Jenis Proxy Server yang Penting untuk Diketahui

Jenis Proxy Server

Jenis Proxy Server yang Penting untuk Diketahui

Di era modern seperti sekarang tentunya terminologi seperti server atau peladen akan sering kita temui. Namun ternyata banyak orang belum mengerti seperti apa sebenarnya definisi atau bahkan fungsinya dan jenis Proxy Server.

Oleh sebab itu dalam pembahasan kali ini Kami ingin menjelaskannya sehingga orang awam menjadi paham. Karena keberadaan device tersebut tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan modern seperti sekarang.

Hampir setiap aspek kehidupan yang berhubungan dengan jaringan komunikasi pasti memakai sistem tersebut. Tanpa pemahaman terkait apa dan bagaimana fungsinya jelas para pengguna akan semakin kesulitan.

Jadi kami akan menjelaskan basic dari device ini sehingga pengguna dapat memahaminya secara mudah. Langsung saja simak di segmen selanjutnya agar Anda menjadi lebih tahu terkait dunia teknologi jaringan komunikasi modern.

Apa itu Proxy Server?

proxy server

Proxy server adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk meneruskan permintaan dan respon antara komputer klien dan internet. Jadi antara pengguna dengan sumber dapat melakukan integrasi secara optimal.

Kemudian orang juga bingung terkait apa yang dimaksud server? Karena jenisnya ada banyak. Namun secara umum peladen sendiri adalah sebuah device yang bertugas menghubungkan antara user dengan pusat pengumpulan data.

Jadi ketika kita mengakses internet misalnya sebagai seorang pengguna, untuk mengakses situs tertentu pasti ada peladen. Jaringan device tersebut akan bertugas untuk mengarahkan handshake agar bisa sampai pada keinginan user.

Misalnya saat kita ingin mengakses situs berita menggunakan jaringan internet poin pertama kita lewati adalah proxy. Biasanya itu berbentuk forward proxy dimana perannya adalah sebagai pihak ketiga penghubung.

Jadi apa itu proxy server adalah sebuah jaringan device yang memiliki tugas untuk meneruskan permintaan antara pusat data dengan klien. Arsitektur dari jaringannya juga bisa beraneka ragam tergantung pada kebutuhan.

Dengan adanya arsitektur jaringan seperti itu maka kita dapat mengakses berbagai situs seperti sekarang. Tanpa adanya arsitektur dan juga pengembangan secara optimal tentu pengguna tidak akan mudah melakukan akses.

Perlu diakui bahwa tidak semua pengguna memahami apa itu proxy server secara terminologi teknis. Karena memang pengguna awam sendiri tidak perlu harus masuk ke ranah lebih jauh terkait arsitektur jaringannya.

Dengan penjelasan singkat tersebut tentu sekarang Anda sudah lebih paham terkait bagaimana fundamentalnya. Sebagai pengguna memang tidak perlu tahu sampai lebih jauh namun setidaknya bisa mengerti secara garis besarnya.

Jenis Proxy Server

DELL TOWER SERVER POWEREDGE T550

Pada segmen ini kami akan menjelaskan apa saja jenis proxy server yang biasa digunakan di lingkup jaringan. Apabila Anda memang tertarik dalam dunia jaringan seperti ini tentu cukup penting agar nantinya mampu menentukan mana opsi paling tepat.

1. Forward proxy

Ini sudah sedikit kami singgung pada segmen apa itu proxy server di pembahasan sebelumnya. Secara garis besar tugasnya adalah sebagai orang ketiga yang menengahi aktivitas handshake antara user dengan pusat data.

Tujuan adanya arsitektur jaringan seperti ini adalah mempermudah filter dan pengaturan trafik. Ini juga menjadi salah satu solusi sederhana apabila koneksi internet di daerah tersebut memang relatif lambat.

Sehingga pihak peladen akan menyimpan beberapa aktivitas paling sering dikunjungi oleh para pengguna. Hal tersebut sering disebut dengan cache sehingga saat mengakses laman sama misalnya akan lebih cepat terbuka.

Dengan menggunakan arsitektur seperti itu maka pengguna akan merasa lebih nyaman saat mengakses jaringannya. Kemudian dari segi anonimitas sendiri sangat mudah diperoleh bagi para penggunanya.

Dari sisi arsitektur sendiri biasanya jenis ini digunakan di depan peladen tunggal. Misalnya pada instansi tertentu dimana aksesnya hanya dapat diperoleh para anggota atau karyawan terkait.

2. Reverse proxy

Dari sudut pandang umum sebenarnya varian server ini juga tetap sama dengan sebelumnya. Hanya saja dari sisi arsitektur ada perbedaan dimana posisinya digunakan untuk menghubungkan antara peladen jaringan dengan user.

