IT Solution Service untuk Kemajuan Bisnis Transportasi

It solution service

IT Solution Service untuk Kemajuan Bisnis Transportasi

IT solution service sangat penting perannya dalam bidang transportasi. Transportasi diperlukan manusia untuk keperluan mobilisasi. Baik belajar, bekerja, liburan, perjalanan Ibadah dan lain sebagainya.

Setiap bidang kehidupan yang berkaitan dengan kepentingan manusia saat ini sudah difasilitasi oleh teknologi informasi. Sehingga semakin banyak pemanfaatan mesin menggantikan tenaga manusia.

Dalam transportasi juga demikian adanya, semakin canggih dan terintegrasi untuk berbagai keperluan mobilitas masyarakat. Sehingga bukan hanya menciptakan sarana perjalanan cepat saja tetapi menjamin keamanan serta tentu saja lebih hemat biaya.

Ada banyak dukungan nyata dari IT solution untuk menciptakan kemajuan signifikan di bidang transportasi. Ini bukan saja menguntungkan para pelaku bisnis tetapi konsumen juga pemerintah.

6 Peran IT Solution Service dalam Bisnis Transportasi

teknologi informasi

Bidang transportasi adalah salah satu yang terus mengalami inovasi menuju ke arah perbaikan menyeluruh. Perbaikan ini tidak lepas dari peran IT solution service. Berikut ini adalah perannya dalam kemajuan bisnis transportasi.

1. Meningkatkan Produktivitas Sistem Pengguna Transportasi

Adanya kemajuan dan perkembangan teknologi yang diimplementasikan dalam bisnis angkutan darat, laut maupun udara secara signifikan mampu meningkatkan produktivitas pengguna.

Jarak dan waktu seolah bukan lagi jadi kendala untuk belajar maupun bekerja. Sebagai contoh, mahasiswa yang menekuni suatu bidang keilmuan dan harus menempuh pendidikan di luar negeri.

Saat ini sudah semakin mudah dilakukan karena jalur transportasi udara yang cepat dan aman. Sehingga banyak sekali mahasiswa Indonesia yang memilih kuliah di luar negeri demi mendapatkan pendidikan berkualitas sesuai passion.

IT solution service disini sangat menguntungkan bagi konsumen transportasi. Dimana jarak puluhan ribu kilometer dapat ditempuh hanya dalam beberapa jam saja. Bahkan pengguna bisa menentukan sendiri kapan ingin melakukan perjalanan tersebut.

Hal serupa dirasakan oleh para pekerja, pebisnis dan profesional. Saat diperlukan untuk kunjungan ke luar pulau atau luar negeri misalnya, bisa langsung dilakukan dalam waktu cepat.

Tidak perlu menunggu berhari-hari karena lamanya perjalanan. Bahkan untuk pebisnis, IT solution website sudah jadi partner sehari-hari. Karena diperlukannya memantau setiap layanan yang barangkali akan dibutuhkan.

Meningkatnya produktivitas pengguna atau konsumen ini secara langsung akan meningkatkan angka penjualan layanan transportasi. Pebisnis yang bergerak dalam bidang ini mendapatkan untung secara berkesinambungan.

Terlebih dengan penyediaan layanan terintegrasi dengan fasilitas online, pengguna akan semakin mendapatkan kemudahan. Misalnya pemesanan tiket perjalanan, pemilihan jadwal keberangkatan, pemesanan tiket kepulangan serta layanan tambahan lainnya.

2. Meningkatkan Keselamatan Transportasi

Keselamatan dunia transportasi menjadi isu yang terus jadi perbincangan. Banyaknya human error, faktor cuaca, kegagalan mesin dan sebagainya masih menjadi permasalahan yang banyak ditemui hingga saat ini.

IT solution service memberikan alternatif solusi terbaik untuk hal ini. Bukan hanya untuk fasilitas transportasi udara saja, namun juga laut dan darat. Dimana alat pengangkutan masa seperti pesawat dan kapal tidak luput dari risiko keselamatan.

Perusahaan bisnis alat angkutan ini perlu memaksimalkan kinerja dari sistem teknologi informasi. Dalam hal ini mungkin akan dibutuhkan anggaran lebih besar, namun hasil yang didapat juga seimbang.

Dimana jaminan keselamatan yang diberikan akan meningkatkan kredibilitas perusahaan dan kepercayaan konsumen. Kepuasan konsumen selanjutnya akan meningkatkan rating bisnis dan menjadikannya besar.

Contoh penerapannya adalah sistem navigasi yang lebih memadai. Ini merupakan salah satu pekerjaan dari IT solution provider. Sistem navigasi akan membantu memberi arahan dan informasi terkait kondisi sekitar.

