Dell Server R340: Compact Powerhouse Dimensi Efisien

Dell Server R340

Dell Server R340: Compact Powerhouse Dimensi Efisien

Dell Server R340 adalah “Compact Powerhouse” yang menggabungkan kinerja tinggi dengan dimensi efisien. Artikel ini akan menyoroti bagaimana server ini menawarkan performa hebat berbentuk fisik kompak, ideal untuk ruang terbatas tanpa mengorbankan kualitas dan keandalan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi semakin canggih, semakin banyak variasi produk baru menarik bermunculan. Di mana produk tersebut dibuat dengan kualitas tinggi tapi bentuk fisiknya ideal saat dipasang, salah satunya adalah Dell Server varian R340 ini.

Desain Kompak yang Efisien Dell Server R340

Dell Server R340 dirancang dengan desain fisik kompak, memastikan penempatan yang mudah dan optimal bahkan di ruang server yang terbatas. Desain seperti ini tentu akan membuat tampilan menjadi nyaman dilihat dan terasa tidak mengganggu.

Desain produk ini berupa jeruji rak dengan warna hitam. Sedangkan tipe sasis atau rangka yang menopangnya adalah rak (1U). Dengan catatan 1U atau 1 unit memiliki ukuran 4,45 cm atau 1,75 inci.

Ukuran dimensi Dell Server R340 memiliki panjang 434 mm dengan lebar 534,496 mm. Sedangkan kemasannya memiliki berat 23.700 gram, lebar 610 mm, tinggi 254 mm dan panjang 908 mm. Produk ini memiliki versi slot PCI express 3.0.

Dell Server memiliki jumlah soket USB 2.0 sejumlah 1, port serial 1, soket LAN ethernet atau RJ-45 2 serta kuantitas port tipe A USB 3.2 gen 1 atau 3.1 gen 1 sejumlah 2. Perangkat ini mendukung penyuplai daya sebesar 350 W dengan dukungan RPS atau Redundand Power Supply.

Performa Tinggi Dell Server R340

Meskipun berukuran kecil, server ini memiliki prosesor tangguh dan memori yang luas untuk menangani tugas-tugas bisnis kategori berat dan aplikasi berperforma tinggi. Inilah penyebab produk Dell varian ini cocok dipakai untuk menunjang bisnis.

Performa tinggi didukung oleh jenis prosesor yang digunakan. Produk ini memiliki jenis prosesor Intel Xenon dengan model E-2124 dan nama kode Coffee Lake. Jenis prosesor Intel Xenon mendukung ECC RAM yang mempunyai kemampuan mengoreksi data rusak.

Jumlah frekuensi pendorong prosesor sebesar 4,3 GHz dengan inti sejumlah 4. Cache prosesor dimiliki perangkat ini sebesar 8 MB dengan tipe smart cache, thread prosesor 4 dan frekuensi prosesor 3,3 GHz.

Dell Server mendukung litografi prosesor 14 nm dan soket LGA 1151 atau soket H4. Perangkat ini mendukung jenis memori DDR4-SDRAM, tipe BUS DMI3 dan modus pengoperasian prosesor 64 bit. Varian DDR4 menyediakan tegangan kerja dengan jumlah lebih rendah, yaitu sebesar 1,2 volt.

DDR4 mempunyai kemampuan transfer data lebih cepat bila dibandingkan varian DDR3. Kisaran nilai transfer rate data DDR4 adalah 2133 MT/s hingga 3200 MT/s. Bukan hanya lebih dalam hal kecepatan transfer data saja, tapi juga tingkat efisiensi.

Dell Server dengan dukungan DDR4 memiliki beberapa fungsi baru meliputi CA parity, CRC dan DBI. Adanya fungsi baru berperan penting dalam upaya meningkatkan kestabilan data transmission-access.

Tidak hanya mempunyai prosesor tangguh serta memori luas saja, perangkat ini juga memiliki kualitas ketahanan tinggi bila dibandingkan varian lain, seperti Intel Core i7. Jadi, akan secara otomatis menghemat budget untuk perbaikan atau penggantian komponen baru.

Anda bisa memilih produk Dell Rack Server Poweredge R340 Intel Xeon E-2226G dari jktgadget.com. Spesifikasi lebih lanjut bisa mengetahuinya melalui link di sini.

Fleksibilitas Penyimpanan

Dell Server R340 menawarkan beragam pilihan penyimpanan, termasuk solid-state drive (SSD) yang cepat dan hard disk drive (HDD) berkapasitas besar, memungkinkan bisnis untuk memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tapi memang untuk era sekarang penggunaan SSD sebagaimana ditawarkan oleh Dell Server lebih banyak dijadikan opsi. Kedua jenis perangkat ini berfungsi sebagai penyimpan data. Bedanya, SSD menggunakan chip memory tertanam di dalam komputer secara langsung.

