Yuk Intip Jenis – Jenis Server dalam Dunia IT

Jenis Server

Yuk Intip Jenis – Jenis Server dalam Dunia IT

Server adalah salah satu perangkat terpenting dalam jaringan komputer dan internet. Jenis – jenis server pun beragam, tergantung pada fungsi atau kebutuhannya. Misalnya sebuah perusahaan butuh mengelola data atau informasi dalam jumlah besar. Mengelola dan mengolah data pada ruang penyimpanan yang besar ini bisa dilakukan dengan bantuan server.

Server sendiri adalah sebuah sistem dengan layanan khusus pada komputer dan biasanya berhubungan dengan penyimpanan data. Data yang terdapat dalam server ini terdiri dalam berbagai dokumen dan informasi yang kompleks. Layanan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang menyediakan akses informasi.

Server berperan penting dalam pengiriman dan penerimaan data dengan lebih cepat,. Bentuk fisiknya berupa sekumpulan jaringan komputer dengan ukuran cukup besar.

Jenis – Jenis Server

Setelah mengetahui pengertian dari server itu sendiri, selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis server. Berikut ini jenis  server dan penjelasannya.

1. Web Server

Jenis server yang pertama adalah web server. Web server adalah perangkat lunak yang bertugas menjalankan halaman atau situs web. Jenis  server yang satu inisering digunakan sebagai pemisah untuk pengaturan dan langkah pengolahan halaman web. Selain itu juga digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data website, seperti dokumen HTML, file CSS, dan file JavaScript.

Ketika halaman ditampilkan, web server menerima dan memproses permintaan dari browser. Hasilnya kemudian dikembalikan ke browser untuk ditampilkan. Perlu dipahami bahwa kualitas web server sangat mempengaruhi kinerja website. Namun ada banyak jenis tipe jaringan yang bisa dipilih dan digunakan.

2. Mail Server

Mail server mengacu pada jenis server yang menyediakan fasilitas untuk mengelola dan menyimpan informasi email penggunanya. Jenis – jenis server ini bahkan dapat menampung penerusan email dari pengirim ke penerima email, juga memiliki protokol khusus untuk mengirim dan menerima email.

Server email biasanya digunakan oleh pengusaha atau pebisnis karena email pemasaran (marketing) dikirim ke beberapa penerima sekaligus. Selain itu, mail server juga memiliki sistem keamanan khusus yang dapat memblokir spam yang masuk maupun yang keluar sebagai spam karena sangat mengganggu.

3. Application Server

Application server adalah perangkat yang bertanggung jawab untuk melayani setiap permintaan klien setelah terhubung ke jaringan. Komunikasi antara klien dan server aplikasi ini biasanya menggunakan protokol HTTP. Jenis – jenis server ini juga sering digunakan untuk menjalankan suatu proses atau prosedur, baik program maupun script.

Secara umum, web server digunakan untuk membuat halaman web statis, di mana informasi konten di dalamnya tidak berubah. Namun application server dapat digunakan untuk membuat situs web atau aplikasi yang lebih dinamis. Sebagian besar jenis – jenis server ini juga memiliki web server yang terintegrasi.

4. Database Server

Database server adalah sistem komputer yang menyediakan layanan akses dan ambil informasi atau data dari database. Jenis server ini banyak digunakan di perusahaan karena perannya sebagai penyimpan dan pengolah data, termasuk data para pelanggan. Akses ke server database dapat dilakukan melalui antarmuka tampilan pengguna atau perintah jarak jauh (remote shell) yang membuat koneksi langsung ke server database.

Untuk bisa mengakses jenis – jenis server ini, penggunanya harus menggunakan bahasa query yang sesuai. Salah satunya adalah Structured Query Language (SQL) yang memang sudah populer.

5. FTP Server

FTP server merupakan kepanjangan dari File Transfer Protocol server, adalah protokol internet yang memungkinkan akses ke data server melalui jaringan. Proses yang dilakukan oleh jenis server ini menggunakan kode ASCII yang sebenarnya berbahaya karena tidak dienkripsi dalam proses transfernya.

6. File Server

Jenis  server lainnya adalah file server. Jenis – jenis server ini merupakan jaringan komputer yang menyediakan akses berupas disket atau lokasi disk yang berisi gambar, musik, video, dokumen, dan lain sebagainya. Server file dirancang untuk memungkinkan penggunanya menyimpan dan mengambil data dari jarak jauh melalui workstation mereka.

7. Proxy Server

Proxy server adalah jaringan komputer yang bertindak sebagai perantara antara pengguna dengan web server. Setiap pengguna yang menggunakan internet akan melewati proxy server terlebih dahulu sebelum pergi ke web server.

