Distributor Komputer Multimedia untuk SMA dan SMK

komputer multimedia

Distributor Komputer Multimedia untuk SMA dan SMK

Komputer multimedia memiliki peran yang cukup besar dalam perkembangan teknologi sebagai salah satu kebutuhan masyarakat, khususnya kaum pelajar. Multimedia merupakan salah satu bidang yang pelajaran maupun pekerjaan yang membutuhkan komputer.

Komputer dengan spesifikasi hardware maupun software yang mumpuni akan menunjang tugas dan pekerjaan berkaitan dengan multimedia semakin maksimal. Dengan begitu, segala bentuk aktivitas multimedia yang membutuhkan grafis dapat berjalan lancar.

Maka dari itu, komputer harus bisa menyajikan data berbentuk gambar, tulisan, suara, hingga animasi gambar. Dalam hal ini, maka komputer tersebut harus memenuhi persyaratan multimedia tertentu.

Mengenal Apa Itu Komputer Multimedia

alat multimedia

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, lalu apa yang dimaksud dengan multimedia? Multimedia merupakan bentuk penggunaan beberapa media berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi berbentuk teks, audio, grafis, video, serta animasi.

Setiap elemen informasi tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, kemudian diproses menggunakan suatu perangkat tertentu. Salah satu perangkat yang dapat menyampaikan informasi tersebut adalah komputer.

Jika ditarik garis besarnya, maka komputer multimedia adalah komputer yang sudah dikonfigurasi sesuai rekomendasi sekaligus memiliki sebuah CD-ROM. Penggunaan CD-ROM sendiri tidak terlepas dari perkembangan kemampuan sebuah komputer.

Dahulu, multimedia hanya sebatas kemampuan komputer dalam menampilkan video lewat CD-ROM saja. Keterbatasan tersebut dikarenakan besarnya memori yang sangat minim, sehingga tidak memungkinkan melakukan penyimpanan data berbentuk gambar maupun suara.

Sementara bagi siswa-siswi SMA dan SMK saat ini, komputer untuk multimedia memiliki banyak fungsi untuk menunjang proses belajarnya. Khususnya bagi SMK kejuruan multimedia, maka perlu memperhatikan setiap detail spesifikasi komputernya.

Tentunya sekolah membutuhkan distributor komputer  terpercaya yang melayani berbagai peralatan elektronik seperti komputer yang lengkap juga berkualitas. Dalam hal ini, PT. Bersatu Selaras Bersama mampu menjawab setiap kebutuhan Anda tersebut.

Kami adalah perusahaan IT profesional yang menyediakan sistem dan teknologi sekaligus memberikan setiap kebutuhan pelanggan. Anda dapat mengunjungi laman ptbsb.id untuk melihat katalog PC atau laptop yang kami sediakan.

Macam-macam Standarisasi Komputer Multimedia

Standarisasi sebuah multimedia komputer dilakukan oleh Multimedia PC marketing Council. Mereka adalah kelompok kerja perusahaan yang sebelumnya bernama Software Publishers Association dan sekarang menjadi Software and Information Industry Association.

1. Tahun 1990

  • 16MHz 386SX CPU
  • RAM 2MB
  • Hard disk 30MB
  • 256 color, 640 x 480 VGA video card
  • 1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <1sec seek time
  • Sound card outputting 22kHz, 8-bit sound; inputting 11kHz, 8-bit sound
  • Windows 3.0 with Multimedia Extensions

2. Tahun 1993

  • 25MHz 486SX CPU
  • RAM 4MB
  • Hard disk 160MB
  • 16-bit color, 640 x 640 VGA video card
  • 2x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x with >400ms seek time
  • Sound card outputting 44kHz, 16-bit sound
  • Windows 3.0 with Multimedia Extensions or Windows 3.1

3. Tahun 1996

  • 75MHz Pentium CPU
  • RAM 8MB
  • Hard disk 540MB
  • Video system that can show 352×240 att 30frames per second, 15-bit color
  • MPEG-1 hardware of software video playback
  • 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read with 250ms seek time
  • Sound card outputting 44kHz, 16-bit sound
  • Windows 3.11

4. Tahun 2014

  • Intel Core i7
  • 8GB DDR3
  • Hard disk SATA 1TB
  • Digital Alliance Geforece GT 640, 2GB DDR3 MPEG-1 hardware or software video playback
  • DVD-RW
  • Sound card outputting 48 kHz, 16-bit sound
  • Windows 10

Spesifikasi Multimedia Komputer yang Disarankan

Karena dalam aktivitasnya menggunakan grafis yang tinggi, maka komputer untuk multimedia memerlukan spesifikasi khusus antara lain sebagai berikut.

