3 Tipe Cloud Data Center untuk Solusi Bisnis yang Efektif

cloud data center

3 Tipe Cloud Data Center untuk Solusi Bisnis yang Efektif

Cloud Data center merupakan inovasi teknologi yang semakin memudahkan setiap bidang pekerjaan. Termasuk untuk keperluan bisnis, teknologi satu ini mendukung kelancaran operasional perusahaan. Ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan kebutuhan penggunanya.

Pemilihan tipe yang tepat dapat menjadi solusi efektif bagi bisnis Anda. Namun, banyaknya pilihan menjadi tantangan tersendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tipe cloud data center untuk solusi bisnis yang efektif.

Apa Itu Data Cloud Center?

Data center adalah pusat pengolahan data yang terletak di infrastruktur cloud, dimana pengguna dapat menyimpan, mengelola, dan mengakses data mereka melalui internet. Teknologi ini adalah solusi dalam hal penyimpanan data berkapasitas besar.

Terdapat 3 tipe cloud data center yang bisa dipilih oleh perusahaan. Ketiganya memiliki fungsi untuk menyimpan aset atau informasi berharga bagi sebuah bisnis. Lebih aman dan praktis dengan kapasitas besar dibanding penyimpanan dan pengelolaan manual.

Mekanisme penyimpanan ini memanfaatkan hardware dan server lewat jaringan lokal yang dikelola oleh departemen IT sebuah perusahaan. Cloud sendiri merupakan teknologi penyimpanan modern.

Fungsinya sebagai penyimpanan, pengelolaan, pemrosesan data dengan media server. Teknologi ini sangat berguna di bidang bisnis. Kebanyakan saat ini perusahaan menjalankan berbagai aplikasi guna mempermudah beban pekerjaan yang rumit.

Diperlukan penyimpanan cloud terutama karena data center memiliki kapasitas terbatas. Sementara perusahaan memerlukan sistem yang dapat dikontrol secara penuh. Terlebih perusahaan yang menggunakan infrastruktur berbasis perangkat keras.

Dimana pada saat akan memperbesar kapasitas penyimpanan memerlukan banyak sekali peralatan serta teknologi terbaru. Maka cloud menjadi pilihan paling tepat. Kapasitas penyimpanannya sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Dari segi biaya cloud sangat hemat terutama untuk pemeliharaan server, pendingin ruangan, membayar staf IT dan banyak lagi. Biaya bertambah hanya apabila Anda melakukan penambahan kapasitas penyimpanan dalam jumlah besar.

Bagi perusahaan, kelebihan menggunakan cloud data center adalah fleksibilitas yang besar untuk seluruh karyawan. Karyawan yang memerlukan dokumen atau informasi penting perusahaan bisa mengaksesnya dengan cepat dari mana saja kapan saja.

Selama perangkat terhubung dengan jaringan internet pencarian informasi bisa dilakukan. Pengerjaan data, file secara bersamaan bisa dilakukan tanpa mempengaruhi kinerja jaringan. Dengan demikian sistem operasional perusahaan tidak terganggu.

3 Tipe Data Cloud Center

Cloud Server

Penggunaan sistem penyimpanan cloud memberikan manfaat besar bagi operasional perusahaan. Agar sesuai dengan kebutuhan, Anda harus memilih tipe paling tepat dari 3 macam berikut ini.

1. Public Cloud Data Center

Public cloud memungkinkan jaringan lebih public atau bersifat umum jika dibandingkan dengan private dan hybrid. Sebagai wadah layanan IT melalui jaringan internet. Tipe ini tidak diakses seperti model private cloud.

Ada banyak tipe layanan data center yang bisa dimanfaatkan cuma-cuma tanpa berbayar. Yaitu apk penyimpanan, email, dan platform untuk menciptakan produk. Tipe ini memudahkan pengguna supaya tidak perlu pusing memikirkan hosting-nya.

Kelebihan menggunakannya yang pertama dari segi biaya. Jika Anda menggunakannya, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pembelian perangkat keras maupun lunak. Anda cukup membayar layanan yang disediakan penyedia jasa.

Upgrade atau downgrade dapat dilakukan tanpa mengganggu aktifitas harian. Selain itu, apabila terdapat masalah di satu data center, tipe yang pertama ini tetap berjalan tanpa terpengaruh.

Menggunakan tipe public ini, Anda tidak perlu melakukan maintenance, pemasangan hardware maupun software. Pengguna hanya bertindak sebagai pengguna saja pada tipe satu ini.

Keamanannya telah diuji dan jika penerapannya benar, akan setara dengan keamanan milik private. Contohnya deteksi dan pencegahan intrusi (IDPS) jika dipasang dengan benar akan menghasilkan keamanan tingkat tinggi bagi penggunanya.

