Mengenal Lebih Jauh Tentang Indonesia Cloud Server

Cloud Server

Mengenal Lebih Jauh Tentang Indonesia Cloud Server

Bagi kamu bagian dari IT People tentunya sudah familiar dengan istilah cloud server ya, namun mungkin terdengar asing jika kamu seorang pemula atau masyarakat Indonesia yang baru mengenal dunia website. Apabila kamu ingin mengetahui apa sih Indonesia Cloud Server atau cloud server itu, jenis, keunggulan, cara menggunakan, serta jenis server penyimpanan yang sering digunakan beberapa perusahaan, mari kita simak pembahasan berikut ini.

 

Apa itu Indonesia Cloud Server?

Dedicated Server Indonesia

Bagi pemula mungkin bertanya-tanya istilah dari Indonesia Cloud Server. Indonesia Cloud Server merupakan sebuah layanan teknologi yang tersedia di Indonesia atau server virtual hasil kombinasi dari komputer dengan jaringan yang berbasis internet.

 

Server Cloud Indonesia  memanfaatkan media internet sebagai pusat server dalam pengelolaan data. Setiap data yang dibutuhkan akan mudah diakses tanpa perlu menggunakan penyimpanan data ke perangkat penyimpanan. Nah untuk istilah dari cloud sendiri yaitu istilah yang sering digunakan oleh beberapa server yang tersambung dengan internet dan juga layanan ini sering disewakan seperti dalam bentuk aplikasi atau software, web hosting, dan data hosting.

 

Jenis-jenis Indonesia Cloud Server

· Private Cloud

Private cloud merupakan layanan yang hanya terbatas untuk lingkungan internal saja seperti pada perusahaan. Kelebihan dari private cloud yaitu sistem keamanannya lebih ketat dibanding yang lain. Contoh dari Server Cloud Indonesia jenis ini yaitu seperti Cloud VPS dan Cloud Hosting.

 

· Public Cloud

Seluruh informasi yang tersimpan dalam public cloud server merupakan data yang dapat kamu akses secara publik. Contoh dari Server Cloud Indonesia jenis ini yaitu YouTube, Instagram, dll.

 

· Community Cloud

Mirip dengan private cloud, community cloud merupakan sebuah layanan penyimpanan  secara virtual yang aksesnya hanya dapat terbuka untuk sekelompok organisasi dan pengolahan datanya secara internal.

 

·  Hybrid Cloud

Pada hybrid cloud ini merupakan sebuah kombinasi antara public cloud dengan private cloud. Sejumlah informasi dapat diakses secara publik oleh masyarakat umum namun untuk informasi pribadi hanya dapat diakses oleh jaringan internal saja.

 

Keunggulan dari Indonesia Cloud Server

Remote Server

1. Terjamin Ada Fasilitas Pendukung

Cloud server mempunyai kemampuan untuk memberikan perlindungan, pemeliharaan dan upgrade hardware dengan high availability karena adanya sistem back up. Dapat mengurangi risiko kehilangan data, karena untuk mendukung semua sistem yang ada sudah tersimpan dalam system storage sehingga data center aman dan dapat bekerja seharian penuh.

 

2. Memiliki Stabilitas Yang Tinggi

Server Cloud Indonesia dilengkapi dengan teknologi auto healing. Website akan tetap stabil karena di dalam Cloud terdiri dari sekelompok server. Jadi jika salah satu dari server ada yang tidak berfungsi, maka masih ada server lain yang siap menggantikannya. Dengan demikian, website yang kamu miliki tetap beroperasi dengan lancar dan aman untuk diakses oleh banyak orang.

 

3. Mudah Diakses Dan Efesiensi Biaya

Server Cloud Indonesia semakin diminati oleh para pebisnis karena memberikan kemudahan dalam akses layanan. Layanan ini dapat diakses kapan saja dan dari berbagai perangkat dan sistem operasi, karena semua data yang kamu butuhkan akan tersimpan dengan aman di dalam server.

 

Kamu dapat menghemat dana yang harus dikeluarkan untuk biaya listrik dan pemeliharaan dan karena layanan ini hanya dikenakan biaya langganan sesuai dengan kebutuhan. Server penyimpanan Indonesia juga dapat membuat budget menjadi efisien terutama dalam hal pembiayaan operasional hardware. Jika kamu sedang mencari hardware atau software dengan kualitas bagus dari berbagai brand dengan harga yang cukup affordable dapat mengunjungi website ini https://www.jktgadget.com/.

