CRM Software: Memaksimalkan Hubungan Pelanggan Bisnis Anda

CRM Software

CRM Software: Memaksimalkan Hubungan Pelanggan Bisnis Anda

CRM Software membantu perusahaan dalam memaksimalkan hubungan pelanggan dan memperbaiki layanan pelanggan. Artikel ini akan membahas tentang CRM software, manfaatnya, dan bagaimana penggunaannya dapat membantu bisnis Anda memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Adanya Customer Relationship Management akan membantu bisnis sehingga memiliki strategi dalam meningkatkan layanan kepada konsumen. Mulai dari meningkatkan kepuasan pelanggan yang sudah dimiliki, hingga membantu memperoleh pelanggan baru.

Kini, Customer Relationship Management tersedia dalam bentuk software sehingga penggunaannya makin mudah. Berikut informasi mengenai perangkat lunak Customer Relationship Management, mulai dari pengertian, manfaat hingga jenisnya.

Apa itu CRM Software?

Software CRM

Apa saja 3 jenis sistem CRM yang banyak digunakan di Indonesia? Ada beberapa jenis CRM yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, tergantung dari pilihan model dari masing-masing strategi bisnis.

Selain itu, juga disesuaikan dengan jenis bisnis dari masing-masing perusahaan. Sistem Customer Relationship Management yang digunakan kemudian akan disesuaikan dengan perangkat lunak CRM diimplimentasikan sebagai salah satu strategi marketing.

CRM Software adalah aplikasi bisnis yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola dan memaksimalkan hubungan dengan pelanggan melalui pengelolaan data pelanggan, pelacakan penjualan, manajemen kampanye pemasaran, dan sebagainya.

Memiliki hubungan baik dengan pelanggan dapat membantu perusahaan memberikan layanan terbaik. Sebab dalam perangkat lunak CRM terdapat kebijakan, proses, dan strategi yang dipadukan menjadi satu sehingga dapat digunakan berinteraksi dengan pelanggan.

Tujuan dari penggunaan perangkat lunak ini adalah agar perusahaan atau bisnis bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi. Kenapa perusahaan perlu memakai Software CRM? Karena aplikasi ini dapat membantu pelaku bisnis terhubung dengan pelanggan.

Perpaduan sistem Customer Relationship Management dan teknologi dalam sebuah perangkat lunak akan mampu menarik pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, dan membentuk keterikatan antara konsumen dengan perusahaan.

Dengan adanya aplikasi CRM, maka perusahaan dapat bersaing secara sehat dalam persaingan industri bisnis yang makin ketat. Fokusnya adalah memberikan pengalaman lebih baik pelanggan terhadap produk, jasa, dan perusahaan.

Manfaat dari Menggunakan CRM Software

software akuntansi

Penggunaan aplikasi atau perangkat lunak dalam bisnis tentu saja memberikan manfaat. Jika tidak, maka akan sia-sia waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan untuk membangun aplikasi tersebut.

Seperti software Customer Relationship Management yang menawarkan manfaat berikut ini:

  1. Meningkatkan kesetiaan pelanggan karena dari aplikasi CRM perusahaan mendapatkan informasi mengenai konsumen sehingga bisa meningkatkan pelayanan sesuai dengan harapan konsumen.
  2. Pengurangan biaya pemasaran, sebab pemograman pemasaran berfokus pada pelanggan dengan lebih spesifik sehingga langsung mengenai sasaran. Fokus pada teknik yang tepat akan mengurangi penggunaan teknik pemasaran lain sehingga menghemat biaya.
  3. Kegiatan operasional menjadi lebih efisien, terutama karena adanya fokus pada teknik pemasaran tertentu yang membuat kinerja lebih baik.
  4. Peningkatan time to market, sebab software membantu mengumpulkan data tren pembelian sehingga mempercepat produk masuk ke pasar. Dengan demikian, bisa membaca tren yang sedang atau akan terjadi dan memperoleh keuntungan.
  5. Peningkatan pendapatan sebab perusahaan fokus untuk memberikan pelayanan terbaik pada konsumen yang menimbulkan ketertarikan membeli serta loyalitas dalam diri konsumen.
  6. Hubungan perusahaan dengan konsumen terjalin dengan baik, bahkan memungkinkan konsumen memiliki keterikatan dan loyalitas tinggi.
  7. Penganalisaan data menjadi lebih mudah. Dengan demikian, akan memudahkan pengambilan kebijakan dalam bisnis. Misalnya, peluncuran produk baru atau upgrade produk sesuai keinginan pasar.

Jenis CRM Software

Melihat sistem CRM yang menjadi faktor penting dan berpengaruh pada keberhasilan bisnis, maka tidak heran pengembangan jenisnya kini sangat beragam. Untuk jenis sistem CRM yang saat ini banyak digunakan adalah:

1. On-Premise

Yaitu software CRM yang harus diinstal dan dikelola secara penuh oleh perusahaan melalui tim administrator khusus. Dalam hal ini, harus tersedia perangkat keras dan lunak sesuai kebutuhan beserta tim IT untuk menanganinya.

