Temukan Pilihan Terbaik NewSQL Database 2023

Database

Temukan Pilihan Terbaik NewSQL Database 2023

NewSQL adalah salah satu alternatif database yang bisa digunakan dalam kantor atau perusahaan dengan kebutuhan penyimpanan data. Dalam tahun 2023, NewSQL menjadi alternatif menarik bagi perusahaan yang membutuhkan kombinasi keandalan database relasional tradisional dan keunggulan skalabilitas Big Data.

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tempat penyimpanan data penting, misalnya untuk menyimpan data penting keuangan dan dokumen rahasia lainnya. Basis data ada untuk memudahkan akses bagi pemilik atau karyawan dalam perusahaan saat dibutuhkan.

NewSQL databases 2023 menjadi basis data terbaik dan paling diandalkan. Pada tahun 2023, sudah mulai banyak perusahaan yang memakainya untuk kebutuhan penyimpanan. Tidak hanya disertai keunggulan seperti performa tinggi, namun sistem ini sangat solutif untuk perusahaan.

Mengingat sebelumnya, ada beberapa database yang masih bermasalah, seperti tidak dapat menyimpan terlalu banyak, tidak dapat menanggung beban kerja terlalu besar dan lain sebagainya.

NewSQL hadir sebagai teknologi yang dapat menyelesaikan semua masalah itu. Jadi, apa NewSQL yang terbaik? Anda bisa menyebutnya demikian jika melihat beberapa keunggulannya tersebut.

Jika ingin memilih sistem ini sebagai basis data untuk kepentingan perusahaan, pastikan juga sudah memahami apa saja jenis – jenisnya yang bisa digunakan. Artikel ini akan membahas beberapa pilihan terbaik NewSQL databases yang patut dipertimbangkan.

NewSQL Databases Terbaik

Banyak perusahaan kini menggunakan NewSQL databases untuk kepentingan penyimpanan data – data penting di perusahaan. Anda juga bisa memakainya agar bisa menyimpan file penting dengan aman dan mendapatkan kinerja teknologi terbaik.

Namun sebelum itu, apa NewSQL databases terbaik? Berikut ini yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan di perusahaan.

1. CockroachDB

CockroachDB

Salah satu database terbaik adalah cokcroachDB. Sistem manajemen ini didirikan oleh perusahaan basis data bernama cockroach labs, perusahaannya sendiri didirikan pada tahun 2015 oleh google spencer, tepatnya oleh karyawan bernama Kimball dan Mattis.

Keunggulan utama dari cockroachDB adalah memiliki performa sangat tinggi. Bahkan banyak ahli yang mengatakan bahwa sistem ini hampir mustahil dihapus, dengan kata lain, kekuatan dari cockroachDB sangat menjanjikan. Sehingga sangat cocok untuk kebutuhan perusahaan.

Cockroach DB juga menjadi bagian dari NewSQL databases paling utama, karena ada fitur terbaik seperti dapat menyalin dan menyimpan salinannya di tempat lainnya dengan sangat cepat. Memungkinkan Anda menyalin file penting ketika berada di keadaan sangat genting.

CockroachDB juga disebut dengan penyimpanan yang dapat diskalakan dengan berbagai jumlah perangkat, misalnya perangkat laptop atau PC, bahkan jumlahnya bisa ribuan. Sistem ini juga tidak harus selalu online, bahkan saat offline sistemnya juga akan terus menyala.

Database ini tentu akan sangat diandalkan oleh perusahaan, apalagi jika perusahaannya sangat besar dan memiliki banyak karyawan. Dengan 1 kali membeli cockroachDB, pasti akan mudah untuk penggunaan ke depannya. Sebab sistem ini bisa saja dapat menyimpan file selamanya.

2. TiDB

TiDB

TiDB juga termasuk sistem basis data terkenal. Ti dari sebutannya tersebut memiliki arti titanium karena bahan pembuatannya. Pengembangnya adalah Pingcap Inc, sistem ini dirilis pada tahun 2020 untuk versi pertamanya, kemudian tahun 2021 dirilis versi aslinya.

Sebagai salah satu dari database terbaik, tentu saja TiDB memiliki beberapa keunggulan, seperti kecepatan dalam mencadangkan file dan mengaksesnya kembali. Bagi perusahaan, TiDB dapat membantu pencadangan file dalam jumlah banyak namun dengan waktu cukup cepat.

Kapasitas penyimpanannya juga sangat besar sehingga sangat memungkinkan untuk Anda yang memiliki perusahaan besar. Selain itu sistemnya lebih fleksibel dan tentunya dapat mudah terhubung dengan beberapa perangkat untuk keperluan di kantor, misalnya ada banyak karyawan.

