Ini Dia 7 Penyebab Server Down dan Cara Mengatasinya

server down

Ini Dia 7 Penyebab Server Down dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab server down yang sudah seharusnya Anda pahami jika menggunakannya. Bisa saja karena beberapa alasan, server yang sedang dipakai tiba – tiba mengalami down dan menyebabkan tidak bisa dipakai atau bahkan digunakan sama sekali.

Mungkin saja Anda pernah mengalami hal tersebut. Contoh kecilnya adalah ketika ingin membuka pengumuman kelulusan masuk perguruan tinggi, karena ada banyak orang lain yang ingin membukanya, maka menyebabkan web yang diakses tersebut menjadi sangat lambat.

Padahal Anda juga sudah memastikan koneksi internetnya lancar. Jika keadaannya seperti ini, maka penyebab yang paling mungkin adalah server down. Namun tidak semua orang tahu apa penyebab lain selain digunakan oleh banyak yang menyebabkan servernya jadi down ini.

Jika Anda masih belum banyak tahu tentang hal ini, sebaiknya Anda mempelajari dulu apa saja penyebabnya dan pastikan juga sudah memahami bagaimana solusinya. Tujuannya adalah agar ketika mendapat masalah ini, Anda sudah bisa menanganinya dengan tepat dan benar.

Baca juga : Yuk Mengenal Manfaat dan Cara Kerja dari Mail Server

 

7 Penyebab Utama Server Down

Tidak mungkin sebuah server bisa eror secara tiba – tiba tanpa ada penyebabnya. Semua eror yang terjadi pada sebuah sistem, program, aplikasi dan sejenisnya sudah pasti karena ada masalah lain. Banyak orang bertanya apa yang dimaksud dengan masalah server?

Masalah ini membuat orang tidak bisa mengakses atau kesulitan mengakses webnya. Hal ini sudah pasti membuat pusing, mengingat website jika bisa jangan sampai down sama sekali. Bahkan ada juga web yang eror sementara namun sudah menimbulkan banyak kerugian.

Ketika terjadi masalah seperti ini, coba perkirakan apa penyebabnya dan lakukan solusinya. Namun memperkirakan apa penyebab server down tidak bisa dilakukan tanpa memahami beberapa penjelasan tentang penyebabnya berikut ini.

1.  Kualitas Hostingnya Tidak Bagus

Penyebab utama paling mungkin adalah kualitas hostingnya memang kurang bagus. Kualitas server tentu akan sangat mempengaruhi bagaimana performa servernya. Jika semuanya sudah dicek dan tidak ada masalah, maka Anda harus mencurigai down server karena kualitas hosting.

Itu sebabnya sangat penting menyewa hosting paling berkualitas. Anda bisa mendapatkannya dari jktgadget.com. Tentunya dengan harga terbaik namun kualitasnya tetap sangat bagus. Jadi ketika server down karena kualitas hosting, pastikan mengantisipasi sejak awal dengan produk bagus.

Atau jika sudah terlanjur membeli servernya dengan kualitas tidak bagus, Anda harus mencoba menggantinya. Hal ini karena jika servernya saja sudah banyak masalah sejak awal, maka mungkin saja keamanannya tidak terjamin. Kondisi seperti itu tentu jauh lebih berbahaya.

Selain harus menggunakan hostingpaling berkualitas, Anda juga harus memakai perangkat canggih dan berkualitas seperti HP laptop elit dragonfly. Tentunya perangkat seperti ini bisa didapatkan dengan mudah di jktgadget.com.

HP laptop elit dragonfly didukung dengan windows 11 dan kapasitas memori 1 TB. Besar RAMnya adalah 16 GB yang memungkinkan Anda membuka program apapun.

HP Laptop Elitebook DragonFly Gen3 Notebook Bisnis Kerja Sekolah Murah Jakarta

2. Mendapat Serangan Hacker

Banyak orang bertanya kenapa web bisa eror? Selain karena tidak ada koneksi internet, maka kemungkinan lainnya ada serangan hacker yang membuatnya servernya menjadi jelek. Di saat seperti ini, kemungkinan besar Anda harus siap dengan kehilangan data – data paling penting.

Namun sebenarnya hal ini bisa saja diatasi sejak awal jika Anda memikirkannya. Caranya adalah dengan mendapatkan perlindungan berupa keamanan ekstra pada perusahaan penyedia, tujuannya adalah untuk menghindari data – data hilang karena dicuri atau diretas oleh hacker.

