Mengenal Jenis Software Akuntansi

Jenis software akuntansi

Mengenal Jenis Software Akuntansi

Jenis Software akuntansi adalah aplikasi yang digunakan untuk memudahkan proses pencatatan dan pengelolaan data keuangan dalam sebuah perusahaan. Dalam era digital seperti saat ini, penggunaan software akuntansi menjadi semakin penting bagi perusahaan untuk mengoptimalkan efisiensi dan akurasi dalam mengelola keuangan.

Kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian, jenis, dan rekomendasi perangkat lunak akuntansi yang bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis atau usaha.

Apa itu Software Akuntansi?

Mengapa software akuntansi diperlukan? Salah satu alasan mengapa perangkat lunak atau aplikasi akuntansi dibutuhkan karena fungsinya yang sangat membantu pemilik usaha. Sebab aplikasi ini memang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntansi dalam ruang lingkup besar.

Akun seperti pembelian, penjualan, buku besar, penggajian, biaya, dan lain sebagainya sudah masuk di dalam aplikasi sehingga pengguna tinggal melakukan input, kemudian sisanya dikerjakan oleh sistem.

Biasanya aplikasi pencatatan atau pembukuan keuangan perusahaan ini dibuat dan dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Namun, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa pihak ketiga atau pengembang untuk menyediakan aplikasi tersebut.

Software yang disediakan oleh pihak ketiga dibuat sesuai dengan permintaan dan kebutuhan dari perusahaan. Tujuannya agar mempermudah penyusunan laporan keuangan, pembuatan neraca, pembuatan laba rugi, arus kas, sampai laporan akhir.

Dengan adanya program pembukuan keuangan ini, maka pekerjaan bagian keuangan akan lebih cepat serta efisien. Bahkan juga membantu meminimalkan kesalahan saat pencatatan. Namun, kuncinya adalah input awal data harus benar dan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun.

Apa Saja Software Akuntansi?

Saat ini, sudah ada banyak sekali pilihan perangkat lunak yang dapat dipilih perusahaan atau pemilik bisnis sebagai pendamping pencatatan keuangan. Ada yang dapat digunakan oleh UMKM hingga diperuntukkan bagi perusahaan besar. Apa saja software akuntansi ? Sebagai contoh beberapa aplikasi berikut ini:

1. Zahir Accounting

Zahir Accounting

Apa itu software akuntansi? Yaitu perangkat lunak yang dapat digunakan oleh individu maupun perusahaan untuk melakukan pencatatan keuangan dengan baik. Salah satu contohnya adalah Zahir Accounting.

Perusahaan satu ini sudah mendapatkan berbagai prestasi, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Malaysia dan Australia. Di tahun 2003 menyabet Penghargaan Presiden RI, kemudian tahun 2008 menjadi Juara Pertama Teknopreneur Award.

Dilihat dari prestasinya sudah cukup menjanjikan, apalagi juga terdapat fitur menarik yaitu pengurusan persediaan, pengingat cerdas, jurnal otomatis, analisis bisnis, pajak, sampai rekonsiliasi bank.

2. Accurate Accounting

Accurate Accounting

Software satu ini sudah memiliki nama besar dan dikenal di Indonesia. Penggunanya mulai dari usaha kecil hingga besar dengan penyesuaian berdasarkan jenis usaha masing-masing.

Sejak berdiri pada tahun 1998 sampai kini Accurate telah banyak digunakan, bahkan telah menjadi mata pelajaran dan mata kuliah wajib bagi siswa di bidang pendidikan akuntansi. Jadi, sebagian besar akuntan telah menguasai cara penggunaannya.

Fitur standar yang tersedia berupa pembelia, penjualan, buku besar, persediaan, aktiva tetap, kas/bank, pembiayaan, hingga return merchandise authorization. Untuk kebutuhan usaha, fitur di dalamnya sudah cukup mumpuni.

3. MYOB Accounting

MYOB Accounting

Software satu ini cukup populer digunakan di Indonesia, bahkan dijadikan sebagai materi pembelajaran di sekolah atau kampus pada mata pelajaran Sistem Informasi Akuntansi.

Terdapat beberapa variasi dapat digunakan yaitu, basic, accounting, dan primer. Keunggulan dari aplikasi satu ini adalah mudah digunakan, punya tingkat keamanan tinggi, serta punya kemampuan eksplorasi yang lebih baik.

Selain itu, juga sudah teruji di banyak negara maju dan berkembang sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan lagi.

4. QuickBooks

QuickBooks

Apa itu software akuntansi QuickBooks? Yaitu sebuah perangkat lunak yang punya keunggulan, fitur multi user serta multi currency dengan tampilan menarik, serta pengaturan untuk laporan dan form.

Quickbooks memiliki 5 versi, yaitu manufacturing, whole sale, retail, accountant, serta contractor edition. Jadi, dapat digunakan di berbagai jenis perusahaan, baik yang masih kecil, menengah, hingga perusahaan manufaktur dengan pencatatan keuangan rumit.

