DNS Server: Definisi dan Kegunaannya dalam Jaringan IT

DNS Server

DNS Server: Definisi dan Kegunaannya dalam Jaringan IT

Domain Name System Server atau DNS Server adalah perangkat lunak atau hardware yang berfungsi untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Dalam artikel ini, akan dibahas definisi DNS dan kegunaannya dalam jaringan IT.

Penggunaan jenis peladen seperti ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam menemukan domain sebuah laman. Jadi kita tidak perlu lagi mengetikkan dalam bentuk angka karena DNS sudah menerjemahkannya.

Dalam arsitektur jaringan komunikasi sendiri tujuan adanya sistem penamaan berbasis domain adalah mempermudah melakukan penggolongan. Sehingga peladen akan lebih mudah dalam menerjemahkan request dari klien menuju basis data.

Tanpa penggunaan peladen seperti ini maka beban kerja dari sistem utama tentu akan jauh lebih berat. Agar mengetahui bagaimana detail lengkapnya disini kami sudah mempersiapkan pembahasan rinci.

Apa Itu DNS Server?

DNS Server

Apa yang dimaksud dengan DNS server? DNS Server adalah perangkat lunak atau hardware yang bertugas untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses situs web atau layanan jaringan lainnya.

Banyak pengguna penasaran DNS server apa saja? Yang selama ini paling sering digunakan. Ada recursive, authoritative, primary, secondary, sampai forwarding untuk kebutuhan akses jaringan.

Secara mudahnya kita dapat menggunakan analogi bahwa DNS merupakan buku telepon untuk internet. Saat kita ingin berselancar di dunia maya sebagai pengguna tentu tidak akan mengingat dalam bentuk angka misalnya 168.199.199.1.

Manusia jelas akan mengingat apa nama domain dari alamat yang nantinya hendak dituju. Disinilah peran dari peladen untuk menerjemahkannya sehingga nanti mampu menunjukkan alamat tepat.

Lalu apa yang dimaksud dengan dns server dan kegunaan dalam dunia IT secara umum. Pada dasarnya ini adalah sebuah kamus yang bertugas menerjemahkan bentuk string ke dalam IP saat hendak mengakses sebuah jaringan.

Baik pada perangkat desktop atau HP sistem seperti ini basisnya tetap sama, tidak ada perbedaan. Jadi tidak perlu bingung membedakan bagaimana peladen antara pengguna PC atau android.

Berbagai pengembangan juga dilakukan untuk mempermudah para pengguna menemukan alamat tujuannya. Bagi pemilik situs, ini jelas akan mempermudah akses karena para calon pengunjung dapat mudah mengingatnya.

Tanpa penggunaan sistem seperti ini tentu saja berselancar di dunia maya akan menjadi sangat lambat. Pengguna masih harus melakukan handshake sendiri, otorisasi, kemudian pengembalian request.

Cara Kerja DNS server?

DNS Server

DNS bekerja dengan mengirimkan permintaan ke server DNS lainnya, kemudian menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP dan mengirimkan kembali informasi tersebut ke pengguna.

Tidak hanya memahami apa yang dimaksud dengan dns server untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya. Agar lebih jelas Akan kami jelaskan tahapnya satu demi satu sehingga para pemula mampu memahaminya.

1. Pengecekan cache

Ini adalah tahap paling awal dalam penerjemahan alamat dalam bentuk string menjadi format IP. Tahap ini berfungsi untuk menanyakan apakah mesin sudah pernah mengunjungi laman tersebut atau belum.

2. Pengecekan peladen akar

Apabila cache tidak ada maka mesin akan menanyakan ke peladen akar yang merupakan hirarki tertinggi DNS. Mereka akan meminta informasi tentang domainnya misalnya apakah itu .com atau .org.

3. Mengecek TLD

Top level domain adalah hirarki atas dalam pengecekan apabila mesin sudah menemukan alamatnya. Misalnya kita akan mengakses google.com maka mesin akan mencari dulu di TLD apakah itu ada atau tidak.

Meskipun sepertinya proses ini cukup panjang namun durasinya hanya terhitung beberapa mili second saja. Tentu pengguna tidak akan merasakan aktivitas tersebut secara lama.

4. Pengecekan authoritative

Apabila alamatnya sudah ditemukan misalnya google.com maka peladen akan melemparkan tugasnya ke bagian authoritative. Disini mesin akan diarahkan menuju domain tujuan sesuai dengan request.

5. Pengembalian informasi

Ini adalah tahap terakhir dimana informasi request alamat akan dikembalikan pada klien. Jadi pada tampilan browser kita akan bisa masuk pada laman tujuan misalnya google.com

Kelima poin tersebut akan terjadi dalam waktu sekejap saja sehingga kita tidak merasakan aktivitasnya. Hanya dalam beberapa mili detik mesin sudah bekerja melakukan berbagai langkah agar klien dapat menerima request.