Sedangkan HDD bentuknya berupa cakram hitam bergerak dalam proses menyimpan data. Dari segi kecepatan memproses data, SSD lebih cepat dibandingkan HDD. HDD memiliki konsumsi energi lebih tinggi dari pada SSD yang proses kerjanya secara digital.

Hal seperti ini dapat terjadi karena gerakan cakram dari piringan pada HDD cenderung menghabiskan lebih banyak daya baterai bila dibandingkan SSD. Perbedaan lainnya dari segi batas usia penggunaan, SSD cenderung lebih lama dibandingkan HDD.

Sebab, SDD mempunyai sistem yang mampu berperan memperbaharui kualitas setiap kali melakukan pemrosesan data. Dari segi harga, tentu saja HDD lebih murah. Menariknya, ketika menggunakan Dell Server, Anda memiliki kebebasan untuk memilih varian mana.

Keamanan dan Keandalan

Dell menanamkan fitur keamanan tingkat tinggi dalam server ini, melindungi data bisnis dari ancaman dan potensi risiko keamanan. Jadi, ketika ada orang bertanya, apa kelebihan Dell Server R340?

Salah satunya adalah menjamin keamanan tingkat tinggi, sehingga berbagai data bisnis penting yang dimiliki bisa terlindung dari risiko serangan cyber. Dalam menjalankan bisnis, tentu mencari perangkat dengan fitur keamanan seperti ini menjadi aspek utama yang harus dipertimbangkan.

Salah satu fitur keamanan dimiliki adalah Inter Secure Key versi 1.0. Fitur ini merupakan penyedia penghasil nomor acak digital yang berfungsi memperkuat algoritma enkripsi.

Selain itu ada Intel AES-NI yang memungkinkan proses enkripsi serta deskripsi data secara aman sekaligus cepat. Sebenarnya masih banyak prosesor yang dipakai untuk mendukung keamanan serta keandalan Dell Server.

Di mana setiap jenisnya memiliki fungsi tersendiri dan secara keseluruhan mendukung keamanan serta keandalan perangkat satu ini dari berbagai aspek. Antara lain seperti Intel penjaga OS, Intel SGX, TSX-NI, Enhanced Halt State, Turbo Boost dan SpeedStep yang diperbaharui.

Perangkat generasi terbaru mempercepat adopsi zero trust dalam lingkungan teknologi informasi perusahaan. Perangkat nantinya akan terus melakukan verifikasi akses berdasarkan asumsi setiap pengguna maupun perangkat yang merupakan ancaman potensial.

Efisiensi Energi

Meskipun bertenaga, Dell Server varian R340 juga didesain untuk efisiensi energi yang tinggi, mengurangi konsumsi daya dan menghemat biaya operasional. Konsumsi daya produk varian ini tergolong efisien dan hemat bukan tanpa alasan.

Dukungan prosesor Intel Xeon yang dimiliki membuat Dell Server memiliki performa hemat daya. Prosesor Intel Xeon sangat membantu meningkatkan performa jaringan CDN atau pengiriman konten, mengurangi biaya serta mengurangi latensi.

Jadi, walaupun produk mampu meningkatkan kinerja serta keandalan dari segi komputasi, tetap menghemat energi. Server Dell PowerEdge mendukung fitur pembaharuan software seperti desain smart flow baru.

Hal ini membuatnya mampu meningkatkan efisiensi energi serta biaya. Fitur menarik yang mendukung optimasi daya Dell Server yaitu adanya dukungan teknologi kipas yang memiliki aliran udara rendah serta pasokan daya dengan efisiensi tinggi.

Prosesor Intel Xeon mendukung fitur dual core dengan voltase rendah. PowerEdge energy smart menawarkan platform ideal untuk virtualisasi serta konsolidasi. Hal ini membuat pengguna bisa menyimbangkan kebutuhan ruang server kapasitas besar dengan harga sama atau lebih kecil.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tidak heran bila perangkat ini begitu diminati, terutama bagi pemilik bisnis skala besar. Harga produk ada dikisaran angka 36 jutaan, tergantung dari kebijakan setiap penjual.

Apakah Anda ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga senilai demikian? Dapatkan produk Dell Server terbaik dan berkualitas di PT BSB dengan cara menghubungi melalui website ptbsb.id atau no WA.

Baca juga: Apa Itu File Server dan Apa Saja Contohnya?

No Comments

Post A Comment

Contact Us