Tips Memilih Spesifikasi Server Komputer untuk Kantormu

Tips Memilih Spesifikasi Server Komputer untuk Kantormu

Salah satu kebutuhan penting bagi kantor adalah server dan tentu saja spesifikasi server harus dibedakan dengan komputer untuk digunakan karyawan. Komputer untuk server atau peladen harus memiliki spesifikasi tinggi, karena memiliki banyak fungsi.

Salah satunya sebagai penyimpanan data berupa dokumen, gambar, maupun file lainnya. Jadi, harus memiliki spesifikasi memadai, dari perangkat keras maupun lunaknya. Oleh sebab itu, tidak bisa sembarangan dalam memilih produknya.

Lalu produk bagaimana harus dipilih agar pemanfaatannya dapat optimal? Kali ini, kami ingin berbagi beberapa tips untuk memilih spesifikasi komputer peladen yang tepat untuk kantor Anda.

 

4 Tips Memilih Spesifikasi Server Komputer Kantor

Perusahaan Penyedia Server Komputer

Menentukan komputer peladen kantor tidak semudah memilih komputer untuk diri sendiri maupun yang digunakan gaming. Sebab peladen akan menjadi otak dari semua komputer di kantor atau perusahaan.

Jadi, harus mencari yang punya kemampuan optimal dan memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Namun, kebutuhan setiap perusahaan berbeda, ada yang membutuhkan kecepatan, keakuratan data, atau penyimpanan besar.

Oleh sebab itu, tidak bisa disamaratakan bahwa setiap perusahaan memilih spesifikasi yang sama. Karena itulah ada jenis-jenis server sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan atau instansi.

Apa saja komputer server? Jenisnya ada beragam, mulai dari peladen web, mail, database, DHCP, proxy, FTP, file, hingga khusus untuk game. Karena itu, memilihnya harus benar-benar teliti. Berikut beberapa tips jika ingin menemukan komputer server yang digunakan di kantor Anda:

1. Memahami Apa yang Menjadi Kebutuhan Kantor

Langkah pertama dalam menemukan komputer yang tepat sebagai pusat data di kantor adalah memahami kebutuhan utama perusahaan. Sebab ada perbedaan kebutuhan pada masing-masing kantor, bahkan masing-masing divisi juga tidak bisa disamakan.

Dengan menilai apa saja kebutuhan pokok di kantor, bisa menyesuaikan dengan spesifikasi server, jumlahnya, juga perangkat tambahan untuk melengkapinya.

Sebagai contoh bagian keuangan membutuhkan jumlah perangkat sama dengan jumlah staf di bagian tersebut. Sebab satu staf harus bekerja dengan satu komputer. Spesifikasinya harus mampu digunakan mengolah data dengan cepat.

Selain itu, juga harus memiliki ruang penyimpanan besar dan dapat diintegrasikan dengan banyak klien sekaligus. Jadi, pilihan spesifikasi server harus bisa memenuhi kebutuhan tersebut agar pekerjaan bagian keuangan bisa berjalan dengan optimal.

Harus diatur juga satu peladen akan melayani berapa klien, karena apabila terlalu banyak klien yang dilayani akan memperlambat kinerjanya. Misalnya, satu peladen melayani 10 klien. Jika ada lebih dari 10 komputer, maka dibutuhkan lebih dari satu peladen.

Saat pengadaan juga perlu diperhatikan bahwa spesifikasi server harus lebih tinggi dibandingkan komputer klien. Setidaknya, harus memiliki penyimpanan lebih besar dan kecepatan pengolahan data lebih tinggi.

Untuk pilihan jenis servernya adalah:

  • Server aplikasi, apabila kebutuhan utama adalah media penyimpanan aplikasi yang dapat diakses seluruh komputer klien. Biasanya digunakan pada perusahaan atau instansi berskala besar.
  • Data server, yaitu peladen yang berfungsi menyediakan layanan pengolahan data bagi komputer klien.
  • Mail server, yaitu komputer untuk menjalankan perangkat lunak peladen pesan.
  • Web, yaitu server untuk menerima permintaan melalui protocol HTTPS atau HTTP.

2. Menyiapkan Kemungkinan Perubahan di Masa Depan

Dalam satu dekade terakhir perubahan dalam dunia IT berkembang dengan pesat. Teknologi baru ditemukan sehingga teknologi lama menjadi usang. Lalu apakah perusahaan harus mengikuti perubahan ini terus menerus.

Jika mengikuti perkembangan IT dan produk barunya, maka perusahaan harus berganti perangkat dari waktu ke waktu. Hal ini tentu akan menyusahkan, terutama karena harus melakukan migrasi data.

Jadi, apa yang harus dilakukan? Kuncinya adalah mempersiapkan spesifikasi server yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Setidaknya, teknologi yang digunakan dapat bertahan selama 5 tahun.

Dengan demikian, selama 5 tahun ke depan tidak perlu memikirkan mengganti perangkat yang digunakan. Mungkin tetap melakukan penyesuaian-penyesuaian yang dibutuhkan, tapi tidak terlalu banyak.