Katalog Produk JKT Gadget

Bagaimana Cara Menggunakan Indonesia Cloud Server?

Cloud server dapat digunakan seperti gudang big data, sama saja seperti pada server komputer untuk manajemen software, marketing, atau kegunaan lainnya yang membutuhkan adanya software. Kamu dapat menskalakan penyimpanan Indonesia jika dibutuhkan sesuai dengan sumber daya yang dibutuhkan. Kamu tidak perlu membuat jadwal pemeliharaan untuk mengubah skalabilitas cloud yang kamu miliki. Hanya membutuhkan beberapa klik di Control Panel.

 

Jenis Server Penyimpanan di beberapa Perusahaan Indonesia

Secara umum, beberapa perusahaan menggunakan tiga jenis penyimpanan penyimpanan Indonesia, yaitu: Network Attached Storage (NAS), Direct Attached Storage (DAS), dan Network Place Storage (SAN). Setiap server penyimpanan tersebut memiliki kelebihan masing-masing.

Network Attached Storage (NAS)

Jenis server ini sering disebut sebagai Indonesia Cloud Server jenis hybrid. Server umumnya menggunakan dedicated server atau peralatan khusus yang dapat menyediakan layanan untuk penyimpanan data. Server NAS ini umumnya menggunakan kekuatan transfer file yang ditingkatkan. Biaya awal penyimpanan NAS umumnya lebih rendah jika dibandingkan dengan server DAS.

Tentu saja, penyimpanan NAS sangat cocok digunakan pada perusahaan kecil dan menengah. Kamu dapat berbagi file menggunakan berbagai prosedur, seperti UNIX, CIF, dan NFS. Biasanya, NAS menggunakan array penyimpanan ISCI target yang dapat dibagi di antara semua jaringan yang ada.

 

Direct Attached Storage (DAS)

mengacu pada mekanisme penyimpanan digital yang terhubung langsung ke server tanpa jaringan penyimpanan sebagai mediator. Dengan kata lain, itu adalah penyimpanan yang terhubung langsung ke server atau komputer.

 

Penyimpanan DAS hanya dapat dicapai langsung dari host yang menginstal DAS. DAS mengecualikan perangkat keras jaringan dan lingkungan operasi terkait untuk mempromosikan berbagi sumber daya secara independen dari penyimpanan. Jika kamu menggunakan penyimpanan eksternal yang terhubung langsung ke aliran eksternal, penyimpanan tersebut berada di bawah grup “direct-attached storage” dan menggunakan kartu SCSI.

 

Teknologi ini cocok untuk berbagai situasi karena kecepatan transfer DAS antara server dan hard disk sangat cepat. Oleh karena itu, banyak program biasanya benar-benar compatible dengan teknologi ini. DAS cocok digunakan untuk jaringan kecil. Dari segi biaya dan kemampuan menyimpan media atau had disk, teknologi ini masih lebih murah dibandingkan teknologi lain.

 

Network Place Storage (SAN)

Penyimpanan dengan jenis SAN menjadi solusi yang cocok digunakan pada bisnis menengah hingga besar. Beberapa infrastruktur yang dibutuhkan oleh SAN adalah SAN Switch, HBA, kabel fiber, dan pengontrol disk.

 

Salah satu kelebihannya yaitu mampu untuk membagi storage server ke beberapa server yang ada sesuai kebutuhan. Namun performanya lebih baik dari 2 server yang dijelaskan di atas, server SAN ini memiliki harga yang lebih mahal dan lebih kompleks untuk dikelola.

 

Indonesia Cloud Server sangat membantu kamu yang memerlukan data dan dapat diakses kapan saja. Jika kamu berminat dan ingin menggunakan layanan tersebut biasanya kamu perlu mencantumkan nama email dalam proses pembuatan sebuah akun cloud.

 

Pada setiap kamu akan menyimpan data maupun membuka data yang tersimpan di dalam penyimpanan Indonesia, maka kamu perlu memberikan ID dan password sesuai akun yang sudah kamu daftarkan. Suatu layanan cloud server dapat memberikan layanan berupa upgrade maupun downgrade dari suatu resource server, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan konsumennya.

 

Kamu ingin lebih mengenal secara detail tentang Server Cloud Indonesia atau mengenai teknologi penyimpanan dan cadangan data untuk dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnismu dapat berkonsultasi dengan mengunjungi website https://www.ptbsb.id/. Demikian artikel ini kami bagikan. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga : Ini Dia Contoh Web Server yang Perlu Kamu Ketahui

No Comments

Post A Comment

Contact Us