Sistem ini sudah banyak digunakan untuk pesawat dan kapal. Sehingga pilot maupun nahkoda bisa mengetahui kondisi cuaca serta peluang untuk melanjutkan perjalanan berdasarkan berbagai matriks keselamatan.

IT solution service juga dapat diterapkan dalam bisnis perjalanan darat. Misalnya sistem navigasi untuk bus pariwisata dengan petunjuk rute serta map menuju lokasi wisata. Juga informasi mengenai kondisi jalan apakah macet, banjir, berlubang, berliku dan sebagainya.

Dari informasi kondisi cuaca maupun jalanan sebelum mulai perjalanan tersebut, baik di darat, udara maupun laut bisa diantisipasi risiko kecelakaan. Dengan demikian pebisnis transportasi dapat memberikan jaminan keselamatan secara optimal.

3. Meningkatkan Efisiensi Sistem Transportasi

IT solution service bagi bisnis transportasi membantu meningkatkan efisiensi. Salah satu contohnya adalah penggunaan inovasi bahan bakar yang lebih efisien. Kualitas oktan bahan bakar fosil semakin meningkat karena dukungan teknologi dalam pengolahannya.

Pada saat digunakan untuk bahan bakar kendaraan darat konsumsinya jadi lebih efisien. Jarak tempuh lebih jauh dengan jaminan perawatan mesin lebih baik. Bagi pebisnis bidang transportasi tentu ini sangat menguntungkan.

Contoh bagi pebisnis travel agen. Menyediakan bermacam jenis armada darat dengan berbagai spesifikasi dan kapasitasnya sudah tidak terkendala lagi dengan penentuan tarif. Sehingga mudah menarik calon konsumen.

Pebisnis dalam hal ini masih bisa mendapatkan keuntungan meski menaikkan sedikit biaya paket perjalanan mengikuti peningkatan harga tiap tahun. Efisiensi lainnya yang juga dihasilkan dari IT solution service adalah kelengkapan fitur berbagai alat transportasi.

Seperti sistem pengereman anti slip, lampu hemat energi, fitur hiburan dan sistem keamanan yang lebih memadai. Dengan adanya inovasi seperti ini, pengguna jasa dari bisnis transportasi jadi semakin nyaman.

Bisnis yang dijalankan jadi lebih mudah melakukan ekspansi. Misalnya memperbanyak trayek perjalanan, menambah paket liburan wisata, menambah jenis armada dan lain sebagainya. Pastinya menghasilkan keuntungan dari efisiensi IT solution service tersebut.

4. Meningkatkan Mobilitas dan Aksesibilitas

Mobilitas serta aksesibilitas semakin tinggi dengan pemanfaatan teknologi terkini. Bukan hanya untuk kendaraan pribadi saja namun juga moda transportasi umum seperti bus, angkutan kecil dan sebagainya.

Bisnis perjalanan semakin menjangkau untuk wilayah pelosok yang jauh dari perkotaan karena peran dari IT solution service. Contoh yang paling fenomenal saat ini adalah ojek online.

Sebelumnya ojek memiliki jangkauan terbatas. Untuk wilayah perkampungan hanya menjangkau dalam jarak dekat dan umumnya melewati rute sama setiap harinya. Ojek perkampungan lebih banyak disediakan oleh motor dengan tariff relative mahal.

Kemudian muncul perusahaan startup yang tentunya sudah terintegrasi dengan IT solution and services company, hadir lebih inovatif. Menggunakan sistem navigasi terpadu yang menjangkau jarak lebih jauh namun biaya tetap murah.

Jika ojek perkotaan biasanya hanya untuk mengantar penumpang untuk area perumahan dalam kota serta perkantoran saja, berbeda dengan ojek online. Melayani penumpang sampai jarak maksimal 75 km.

Menjemput dan mengantar dari perkotaan menuju area perkampungan atau sebaliknya tetap difasilitasi. Termasuk untuk rute baru yang masih asing bagi driver. Hal ini bukan lagi jadi kendala karena didukung teknologi oleh IT solution service.

Bahkan dalam menggunakan layanan tersebut tidak perlu mendatangi driver atau lokasi pangkalan. Cukup membuka aplikasi kemudian melakukan pemesanan secara online. Bahkan untuk lokasi penjemputan dan tujuan perjalanan bisa langsung dipilih.

Tanpa diinformasikan langsung oleh konsumen, driver dan pihak pengelola jasa ojek online sudah tahu ke mana harus menjemput dan mengantar penumpang. Sistem seperti ini lebih praktis dibanding konvensional.