1. Motherboard

Motherboard menjadi rumah bagi otak utama komputer dalam mengatur cara kerja banyak komponen elektronik secara teknis. Antara lain adalah Basic Input Output System (BIOS), RAM, Prosesor, chipset, VGA.

2. Prosesor

Prosesor berupa IC menjadi otak bagi komputer karena bertugas mengatur seluruh kegiatan pada komputer. Jika dibagi berdasarkan perkembangannya, maka prosesor ini terdiri dari 2 jenis, yaitu Intel dan AMD.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga pemilihannya dapat disesuaikan dengan selera setiap penggunanya. Namun pastikan agar soketnya juga sesuai dengan motherboardnya.

3. Random AccessMemory (RAM)

Spesifikasi selanjutnya untuk komputer multimedia adalah RAM yang berguna sebagai penyimpanan sementara. Ada 3 jenis RAM antara lain DDR, DDR2, DDR3, DDR 4, letak perbedaannya terletak pada tingkat kecepatannya.

Katalog Produk JKT Gadget

4. Hardisk

Hardisk berperan untuk menyimpan data dalam sebuah komputer. Biasanya, multimedia komputer menggunakan 2 jenis hard disk yaitu SATA dan SSD. SATA sangat digemari karena proses penyimpanannya yang cepat dan jarang delay.

Namun jenis SSD jauh lebih cepat daripada SATA. Hardisk terbaru ini solid meskipun ukurannya lebih kecil daripada SATA. Setidaknya sebuah multimedia komputer memerlukan hard disk sekitar 500-1000 giga.

5. Video Graphic Accelerator (VGA)

Spesifikasi komputer multimedia berikutnya yaitu VGA sebagai pengolah sinyal digital menjadi tampilan grafis di dalam monitor. Jika komputer akan digunakan untuk multimedia, maka peran VGA ini sangat penting dan wajib dipasang.

Sebab VGA Card berfungsi sebagai penerjemah data berbentuk grafis ke layar monitor. Ada 2 jenis VGA yaitu on board dan add on. Keduanya hanya berbeda pada motherboardnya yang menyatu dan terpisah.

6. DVD Room

Sesuai namanya, DVD Room merupakan tempat bagi kaset CD ataupun DVD jika dibutuhkan. Rekomendasi DVD Room untuk multimedia komputer adalah Lite On DVD RW 24X SATA.

7. Casing and Power Supply

Spesifikasi berikutnya yaitu casing and power supply. Fungsinya sebagai tempat motherboard beserta perangkatnya sekaligus melindungi seluruh bagian dalam komputer. Bagian dalam komputer sendiri harus dihubungkan menggunakan kabel-kabel kecil.

 

Peran Penting Komputer Multimedia Secara Interaktif

lab multimedia

Komputer yang digunakan untuk multimedia harus dirancang sedemikian rupa agar mencakup seluruh standarisasi. Lalu sebenarnya apa saja fungsi multimedia tersebut?

  1. Memudahkan pekerja agar dapat mengerjakan pekerjaan tanpa harus dari kantor.
  2. Mengubah cara belanja menjadi homeshopping/teleshopping, yaitu belanja menggunakan internet kemudian barang akan diterima dengan sendirinya.
  3. Mengubah cara bisnis menggunakan sistem jual beli online dengan memanfaatkan online banking.
  4. Mencari serta mendapatkan informasi menggunakan internet dari berbagai jenis software.
  5. Dalam bidang pendidikan, dapat menyampaikan bahan ajar secara interaktif serta mudah dengan menambah metode pembelajaran melalui e-book, belajar online, dan sebagainya.
  6. Sebagai media periklanan yang efektif juga interaktif.
  7. Membantu membuatkan website yang menarik, interaktif, informatif.

Dari seluruh fungsi tersebut, apa fungsi dari multimedia interaktif telah mencakup seluruhnya. Kemampuan menyajikan tampilan yang sudah dirancang pada akhirnya berfungsi untuk menginformasikan pesan sekaligus berinteraksi kepada para penggunanya.

Bagi Anda yang sedang mencari distributor komputer untuk multimedia lengkap berkualitas, PTBSB adalah solusinya. Dengan kualitas kontrol sesuai standar operasional, seluruh produk yang kami tawarkan adalah original dan merupakan barang baru

Kunjungi laman kami di Jktgadget.com untuk melihat katalog PC atau laptop yang ada. Atau langsung menghubungi kami melalui WhatsApp di bawah ini untuk mendapatkan distributor komputer multimedia terpercaya.

 

Baca juga : Distributor Laptop untuk Multimedia Pembelajaran Sekolah

 

No Comments

Post A Comment

Contact Us