Yuk Cari Tahu Fungsi dan Contoh SAN dalam Cloud Computing

storage

Yuk Cari Tahu Fungsi dan Contoh SAN dalam Cloud Computing

Pada storage, mengenal fungsi cloud computing sebagai media penyimpanan layanan via internet. Pastinya menjadi sumber daya untuk kebutuhan aplikasi Anda. Mulai dari server, jaringan, penyimpanan data, database hingga perangkat lunak.

Apabila menyimpan dari file hard drive tentunya merepotkan bagi komputer maupun smartphone. Artinya memilih basis cloud memastikan penyimpanan lewat internet. Jadi, bisa menghemat daya, irit biaya, produktif sekaligus efisien.

Jangan lupa banyak penggunanya menyukai karena performa dan keamanan yang baik. Tidak heran apabila perusahaan besar langsung menggunakan sejak awal. Tentunya telah paham betul bagaimana fungsi penyimpanan data yang maksimal.

Penamaan storage komputasi awan sendiri disebabkan karena aksesnya remot pada awan atau ruangan virtual. Penyimpanan file atau app bisa memakai server jarak jauh. Aksesnya hanya dengan internet sehingga mudah mendapatkannya.

Salah satu bentuknya adalah SAN atau Storage Area Network. Tentunya dikenal sebagai jaringan penting yang dimanfaatkan perusahaan atau organisasi besar. Tidak menutup kemungkinan Anda juga membutuhkannya pada keperluan penting.

Artikel ini akan membahas fungsi penting Sistem Penyimpanan Area Jaringan (SAN) dalam komputasi awan, serta memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana SAN digunakan dalam lingkup cloud computing.

Apa itu Sistem Penyimpanan Area Jaringan (SAN)

perangkat jaringan komputer

Inovasi penyimpanan berkembang sangat besar dan semakin dikenali karena kebutuhan tinggi. Contohnya saja SAN atau Storage Area Network pada jaringan komputer. Manfaatnya memberikan akses untuk menuju penyimpanan data.

Manfaatnya penting karena mengakses perangkat penyimpanan seperti array disk. Pastinya penyimpanan besar yang letaknya pada Data Center dan perpustakaan pita. Asalnya dari server sehingga penyimpanan muncul pada sistem operasi.

Penggunaan storage area network nantinya terpasang secara langsung. Umumnya menjadi jaringan komputer khusus perangkat penyimpanan. Artinya tidak akan terakses dari LAN sehingga tidak mengurangi bandwith yang berasal dari LAN.

SAN sebenarnya juga memberikan akses penyimpanan tingkat blok. Belum lagi tersedia penyimpanan tingkat file berupa clustered file system. Implementasi yang banyak ditemukan adalah pada berbagai perusahaan kelas menengah atas.

Pada dasarnya untuk tujuan penggunaan SAN adalah sebagai penyimpanan data maupun file. Tapi bisa digunakan dalam jangka panjang atau pendek sesuai kebutuhan. Biasanya ada penyesuaian kembali dengan keperluan perusahaan.

Sementara itu SAN storage pastinya disertai dengan beberapa komponen penting. Mulai dari Host Layer, Fabric Layer hingga Storage Layer. Masing-masing punya fungsi atau kemampuan khusus membantu penyimpanan yang ingin dilakukan.

SAN juga punya perangkat jaringan tersendiri dan dapat berupa SAN Switch. Kalau melihat dari isinya terdapat penyimpanan data saling berhubungan. Contohnya array disk dengan kemampuan JBODS, SAN hingga perpustakaan pita.

Fungsi Utama SAN dalam Cloud Computing

software cloud computing

Manfaat storage SAN berguna untuk komputasi awan supaya dapat bekerja lebih baik. Tentunya proses mengalokasikan sumber daya penyimpanan semakin maksimal. Hal ini terbukti karena setiap fungsi utamanya berjalan dengan baik.

Salah satu fungsi terbaik SAN adalah kemampuannya yang sangat fleksibel. Pastinya memiliki bukti mampu menyesuaikan dengan berbagai keadaan dalam komputasi awan. Penyimpanan bisa ditambahkan dan tidak terbatas dayanya.

Artinya sebagai storage, tidak hanya digunakan sesuai dengan daya awalnya saja. Melainkan ada kepastian penambahan bisa lebih lentur dan menyesuaikan diri. Pastinya berguna menggambarkan kelenturan penyimpanan data lebih baik.

Tidak kalah pentingnya Anda akan menemukan fungsi skalabilitas yang berguna. Tentu disebutkan juga sebagai keterluasan kemampuan sistem, jaringan maupun proses. Terutama dalam menangani penambahan beban yang suatu saat diberikan.