Tentu akan timbul pertanyaan mengapa tidak menggunakan jenis forward saja seperti sebelumnya. Karena ada perbedaan dari sisi trafik dan juga filter terhadap siapa saja yang mampu mengakses pusat data.

Jika sebelumnya hanya dapat menjadi perantara peladen tunggal, disini peladennya berbentuk jaringan. Sehingga ada beberapa device bekerja secara berkesinambungan dan diperantarai oleh satu perangkat saja.

Disini peran reverse proxy melakukan load balancing untuk menyeimbangkan penggunaan bandwidth dari setiap jaringannya. Jika jaringannya tidak kita seimbangkan tentu saja akan membuat load semakin kurang optimal.

3. Open proxy

Open proxy adalah sebuah perangkat yang dapat kita gunakan untuk melakukan handshake dengan basis data. Perbedaannya terletak pada perizinannya dimana saat menggunakannya semua orang bisa bebas akses.

Hal ini sering digunakan bagi pengguna untuk menyembunyikan identitasnya secara anonim ketika mengakses basis data. Meskipun kelihatannya memudahkan namun ini adalah jenis server yang lebih baik Anda hindari.

Karena kita tidak tahu siapa pembuat, pengelola, dan pemantau trafik melewati sistem arsitektur jaringan tersebut. Bisa saja ketika kita menggunakannya identitas pengguna justru dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu penggunaan open proxy juga selalu identik dengan aktivitas ilegal sehingga sering masuk dalam daftar hitam. Bagi user awam kami sarankan berhati-hati saat memilih open proxy ketika berselancar di dunia maya.

Memang benar kita dapat menggunakannya untuk mengakses secara bebas namun risiko juga tetap tinggi. Jadi gunakan secara bijaksana dan jangan sampai memakainya untuk kegiatan ilegal.

4. Transparent proxy

Dari segi arsitekturnya transparent proxy ini memiliki posisi hampir sama dengan jenis reverse. Tugasnya tetap sama yaitu mengarahkan pengguna pada request yang mereka minta.

Perbedaannya adalah varian server ini user atau klien tidak perlu melakukan konfigurasi tambahan saat mengakses. Dari sudut pandang pengguna jelas lebih nyaman karena fleksibilitas akses menjadi lebih tinggi.

Namun masalahnya adalah saat konfigurasi dari varian ini tidak dibuat secara stabil maka hasilnya jelas akan buruk. Oleh sebab itu biasanya teknisi dengan kemampuan terbatas sering menghindarinya.

Kualitasnya dalam memberikan akses internet pada pengguna memang perlu diacungi jempol. Namun itu sangat bergantung pada bagaimana konfigurasi dari sisi teknikal agar penggunaannya dapat semakin optimal.

Varian server ini juga dapat menyimpan data secara temporal dalam bentuk cache untuk meningkatkan aksesibilitas. Sehingga jika ada klien sering membuka laman tertentu misalnya maka kecepatannya akan lebih tinggi.

Ketika digunakan oleh infrastruktur dengan bandwidth terbatas tentu akan membantu mempercepat aksesnya. Selain itu bentuk tersebut juga mampu melakukan balancing pada peladen sehingga hasilnya tetap optimal.

5. SSL proxy

Secara umum sebenarnya varian server ini juga sama saja dengan lainnya dari segi arsitektur jaringan. Perbedaannya hanya terletak pada keamanan dimana ada secure socket layer untuk meningkatkan keandalan pada peladen.

Ini berfungsi untuk melindungi data pribadi pengguna misalnya kata sandi, username, dan detail lainnya. Kita bisa melihat sistem SSL diterapkan pada situs perbankan atau yang berhubungan dengan keuangan.

Dari semua jenis tadi tentu Anda penasaran seperti apa sebenarnya bentuk dari perangkat peladen. Jika penasaran salah satu contohnya adalah Dell Tower yang bisa Anda beli di jktgadget.com.

Perangkat tersebut sebenarnya hampir sama dengan desktop namun penggunaannya lebih fokus pada konfigurasi jaringan.

Dengan menggunakan semua informasi tadi tentu sekarang Anda menjadi lebih paham terkait arsitektur jaringannya. Bagi seorang pengguna pemahaman tentang server juga bisa dijadikan acuan agar paham bagaimana sistem kerjanya.

Informasi lebih lengkap terkait arsitektur jaringan peladen atau layanan untuk mendesainnya bisa langsung kunjungi ptbsb.id. Apabila Anda perlu device pendukung jaringan peladen langsung saja hubungi kami via WA.

Pelajari juga pengertian dan fungsi dari proxy server. Klik disini untuk membaca artikel tersebut.

No Comments

Post A Comment

Contact Us