Mengenal Apa Itu Computer Vision dan Kegunaannya

computer vision

Mengenal Apa Itu Computer Vision dan Kegunaannya

Computer vision adalah cabang ilmu komputer yang memungkinkan komputer untuk memahami dan menginterpretasikan gambar dan video seolah manusia sedang melihatnya.

Di era modern seperti sekarang komputasi citra sangat mudah kita temukan penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Bahkan smartphone yang Anda gunakan kemungkinan sudah memanfaatkan teknologi tersebut.

Tujuannya biasanya sederhana mulai dari mempercantik gambar selfie sampai kebutuhan entertainment. Namun orang awam biasanya masih kurang paham bagaimana mekanisme kerja dari teknologinya.

Oleh sebab itu mari kita gali bersama agar dapat menjadi insight sehingga membuat pengguna semakin mudah memanfaatkan teknologinya. Tidak hanya memahami definisi namun bagaimana fungsi umum pada kehidupan sehari-hari.

Tidak ada salahnya masyarakat awam mengetahui bagaimana fundamental atau prinsip kerja dari sebuah teknologi. Jika mengetahui bagaimana konsepnya tentu implementasinya di kehidupan sehari-hari akan lebih efektif.

Artikel ini akan mengajak Anda untuk memahami konsep computer vision dan bagaimana penerapannya memberikan manfaat dalam berbagai bidang. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

Definisi Computer VisionComputer Vision Through the Ages | TELUS International

Computer vision adalah disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan algoritma yang memungkinkan komputer untuk menginterpretasikan visual seperti gambar dan video. Tujuannya adalah memberikan kemampuan kepada mesin untuk mengenali, analisis, dan memproses informasi visual.

Setelah mengetahui definisinya banyak orang juga mencari apa kegunaan computer vision terutama dalam kehidupan sehari-hari. Di kehidupan sehari-hari kegunaan utama yang mungkin tidak terasa digunakan adalah pengenalan wajah.

Ada banyak aplikasi android yang sudah menggunakan teknologi ini untuk kebutuhan pengamanan pengguna. Selain itu beberapa aplikasi pengolahan bahasa alami juga sudah digunakan secara umum.

Secara garis besar bagaimana komputasi bekerja ini tidak jauh berbeda dari pengembangan dasarnya yaitu pengolahan citra. Ada sebuah alat digunakan untuk menangkap sumber citra dan mengolahnya berdasarkan fungsi yang dapat dilakukan.

Pada alat tersebut tentu saja harus terdapat program misalnya pengenalan deteksi objek. Implementasi sederhana dari pengolahan citra ini adalah mendeteksi abjad dari sebuah plat kendaraan contohnya.

Bagaimana alat tersebut dapat bekerja tentu saja perlu memiliki setdata baik itu template maupun trainer. Nantinya setdata tersebut digunakan untuk mengenali bentuk objek hasil tangkapan alat pemrosesan citra.

Mekanisme dasar tadi tentu saja cukup mudah dipahami agar dapat dijadikan sebagai acuan oleh orang awam. Jadi konsepnya cukup sederhana hanya saja ketika masuk detail pembuatan bisa jauh lebih kompleks.

Sehingga ketika ada pembahasan mengenai teknologi terbaru ini Anda bisa tetap relate. Bahkan para pemilik industri seharusnya sudah mulai membuka peluang untuk mengimplementasikannya guna memperoleh efektivitas lebih.

Kegunaan Computer Vision

What Is Computer Vision: Applications, Benefits and How to Learn It

Setelah mengetahui definisi dan bagaimana mekanisme kerja dasarnya mari kita gali lebih dalam mengenai basic function computer vision project. Berikut ini adalah fungsi dasarnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Pengenalan dan deteksi objek

Pengenalan dan deteksi objek menjadi salah satu kegunaan utama sudah cukup lama juga dikembangkan. Dengan menggunakan teknologi ini kita dapat membuat alat untuk mendeteksi simbol, abjad, sampai logo tertentu.

Mayoritas fungsinya adalah untuk melakukan penangkapan gambar pada plat nomor kendaraan bermotor. Pengenalan objek ini juga dapat digunakan sektor industri dengan fungsi quality control.

2. Segmentasi gambar

Apakah Anda pernah melakukan penghapusan background foto menggunakan sebuah aplikasi android. Ini adalah salah satu kegunaan dari pengolahan citra yaitu mengidentifikasi dan melakukan segmentasi gambar.

3. Pengenalan teks dalam gambar

Pengenalan teks dalam gambar juga sering kita temukan pada berbagai teknologi modern terutama di android. Sekarang banyak software editing menggunakan mekanisme seperti ini saat menjalankan fungsinya.

