Desain Rumah 3D: Menggunakan Software Apa?

Desain Rumah 3D

Desain Rumah 3D: Menggunakan Software Apa?

Membuat rancangan rumah dengan software desain rumah 3D dapat dilakukan siapapun. Perangkat lunak ini membantu merencanakan dan memvisualisasikan desain interior dan eksterior. Jadi, tambah menarik karena terlihat semakin realistis dan menarik.

Pastinya perangkat lunak semacam ini bisa dipakai membuat rumah baru maupun merenovasi. Tentu dapat membuat suatu perencanaan awal yang semakin matang. Terutama karena dibuat visualisasinya langsung sehingga mudah eksekusinya.

Pemakaian software ini memang dinilai semakin mempermudah pembuatan rumah. Terlebih mampu dipakai sederhana dan bisa dipahami semua orang. Belum lagi terdapat banyak fitur yang bisa dipakai merancang sesuai keinginan.

Software desain juga banyak disukai disebabkan tidak membutuhkan waktu lama. Mulai dari perhitungan sampai penempatan apapun dapat dilakukan lebih mudah. Artinya tidak perlu menunggu lama dan memperhitungkan dengan cara merepotkan.

Perangkat lunak untuk desain bangunan atau rumah ini memang punya banyak fitur. Jadi, memungkinkan untuk melakukan desain bahkan secara keseluruhan. Mulai dari detail terkecil sampai highlight utama kediaman dapat disiapkan.

Keunggulan dalam software ini bahkan telah diakui arsitek dan profesional pada bidang properti. Kebanyakan mereka juga telah memanfaatkan karena berhubungan dengan perkembangan zaman. Apalagi telah terbukti membantu pekerjaan mereka.

Software Desain Rumah 3D

Saat ini terdapat beberapa perangkat lunak terbaik yang bisa dipakai semua orang. Nantinya dapat dibagikan pada arsitek atau kontraktor untuk mewujudkan. Pastikan memilih yang terbaik untuk mempelajari hingga memakainya langsung.

1. AutoCAD

AutoCAD

Untuk Anda yang kuliah teknik, AutoCAD pasti dikenal sebagai software desain rumah. Apalagi banyak dipakai profesional dalam bidang teknik. Anda bisa menemukan berbagai tools terbaik yang bisa dipelajari dengan mudah.

CAD sendiri menjadi kependekan dari istilah computer-aired design dan bisa mendesain 2D maupun 3D. Produk AutoCAD termasuk tools untuk memproses banyak design kompleks. Membagikan juga mudah sehingga bagus bagi profesional.

Pemakaian software desain tambah maksimal karena fitur terbaik. Penyempurnaan fiturnya tambah menarik karena bagus pada design simple maupun sulit. Belum lagi bisa memakai bitmap sehingga bisa import Photoshop hingga Illustrator.

Pada AutoCAD, bisa menemukan struktur seperti graphic area, toolbox, status bar hingga options ribbon. Desain secara umum dapat maksimal karena target pasarnya luas. Bahkan dipakai pada arsitektur hingga desain mesin.

Kelebihan utama AutoCAD sebagai software desain rumah 3d yakni menghemat waktu. Artinya bisa produktif karena fiturnya sederhana dan ramah. Anda dapat menggunakan sarana desain maupun pengukuran tepat pada proyek.

2. SketchUp

SketchUp

Permodelan 3D mudah dibantu SketchUp karena dipakai pada teknik sipil maupun arsitektur. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2000 dan meraih beragam penghargaan. Pastinya Anda dapat menemukan versi gratisan maupun berbayar.

Produk software desain ini menyediakan berbagai tools untuk membangun ruang. Mulai dari Pencil, Ractangle, Push/Pull maupun pelengkap lainnya. Semua fitur tersebut bisa dipakai dengan bebas, kecuali jika termasuk tools berbayar.

Terdapat beberapa kelebihan dalam SketchUp seperti kemudahan untuk operasi. Bagi designer pemula mudah mencobanya karena user interface sederhana. Belum lagi terdapat berbagai pilihan komponen yang bisa diunduh untuk dipakai.

Kelebihan lainnya software desain ini adalah fitur import dan render. Mungkin kalau melihat sekilas terlihat sederhana, tapi fungsinya lengkap. Anda bisa import pada ekstensi seperti dwg, jpg, 3ds hingga pdf.

Selain itu SketchUp terbilang sebagai aplikasi ringan untuk komputer standar. Karena pemakaian tidak rumit dan sumber daya lengkap, wajar populer. Tapi ada kekurangan seperti kurang efektif dalam pembuatan model kompleks.