Tim IT akan menjadi administrator untuk menjaga, merawat, dan mengelola sistem secara penuh. Semua data akan disimpan dalam perangkat keras kemudian digunakan sesuai kebutuhan dari perusahaan.

Sistem on-promise memungkinkan control penuh terhadap sistem, dengan data dapat diakses kapan saja. Akan tetapi, diperlukan biaya pengadaan serta pemeliharaan yang tinggi.

Sebab bukan hanya aplikasinya saja harus diperhatikan, tapi penyediaan perangkat keras dan teknologi penunjang agar aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu, biaya tim administrator juga tidak bisa dikatakan murah.

Ditambah lagi ruangan khusus untuk meletakkan perangkat keras yang harus dijamin keamanannya. Jadi, cukup banyak biaya harus dikeluarkan jika memutuskan untuk menggunakan sistem on-premise ini.

2. Cloud-based

Apa itu CRM Software dengan cloud-based, yaitu aplikasi yang berbasis cloud (penyimpanan database di internet). Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa mengakses informasi kapan saja dan real time.

Tidak memerlukan ruang penyimpanan berupa hardware berkapasitas besar, tapi memanfaatkan ruang penyimpanan tidak terbatas di internet. Data-data yang masuk dalam aplikasi akan disimpan dalam ruang khusus di internet.

Ruang penyimpanan ini hanya bisa diakses oleh orang-orang yang telah diberikan kuasa untuk melakukan akses. Bisa tim IT maupun manajerial.

Keunggulan dari penggunaan sistem cloud-based ini adalah lebih fleksibel. Pengguna dapat mengakses menggunakan berbagai perangkat dan tidak perlu menyiapkan hardware berkapasitas tinggi.

Dengan demikian, dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan aplikasi CRM. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat penyimpanan (cloud).

3. Open Source

Software CRM dengan sistem open source sangat fleksibel untuk dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna. Dengan sistem dukungan komunitas yang besar, membuat jenis perangkat lunak ini lebih mudah dipelajari.

CRM open source juga dianggap sebagai opsi lebih ekonomis, karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih rendah. Keunggulan lainnya adalah bisa memodifikasi sendiri ketika membutuhkan fitur custom.

Tampilan lebih sederhana, tapi cukup lengkap dan skalabel sehingga mampu membantu bisnis Anda dalam mengelola seluruh perjalanan pelanggan.

Akan tetapi, fungsional di dalamnya tidak selengkap aplikasi berbayar. Dukungan teknis juga tidak ada sehingga harus membayar jasa konsultan. Beberapa contoh aplikasi CRM open source adalah Axelor, CiviCRM, DigitalCRM, Dolibarr, dan lainnya.

4. Industry-specific

Apa itu CRM Software jenis Industry-spesific? Yaitu perangkat lunak yang memberikan kemudahan pada pelaku bisnis bagi pelaku bisnis, karena memiliki beberapa fitur otomatis yang disesuaikan dengan jenis usaha dari perusahaan penggunanya.

Karena spesifik maka manfaatnya akan lebih optimal. Pengembang memberikan template dan modul sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Anda juga bisa menambahkan fitur kustom menyesuaikan kebutuhan, terutama untuk jenis industri yang lebih spesifik.

Untuk jenis aplikasi CRM seperti ini biasanya ditawarkan dengan harga lebih tinggi. Selain itu, juga membutuhkan tim IT khusus untuk menjalankannya.

5. Small Business

Software CRM berikutnya berjenis small business atau jenis aplikasi khusus untuk bisnis kecil. Besar kecilnya ukuran bisnis yang dijalankan akan sangat memengaruhi kebutuhan perusahaan.

Makin besar usaha, maka kebutuhan makin tinggi sebab semakin banyak pelanggan dilayani. Untuk bisnis kecil atau rintisan, tentu memiliki pelanggan lebih sedikit. Oleh sebab itu, diperlukan aplikasi CRM sesuai kebutuhan tersebut.

CRM untuk bisnis kecil ini memiliki fitur lebih terbatas dan biasanya dengan setelan pabrik. Harganya jauh lebih murah dan penggunaanya juga lebih mudah sehingga tidak memerlukan tim IT khusus.

Memiliki aplikasi CRM menjadi modal penting bagi perusahaan agar tetap bisa mempertahankan dan menambah pelanggan baru. Untuk pemilihan jenis aplikasinya dapat menyesuaikan dengan besar kecilnya usaha serta kebutuhan.

Jika Anda punya pertanyaan seputar aplikasi CRM dan ingin mengetahui apakah usaha yang dijalankan membutuhkannya atau tidak bisa berkonsultasi dengan tim ptsbs.id.

Untuk berbagai info seputar pembuatan software CRM ataupun perangkat lunak bisnis lainnya bisa berkunjung ke ptbsb.id atau hubungi no WA dibawah ini.

Yuk pelajari tentang fitur CRM dan manfaatnya bagi perusahaan. Klik disini untuk membaca artikel lainnya.

No Comments

Post A Comment

Contact Us