Kenalan Yuk Sama Macam Macam Web Server

Macam Macam Web Server

Kenalan Yuk Sama Macam Macam Web Server

Dalam istilah komputer, macam macam web server tersedia dimana terminology server menandakan software atau hardware komputer yang menawarkan fungsionalitas. Singkat kata, server merupakan perangkat atau program yang menjalankan permintaan yang disajikan oleh jaringan.  Server  mengacu pada sistem komputer tertentu yang mendapat permintaan dari web serta mengirimkan informasi yang diminta kepada pengguna.

Server web merupakan inti dari konsep web hosting. Server web tetap terhubung ke internet dimana tiap layanan yang terhubung memiliki alamat unik tertentu. Server web memudahkan penyedia hosting dalam menangani berbagai domain pada satu server. Server web berfungsi dalam menghadirkan halaman web kepada pengguna.

Saat ada permintaan masuk ke server web, sistem yang merespons permintaan browser akan mengirimkan halaman yang diminta pengguna.  Server web dan pengiriman konten HTML menyediakan informasi halaman web seperti JavaScript, foto, video, dan konten lain dari server web. Melalui metode ini,  semua web host harus mendapatkan bantuan dari server web untuk memberikan layanan kepada pengguna.

Karena itulah, pengguna perlu mengevaluasi kebutuhan mereka sebelum memilih server web yang dapat memenuhi kebutuhan. Pengalaman menunjukkan bahwa pemilihan server web yang salah memiliki berbagai masalah, seperti gangguan layanan. Menarik untuk disimak bahwa komputer manapun dapat dikonversi ke server web dengan menginstal perangkat lunak dan server web di komputer target.

Memang, dukungan perangkat yang digunakan seperti komputer atau laptop sangatlah berpengaruh.  Pengguna harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti sistem operasi, dukungan untuk bahasa pemrograman, dan keamanan saat memilih server web. Penggunaan computer atau laptop terkini seperti yang tersedia di jktgadget.com tentu sangat berpengaruh dengan kelancaran pengembangan website.

Apa Saja Macam-Macam Server Web?

Desainer website dapat memilih berbagai jenis server web.  Server web dengan perangkat lunak dan perangkat keras berfungsi untuk melayani file HTTP yang menggunakan protokol jaringan yang berbeda, terutama HTTP (Hypertext Transport Protocol) dalam menanggapi permintaan klien.

Server web berfungsi sebagai server internet yang merespons permintaan HTTP dalam menyuguhkan konten. Server web tidak pernah terputus dari internet. Setiap server web memiliki alamat IP sendiri yang terdiri dari antara 0 dan 255. Angka-angka tersebut dipisahkan oleh tanda titik (.). Server web membantu mengelola beberapa domain pada satu server.’

Ragam web server adalah:

1. Apache

Apache merupakan adalah salah satu server web terpopuler. Apache sebagai institusi software mengembangkan web server ini  dengan rancangan dan pengembangan canggih.  Apache mendukung hampir semua sistem operasi seperti Linux, Windows, Unix FreeBSD, Mac OS X, dan sistem operasi lainnya.

Dibandingkan web server lainnya, Apache terbukti paling sangat stabil.  Pengguna pun dapat melakukan instalasi Apache di berbagai platform. Versi terbaru Apache dapat menangani lebih banyak permintaan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

 

2. Apache Tomcat

Apache Tomcat berfungsi sebagai web server. Program java yang memperluas kemampuan server web dikenal sebagai java servlet. Servlet Java dapat menanggapi semua jenis permintaan. Namun, servlet paling sering mengimplementasikan aplikasi yang dihosting di server web.  Apache Tomcat digunakan untuk menjalankan aplikasi Java.

 

3. Microsoft IIS

Server dari pengembang ternama ini merupakan server yang menawarkan fitur yang hampir sama dengan Apache.  Tetapi Microsoft IIS tidak memiliki open-source.  Karena itulah, banyak pengembang menganggap bahwa server ini cukup rumit dalam hal penambahan serta memodifikasi modul personal (personal modules).  IIS server tentunya mendukung semua platform yang berjalan di sistem operasi Windows. Sisi terbaik dari server ini adalah dukungan layanan pelanggan yang sangat professional.

