Yuk Mengenal Manfaat dan Cara Kerja dari Mail Server

Yuk Mengenal Manfaat dan Cara Kerja dari Mail Server

Mail server merupakan sebuah program yang dibuat agar Anda bisa mengirim dan menerima pesan email dengan mudah. Program ini sebenarnya sudah mulai dicetuskan sejak dulu. Tentunya saat ini sudah semakin terkenal dan banyak sekali digunakan oleh masyarakat.

Kini selain bertukar pesan memakai sosial media dan SMA, orang – orang juga banyak memakai email. Bahkan kini program tersebut sering disebut dengan program untuk bertukar pesan dengan cara yang sangat formal. Sehingga tidak heran jika sering dipakai melamar pekerjaan.

Dahulu, mengirim pesan selalu dilakukan melalui tukang pos. Bahkan di zaman masih belum ada tukang pos, pengiriman pesan dilakukan melalui burung merpati. Namun karena kini teknologi sudah semakin canggih, maka mulai diluncurkan mail server yang lebih modern.

Anda pasti memahami bagaimana pengiriman dan penerimaan email dilakukan. Kelihatannya proses mengirim dan menerima ini sangat simple, hanya perlu koneksi internet. Namun sebenarnya dibalik semua itu ada cara kerja yang sedikit rumit hanya untuk mengirim pesan.

 

Baca juga : Berikut Pengertian dan Fungsi dari Proxy Server

 

3 Manfaat dari Mail Server

Pengiriman pesan kini sudah semakin mudah dilakukan. Untuk melakukannya, Anda haya perlu mengunduh aplikasi pendukungnya. Misalnya gmail yang sangat terkenal. Sebelum memahami bagaimana cara kerja mail server? Anda harus tahu apa saja manfaat utamanya.

1. Mengelola Pesan Keluar dan Masuk

Mengelola pesan keluar dan masuk adalah manfaat utamanya. Pengelolaan dalam hal ini berarti mail server akan memasukkan pesan masuk pada inbox dan pesan keluar di outbox. Hal ini akan sangat memudahkan Anda memahami mana yang baru saja diterima dan dikirimkan.

Pengelolaan ini juga mengatur agar pesannya masuk ke dalam kategori masing – masing. Ada yang masuk ke dalam draft, dibintangi dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki gmail atau aplikasi sejenisnya, pasti sudah memahami manfaat utama ini karena sering merasakannya.

2. Mengatur Proses Respon

Kemudian mail server juga bermanfaat untuk mengatur respon yang diberikan oleh pemilik email. Bahkan sudah ada teknologi terbaru yang dapat mengkoreksi tulisan. Misalnya ada salah ketik atau typo, nantinya akan digarisi merah dan ada opsi perbaikan kata yang salah ketik.

Mengatur proses respon menjadi salah satu bantuan penting bagi pengguna email. Jadi Anda bisa merespon emailnya satu per satu, kemudian menandai apa saja pesan yang ingin hanya dibaca saja atau ingin merespon namun balasannya akan dikirimkan di lain waktu.

3. Software yang Mendukung Email

Apakah gmail termasuk mail server? Tentu saja jawabannya benar. Gmail adalah salah satu contoh paling kongkrit untuk menggambarkan server ini. Dengan adanya server ini, semua orang bisa memakai software yang memungkinkan Anda mengirim pesan dengan memakai aplikasi.

Pemakaian gmail saat ini tidak hanya sebatas di laptop saja, namun juga di HP. Namun jika Anda ingin mendapatkan pengalaman terbaik mengirimkan email melalui laptop, coba gunakan asus DUF dash yang bisa dibeli dengan mudah melalui jktgadget.com.

Asus Tuf Dash memiliki kapasitas memori 512 GB dan RAM 16 GB. Dilengkapi dengan dukungan windows 10 membuat pengalaman mengirim pesan menjadi lebih nyaman.

Setelah memahami apa saja manfaat utamanya, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara kerjanya. Jadi jangan hanya memahami apa saja manfaatnya, namun harus tahu cara kerja dibalik kemudahan bertukar pesan dengan server hebat ini.

 

6 Cara Kerja Mail Server

Setiap server pasti memiliki cara kerjanya masing – masing tergantung pada kegunaan servernya. Teknologi atau server yang memudahkan manusia sebenarnya mengandung cara kerja yang sedikit rumit. Sama halnya dengan email.