Kegunaan DNS server

DNS server

DNS Server sangat penting dalam jaringan IT karena memudahkan pengguna untuk mengakses situs web atau layanan jaringan lainnya, serta memungkinkan pengguna untuk mengelola nama domain mereka sendiri.

Hanya memahami apa yang dimaksud dengan dns server saja tidak cukup, kami akan jelaskan fungsinya. Jadi sebagai pengguna dapat memanfaatkan fitur seperti ini pada saat berselancar di dunia maya.

1. Mengubah alamat domain menjadi IP

Salah satu hal paling penting dari penggunaan jenis peladen seperti ini adalah konversi. Mesin dapat mengubah request dari pengguna dalam bentuk string menjadi kode IP.

2. Caching

Penyimpanan informasi akan dilakukan untuk mempercepat request apabila sama dengan sebelumnya. Jadi mesin tidak perlu mengecek ke TLD lagi jika memang sudah ada pada cache sebelumnya.

3. Load balancing

Bagi peladen web tentu saja load balancing akan menjadi sangat krusial perannya. Dengan load balancing web dapat mengatur seberapa deras trafik pada setiap kanal untuk menerima kunjungan.

Jika pengaturan seperti ini tidak dilakukan secara ideal maka kinerja dari web akan turun drastis. Oleh sebab itu kita menggunakan sistem domain name agar load balancing dapat terjadi.

4. Redundancy

Ini adalah peningkatan ketersediaan peladen jaringan guna menghindari terjadinya galat. Biasanya galat akan terjadi apabila kapabilitas dari peladen tidak sebanding dengan jumlah arus masuk.

5. Keamanan

Jelas salah satu aspek penting penggunaan sistem seperti ini adalah meningkatkan keamanan. Jadi berbagai bentuk serangan misalnya Ddos akan dapat dihindari oleh pemilik domain.

Kelima poin tadi sudah cukup menjelaskan kegunaan dasar dari teknologi tersebut. Jadi sebagai pengguna Anda sekarang sadar bahwa perannya dalam keandalan jaringan tidak boleh dianggap sebelah mata.

Jenis DNS server

Terdapat beberapa jenis DNS seperti DNS Resolver, DNS Root Server, DNS Authoritative, dan DNS Forwarding, masing-masing dengan fungsi dan kegunaannya sendiri.

Pada segmen terakhir ini akan kami jelaskan semuanya sehingga Anda tidak bingung dengan definisinya. Ini juga penting untuk memahami fungsi masing-masing agar mampu mengoptimalkan penggunaan.

1. Resolver

Ini adalah komponen atau infrastruktur yang berfungsi untuk menerjemahkan string menjadi IP. Resolver ini letaknya bisa pada mesin utama peladen, router, atau perangkat lain yang masih terhubung dalam jaringan.

2. Root

Root merupakan hirarki tertinggi dalam pengalamatan sebuah laman berbasis jaringan. Di dunia ini ada 13 peladen utama yang masuk dalam kategori akar atau root mulai dari .com, .org, .edu, dan lainnya.

Meskipun jumlahnya hanya 13 namun kemampuannya dalam melayani request dari klien tidak boleh dianggap sebelah mata. Pembaruan, maintenance, dan pengujian keandalan terus dilakukan guna meningkatkan efektivitasnya.

3. Authoritative

Disini proses penyimpanan segmen data tertentu akan terjadi sehingga mempercepat akses terhadap request pengguna. Sistem authoritative akan langsung memberikan lampu hijau ketika request dimasukkan oleh pengguna benar.

4. Forwarding

Apabila request ke kanal tertentu tidak menemukan hasil maka harus mencari ke kanal lainnya. Disinilah tugas forwarding ketika request dari klien tidak dapat ditemukan oleh mesin.

Jika Anda tertarik melakukan konfigurasi server seperti ini untuk kebutuhan bisnis misalnya, langsung saja hubungi kami. PT.BSB siap memberikan layanan terbaik sebagai salah satu perusahaan IT solution terpercaya di Indonesia.

Bagi pengguna awam tidak ada salahnya memahami konsep teknikal pada jaringan. Pemahaman diatas bisa menjadi salah satu modal agar dapat menggunakan sekaligus meningkatkan keandalannya.

Kami memiliki staf ahli yang mampu memberikan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan klien. Jadi langsung saja hubungi nomor resmi kami atau kunjungi laman utama di ptbsb.id.

Pelajari juga cara konfigurasi DNS server. Klik disini untuk membaca artikel tersebut.

No Comments

Post A Comment

Contact Us