Database ini memiliki alur penggunaan yaitu sistem utamanya dapat terus memecah diri menjadi bagian – bagian kecil. Setiap bagian itu memiliki kapasitas penyimpanan yaitu 100 mb. Ketahanannya juga sangat kuat, sehingga bisa dikatakan TiDB sangat aman untuk perusahaan.

TiDB juga bekerja sama dengan berbagai teknologi lain untuk memberikan penyimpanan terbaik untuk Anda. Teknologi itu seperti MySQL,TiFlash dan TiKV. Semua teknologi itu akan berkolaborasi untuk menciptakan replika penyimpanan lain selain cadangan agar lebih aman.

3. NuoDB

NuoDB

Jenis database lainnya adalah NuoDB, meskipun termasuk basis data yang sudah berdiri cukup lama, namun bukan berarti NuoDB kuno dan tidak dapat mengikuti teknologi penyimpanan hingga saat ini. Bahkan NuoDB termasuk salah satu sistem terbaik untuk setiap perusahaan.

Awalnya NuoDB diluncurkan pada tahun 2008, namun terus terjadi pergantian pemilik sampai akhirnya dirilis kembali pada tahun 2015 dengan perkembangan yang sudah memadai. Mungkin di masa tahun 2008 tersebut, Anda pernah mengenalnya dengan nama lain, yaitu Nimbus DB.

Ada banyak perkembangan terjadi pada NuoDB dari tahun ke tahun. Meskipun awalnya tidak sempurna, namun akhirnya dapat diandalkan sebagai salah satu database terbaik untuk Anda yang memiliki perusahaan, tentunya sebagai penyimpanan dan tempat cadangan file penting.

Dari tahun ke tahun terdapat proses pengembangan seperti meningkatkan SQL, menambah kapasitas penyimpanan, meningkatkan performa, dan sistem lainnya yang dibutuhkan. Sehingga, saat ini NuoDB sudah memiliki performa menyimpan dan memindahkan yang cepat.

Namun dengan perkembangan tersebut, tentu saja NuoDB juga menggaet teknologi pendukung lain, karena perlu disempurnakan lagi agar bisa diakses oleh banyak perangkat. Teknologi itu adalah google cloud dan Microsoft azure. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi perusahaan.

4. VoltDB

VoltDB

Database terakhir yang bisa diandalkan untuk perusahaan adalah VoltDB. Sistem ini mendukung SQL internal sehingga performanya sangat baik. VoltDB juga termasuk salah satu sistem lama dengan pengembangan teknologi terus menerus sampai bisa menjadi sebaik ini.

VoltDB dikenalkan pada masyarakat pertama kali pada tahun 2010, namun pada tahun itu masih belum stabil. Sehingga tidak banyak orang memakainya untuk keperluan penyimpanan dan pencadangan di perusahaan. Tetapi pada tahun 2021 akhirnya sistem stabilnya sudah dirilis.

VoltDB juga menjadi database terkuat setelah sistem stabilnya rilis, karena sudah lebih dikenal dengan ketahanan atau keamanan. Jika Anda memakai VoltDB, dapat dipastikan kapasitas penyimpanan cukup untuk semua file, serta dapat diakses oleh karyawan saat dibutuhkan.

Kemudian, VoltDB juga memiliki keunggulan seperti lebih tahan lama jika dibandingkan dengan lainnya. VoltDB terus melakukan pencatatan terhadap apa yang dilakukan oleh sistemnya. Sehingga tidak mungkin tidak ada kegiatan yang tidak dicatat, serta filenya pasti tidak hilang.

Dengan jaminan seperti itu, tentu saja banyak orang ingin memakainya dan merasakan sendiri kenyamanan memakai VoltDB. Pemasangannya juga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Tergantung situasi dan kondisi, Anda bisa menggunakan salah satu dari jenis NewSQL databases tersebut. Jika ingin memakainya, pastikan sudah memilih jasa pemasangan teknologi terbaik yang sudah dipercaya oleh banyak masyarakat hingga kini.

PTBSB adalah salah satu jasa terbaik yang dapat diandalkan. Sudah banyak perusahaan mengandalkannya karena hasil pemasangannya tidak pernah mengecewakan.

Dapatkan layanan database terbaik dan berpengalaman bersama PT BSB melalui website ptbsb.id atau hubungi no WA dibawah ini. Untuk dapatkan layanan database terbaik dan berpengalaman, pastikan hanya memilih PT BSB.

Baca juga : Mengenal Jenis Database NoSQL dan Kelebihannya

No Comments

Post A Comment

Contact Us