Apa saja jenis – jenis mail server? Ada beberapa jenis tergantung pada program utamanya. Misalnya untuk linux memakai jenis sendmail, dan lain sebagainya. Namun secara umum, semua cara kerja dari server ini sama. Pahami beberapa cara kerjanya berikut ini.

1. Mengirimkan Pesan

Tentu saja cara kerja pertamanya adalah dengan mengirimkan pesan. Jadi Anda harus memilih terlebih dahulu siapa penerima emailnya, kemudian menuliskan isi pesannya. Setelah itu baru Anda mengirim pesannya dengan cara klik send atau kirim yang biasanya terletak di bawah.

Sekilas pesannya akan langsung sampai pada penerima, itulah cara kerja email yang biasanya Anda lihat secara umum. Namun sebenarnya masih ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh pesannya itu sendiri.

2. Email Penerima Berhubungan dengan Server SMTP

Pengiriman email berhubungan erat dengan server SMTP. Server ini berfungsi untuk menyerahkan alamat, penerima, isi dan lampiran emailnya. Tahap kedua dari mail server ini seolah memberikan informasi pada penerima bahwa ada yang mau mengiriminya pesan.

Jika diibaratkan, server SMTP seperti tukang pos di dunia nyata. SMTP bertugas memberikan informasi mengenai pengirim pesannya sebelum pesannya benar – benar diantarkan pada penerima. Setelah itu akan ada tahapan lanjutan, jadi tahap ini bukan tahap terakhir.

3. Emailnya Akan Diproses

Selanjutnya mail server akan memproses email. Proses email ini dilakukan dengan sangat cepat. Itu sebabnya meskipun ada beberapa cara kerja, namun email tetap akan terkirim dengan cepat. Namun syaratnya adalah memiliki koneksi internet lancar.

Proses ini diibaratkan seperti tukang pos yang sedang mengantarkan pesannya. Namun tahap ini juga masih belum berakhir atau masih belum selesai diterima oleh penerima. Sebelum akhirnya benar – benar diterima oleh penerima, masih ada tahap lainnya yang perlu dilewati.

4. Server SMPT Pengirim Berhubungan dengan DNS

Kemudian SMPT masih akan berhubungan dengan DNS atau sistem yang akan memeriksa IP address. Jadi sebelum pesannya diterima oleh penerima, DNS akan memeriksa IP address penerimanya terlebih dahulu. Dipastikan IP addressnya memang tersedia di sistem.

Jika tidak ada tahap ini dalam mail server, maka pesannya bisa saja salah alamat. Jadi secara tidak langsung, pemeriksaan IP address ini berpengaruh langsung pada ketepatan pengiriman email.

Sejauh ini pasti Anda tidak pernah menemukan ada salah kirim email. Bahkan yang paling memungkinkan ada salah kirim email ini adalah karena pengirim salah menuliskan penerimanya.

5. Email Terhubung dengan SMTP

Email akan terhubung dengan SMTP setelah mendapatkan informasi bahwa alamat IP penerima pesannya sudah benar. Sehingga sudah tidak mungkin ada salah kirim pesannya ke penerima lain.

Proses mail server pada tahap ini sudah mendekati terakhir. Setelahnya baru ada pemindaian pesan sebelum benar – benar disampaikan pada penerima.

6. SMTP Akan Memindai Pesan

SMTP akan memindai pesan sebelum masuk ke dalam email penerima. Setelah dipindai, barulah pesannya akan dimasukkan ke dalam kotak masuk. Nanti penerima hanya perlu membuka menu kotak masuk untuk melihat pesan baru tersebut.

Serangkaian cara kerja dari program ini memang selalu tidak terlihat. Apalagi selama ini, Anda hanya melihat bahwa pengiriman email sangat cepat. Bahkan terkadang tidak sampai 3 detik hanya untuk mengirimkan pesannya.

Hal ini menunjukkan bahwa semua rangkaian cara kerja benar – benar dilakukan dengan cepat. Terutama karena adanya teknologi canggih yang mendukung hal tersebut. Kini Anda hanya perlu menunggu dengan santai tanpa membutuhkan waktu lama.

Anda juga bisa menerapkan program ini untuk berbagai keperluan. Namun pasti membutuhkan kemampuan yang sangat mumpuni di bidang software. Anda bisa mengandalkan PT BSB untuk memanfaatkan mail server, segera hubungi  via WA jika membutuhkannya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Server SSH dan Cara Menggunakannya

No Comments

Post A Comment

Contact Us