Tetapi server down karena serangan hacker bisa saja baru disadari saat sudah kebobolan. Namun jika Anda sejak awal sudah memiliki hosting paling berkualitas, maka kebobolan atau kemungkinan diserang hacker ini menjadi lebih kecil. Sehingga Anda bisa tenang saja.

 

3. Mati Listrik

Siapa sangka ternyata penyebab paling sepele yang sering dilupakan adalah mati listrik. Ketika sudah mati listrik, maka wajar saja jika servernya menjadi down. Hal ini karena tidak ada asupan listrik yang didapatkan servernya agar bisa terus menyala untuk digunakan oleh pemiliknya.

Server down karena mati listrik tentu bisa diatasi. Caranya adalah dengan memperhatikan apakah listriknya masih memiliki saldo token yang bisa membuatnya bertahan. Atau cara lainnya adalah dengan menyiapkan generator sejak awal, jadi bisa langsung menyala otomatis.

Memang jalan paling aman adalah dengan memiliki generator. Dengan adanya benda ini, Anda juga tidak akan takut datanya tiba – tiba hilang atau servernya tidak bisa beroperasi. Itu sebabnya pemilik server yang jumlah pengunjungnya banyak, harus memiliki generator itu.

4. Traffic Sangat Penuh

Banyak juga orang bertanya server down karena apa. Penyebab utama yang cukup mungkin lainnya adalah traffic sangat penuh. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan bahwa konten di dalam sebuah web sedang viral atau banyak dikunjungi orang, sehingga servernya jadi down.

Contohnya adalah ketika Anda membuat web kabar berita yang sedang hangat dibicarakan masyarakat Indonesia. Masyarakat menjadi penasaran dan membaca informasinya di web tersebut. Jika jumlah pembacanya sangat banyak, maka bisa saja website menjadi lambat.

Tentu saja ada cara mengatasi yang bisa dilakukan ketika server down. Caranya adalah dengan memakai hosting paling berkualitas, karena jika memakai yang paling berkualitas sudah pasti servernya baik – baik saja, bahkan ketika ada banyak sekali pengunjung di webnya.

5. IP Akses Diblokir

Penyebab lainnya adalah IP akses diblokir. Setiap server sudah pasti memiliki IP address untuk mengakses servernya. Baik servernya menyewa atau milik pribadi, tentu semuanya memiliki IP address. Namun jika ini sudah diblokir, tentu saja webnya menjadi tidak bisa dipakai lagi.

IP akses diblokir biasanya terjadi karena ada kegiatan yang mencurigakan, sehingga sebagai bentuk perlindungan akhirnya IP address akan diblokir. Setelah diblokir, tidak heran juga jika terjadi server down. Namun biasanya hal ini bisa diperbaiki dengan mudah.

Solusi agar IP akses tidak diblokir adalah dengan tidak melakukan Tindakan mencurigakan dengan servernya. Hal ini karena sistem akan langsung memblokir tanpa mengetahui siapa pelakunya. Pokoknya jika ada aktivitas mencurigakan tentu akan langsung diblokir.

 

6. Ada Aplikasi Bajakan

Server down juga bisa saja terjadi karena ada aplikasi bajakan di dalam servernya. Sebaiknya Anda tidak memakai aplikasi bajakan sama sekali ketika menyewa atau memakai server dalam skala besar. Adanya aplikasi bajakan membuat servernya berusaha mempertahankan diri.

Itu sebabnya jauhi aplikasi bajakan dan jangan sampai ada di dalam servernya. Aplikasi bajakan biasanya tidak legal atau tidak ada izin resmi. Hal ini akan mudah terbaca oleh teknologi, sehingga sudah pasti servernya akan merasa terancam dan mencoba melindungi akun Anda.

 

7. Bencana Alam atau Natural Disaster

Sedangkan kemungkinan paling terakhir adalah adanya bencana alam atau natural disaster. Bencana alam bisa saja terjadi secara tiba – tiba dan menghancurkan servernya. Jadi sebaiknya Anda selalu berhati – hati ketika memiliki alatnya secara langsung.

Setelah memahami apa saja penyebab dan solusi yang bisa dilakukan, Anda harus berusaha melindungi servernya dan hanya membeli hosting berkualitas. Hosting berkualitas yang sangat memudahkan hidup ini dapat dibeli di perusahaan PTBSB.

PTBSB selalu menyediakan hosting terbaik untuk perusahaan atau lainnya. Anda bisa memesannya agar bisa menghindari server down melalui website ptbsb.id atau no WA.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Server SSH dan Cara Menggunakannya

No Comments

Post A Comment

Contact Us