2. Private Cloud Data Center

Private yaitu model komputasi yang memberikan penawaran lingkungan kepemilikan untuk kebutuhan sebuah entitas bisnis. Tipe kedua ini juga menyediakan sumber daya komputasi virtual yang diperluas melalui komponen di pusat data vendor.

Salah satu keuntungan data center ini adalah peningkatan derajat kontrol, karena hanya dapat diakses oleh satu bisnis dan organisasi tersebut. Kemudian juga memiliki kemampuan mengkonfigurasi lingkungan serta mengelolanya dengan cara unik disesuaikan kebutuhan komputasi spesifik perusahaan.

Strateginya terdiri dari perangkat keras yang dihosting secara lokal oleh bisnis, atau hosting oleh penyedia layanan. Tipe Private ini biasanya dibayar secara paket per-tahun, tetapi perangkat keras dan konfigurasi penyimpanan tetap mempertahankan manfaat dari jaringan eksklusif serta aman.

Tipe kedua ini memiliki keunggulan diantaranya tingkat kepatuhan tinggi. Data center tipe private ini memberikan kemampuan suatu organisasi untuk mematuhi peraturan ketat terkait data sensitif dan tidak dapat diakses orang lain.

Sepenuhnya dapat dikonfigurasi oleh pengguna dengan menentukan lingkungan yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi berpemilik. Bekerja dengan perusahaan untuk mengelola dan menyiapkan cloud demi kepentingan bisnis.

Tipe data center ini terdiri dari beberapa jenis. Pertama adalah virtual, yaitu lingkungan tertutup, memungkinkan organisasi menjalankan beban kerjanya secara terpisah dari setiap pengguna tipe publik meskipun server digunakan bersama oleh organisasi lain.

Kedua adalah Hosted, pada tipe ini penggunaan server tidak dibagi-bagi dengan pengguna lain. Penyedia layanan ini hanya melakukan pekerjaan standar yaitu mulai dari konfigurasi jaringan, pemeliharaan perangkat keras, memperbarui software, namun server hanya ditempati oleh satu organisasi saja.

Tipe ketiga yaitu managed, penyedia mengelola setiap aspek untuk organisasi, termasuk penerapan layanan tambahan seperti pengelolaan identitas serta penyimpanan. Opsi ini ideal untuk organisasi tanpa staf IT.

3. Hybrid Cloud Data Center

Hybrid adalah teknologi gabungan antara elemen private dan public. Tipe ini biasa digunakan perusahaan dengan data besar dan membutuhkan security compliance management optimal.

Model computing satu ini banyak digunakan perusahaan yang mengharuskan konsumen mengakses data melalui website ataupun aplikasi. Merupakan sistem menguntungkan user serta internal perusahaan.

Tipe hybrid sering diimplementasikan dalam beberapa cara seperti berikut ini:

  • Memisahkan media penyimpanan cloud, serta menyediakan pelayanan public and private cloud yang mana termasuk layanan terintegrasi.
  • Penyedia individu menawarkan paket hybrid lengkap.
  • Perusahaan yang melakukan pengelolaan, berlangganan layanan public, kemudian mengintegrasikannya ke dalam infrastruktur.

Secara tidak langsung, sistem hybrid bisa menghemat lebih banyak biaya. Namun sistem hybrid ini lebih cocok digunakan industri keuangan, kesehatan, ritel dan berbagai industri dengan kebutuhan server yang bisa diakses pengguna umum.

Kelebihan menggunakan sistem data center ini diantaranya adanya kendali penuh dan terstruktur. Perusahaan dapat leluasa melakukan aktivitas pengelolaan informasi penting dan sensitif pengguna kemudian memasukkannya ke dalam database.

Dari sisi pengguna, keuntungannya adalah bisa melakukan monitoring dan mengakses data apa saja yang sudah dimasukkan ke dalam server. Kelebihan lainnya dari segi efisiensi penyimpanan.

Keuntungan lain menggunakan data center ini yaitu lebih efisien penyimpanan. Secara sistem tipe hybrid terintegrasi langsung dengan layanan private dan public cloud sehingga pengguna bisa mendapatkan penyimpanan dengan kapasitas bisa lebih besar.

Kelebihan berikutnya, perusahaan mendapatkan support keamanan ketat. Sebab perusahaan masih bisa menggunakan sistem private untuk menyimpan informasi penting yang terintegrasi dengan public.

Yuk pelajari apa itu data server center, jenis, dan cara kerjanya.  Untuk mendapatkan pelayanan terbaik mengenai data center bisa hubungi kami melalui website ptbsb.id atau no WA dibawah ini.

Klik disini untuk baca artikel lainnya.

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us