Apa Itu File Server dan Apa Saja Contohnya?

File Server

Apa Itu File Server dan Apa Saja Contohnya?

File Server adalah perangkat keras atau lunak yang menyimpan, mengelola, dan menyediakan akses berbagi file atau data dalam jaringan komputer. Artikel ini akan membahas apa itu file server, bagaimana cara kerjanya, dan contoh-contoh file server yang umum digunakan.

Karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas akan aktivitas berbagai data baik sesama platform atau cross platform. Dengan menggunakan fitur tersebut maka pengguna dapat membagikan datanya secara mudah pada pihak kedua.

Dengan memanfaatkan teknologi Server seperti itu kita bisa menjadi bebas dalam segala hal. Mulai dari bisnis, pendidikan, sampai riset akan sangat bergantung pada bagaimana kecepatan sekaligus kemudahan dalam berbagi.

Jika Anda ingin memahami lebih dalam Kami sudah menyediakan segmen secara rinci untuk membahasnya. Akan diberikan contoh juga sehingga para pengguna awam dapat semakin mudah memahami teknologi ini.

Apa Itu File Server?

tugas dari web server

File Server adalah perangkat keras atau lunak yang menyimpan, mengelola, dan menyediakan akses berbagi file atau data dalam jaringan komputer, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berbagi data dari lokasi yang berbeda.

Banyak orang juga menanyakan apa saja contoh file server? yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai jenis layanan seperti ini tergantung pada basis sistem digunakan pada mesin atau kebutuhannya.

Mulai dari basis windows, linux, apple, sampai cloud semua dapat kita pakai dengan mudah. Kami sudah menyediakan segmen tersendiri guna membahasnya sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Para pengguna awam biasanya menganggap bahwa teknologi peladen berbasis pembagian data hanya untuk arsitektur jaringan saja. Namun sebenarnya ada berbagai fungsi penting yang juga krusial seperti pembagian data.

Melakukan pembagian data menjadi salah satu faktor penting dalam aktivitas jaringan. Mulai dari kebutuhan bisnis, pendidikan, sampai riset pasti akan membutuhkan fitur seperti itu.

Jadi kemampuan data sharing antara satu pengguna dengan lainnya akan menjadi fokus utama. Pengguna juga bebas menentukan platform digunakan apakah masih berada dalam satu sistem operasi atau berbeda.

Para pengguna awam juga kadang menanyakan apa tujuan dari file server? Dalam sebuah arsitektur jaringan komunikasi. Selain pembagian data, ini juga berfungsi untuk membuat komunikasi antar dua mesin atau lebih menjadi lebih mudah.

Dengan memahami fundamental seperti ini setidaknya konsep arsitektur dapat dimengerti oleh pengguna awam. Tidak rumit sebenarnya selama kita belum masuk pada tahap teknikal arsitektur jaringannya.

Contoh File Server?

aplikasi web server

Pada segmen ini Kami akan menjelaskan beberapa contoh peladen yang sering digunakan. Mulai dari sistem operasi windows sampai cloud agar para pengguna awam lebih memahami bagaimana konsep kerjanya.

1. Windows File Server

Apabila Anda penasaran apa itu file server windows akan Kami jelaskan secara detail disini. Pada dasarnya sistem peladen tersebut menggunakan sistem operasi berbasis windows saat digunakan.

Peladen tersebut bertugas sebagai pihak ketiga untuk perantara pertukaran data antara para klien. Bisa juga client meminta akses dari peladen agar memiliki kredensial khusus guna melakukan aktivitas dengan hirarki lebih tinggi.

Untuk membuat jenis peladen ini kita membutuhkan device dengan spesifikasi cukup mumpuni. Karena dari sistem operasinya sendiri sudah cukup berat sehingga demand untuk bekerja otomatis tinggi.

Meskipun sistem operasi tersebut paling banyak digunakan oleh klien namun sebagai peladen masih relatif jarang. Keandalan dari sistemnya memang sudah bagus namun ada beberapa keterbatasan tertentu.

Dari sisi arsitektur jaringan sendiri penggunaan operasi windows tidak memberikan dampak terlalu signifikan. Pengguna tetap mudah mengoperasikan terutama para user dari dalam negeri dimana lebih familiar dengan sistem operasinya.

Jika Anda tertarik untuk membuat infrastruktur jaringan menggunakan basis seperti ini pastikan menggunakan jasa profesional. Baik untuk kebutuhan bisnis atau pendidikan keandalan jaringannya akan lebih terpercaya jika menggunakan teknisi profesional.

2. Linux File Server

Ini adalah sistem file sharing yang disediakan oleh sistem operasi berbasis linux. Di Indonesia kebanyakan orang awam tidak pernah menggunakan basis linux karena memang kurang familiar saja.