Tidak sampai disitu saja, peran IT solution service bahkan menyediakan fasilitas pembayaran secara online di platform yang sama. Lebih aman dan hemat karena penumpang tidak perlu mengeluarkan uang cash.

Kedepannya, bukan hanya layanan perjalanan darat saja yang bisa difasilitasi dari bisnis transportasi. Tetapi juga alat transportasi udara, khususnya untuk daerah kota besar dimana jalan darat rawan macet pada jam kantor.

Untuk menunjang pekerjaan kantor, pastinya Anda juga membutuhkan gadget untuk mempermudahkan setiap pekerjaan. Untuk itu Anda bisa memilih produk laptop atau PC yang berkulitas dari jktgadget.com.

5. Meningkatkan Antar Moda Koneksi Transportasi

IT solution service juga mendukung terkoneksinya antar moda transportasi. Sehingga lebih hemat waktu dan biaya bagi pengguna. Contoh, untuk menggunakan fasilitas pesawat, dimana penumpang harus datang ke bandara.

Saat ini sudah banyak tersedia angkutan umum maupun busway menuju bandara meski jumlah trayeknya terbatas. Namun bandara sendiri bisa dijangkau dari berbagai lokasi menggunakan angkutan umum meski harus berganti-ganti.

Sama halnya dengan stasiun, tidak perlu menggunakan ojek konvensional atau online. Meski lokasinya tidak berada pada jalur angkutan umum di tengah kota, namun akses menuju stasiun sudah terintegrasi dengan jalur berbagai angkutan.

Tidak hanya itu, saat ini jalur antara stasiun, terminal dan bandara bahkan sudah terintegrasi lebih praktis menggunakan IT solution service. Di terminal bus Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta api melalui mesin, kemudian untuk menuju stasiun bisa menggunakan bus.

Dari stasiun, Anda bisa langsung menuju bandara tanpa harus keluar dan menggunakan angkutan darat seperti bus atau taksi. Salah satu contohnya adalah kereta bandara dari stasiun solo balapan menuju bandara Yogyakarta International Airport di Jogja.

Ada banyak contoh koneksi antar moda transportasi umum yang mudah ditemui. Peran teknologi dalam bisnis angkutan ini diakui semakin memudahkan aktivitas dan mobilitas masyarakat dari berbagai kalangan.

6. Mempromosikan Tanggung Jawab Lingkungan dengan Menghemat Penggunaan Energi

Peran IT solution service berikutnya adalah dalam inovasi yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan. Yaitu penggunaan bahan bakar bersih untuk menurunkan konsentrasi emisi gas karbon di udara.

Hal ini merupakan terobosan yang dilakukan sebagai komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan. Sebab penggunaan bahan bakar fosil secara massif secara signifikan meningkatkan efek rumah kaca, lebih lanjut menyebabkan pemanasan global.

Salah satu promosi tanggung jawab lingkungan ini adalah munculnya mobil listrik. Mobil lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas buangan. Sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara.

Selain mengurangi pencemaran udara, energi listrik merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui. Berbeda dengan bahan bakar fosil atau minyak bumi yang semakin lama tereksploitasi akan semakin habis dan tidak dapat segera diperbarui.

Sumber listrik sendiri dapat dihasilkan dari sumber tenaga abadi yaitu matahari. Teknologi yang saat ini sudah banyak digunakan dan semakin dikembangkan adalah panel tenaga surya.

Apabila teknologi ini dapat diimplementasikan secara luas, maka bukan tidak mungkin para pemilik mobil listrik bisa mencukupi kebutuhan bahan bakar sendiri. Sebab sumber utamanya tidak pernah habis dan selalu ada setiap hari.

Bisnis transportasi semakin menguntungkan baik bagi perusahaan, konsumen, pemerintah serta lingkungan sekitar. Ini merupakan kemajuan yang hingga saat ini masih terus jadi isu dalam inovasi teknologi.

Jika Anda adalah pebisnis transportasi, sudah saatnya mulai mempertimbangkan pemanfaatan layanan dari IT solution dari PTBSB demi kemajuan usaha. Ada banyak layanan tersedia menyesuaikan kebutuhan serta level usaha.

Anda dapat memaksimalkan profit bisnis bersama PTBSB dengan mengunjungi website ptbsb.id atau kontak langsung kami via WA. Dapatkan konsultasi gratis terkait keperluan IT solution service untuk kemajuan bisnis transportasi Anda.

Jika sedang mencari layanan IT Solution terbaik, kunjungi website ptbsb.id atau hubungi via WA.

Baca juga : Tips Memilih Spesifikasi Server Komputer untuk Kantormu

No Comments

Post A Comment

Contact Us