8. DHCP Server

Jenis – jenis server yang terakhir adalah DHCP server yang merupakan kepanjangan dari Dynamic Host Configuration Protocol server, yaitu jenis server yang menyediakan alamat IP dan layanan penyewaan informasi TCP/IP kepada klien. Umumnya, layanan ini digunakan oleh sistem operasi seperti Windows 2000 server, Window server 2003, dan GNU/linuk. Peran jenis – jenis server ini sendiri adalah untuk memberikan layanan alamat IP ke komputer yang meminta secara otomatis.

Apa Saja Fungi Server?

Setelah mengetahui jenis – jenis server, selanjutnya kita akan membahas fungsi dari server itu sendiri. Adapun penjelasan dari fungsi server adalah sebagai berikut.

1. Melayani permintaan komputer klien.

Tugas utama server adalah melayani semua permintaan klien untuk diproses. Biasanya server menggunakan sistem iperasi yang cepat dan aman untuk mendukung fitur ini. Dengan begini, klien dapat bekerja lebih efisien dan lebih aman.

2. Penyimpanan data atau informasi.

Fungsi lainnya adalah untuk menyimpan data yang dikirim oleh klien. Informasi yang tersimpan dapat berupa dokumen dan informasi yang kompleks. Server harus memiliki kapasitas yang besar untuk menampung banyak data, sehingga klien dapat menyimpan dan menggunakan informasi yang dibagikan dengan klien lainnya.

3. Menyediakan database untuk dijalankan.

Server juga harus menyediakan database untuk penyimpanan dan pemrosesan data. Biasanya perusahaan menggunakan fitur ini untuk mengimplementasikan big data. Nantinya semua data yang tersimpan dalam database akan tersedia dan diproses oleh pengguna. Layanan ini memungkinkan banyak perusahaan untuk mengembangkan produk bisnisnya.

4. Mengatur lalu lintas transfer data atau file.

Tugas selanjutnya adalah mengatur komunikasi dan transfer data ke klien. Karena kesibukan server ini, biasanya peralatannya juga memiliki kapasitas yang besar, seperti hard dist dan RAM dengan spekulasi tinggi.

5. Perlindungan terhadap serangan kejahatan.

Tugas terakhir server adalah untuk melindungi komputer atau situs web dari serangan peretas (hacker). Setiap kali klien dimintai informasi, server akan memeriksa alamat IP dan informasi lainnya. Jika ada sesuatu uanh mencurigakan, seperti ancaman malware, server dapat memblokir akses ke alamat IP tersebut. Dengan begitu, data yang disimpan di komputer atau situs web tetap aman.

Membahas perangkat komputer, jika kamu memerlukan berbagai perangkat komputer seperti RAM dan hard disk berkualitas tinggi dan sesuai kebutuhan, kamu bisa mengunjungi situs https://www.jktgadget.com/ untuk melihat berbagai perangkat komputer, seperti PC gaming, monitor desktop, laptop, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menemukan berbagai gadget terbaik di sini.

Bagaimana Cara Kerja Server?

Sederhananya, server ini bertindak atas permintaan dari klien yang menggunakan internet. Dari sini dapat disimpulkan bahwa setiap server memiliki operasi yang hampir sama, yaitu sesuai dengan permintaan atau instruksi dari klien. Letak perbedaannya terdapat pada implementasi layanan, tugas, dan fungsi masing-masing server.

Komputer atau perangkat pengguna akan membuat permintaan informasi atau layanan ke server, lalu server memproses permintaan dan hasilnya dikembalikan ke komputer atau perangkat pengguna. Misalnya seseorang hendak membuka website Jkt Gadget.

Cukup masukkan alamat website Jkt Gadget dan browser akan meminta web server untuk informasi lengkap tentang Jkt Gadget. Server web kemudian mencari informasi identitas situs web atau alamat IP melalui server DNS. Ketika informasi alamat IP diperoleh, server mengirimkan informasi ini ke browser untuk ditampilkan.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai server, jenis – jenis server, fungsi, dan cara kerja server itu sendiri. Untuk kamu yang membutuhkan sistem dan teknologi IT, kamu bisa menggunakan layanan jasa milik Bersama Bersatu Selaras Bersama. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai solusi yang berhubungan dengan masalah IT, baik hardware maupun software, seperti server, penyimpanan, networking, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Bersatu Selaras Bersama di https://www.ptbsb.id/.

 

 

Baca juga : Kenalan Yuk Sama Macam Macam Web Server

No Comments

Post A Comment

Contact Us