Meski punya banyak keunggulan ternyata aplikasi ini kurang populer di Indonesia dan belum banyak digunakan. Salah satu alasan perangkat lunak ini kurang disukai karena memiliki keterbatasan bahasa dan belum memiliki terjemahan ke bahasa Indonesia.

5. Xero Accounting

Xero Accounting

Software akuntansi satu ini berbasis cloud sehingga tidak perlu menginstal di komputer. Pengguna bebas mengakses di tempat mana saja asalkan terhubung internet. Xero bisa ditemukan di Play Store atau App Store dan sudah terdiri atas lebih dari 160 mata uang.

Terdapat pilihan paket untuk berlangganan penggunaan, mulai dari paket starter, standard, dan premium. Langganan bisa dibayarkan per bulan atau tahun.

Keunggulan aplikasi ini adalah bisa menampilkan rekonsiliasi transaksi bank, tampilan grafik laba kotor dan bersih, hingga penjualan serta persediaan.

Jenis Software Akuntansi

Perangkat lunak akuntansi untuk mengumpulkan informasi keuangan dapat dibedakan berdasarkan jenisnya. Saat ini, terdapat beberapa jenis perangkat lunak akuntansi yang populer di Indonesia dan biasanya digunakan oleh individu maupun perusahaan, yaitu:

1. Desktop

Yaitu jenis software yang terinstal di komputer atau laptop, biasanya digunakan di lokasi dengan internet terbatas maupun usaha skala kecil, misalnya UMKM. Kekurangan dari jenis ini adalah penggunaannya terbatas, sulit dikustomisasi, dan hanya tersedia offline.

Meskipun demikian, penggunaannya mudah karena dapat diinstal dengan mudah dan dapat digunakan oleh akuntan yang tidak ahli dengan app berbasis online.

2. Cloud-based

apa itu software akuntansi berbasis cloud? Ini merupakan aplikasi yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Pengguna hanya perlu terhubung dengan internet dan dapat mengakses perangkat lunak ini.

Tidak memerlukan ruang penyimpanan besar, karena penyimpanan data secara otomatis sudah masuk cloud atau penyimpanan di internet. Kebanyakan penggunanya adalah bisnis kecil dan startup.

3. Vertical

Yaitu software akuntansi yang menggunakan pencatatan untuk setiap akun di dalam laporan keuangan tunggal. Dapat digunakan untuk menyusun neraca komparatif, laporan laba rugi komparatif.

Sistem penyimpanan untuk datanya masuk ke dalam database dan tersimpan dalam perangkat, tapi juga bisa diakses secara online. Jenis aplikasi seperti ini dapat digunakan offline maupun online, tergantung kebutuhan dari perusahaan.

Mengapa Software Akuntansi Diperlukan?

Memiliki bisnis atau perusahaan yang terus berkembang harus mengutamakan pencatatan keuangan. Karena dari pencatatan keuangan inilah dapat dinilai apakah usaha bisa menghasilkan keuntungan atau justru sebaliknya.

Selain itu, laporan keuangan juga dibutuhkan untuk berbagai keperluan manajemen, seperti mencari investor atau ketika hendak mengajukan pinjaman di lembaga keuangan. Inilah yang membuat setiap usaha, besar maupun kecil harus memiliki laporan keuangan.

Adanya software akuntansi ini akan memberikan manfaat langsung berupa:

  1. Memudahkan pengerjaan laporan keuangan menjadi lebih cepat dan hasilnya lebih akurat. Membuat neraca, buku besar, hingga laporan keuangan dapat dikerjakan dalam waktu singkat dengan hasil akurat, asalkan input data awalnya dilakukan dengan benar.
  2. Mengurangi human error yang menyebabkan kesalahan perhitungan. Terutama dalam hal pencatatan dan penghitungan.
  3. Dapat melakukan perbaikan kesalahan input, tanpa perlu melakukan pengulangan perhitungan dari awal. Kesalahan dapat diperbaiki pada bagian yang salah diinput saja sehingga proses perbaikannya lebih cepat.
  4. Data keuangan lebih akurat sehingga memudahkan pengambilan kebijakan dalam bisnis atau perusahaan. Terutama pengambilan keputusan untuk pengembangan bisnis.
  5. Dapat membantu memantau pasar global untuk melihat bagaimana perkembangan ekonomi global.

 

Kesimpulannya, adanya aplikasi akuntansi berfungsi untuk memudahkan pekerjaan akuntan sehingga bisa lebih cepat dan efisien, serta mengurangi kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan.

Tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai perangkat lunak pencatatan keuangan perusahaan? Yuk pelajari manfaat menggunakan software akuntansi.

Untuk berbagai info seputar pembuatan software untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis atau perusahaan bisa berkunjung ke ptbsb.id atau hubungi via no WA berikut.

Klik disini untuk membaca artikel lainnya.

No Comments

Post A Comment

Contact Us