3. 3ds Max

3ds Max

Kepopuleran software desain berupa 3ds Max terbilang sangat besar menurut penggunanya. Terlebih dijadikan perangkat lunak grafik vektor 3 dimensi sekaligus animasi. Dibuat Autodesk Media and Entertainment yang terbilang dipercaya.

Perangkat lunak ini pertama kali dikenalkan pada 2005 dan semakin luas dalam pemakaiannya. Penyebabnya karena pemakaian platform Microsoft Windows. Kemudian semakin meyakinkan dari kemampuannya untuk editing arsitektur plugin.

Terdapat beberapa kelebihan dimiliki software desain ini seperti membuat objek virtual 3D. Pastinya bentuk yang dibuat tersebut diubah sesuai keinginan user. Jika ingin membuat rancangan rumah tentunya semakin sederhana dengannya.

Selain itu 3ds Max mampu memberikan suatu kesan material hampir sama dengan aslinya. Misalnya apabila ingin menambahkan material bebatuan, kayu hingga tanah. Semuanya dapat disesuaikan sehingga lebih sebanding dengan keinginan.

3ds Max sebagai software desain rumah tidak kalah menarik karena memberi berbagai efek. Mulai dari bayangan, pencahayaan sampai kabut. Jika ingin menjalankan proses animasi juga digerakkan dan diatur tanpa masalah.

4. Revit

Revit

Teknologi yang dimiliki oleh Revit terbilang berkelas dan diakui ahli sampai praktisi. Tidak heran apabila arsitek, drafter hingga pelaksana konstruksi memakainya. Apalagi menjadi software perancang virtual building berkualitas.

Saat ini banyak pertanyaan tentang desain rumah pakai software apa? Revit terbilang menjadi pilihan bagus karena elemen bangunan sesungguhnya akan dipakai. Jadi, bisa menjawab kebutuhan desain atau konstruksi bangunan.

Untuk virtual building pada Revit terbilang baik karena dibuat secara virtual. Meski begitu sayangnya tidak menggunakan garis melainkan bangunan langsung. Tapi terbantu karena terdapat objek yang lengkap dengan informasi teknis.

Sebagai software desain, kemudahannya bagus dalam membentuk berbagai macam objek. Artinya dapat membantu seorang arsitek merancang bangunan seunik mungkin. Bahkan dilengkapi tools yang efektif membangun desain tidak umum.

Kelebihan lainnya Revit yakni dapat mengurangi kendala kinerja tim. Selain itu kalau membutuhkan revisi, tidak menjadi masalah karena hemat waktu maupun tenaga. Produksi gambar juga dilakukan cepat sekaligus cukup presisi.

5. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D

Untuk software desain populer lainnya yang ampuh membantu merancang rumah yakni Sweet Home 3D. Perangkat lunak ini dikembangkan SourceForge.net. Pastinya bisa membantu dari tahap pembangunan bahkan peletakan perabotan.

Selain itu bukan hanya menyediakan format 3D, melainkan 2D. Anda bisa menemukan banyak fitur dasar dapat diandalkan. Tentunya menarik dicoba karena bisa membantu menciptakan blue print yang terbilang jelas.

Bantuan software desain ini bisa membuat dapur, ruang keluarga atau kamar semakin jelas. Bahkan sambil merancang bagian halaman depan dan belakang. Bahkan hanya memanfaatkan keyboard dan mouse bisa memaksimalkan rancangan.

Anda dapat menemukan 75 jenis furniture bisa ditambahkan pada kediaman. Semua furniture ini bisa Anda organisir sesuai penempatan yang diinginkan. Belum lagi dilengkapi sistem customisasi terbaik sehingga ide semakin kreatif.

User dapat mewujudkan visual terbaik pada kediaman dengan software desain. Pengguna dengan mudahnya melakukan rotasi maupun menambahkan teks panjang lebar. Belum lagi bisa ditambahkan foto atau video yang sama persis.

Apabila Anda tertarik memiliki software desain rumah tentunya tidak mustahil. Apalagi ptbsb.id dapat membantu Anda untuk developing perangkat lunak terbaik. Bahkan bisa melebihi kualitas maupun kemampuan dibanding software sudah ada.

Kami adalah layanan terpercaya dan berpengalaman yang diandalkan klien. Terlebih punya berbagai solusi dan pemecahan masalah untuk memaksimalkan suatu perangkat lunak. Kemudian dijamin efektif menciptakan software desain impian.

Hubungilah admin kami via WA untuk informasi dan konsultasi lebih panjang. Kami siap membantu menyiapkan perangkat lunak berkualitas tinggi. Dapatkan jasa pembuatan software terbaik dan berpengalaman bersama PT BS di https://www.ptbsb.id/.

Baca juga : 5 PC Desain Grafis Terbaik untuk Perusahaan Design

No Comments

Post A Comment

Contact Us