, aplikasi, sistem, perangkat dan banyak lainnya. Selain itu kemudahan akses darimana saja dan kapan saja membuat Anda menjadi lebih fleksibel menggunakannya.

Rekomendasi kedua yaitu Backblaze yang menjadi salah satu layanan Cloud Backup online terbaik dan terpopuler. Memiliki keunggulan dari segi kapasitas penyimpanan tidak terbatas sehingga sebanyak apapun file tersimpan dan terus bertambah tidak masalah.

Dari segi harga juga sangat terjangkau dengan biaya bulanan sekitar Rp 55.000 saja untuk penyimpanan dan jaminan keamanan. Apalagi jika Anda memanfaatkannya untuk bisnis tentu biaya tersebut sudah sangat menguntungkan.

Cara Memilih Cloud Backup Software yang Tepat

Memilih cloud backup software secara tepat sebenarnya tidak sulit jika Anda mengetahui caranya. Gunakan beberapa tips untuk memilih software yang sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk fitur, harga, dan ketersediaan.

1. Sesuai kebutuhan

Perlu diketahui kebutuhan antara individu dengan bisnis tentu sangat berbeda dalam memilih layanan Cloud. Begitupun pertimbangan tentang jenis data-data disimpan, penggunaan, skala layanan sehingga bisa menentukan pilihan secara tepat.

2. Fitur

Setiap penyedia layanan Cloud menawarkan fitur berbeda yang akan berpengaruh pada harga. Maka cari tahu apa saja fitur untuk pelanggan serta keunggulan masing-masing fitur demi mendapatkan pelayanan terbaik.

3. Harga

Harga maupun biaya menjadi hal penting dalam memilih penyedia layanan Cloud agar mendapatkan penawaran terbaik. Lakukan perbandingan seperti tarif berdasarkan pengguna, tarif berdasarkan waktu atau gabungan antara keduanya.

4. Ketersediaan

Anda perlu memastikan apakah penyedia layanan memiliki ketersediaan layanan handal dalam menyelesaikan kendala. Termasuk menjawab berbagai pertanyaan pelanggan secara cepat dan tepat sehingga terlihat kualitas perusahan tersebut.

5. Keamanan

Keamanan data adalah hal sangat penting dalam memilih Cloud Backup jadi pastikan memiliki sistem keamanan andal. Seperti menawarkan enkripsi data, penyimpanan, pemulihan handal, hingga alat keamanan berteknologi canggih.

6. Kebijakan privasi

Lakukan peninjauan tentang kebijakan privasi yang ditawarkan termasuk juga tentang kepatuhan hukum berlaku. Dengan mengetahui cara penyedia layanan mengelola datanya serta menangani permintaan hukum maupun regulasi.

Langkah-langkah Implementasi

Menjalankan Cloud Backup Software pada Windows 10 menjadi lebih mudah dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Pastikan Anda sudah menentukan software yang akan digunakan kemudian dipasang pada perangkat terlebih dahulu lalu buka software tersebut.
  • Pilih file maupun folder dari Hard Drive lalu pilih tujuan penyimpanan.
  • Atur secara otomatis baik harian, mingguan maupun bulanan untuk memudahkan Anda.
  • Tombol Backup ketika beberapa langkah diatas sudah selesai dan akan ada pemberitahuan tentang proses tersebut.

Cari tahu tentang cloud backup software terbaik, klik untuk membaca artikel ini di sini.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkapnya tentang Cloud Backup maka bisa hubungi kami di WA dibawah ini atau cek website ptbsb.id.

Baca juga : Bahas Tuntas 3 Tipe Cloud Databases dan Fungsinya

No Comments

Post A Comment

Contact Us