Selain itu, pastikan bahwa kebutuhan akan selalu berbeda dari waktu kewaktu. Inilah sebabnya mengapa spesifikasi komputer untuk masing-masing kebutuhan berbeda? Agar bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan dan kegunaannya.

Pemilihan perangkat harus benar-benar cermat dan jangan tergiur dengan teknologi baru yang belum teruji. Lebih baik menggunakan teknologi terdahulu asalkan hasilnya teruji dan memang bisa memenuhi kebutuhan.

Apalagi untuk spesifikasi server jangan pelit dan fokuskan pemanfaatannya dalam jangka waktu panjang. Jika memungkinkan pilih yang fleksibel sehingga mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

3. Pastikan Memilih Server yang Memiliki Kualitas Bagus

Hal penting berikutnya adalah jangan sampai menyia-nyiakan anggaran dengan produk berkualitas rendah. Pastikan memilih perangkat dengan kualitas bagus, bukan hanya memandang mereknya saja.

Pastikan komputer server sudah teruji dan memiliki kualitas yang baik. Karena akan sangat berpengaruh kepada kinerjanya. Kualitas akan memberikan pengoptimalan server saat dijalankan.

Jangan memilih spesifikasi server dengan pemikiran menghemat anggaran. Berhemat boleh, tapi pastikan kualitas perangkatnya tetap mengambil yang terbaik sesuai kebutuhan. Sebab optimalisasi di bagian ini memengaruhi kinerja keseluruhan.

Semakin bagus kualitas servernya, maka makin optimal juga kinerja dari setiap komputer klien. Jika kinerja servernya kurang bagus, maka akan menghambat kinerja dan memperlambat kerja. Hasilnya, perusahaan juga yang akan merugi.

Agar mendapatkan spesifikasi server yang bagus, anggaran juga tidak boleh sedikit. Pastikan perusahaan menyediakan anggaran cukup besar untuk kebutuhan ini dan memberikan tugas pada orang berpengetahuan agar bisa memilih produk yang tepat.

Jika tidak memungkinkan memilih produk sendiri, maka bisa meminta bantuan pihak ketiga yaitu pihak pemberi layanan penyediaan perangkat server. Bukan hanya penyediaan perangkat, juga melayani pemeliharaan dan perbaikan jika diperlukan.

4. Pilihan Produk Harus Tepat

Lanjut ke tips berikutnya yaitu memerhatikan pilihan produk. Ada banyak produsen menawarkan produk-produk komputer server dan perangkatnya, jadi tugas memilih produk ini akan semakin sulit.

Untuk itu pilih saja produk yang berkualitas dari dari jktgadget.com. Anda bisa melihat produk yang sesuai dengan kebutuhan melalui website tersebut.

Pertama-tama harus membandingkan masing-masing produk dan pastikan kualitas untuk server serta klien memiliki spesifikasi berbeda. Komputer klien tidak perlu spesifikasi yang melebihi server.

Sebab tugas peladen lebih berat karena melayani banyak klien. Jadi, harus dilengkapi dengan perangkat keras pendukung yang mumpuni. Inilah yang menyebabkan mengapa spesifikasi server harus lebih tinggi dari spesifikasi client.

Coba lihat contoh spesifikasi berikut:

  • Dell Rack Server Poweredge R440 Intel Xeon 4208.
  • Memori: 8GB
  • Kapasitas penyimpanan: 1.2TB HDD SAS | DOS.

DELL Rack Server R440 Desktop Bisnis perusahaan Intel Xeon

Ini merupakan spesifikasi server yang tepat untuk penggunaan di kantor. Selain itu, juga harus memiliki 4 macam ports, yaitu USB 2.0 dan 3.0 ports, microfon dan headphone ports, external serial ports, dan VGA ports.

Untuk sistem operasinya ada beberapa jenis dapat dipilih yaitu Windows Server2008 atau 2012, RedHat Enterprise Server, CentOS, VMware, atau CitrixSenter. Jangan lupa lengkapi dengan power supply minimal single 500W plus Bronze.

Memilih komputer untuk server memang bukan tugas mudah, karena ada banyak hal perlu dipertimbangkan. Apabila terjadi kesalahan, risikonya juga cukup tinggi karena berpengaruh pada kinerja keseluruhan kantor.

Oleh sebab itu, pemilihan perangkat untuk kebutuhan kantor ini lebih baik diserahkan kepada ahlinya. Misalnya pada bagian IT yang sudah berpengalaman atau meminta bantuan pihak ekstern perusahaan.

Anda bisa meminta bantuan pihak penyedia layanan peladen seperti PT Bersatu Selaras Bersama atau PT BSB. PT BSB menyediakan produk-produk komputer spesifikasi server terbaik dan teruji, juga memberikan bantuan konsultasi agar klien mendapatkan sesuai kebutuhannya.

Jika sedang mencari layanan penyedia server komputer terbaik, kunjungi website ptbsb.id atau no WA.

Baca juga: PT BSB: Apa itu Server? Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

No Comments

Post A Comment

Contact Us