Pada dasarnya untuk potensi penambahan storage akan selalu terjadi. Tidak heran apabila perlu terdapat skalabilitas tepat supaya meningkatkan kemampuan penambahan beban. Anda tidak perlu merasa khawatir atau kurang tenang.

Fungsi selanjutnya yakni dapat memastikan apabila penyimpanan punya kinerja andal. Pastinya begitu berguna karena ada pemantauan dan pengendalian kerjanya. Proses penyelarasan secara strategis juga dilakukan dengan maksimal.

Kemampuan handal dalam storage area network begitu bermanfaat karena memiliki indikator kinerja baik. Setiap sistem dan perangkat akan digunakan dengan baik. Walaupun suatu saat terdapat masalah, tetap memastikan kinerjanya baik.

Keuntungan Penggunaan SAN dalam Cloud

Cloud Databases

SAN yang dipakai pada cloud storage penting karena memberikan berbagai keuntungan. Misalnya adalah meningkatkan kinerja atau efisiensi yang dimiliki. Penyimpanan data yang Anda lakukan disini dapat bekerja dengan performa baik.

Keuntungan utama yang langsung Anda temukan memang perluasan kapasitas. Artinya jika sebelumnya kehabisan atau kepenuhan data, bukan berarti tidak bisa dipakai. Melainkan meluaskan kembali dengan SAN karena penambahan yang baru.

Perkembangan kebutuhan storage area network di cloud computing terbilang dapat semakin tinggi. Walaupun sebelumnya memiliki daya besar, bukan berarti tidak mungkin penuh. Melainkan suatu masa akan kehabisan sehingga harus berkembang.

Tapi tidak sulit karena SAN mampu membantunya tambah mudah. Cloud yang sedang Anda urus ini segera diperluas secara otomatis. Jadi, mampu memastikan agar bisa menyimpan data penting perusahaan tanpa kesulitan.

Sebenarnya storage dengan SAN begitu baik karena memiliki akses tercepat. Belum lagi bisa melakukan pemulihan bencana yang jauh lebih baik. Selain itu memastikan penyimpanan selalu terpusat dan tidak berisiko.

Demi mengurangi risiko dan masalah, artinya implementasi sistem keamanan wajib dilaksanakan. Tentunya memiliki kekuatan terkuat akan melindungi datanya. Akses tidak sah yang berusaha dilakukan seseorang tidak mungkin terjadi.

Pastinya menjadi pertanda apabila keamanan storage mampu terlaksana dalam waktu lama. Penggunaan SAN pada cloud tidak terkalahkan karena implementasi yang benar. Termasuk memastikan masalah dan biaya mampu Anda atasi maksimal.

Contoh Penerapan SAN dalam Cloud Computing

Jika Anda mencari contoh storage area network tentunya banyak dan mudah sekali ditemukan. Tidak menutup kemungkinan sudah pernah memakainya sebelumnya. Tapi tidak sadar apabila telah menggunakan SAN dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah jika host kehabisan disk space. Nantinya SAN akan mengalokasikan storage lebih banyak untuk host tersebut. Tentunya terhubung dengan Fiber Channel sehingga dapat bekerja membantu disk space.

Pada dasarnya storage area network menjadi teknologi komunikasi dengan kecepatan tinggi. Inilah alasannya membuat SAN punya jaringan dedicated dengan platform-independent. Operasinya adalah belakang server sehingga maksimal.

Berkaitan dengan fungsi penerapan pada cloud computing telah terbukti dari banyak perusahaan besar. Mereka melakukan integrasi SAN untuk lingkungan cloudnya. Tentu membantu untuk meningkatkan kinerja maupun efisiensi penyimpanannya.

Penggunaan pada cloud computing storage terbilang semakin penting. Terutama apabila terdapat penyimpanan file yang sedang kehabisan data. Nantinya dapat diganti dengan SAN sehingga tidak bermasalah dan bisa disimpan kemudian.

Jika Anda membutuhkan sistem SAN, pastikan hanya menggunakan layanan terbaik dari ptbsb.id. Pastinya memiliki pengalaman banyak dan terjamin memuaskan. Anda bisa langsung menghubungi WA dibawah ini untuk menikmati.

Nantinya akan dibantu perencanaan kebutuhan produk sampai anggaran yang dibutuhkan sehingga detail. Lalu bisa mencari tahu juga mengenai informasi storage are network dan keuntungannya. Klik untuk baca artikel berikut ini di sini.

Pada dasarnya ptbsb.id memiliki dukungan handal dari teknologi dan ahli IT profesional. Bahkan punya pemeliharaan proaktif beserta dukungan reaktif. Tentunya menjamin budaya penyiapan storage untuk keperluan akan terjamin.

Baca juga : Bahas Tuntas 3 Tipe Cloud Databases dan Fungsinya

No Comments

Post A Comment

Contact Us