 

4. Lighttpd

Web server yang satu ini terkenal di kalangan pengembang pemula karena beberapa faktor pendukungnya. Keunggulannya adalah beban CPU yang kecil, serta rendahnya pengoptimalan kecepatan serta jejak memori.  Arsitektur event-driven digunakan dan dioptimalkan untuk sejumlah besar koneksi paralel. Lighttpd mendukung Auth, FastCGI, Output-compression, URL-rewriting, SCGI, dan lebih banyak fitur.  Lighttpd khusus digunakan untuk kerangka kerja web seperti Ruby on rails dan katalis.

 

5. Nginx

Nginx merupakan server web berbasis open source.  Nginx terdiri dari server proxy IMAP/POP3. Fitur-fitur dari Nginx adalah stabilitas serta performa stabil. Terlebih, penggunaan sumber daya yang rendah serta konfigurasi yang sederhana yang membuatnya cukup popular.

Nginx tidak mempergunakan utas dalam menangani permintaan.  Sebagai alternatif, arsitektur yang digerakkan oleh permintaan berskala memaksimalkan sejumlah kecil memori yang dapat diprediksi di bawah beban yang dipergunakan.  Saat ini, banyak perusahaan web hosting telah menggunakan server Nginx.

 

6. LiteSpeed Web Server

Populer dengan sebutan LSWS, server ini juga cukup populer serta menjadi web server komersial. LiteSpeed menawarkan performa yang canggih dengan biaya sangat rendah. Web server ini kompatibel dengan fitur Apache seperti  .htaccess, mod_rewrite, dan mod_security.  LiteSpeed berkemampuan untuk membawa file konfigurasi apache secara cepat. Selain itu, LiteSpeed berfungsi sebagai  pengganti drop untuk hampir semua panel kontrol hosting. LSWS dapat menggantikan semua fungsi Apache.

 

7. js

Jenis web server ini merupakan salah satu yang berada pada JavaScript sisi server yang dipergunakan untuk aplikasi jaringan seperti server web. Node.js sedikit berbeda dari web server pada umumnya. Node.Js adalah lingkungan lintas platform yang dapat membangun aplikasi jaringan besar. Node.js dapat menciptakan program untuk melakukan I/O asinkron.  Optimasi skalabilitas dalam aplikasi web dapat dimanfaatkan melalui Node.js dimana para server ini sering digunakan untuk menjalankan komunikasi real-time dan game berbasis browser web.

Apa Kriteria dari Penyedia Web Server Terbaik?

Saat ini, calon pengembang website dapat menemukan berbagai jenis server web.  Mereka dapat memanfaatkan web server untuk berbagai hal seperti hosting aplikasi web serta desktop.  Tentu, memilih jasa hosting terbaik adalah solusi untuk mendapatkan hasil maksimal. Biasanya, jasa hosting dengan reputasi apik terhubung dengan HTS Hosting serta hosting integrasi dengan Windows, hosting server khusus, dan paket hosting web lainnya.

Calon pengembang web tentu harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih jasa hosting.  Hal pertama yang harus dimiliki oleh penyedia web server terbaik adalah teknologi server tercanggih. Dengan demikian, kebutuhan klien yang bergerak di berbagai bisnis, baik besar ataupun kecil, terpenuhi.

Tidak hanya itu, jasa penyedia web server juga harus memastikan bahwa tersedia jasa penyimpanan dan cadangan data perusahaan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan data.  Bahkan tak jarang, penyedia jasa web server juga menyediakan hardware dan software untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Reputasi Terpercaya yang Diakui Klien

Cek ptbsb.id untuk mendapatkan solusi terbaik bagi jasa pembuatan website ataupun semua jenis jasa yang terkait dengan IT. PT Bersatu Selaras Bersama hadir untuk menjawab keinginan perusahaan dengan teknologi IT tercanggih. Klien yang puas, baik dari perusahaan pemerintahan atau swasta berskala nasional telah membuktikan bahwa PT Bersatu Selaras Bersama tidak hanya hadir dengan macam-macam web server, tetapi juga kebutuhan IT tercanggih.

 

Baca juga : Ini Dia Contoh Web Server yang Perlu Kamu Ketahui

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us