4. Pengenalan gaya dan pola

Style and pattern merupakan salah satu identifikasi kompleks yang dapat dilakukan oleh komputer. Alat dapat mengenali warna, pola, dan juga nilai seni pada sebuah citra tertentu guna melakukan segmentasi.

5. Rekonstruksi 3D

Rekonstruksi 3D mungkin menjadi salah satu fungsi paling berat yang dapat dilakukan oleh perangkat komputasi. Karena kita harus membuat simulasi rekonstruksi berdasarkan input gambar 2D.

Selain kelima poin tadi masih ada cukup banyak kegunaan komputasi citra secara umum. Karena kemungkinan di masa depan masih ada banyak lagi implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegunaan Computer Vision dalam Dunia Teknologi

Berikut ada beberapa kegunaan yang penting dalam dunia teknologi. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Pengenalan Gambar Computer Vision

Computer vision digunakan dalam pengenalan objek, wajah, dan karakteristik dalam gambar, seperti dalam aplikasi pengenalan wajah pada ponsel pintar.

2. Pengolahan Citra Medis

Dalam dunia medis, Computer Vision membantu dalam diagnosis melalui analisis citra seperti sinar-X, MRI, dan CT scan.

3. Kendaraan Otonom

Dalam mobil otonom, teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk “melihat” dan merespons lingkungan di sekitarnya, menghindari hambatan dan mengikuti aturan lalu lintas.

4. Analisis Video Keamanan

Keamanan dan pengawasan menggunakan Computer Vision untuk mendeteksi perilaku mencurigakan dalam video pengawasan.

5. Industri Manufaktur

Dalam pengawasan kualitas, Computer Vision digunakan untuk mendeteksi cacat dalam produk-produk yang diproduksi.

Itu masih secuil implementasi komputasi citra di dunia teknologi karena sekarang hampir semua aspek kehidupan sudah menggunakannya. Bahkan dalam dunia entertainment seperti game sudah memakai teknologi tersebut.

Dalam game dance arcade yang mengimplementasikan komputasi citra ada beberapa aspek digunakan sebagai fundamentalnya. Deteksi objek, segmentasi, dan rekonstruksi 3D menjadi fundamental permainannya.

Game tersebut menangkap gambar dari pemain kemudian memprosesnya menjadi beberapa segmentasi. Misalnya bagian tubuh kunci seperti tangan, kaki, dan kepala untuk sumber input kontrol.

Nantinya mesin akan menganalisis seperti apa gerak yang dilakukan oleh input citra tersebut. Kemudian hasil input juga akan digunakan sebagai fundamental rekonstruksi 3D pada avatar dalam permainannya.

Bahkan untuk kebutuhan entertainment sebenarnya cukup kompleks implementasi dari pengolahan citra. Jika Anda tertarik tentu tidak masalah untuk menggali lebih dalam lagi terkait teknologi ini.

Tantangan dan Kemajuan Computer Vision

What is computer vision, its remarkable applications & use cases in 2023

Tantangan utama dalam computer vision adalah kompleksitas variasi dalam gambar dan kondisi pencahayaan. Namun, dengan perkembangan teknologi Deep Learning, kemampuannya telah mengalami kemajuan signifikan.

Selain itu masih ada beberapa masalah lain yang kita hadapi saat mengimplementasi komputasi citra yaitu overfitting. Terkadang sebuah teknologi akan menjadi terlalu fokus pada trainer sehingga membuatnya sering gagal saat pencocokan data.

Kita juga butuh transfer learning yang mampu membuat mesin saling berinteraksi satu dengan lainnya. Artinya device tidak terbatas pada satu mainframe saja untuk menciptakan kecerdasan lebih kompleks.

Oleh sebab itu masyarakat masih harus bersabar satu atau dua dekade lagi ketika ingin menikmati hasil lebih sempurna. Nantinya kecerdasan buatan akan jauh lebih murah dan sudah bukan barang eksotis lagi.

Apabila Anda ingin mulai mengembangkan teknologi modern ke industri tentu perlu bekerjasama dengan perusahaan terpercaya. Salah satu IT solution company yang dapat Anda jadikan opsi adalah PT. BSB.

Kami merupakan perusahaan yang sudah banyak membantu klien dalam menyelesaikan masalah dan kebutuhan IT mereka. Jadi Anda bisa melakukan optimasi terhadap kebutuhan berkaitan dengan teknologi.

Dapatkan solusi IT terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB. Anda boleh berkonsultasi dulu terkait service yang Kami berikan melalui no WA dibawah ini. Layanan 24/7 Kami siap membantu para calon klien mengatasi kebutuhan IT mereka.

Perkembangan teknologi modern seperti sekarang memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Implementasi computer vision pada industri dapat menjadi solusi guna meningkatkan efektivitas produksi.

Baca juga : Prosesor Intel Terbaru: Ini Dia Generasi di Tahun 2023

No Comments

Post A Comment

Contact Us