Orang lebih sering menggunakan windows karena sudah bundling ketika membeli device. Padahal dari sisi ekonomi sendiri basis open source seperti linux dapat menjadi salah satu solusi guna mengurangi potensi pembajakan.

Lalu apa itu file server linux secara umum yang biasa digunakan untuk kebutuhan arsitektur jaringan. Tidak jauh beda dengan windows kita masih dapat membagikan file secara mudah dalam sebuah platform.

Baik secara kabel atau nirkabel pembagian atau pertukaran data tersebut dapat dilakukan oleh pengguna. Pihak administrator dapat melakukan manajemen terkait kebijakan pertukaran data secara spesifik.

Artinya user dapat menjadi super user apabila mereka memang mengerti bagaimana tugasnya. Ini adalah salah satu kemudahan menggunakan basis linux dimana tidak ada ketergantungan pada hirarki tertentu.

Dari sisi arsitektur sendiri linux memberikan keandalan jauh lebih optimal pada saat digunakan. Bahkan saat satu peladen melayani klien dalam jumlah banyak keandalan jaringannya tetap optimal.

Bagi mereka yang memang ingin membuat sebuah infrastruktur jaringan andal di kantor bisa menggunakan linux. Namun pastikan bahwa teknisi pembuatan jaringannya sudah profesional agar hasilnya bisa optimal.

Percuma saja menggunakan basis linux namun teknisinya tidak dapat mendesain arsitektur secara optimal. Agar infrastrukturnya optimal tidak dibutuhkan biaya tinggi seperti jenis lainnya saat menggunakan linux.

3. Apple File Server

Meskipun jarang digunakan di Indonesia namun sistem operasi berbasis apple masih bisa kita temui. Jarang dipakai karena memang dari segi ekonomi kurang terjangkau bagi pengelola kelas menengah kebawah.

Jika kita berbicara standar korporasi maka akan cukup banyak ditemukan infrastruktur menggunakan basis apple. Kualitas penggunaannya juga tidak terlalu jauh berbeda dari kacamata seorang user.

Mari kita lihat apa itu file server apple secara lebih luas lagi agar mengetahui seperti apa potensinya. Banyak orang awam masih sering meragukan keandalan dari basis sistem tersebut saat digunakan dalam arsitektur jaringan.

Padahal dari segi kualitas sebenarnya sama saja bagusnya seperti linux dimana mampu mengakomodasi klien dalam jumlah banyak. Stabilitas peladen juga cukup tinggi pada saat stress testing sampai pada tahap terjadi galat.

Oleh sebab itu untuk kebutuhan perkantoran antara linux dan apple memang menjadi dua kandidat terbaik. Kita bisa menemukan banyak kemudahan dan fleksibilitas dalam mendesain arsitektur jaringannya secara bebas.

Bahkan apabila akan diintegrasikan dengan cloud jelas akan semakin optimal lagi bagi para pengguna. Disinilah edge apple dimana mereka mampu memberikan keandalan dalam basis jaringan lokal maupun cloud.

4. Cloud File Server

Ini adalah bentuk peladen yang memiliki basis jaringan non lokal artinya harus terintegrasi dengan internet. Dari bentuk hardware sendiri sebenarnya sama saja hanya saja infrastrukturnya tidak berada dalam satu tempat.

Biasanya cloud akan digunakan oleh sebuah perusahaan baru yang masih belum membentuk sendiri infrastruktur jaringan. Sehingga mereka memilih menyewa dulu pada para penyedia untuk digunakan aktivitas kantoran.

Dari segi kualitas sendiri tentu saja bagus tergantung pada harga sewanya saat dipakai. Bagi perusahaan startup ini akan menjadi opsi terbaik karena bisa menunda dulu guna menganggarkan infrastruktur jaringannya.

Apabila Anda penasaran seperti apa bentuk servernya salah satu contoh adalah Asus TS100. Ini adalah bentuk fisik servernya yang bisa Anda beli secara langsung melalui link jktgadget.com.

Jika Anda memang berniat membangun jaringan sendiri untuk bisnis misalnya bisa menggunakan layanan Kami PT. BSB. Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam kebutuhan IT solution.

Jadi berbagai kebutuhan mulai dari perancangan, pemasangan, sampai maintenance dapat diberikan. Langsung saja hubungi kami via WA atau kunjungi laman ptbsb.id apabila Anda berniat membangun guna kebutuhan bisnis sampai edukasi.

Dengan menggunakan semua informasi tadi tentu sekarang Anda sudah lebih paham terkait fundamental arsitektur jaringan. Peran file server memang krusial terutama di era digital seperti sekarang guna mendukung aktivitas para pengguna.

Pelajari juga pengertian, jenis, cara kerja file server. Klik disini untuk membaca artikel tersebut.

No Comments

Post A Comment

Contact Us